Hal-Hal Unik Yang Biasanya Dilakukan Orang Indonesia

    Unik, Aneh & Lucu

Kebiasaan yang sering kita lakukan dan lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti makan dengan tangan, kerokan kalau lagi masuk angin, hingga rujakan bareng teman, adalah hal yang wajar bagi kita yang hidup dan tumbuh di Indonesia ini.  Namun Kebiasaan kita yang seperti itu ternyata menimbulkan tanggapan yang berbeda dari orang asing luar sana, yang seperti kita tahu, lain tanah dipijak, lain budaya yang dianut. Begitu pula dengan  kita yang menganggap kebiasaan yang sering kita lakukan adalah hal yang wajar, namun dianggap aneh dan tabu oleh orang asing di luar negeri sana.  Mau tahu kebiasaan orang Indonesia apa saja yang dianggap aneh oleh orang asing di luar negeri sana?? Cek dibawah ini sobat!!

1. Gemar Memakan Cabai Rawit Mentah Tanpa Diolah

Photo Via : dapursehats.blogspot.com

Kecil-kecil cabe rawit, atau yang lagi beken cabe-cabean mungkin suatu istilah yang terinspirasi dari cabai yang super pedas ini. Bagimana tidak, Jika orang Indonesia 99% adalah pencinta rawit, Orang Indonesia suka memakan cabai mentah secara langsung, apalagi saat makan gorengan. Makan gorengan tanpa rawit seperti sayur tanpa garam, iya gak sobat??. Nah kebiasaan orang Indonesia ini terbilang cukup aneh loh sobat bagi mereka para bule luar negeri, karena mereka biasanya mengolah rawit terlebih dahulu sebelum menyantapnya, mungkin agar tingkat kepedasannya menurun.

2. Kebudayaan Makan Dengan Tangan Yang Tak Pernah Hilang

Photo Via : www.boombastis.com

Dari sabang sampai merauke, penduduk Indonesia pada awalnya hampir seluruhnya menggunakan tangan tanpa bantuan sendok saat sedang makan. Namun karena kemajuan zaman, Penggunaan sendok saat makan memang mendominasi. tapi percayalah pada saat-saat tertentu orang-orang Indonesia pasti memilih makan dengan menggunakan tangan kosong tanpa bantuan sendok. Seperti saat memakan ayam lalapan atai ikan bakar contohnya, pasti bakal ribet kan kalau mau nyobek daging ayamnya pakek sendok, bisa-bisa daging ayamnya terbang!, trus kalau makan ikan pakai sendok, bakal ribet banget milihin tulangnya.

3. Gak Pagi, Gak Siang, Gak Malam, Menu Makanan Utama Pastilah Nasi

Photo Via : resepmedia.com

Nasi memang menjadi makanan pokok rakyat Indonesia, karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga sesuai dengan pekerjaan utama Orang Indonesia saat dulu yaitu petani, dimana para petani akan membutuhkan lebih banyak tenaga untuk bekerja di sawah. Disamping itu zaman dulu jarang ada cemilan sobat, jadilah mereka kebanyakan hanya makan nasi. Namun itu dulu sobat, seiring perkembangan jaman, kini hadir beberapa makanan yang dapat menggantikan nasi seperti beraneka macam cemilan, mie, spaghetti, pizza, roti, burger dll. Tapi ya di Indonesia tetap berlaku kata “rasanya belum makan, kalau belum makan nasi”, padahal 15 menit lalu makan spaghetti. Siapa yang pernah kayak gini nih?

4. Sambal Adalah Menu Wajib Yang Harus Ada Setelah Nasi

Photo Via : www.indofoodstore.com

Tak hanya nasi, Negara kita dari sabang sampai merauke pastilah penduduknya sebagian besar menyukai sambal. Mungkin tidak semua dari kalian yang suka sambal tapi percayalah bahwa, saking gemarnya orang indonesia dengan sambal, sampai-sampai semua wilayah di Indonesia punya sambal khasnya masing-masing loh!, sebut saja seperti sambal matahnya orang Bali, sambal uleknya jawa atau sambal beberuk dari lombok. Sebagian besar penduduk Indonesia saat makan hal pertama yang dicari pastilah sambal, sebagi buktinya kalau kalian lagi makan bakso, atau mie ayam, pasti sebagian besar dari kalian akan mencari sambal cabai. Tak hanya itu, kehebatan sambal orang Indonesia adalah saat dicampur dengan nasi, maka lauk yang lainpun kalah enak sobat! Dan Hal ini dianggap aneh oleh para bule loh!!

5. Menunjuk Dengan Jempol Adalah Sikap Sopan Khas Indonesia Saat Menunjukan Sesuatu Kepada Lawan Bicara

Photo Via : news.detik.com

Kalau orang Korea atau orang Jepang akan menundukan tubuhnya untuk menghormati seseorang adalah ciri khasnya, maka di Indonesia lain nih sobat, Kalian yang dari jawa pasti sering melihat orang-orang menunjukan sesuatu dengan jempolnya. dan ternyata sikap itu adalah bentuk sikap sopan seseorang saat menunjukkan sesuatu kepada lawan bicaranya loh!. Dan percayalah bukan hanya di Jawa loh yang menggunakan sikap sopan dalam bentuk ini, karena sebagian besar penduduk Bali juga menggunakan jempolnya untuk menunjukan kesopanannya saat sedang menunjukan sesuatu kepada orang yang dihormati. Dan tahu gak sobat? ternyata sikap kita yang ini membuat para bule pusing loh, karena arah yang ditunjuk oleh jempol menjadi kurang jelas, tidak sejelah ketika menunjuk dengan telunjuk.

6. Orang Indonesia Takut Masuk Angin

Photo Via : www.indojaket.com

Pasti semua penduduk Indonesia tidak mau terkena masuk angin, karena itulah sebagian besar orang indonesia pasti menggunakan jaket untuk menghangatkan tubuhnya saat angin sedang bertiup kencang atau saat berpergian pada malam hari. Namun orang bule ternyata malah segan loh memakai jaket, karena bagi mereka terpapar udara dingin adalah hal biasa. Parahnya lagi mereka tidak tahu apa itu sakit “masuk angin” loh! yaiyalah bro!! bahasa yang loe pakek kan “colds”!

7. Suka Kerokan Kalau Lagi Masuk Angin

Photo Via : www.pueblapictures.com

Siapa diantara kalian yang suka kerokan?. Blog Unik belum tahu nih budaya kerokan udah ada pas jaman kerajaan mana? yang pasti orang Indonesia menganggap kerokan sebagai jalur alternatif untuk penyembuhan masuk angin, padalah kalau sering-sering kerokan bisa menyebabkan melebarnya pori-pori sehingga mudah dimasuki bakteri dan virus. Nah bagi para bule, mereka menganggap kerokan adalah suatu bentuk penyembuhan yang mengerikan, selain karena alasan diatas, mereka juga takut dengan tanda garis merah yang muncul setelah dikerok, seperti tanda bekas cambukan atau penyiksaan.

8. Mandi Sehari 2 Kali

Photo Via : www.specifile.co.za

Orang Indonesia memang dididik dari kecil agar mandi sehari 2 kali untuk menjaga kebersihan tubuh. Hal itu bukan hanya sekedar wejangan loh sobat, karena dengan suhu udara yang memang begitu panas dan tingkat kelembaban udara yang tinggi, tubuh akan menjadi gampang berkeringat dan bau, itulah salah satu hal yang menyebabkan orang Indonesia harus mandi 2 kali dalam sehari. Namun berbeda dengan mereka yang lahir dan besar dilingkungan yang bersuhu dingin, mereka tidak akan mudah berkeringat dan bau walaupun hanya mandi sekali sehari.

9. Jarang Memiliki Nama Keluarga Atau Marga

Photo Via : lijul.blogspot.com

Orang Indonesia memang terkenal santai dalam pemberian nama, bahkan dari banyaknya suku di Indonesia, hanya beberapa suku saja yang mengguanakn nama belakang keluarga secara turun menurun, seperti Suku Batak atau Minahasa. Kebanyakan orang Indonesia menggunakan nama yang memiliki arti-arti tersendiri tanpa embelan nama keluarga dibelakang atau didepannya, satu keluarga bisa mempunyai nama belakang yang berbeda-beda. seperti contohnya artis Indonesia Zaskia Adya Mecca dan adiknya Haykal Kamil.

10. Kebanyakan Orang Indonesia Cebokan Dengan Air Tidak Dengan Tisu Toilet

Photo Via : fr.eureka-reservation.com

Salah satu hal yang paling membedakan kita dengan orang bule adalah kelengkapan di toilet, kita yang orang Indonesia cenderung sering menggunakan gayung dan air yang banyak saat selesat buang air di toilet. Berbeda dengan mereka yang biasany menggunakan tisu toilet saat selesai buang air. Jadi jangan heran jika ada bule yang bertanya kepada kalian dimana tisu toiletnya saat mereka numpang buang air di toilet kalian. Penggunaan air atau tisu toilet memang dua-dua adalah kebiasaan yang baik, namun jika ditanya mana yang lebih bersih? itu tergantung kalian sendiri lebih percaya yang mana?

11. Masih Tinggal Serumah Dengan Orang Tua Walau Sudah Dianggap Dewasa

Photo Via : andreasariefianto.blogspot.com

Di Indonesia memang wajar bagi mereka yang belum menikah atau berkeluarga untuk tetap tinggal dengan orang tuanya, kecuali mereka yang harus merantau untuk bekerja dan harus meninggalkan kampung halamanya. Namun berbeda dengan mereka di luar negeri sana, karena mereka yang sudah dianggap dewasa atau berkisar pada umur 20 tahun awal walaupun belum menikah, mereka akan merasa malu untuk tetap tinggal dengan orang tuanya, maka tak heran jika kalian berkunjung ke Negara lain, Jepang misalnya, kalian akan dengan mudah menemukan sepasang suami istri yang hanya hidup berdua sedangkan anaknya tinggal dirumah yang lain. itu lantaran si anak merasa sudah sepantasnya hidup mandiri dan tinggal dirumah sendiri walau belum menikah.

12. Suka Tiba-tiba Kesurupan

Photo Via : harianrakyatbengkulu.com

Tadinya baik-baik saja saling bercanda dengan teman tapi tiba-tiba teman kalian teriak histeris sambil menangis atau menggumamkan sesuatu yang kita tidak mengerti. Orang Indonesia sering menyebut kejadian seperti itu adalah kesurupan. Orang Indonesia juga mengaitkan kesurupan dengan hal-hal yang berbau mistis. Sedangkan orang luar negeri lebih rasional dalam menanggapi kesurupan ini. mereka menganggap kesurupan ini hanyalah mass hysteria atau sebuah kelainan kondisi psikologis seseorang.

13. Menggunakan Tangan Kanan Adalah Sopan, Sedangkan Tangan Kiri Tidak

Photo Via : www.satujam.com

Kata-kata yang sering kita dengar saat masih kecil dari ibu atupun orang-orang dewasa disekitar kita saat memberikan sesuatu adalah “pakek tangan manisnya, sayang!”. Orang Indonesia sudah dididik dari dini untuk selalu bersikap sopan. Pengguanaan tangan kanan untuk mengambil, menyerahkan, atau bahkan bersalaman, adalah bentuk untuk menunjukan kesopanan yang kita miliki. Orang Indonesia bahkan akan merasa bersalah jika menggunakan tangan kiri untuk menyerahkan sesuatu kepada seseorang. lain halnya di luar negeri sana, mereka bebas menggunakan tangan kanan atu kiri untuk berinteraksi dengan orang tanpa rasa bersalah sedikitpun.

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >