Hal yang menarik dari kegiatan makan di Turki

2 tahun lalu

Turki yang selama ini kita kenal adalah negara yang terkenal dengan kebabnya, dan cara penyajian es krimnya yang menarik. namun jika diperhatikan tentang kebiasaan makan dan apa saja yang dimakan oleh orang Turki maka akan ada perbedaan-perbedaan dan hal unik yang mungkin bagi orang Indonesia adalah hal yang aneh dilakukan. Berikut beberapa kebiasaan makan dan minum orang Turki yang aneh bagi kita orang Indonesia.

1. Apapun makanannya harus ada tambahan Yogurt

 

Di Indonesia jika orang-orang tidak bisa makan tanpa adanya sayur atau sambel, maka di Turki mereka tidak bisa makan tanpa adanya yogurt. kebanyakan orang Turki tidak bisa makan tanpa yogurt yang rata-rata mereka buat sendiri. Biasanya saat makan siang atau makan malam pasti terhidang yogurt di meja makan apapun menu makanannya.

Berbagai menu makanan mereka pun banyak yang dimasak dengan yogurt, misalnya saja sup yogurt, pasta saus yogurt, makan nasi dengan menambahkan yogurt diatasnya dan masih banyak lagi. Alasan utama mereka mewajibkan yogurt dalam setiap santapan adalah karena yogurt sangat baik untuk kesehatan. Meskipun demikian, tetap saja kebiasaan ini aneh bagi orang Indonesia.

2. Dimanapun dan kapanpun pasti ada kuaci

Jika kamu pernah berkunjung ke Turki, pasti kamu akan melihat kuaci dimana-mana. Entah itu di warung kopi, di supermarket, di rumah dan bahkan di jalanan pun akan banyak terlihat sampah kulit kuaci. Kuaci merupakan cemilan wajib orang Turki. Disetiap rumah rata-rata memiliki persediaan kuaci sebagai cemilan maupun hidangan untuk tamu yang datang. Saat berjalan kaki atau duduk-duduk santai di taman pun akan mudah dilihat orang-orang mengunyah kuaci. Berabad lamanya kuaci lekat dengan kehidupan rakyat Turki seolah mereka tidak bisa dipisahkan.

3. Sarapan dengan banyak menu.

Jangan heran melihat apa yang terhidang di meja makan ketika kamu sarapan di rumah orang Turki. Jika kita orang Indonesia cukup sarapan dengan sepiring nasi goreng atau sepiring nasi dengan telor ceplok dan sayur, namun berbeda dengan orang Turki. Sarapan adalah kegiatan yang sangat penting bagi mereka yang menentukan aktifitas seharian.

Karena itu bagi mereka sarapan harus benar-benar sempurna. Hidangan sarapan orang Turki biasanya tentu ada roti sebagai makanan utama, lalu ada berbagai jenis selai, madu, berbagai jenis keju, margarin, buah zaitun, timun dan tomat yang diiris, sosis, telur yang sudah diolah sesuai selera, salami dan masih banyak lagi. Wajar saja jika mereka tumbuh besar.

4. Makan dengan garpu dan pisau

Leluhur kita mengajarkan kita makan menggunakan tangan langsung tanpa adanya alat bantu seperti sendok dan rasanya memang lebih sedap makan menggunakan tangan langsung dibandingkan dengan menggunakan sendok. Jikapun tidak menggunakan tangan, biasanya di Indonesia orang-orang pasti menggunakan sendok dan garpu. Tidak demikian dengan orang Turki. Kecuali makan sup, mereka pasti makan menggunakan garpu dan pisau. Nasi, sayur, daging, ikan, kue, semuanya disantap dengan menggunakan garpu dan pisau. Justru mereka akan tertawa geli melihat orang makan daging dengan sendok.

5. Jam berapapun makannya, makan pertama di hari itu tetap disebut sarapan.

Jika di Indonesia makan di jam 12 siang akan disebut dengan makan siang. Tidak demikian halnya dengan orang Turki. Jam berapapun itu selama anda belum sarapan di pagi hari, makan akan disebut dengan sarapan dan menunya pun kebanyakan juga menu sarapan. Aneh tapi nyata. Memang begitu kenyataannya. Mereka tidak mau menyebutnya dengan makan siang meskipun sudah waktunya makan siang. Alasannya karena mereka memang belum sarapan. Karena sarapan adalah wajib bagi orang Turki, jadi tidak ada istilah makan siang sebelum sarapan dilakukan.

6. Paprika bubuk dan pasta tomat adalah bumbu serba guna

Dibumbui dengan berbagai jenis rempah, itulah ciri masakan Indonesia. Tidak demikian dengan makanan Turki. Rata-rata masakan Turki hanya dibumbui dengan paprika bubuk ataupun yang digiling dan pasta tomat. Apapun jenis makanannya semuanya hampir sama. Bukan berarti Turki fakir rempah. Di supermarket-supermarket di Turki banyak kita jumpai berbagai jenis rempah bubuk yang dikemas didalam botol dijual bebas. Entah sudah menjadi kebiasaan atau karena selera, kebanyakan orang Turki hanya menggunakan paprika dan pasta tomat sebagai rempah makanan.

7. Ngeteh setiap saat.

Di Indonesia jika sedang berkumpul dengan teman atau keluarga maka kebanyakan akan minum dengan minuman bersoda, jus ataupun air dingin. Maka berbeda dengan di Turki, teh adalah minuman wajib yang menjadi ciri khas orang Turki. Sarapan, makan siang, makan malam pasti ditemani teh. Saat berkumpul dengan kerabat pun teh tetap menjadi pilihan minuman utama walaupun tentunya juga disajikan minuman lainnya. Tidak cukup segelas dua gelas meminumnya, orang Turki sanggup meminum bergelas-gelas teh dalam sehari.

 

Save

Facebook Comments

Baca Juga