Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi Bahkan Mendekati Manusia

1 bulan lalu, by blogunik

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Babi

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna di dunia ini dengan memiliki kecerdasan yang paling baik diantar makhluk hidup lainnya. Tapi tahukah kamu? Ternyata manusia bukanlah satu-satunya makhluk hidup yang memiliki kecerdasan di dunia ini. Ternyata ada beberapa mahkluk hidup lainnya yang memiliki kecerdasan yang tinggi. Bahkan kecerdasannya ada yang melebihi tingkat kecerdasan manusia. Nah, hewan-hewan apa saja itu? Berikut ini deretan hewan dengan tingkat kecerdasan cukup tinggi

1. Simpanse

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Simpanse

Photo via wikipedia.org

Simpanse adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri seperti manusia. Dimana Simpanse ini memiliki kemampuan dan cara berpikir seperti manusia. Simpanse ini memanfaatkan lingkungan sekitar dan memanfaatkan benda-benda untuk melakukan tugasnya. Salah satu jenis yang memiliki kekerabatan dekat dengan simpanse adalah Bonobo. Dimana hewan ini hanya bisa ditemukan di Afrika dan jumlahnya kini hampir punah. Hewan Bonobo ini memiliki kecerdasan yang sangat tinggi meskipun mereka tidak bisa berbicara dengan bahasa manusia.

2. Lumba-lumba

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Lumba-lumba

Photo via mentalfloss.com

Lumba-lumba adlah binatang mamalia laut dimana dikenal memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi. Selain itu, lumba-lumba juga ternyata memiliki otak yang besar, hal inilah yang mempengaruhi kecerdasannya. Hewan ini juga memiliki kelebihan dalam berkomunikasi serta mampu berinteraksi dengan manusia, tak heran jika makhluk ini mudah akrab dengan manusia. Beberapa kemampuan lumba-lumba yang diterapkan dalam teknologi manusia diantaranya seperti sistem pengiriman sinyal suara di dalam air untuk mencari jalan, mendeteksi mangsa dan peringatan bahaya. Sinyal suara yang dikirimkan tersebut jika mengenai suatu benda akan dipantulkan kembali sebagai gema, sinyal suara ini disebut dengan sonar. Di dunia ini ada banyak spesies lumba-lumba yang ada di dunia, namun hanya ada satu spesies saja yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata yaitu lumba-lumba hidung botol. Menariknya lagi, otak lumba-lumba jauh lebih kompleks daripada manusia.

3. Gajah

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Gajah

Photo via mentalfloss.com

Gajah adalah salah satu hewan terbesar yang tinggal di daratan. Dimana hewan yang memiliki belalai panjang ini termasuk ke dalam hewan yang memiliki kecerdasan yang sangat tinggi dibandingkan dengan hewan lainnya. Kecerdasan gajah ini dapat dilihat dari bagaimana cara mereka mengusir lalat yang mengganggu. Gajah menggunakan kayu atau daun yang lebar kemudian dikibaskan disekitar tubuhnya. Selain itu, gajah juga memiliki ingatan yang kuat dan mereka bisa mengingat setiap jalan yang mereka lalui. Tak hanya itu saja, gajah juga mampu mengingat wajah orang dalam waktu lama, termasuk orang-orang yang menyakitinya. Tidak hanya ingat, gajah pun bisa membalas dendam.

4. Gurita

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Gurita

Photo via psmag.com

Gurita merupakan hewan golongan invertebrata atau tidak bertulang belakang dan hewan ini termasuk salah satu hewan yang pintar. Gurita adalah pemburu yang cerdik dimana ia selalu mengembangkan teknik berburu untuk mencari makanan. Dari hewan lainnya, gurita memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan sejumlah masalah.

5. Burung Kakaktua

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Burung Kakaktua

Photo via britannica.com

Burung Kakaktua adalah salah satu burung yang pada umumnya terdapat di wilayah tropis. Burung kakaktua ini memiliki kemampuan yang dapat meniru perkataan manusia bahkan hewan ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Namun, tentunya semua itu diperlukan pelatihan terlebih dahulu. Kecerdasan hewan ini biasanya digunakan oleh kebun binatang untuk menghibur pengunjungnya.

6. Babi

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Babi

Photo via animalequality.org

Siapa yang mengira ternyata babi juga termasuk ke dalam hewan yang memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi. Berdasarkan penelitian, babi yang berusia cukup dewasa bisa dianggap sama dengan manusia umur 3 tahun. Babi dikatakan tahu bagaimana caranya beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kompleks karena memiliki kemampuan untuk adaptasi yang sangat cepat. Selain itu, babi juga bisa dikatan cukup mudah dilatih tidak sesulit melatih kucing dan anjing. Sehingga tak heran kenapa banyak orang Amerika memilih babi domestik sebagai hewan peliharaan.

7. Burung Beo

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Burung Beo

Photo via jalaksuren.net

Burung Beo adalah burung yang ramah dengan manusia, memiliki bentuk yang unik, suara yang khas dan memiliki banyak penggemarnya. Burung ini sangat pintar menirukan suara manusia dan memiliki keunikan tersendiri. Burung Beo ini sebenarnya tanpa dilatih pun mampu mencontoh suara manusia, namun pemilik tetap perlu melatihnya agar burung beo tumbuh dengan baik dan pintar berbicara. Burung beo ini juga memiliki ingatan yang sangat kuat dan ditambah lagi dia bisa memecahkan masalah yang terbilang cukup kompleks.

8. Burung Gagak

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Burung Gagak

Photo via ebird.org

Burung Gagak adalah salah satu burung yang memiliki kecerdasan dalam memecahkan masalah dengan mempergunakan sumber daya yang ada disekitarnya. Burung gagak ini dapat membuat sendiri peralatan yang dapat membantunya dalam kehidupan. Selain itu, burung gagak ini juga mampu menggunakan roti sebagai umpan untuk memancing ikan.

9. Burung Merpati

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Burung Merpati

Photo via wikipedia.org

Burung Merpati adalah burung selanjutnya yang tergolong memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Burung merpati ini mampu mengingat jalan pulang setelah terbang jauh. Bahkan kemampuannya ini sudah dipakai ketika zaman dahulu sebagai pengirim surat. Selain itu, burung merpati juga mampu mengingat gambar atau foto yang berbeda dalam jumlah yang banyak.

10. Domba

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Domba

Photo via hudsonvalleyone.com

Domba atau yang sering disebut dengan biri-biri adalah salah satu binatang yang tergolong memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Binatang ini sering dipelihara oleh manusia untuk mendapatkan bulu, susu dan dagingnya. Hewan berbulu ini memiliki kemampuan dalam mengenali wajah manusia dan mengingatnya selama beberapa tahun.

11. Tikus

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Tikus

Photo via the-scientist.com

Siapa mengira, binatang berbulu, berbadan kecil dan sering mencuri makanan ini memiliki kecerdasan yang cukup tinggi dibandingkan hewan lainnya. Dalam serangkaian tes yang dilakukan, tikus tidak memiliki strategi yang sesuai dengan perkiraan manusia. Tikus justru berhasil memecahkan masalah dengan strategi mereka sendiri. Menurut hasil penelitian diketahui bahwa tikus juga bisa merasa geli, memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dan dapat bermimpi.

12. Tupai

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Tupai

Photo via npr.org

Tupai adalah salah satu hewan yang tergolong memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Meskipun memiliki tubuh yang kecil namun kemampuan berpikirnya tidak ikut berpengaruh. Tupai juga dikenal sebagai hewan berbulu kecil dengan tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Kepintarannya ini dimanfaatkan dalam hal mencari makanan. Ketika ada makanan di seberang jalan, tupai akan dengan cermat menunggu hingga kondisi benar-benar aman dan barulah ia menyebrang. Selain itu, tupai juga sangat pandai dalam hal mencuri makanan.

13. Paus

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Paus

Photo via wikipedia.org

Meskipun memiliki ukuran badan yang besar, ternyata paus memiliki otak yang cerdas. Setiap makhluk hidup pastinya memerlukan komunikasi dan para paus menggunakan metode komunikasi yang berbeda dari hewan pada umumnya. Paus menggunakan gelombang suara khusus dan kompleks untuk berkomunikasi dengan paus lainnya. Lain dengan paus beluga dan paus sperma, dimana paus beluga memiliki kemampuan untuk meniru cara berbicara manusia sedangkan paus sperma memiliki volum otak yang sangat besar.

14. Anjing

Deretan Hewan Dengan Tingkat Kecerdasan Cukup Tinggi - Anjing

Photo via yourcanvas.nl

Anjing adalah salah satu makhluk hidup yang ada di sekitar kita dimana hewan satu ini memang dikenal memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Tentunya kecerdasan anjing ini sudah bukan sesuatu yang baru lagi bagi manusia. Ada sejumlah anjing yang dengan mudah dilatih karena memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi seperti Labrador Retriever, Border Collies dan Poodle. Rata-rata anjing memiliki kecerdasan yang setara dengan anak berumur 2 tahun. Jika anjing tersebut dilatih dengan benar maka ia bisa mengerti apa yang manusia perintahkan, mencari barang atau menjadi penjaga. Selain itu, anjing juga memiliki kesetiaan yang tinggi dan mengerti dengan perasaan pemiliknya.

Itulah beberapa hewan yang memiliki tingkat kecerdasan cukup tinggi, kecerdasan mereka bisa dikatakan mirip seperti manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *