Hindari!! Ciri-ciri Orang Dengan Kepribadian Negatif atau Buruk

    Film & Musik
Iklan

Setiap manusia didunia ini pasti memiliki kepribadian baik dan buruk, 2 kepribadian ini akan selalu menemani keseharianmu dalam melakukan segala aktifitas sehari-hari, walau kepribadian yang buruk atau negatif selalu kita lakukan tanpa sadar. Tentunya setiap manusia pasti mengiginkan untuk memiliki kepribadian yang sangat baik, namun walau hanya 5 persen dalam dirinya pastilah masih tersisa kepribadian buruk. Namun akan sangat berbahaya jika kepribadian buruk atau negatif mendominasi perilaku seorang manusia. Sebab jika itu terjadi akan sangat berbahaya karena dapat merusak hidupnya dan juga hubungan dengan orang lain.

Orang-orang yang memiliki kepribadian buruk dan selalu berpikiran negatif juga dapat digolongkan sebagai manusia dengan kualitas diri yang rendah, yang mana ciri-cirinya sebagai berikut :

1. Tidak Suka Di Kritik

Photo Via : www.elevationsrtc.com

Orang yang memiliki ciri-ciri seperti ini akan sulit berubah ke arah yang lebih baik, sebab orang-orang dengan ciri seperti ini biasanya menolak menerima masukan atau pendapat orang lain yang bahkan merupakan kritikan penyemangat dan membangun, karenanya ia akan sulit mengetahui kekurangan dan kelemahan diri sendiri yang tak bisa ia lihat sendiri.

2. Suka Mengkritik Orang Lain

Photo Via : medaboutme.ru

Jika orang dengan kualitas diri rendah itu tidak suka dikritik, namun mereka adalah orang-orang yang sangat suka mengkritik orang lain apalagi dengan kritikan pedas dan menjurus ke hal yang negatif, terlihat sangat egois memang, namun itulah kepribadian mereka.

3. Haus Akan Pujian

Photo Via : buildersprofits.com

Jika seseorang meraih prestasi tinggi dibidangnya dan dapat berguna bagi banyak orang, sudah sewajarnya ia mendapat pujian sebagai bentuk apresiasi terhadap jerih payahnya selama ini. Namun ada saja orang-orang yang terbuai dengan pujian hingga lupa diri. Nah keadaan seperti inilah yang sangat berbahaya, sebab jika sesorang sudah terlanjur haus akan pujian menunjukan seseorang yang tidak ikhlas dalam beribadah, haus pujian dari orang lain juga merupakan sebuah tanda jika ia ingin terlihat baik dihadapan orang lain. Namun saat tidak ada yang memuji, mereka akan merasa tidak semangat dalam melakukan suatu pekerjaan.

4. Merasa Tidak Di Sukai Orang Lain

Photo Via : www.castlecraig.co.uk

Orang dengan kepribadian seperti ini biasanya akan sulit untuk mendapatkan kenalan ataupun teman baru, karena mereka terlebih dahulu akan merasa bahwa orang-orang disekitarnya tidak menyukai kehadirannya ditengah-tengah mereka. Orang-orang seperti ini biasanya sedang menghadapi krisis percaya diri yang akut.

5. Menyepelekan Keyakinan

Photo Via : www.collegeatlas.org

Ciri-ciri selanjutnya yang dimiliki oleh orang dengan kualitas diri rendah adalah menyepelekan atau tidak menganggap penting sebuah keyakinan yang dianutnya. Orang-orang seperti ini biasanya melewatkan proses ibadah, melupakan Sang Pencipta, jarang melakukan amal perbuatan.

6. Khawatir Berlebih

Photo Via : breakbird.com

Merasa khawatir terhadap sesuatu hal yang mungkin berakibat buruk atau masih meragukan adalah wajar dan terjadi secara naluriah. Namun jika rasa khawatir itu sudah berlebih bahkan sampai ke tahap ekstrim, maka perlu diwaspadai. Apalagi sampai membayangkan hal-hal buruk duluan sebelum hal-hal tersebut dilakukan atau terjadi. Seperti contohnya membatalkan janji bertemu dengan teman karena takut akan ada banjir bandang di daerah tempat janjian, namun nyatanya tak terjadi apa-apa hingga waktu janjian berakhir.

7. Senang Mencampuri Urusan Orang

Photo Via : compareguru.co.za

Ciri-ciri yang satu ini mungkin sudah membuat orang-orang yang dicampuri urusannya merasa kesal. Bagaimana tidak, jika orang-orang dengan kualitas rendah seperti ini tidak hanya sekedar memberi saran, namun sudah menjurus ke arah memerintah dan terkesan mendikte, seperti menyuruh memutuskan pacar, bercerai dengan suami, meninggalkan rumah, mengganti model hingga warna rambut, dan hal-hal lainnya yang bersifat pribadi. Mungkin jika kita yang mempunyai teman seperti itu akan berkata seperti “urusi urusanmu sendiri”, saking kesalnya.

8. Bermasalah dengan lingkungan sosialnya

Photo Via : greenwalledtower.files.wordpress.com

Kebanyakan dari mereka mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan orang-orang sekitarnya, seperti di lingkungan kantor atau di lingkungan tempat tinggalnya. Alasan yang membuat orang-orang macam ini bermasalah dengan lingkungan sosialnya biasanya adalah merasa dirinya tidak disukai orang lain sebelum berkenalan, kurang percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain, karena sifatnya yang suka mencampuri urusan orng lain, akibatnya banyak yang tidak menyukai orang dengan tipe seperti ini.

9.Tidak Suka Berbagi

Photo Via : cdn1.thr.com

Orang-orang dengan tipe seperti ini biasanya susah berbagi dengan orang-orang sekitarnya, jangankan untuk berbagi materi serta ilmu pengetahuan, untuk berbagi kesulitan yang dihadapinya saja mereka enggan untuk membaginya padahal dengan sedikit curhat dapat mendatangkan efek positif pada dirinya. Kebanyakan dari mereka mempunyai kepribadian yang tertutup dan susah untuk sekedar curhat dengan temannya. Yah walaupun semua orang memang berhak untuk berbagi kesusahan yang mereka hadapi atau tidak.

10. Selalu Pesimis

Photo Via : www.addiction.com

Mereka dengan tipe seperti ini selalu memprediksi bahwa sesuatu yang ia rencanakan akan berakhir dengan kegagalan, atau berakhir dengan hal buruk. Mereka sebenarnya jarang merasakan perasaan senang dan sering merasa tersiksa, sebab jarang membayangkan hasil yang membahagiaan atau sesuai keinginan.

11. Suka Bergosip

Photo Via : www.wittycrocs.com

Kebiasaan bergosip secara teratur dapat memiliki efek yang merugikan pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Kebiasaan suka bergosip menyebabkan tingkat kepercayaan diri rendah dan rendahnya kualitas diri. Ini juga memiliki efek negatif pada kemampuan berpikir seseorang.

Bergosip cenderung mempengaruhi penilaian seseorang. Karena mempengaruhi otak, orang tersebut tidak bisa benar-benar berpikir secara jernih. Seorang biang gosip selalu terus berpikir tentang keburukan orang-orang, inilah alasan dia akan kehilangan kapasitas berpikir untuk menilai dirinya sendiri.

12. Sensitif Dan Mudah Tersinggung

Photo Via : journal.sociolla.com

Ciri-ciri seseorang dengan kualitas rendah berikutnya adalah sangat sensitif dan mudah tersinggung. Mereka dengan tipe seperti ini biasanya sulit untuk bisa di ajak bercanda, seperti saling bertukar guyonan, karena mereka cenderung akan salah menafsirkan candaan seseorang sebagai sesuatu yang menjelekkan diri mereka. Maka dari itu mereka yang sangat sensitif ini akan merasa marah dan tersinggung.

13. Sering Mengeluh

Photo Via : www.inspiringwomen.co.za

Orang yang berkualitas rendah menganggap bahwa dunia dan seisinya memang memusuhinya. Ia mengumpat cuaca buruk, ia mengutuk atasan yang ketat, ia meledek nasib jelek yang dijalaninya, selalu mengeluh ini dan itu karena tak sejalan dengan keinginannya. Tak pernah terpikir bahwa keluhan tersebut tak lantas mengubah keadaan. Mereka hanya malas dan lupa bersyukur dengan apa yang sudah dimilikinya.

14. Selalu Labil Dalam Menerangkan Sesuatu Dengan Menyelipkan Kata “Tapi”

Orang yang berkualitas rendah bisa saja jujur dengan mengapresiasi segala sesuatu secara terbuka. Tapi di ujungnya, sering disambung dengan kata “tapi”, yang kemudian mengusik bahkan merusak apresiasi tersebut. Misalnya, “Tempat makan ini boleh juga, tapi enggak ada menu ala Koreanya,” atau “Kamu oke banget, tapi itu bb cream-nya kurang rata.”

15. Kurang Dalam Prestasi

Photo Via : dwz0mcvsboc0y.cloudfront.net

Orang yang berkualitas rendah memang memiliki prestasi dalam dunia pergosipan, namun mereka sama sekali tak pernah menorehkan prestasi dilingkungan tempat kerjanya ataupun dilingkungann sekolahnya, karena yang sangat disayangkan alasan yang mereka miliki karena merasa tak pintar, tak layak, tak meyakinkan dan sebagainya.

16. Selalu Berada Di Zona Nyaman

Zona nyaman memang menjadi tempat paling menyenangkan. Namun tempat tersebut juga yang secara tidak langsung sudah mencegah perkembangan diri. Karena terlalu nyaman, kita jadi begitu takut untuk menghadapi tantangan, kegagalan, penolakan, ketidaknyamanan, ketakutan, dan hal-hal lainnya.

17. Tidak Bersemangat Untuk Rencana Masa Depan

Photo Via : www.goalcast.com

Sebagai makhluk, kita memang tak berhak menentukan masa depan akan seperti apa. Namun sepertinya kita berhak membayangkan itu semua. Tak ada salahnya kalau kita bayangkan, beberapa tahun ke depan, diri kita ada di posisi yang diinginkan. Biasanya hal tersebut akan berubah menjadi motivasi tersendiri. Kecuali kalau kita memang orang yang berkualitas rendah, sehingga beranggapan kalau rencana masa depan yang gemilang itu mustahil terjadi, seperti contohnya “Wajah pas-pasan pengen jadi model?, mimpi kali!” atau Beberapa tahun lagi pengen punya usaha sendiri?, wihh mustahil banget!

18. Suka Mempengaruhi Orang Ke Dalam Sisi Negatif Yang Ia Punya

Photo Via : d28dwf34zswvrl.cloudfront.net

Orang yang berkualitas rendah biasanya suka mempengaruhi orang untuk melakukan hal-hal yang negatif seperti yang mereka miliki. Contohnya mengajak temannya untuk membolos sekolah atau bekerja, mempengaruhi orang untuk membenci sesorang yang ia benci atau lain sebagainya.

19. Tidak Pernah Bersyukur

Mereka dengan tipe seperti ini mungkin hampir sama dengan mereka yang sering mengeluh. Orang yang berkualitas rendah akan memenuhi pikirannya dengan hasil-hasil buruk. Entah itu berupa pekerjaannya yang tak menyenangkan, pasangannya yang tidak romantis, makanan yang tak enak dan lain sebagainya.

20. Suka Menyisipkan Berita Buruk Dalam Sebuah Berita Baik

Photo Via : www.jutarnji.hr

Orang dengan tipe seperti ini biasanya sangat dihindari ketika kita ingin menyampaikan suatu kabar baik. Pasalnya, mereka seperti selalu memiliki cara untuk memutar kabar tersebut jadi terkesan negatif. Misalnya ketika mengabari sudah mendapat pacar baru, mereka siap-siap menyisipkan sesuatu yang buruk. Entah itu pacarnya sombong, pacarnya sudah beristri atau lain sebagainya.

21. Suka Berbohong

Photo Via : img.inin.ro

Orang dengan tipe seperti ini biasanya berpikir kalau mereka tampak keren dengan isi bualan mereka di hadapan orang lain. Tak jarang juga berbohong adalah tanda mereka tidak dapat menerima diri mereka yang sebenarnya. Memang dengan berbohong akan membuat mereka merasa tenang dan nyaman sesaat, namun mereka lupa dengan efek jangka panjangnya yang dapat membahayakan diri mereka sendiri, karena bisa dicap sebagai orang yang tidak jujur, tidak bisa dipercaya dan tukang bual.

22. Suka Menjilat Ludah Sendiri

Seperti pepatah menjilat ludah sendiri adalah menarik atau mengambil kembali sesuatu yang pernah diberikan kepada orang lain, baik dalam berupa kata-kata ataupun benda. Tentu banyak yang tidak suka dengan orang seperti itu. Karena terkesan plin plan dalam mengambil suatu keputusan.

23. Suka Memfitnah Orang Lain

Photo Via : losperrosdelchamo.com

Orang dengan tipe seperti ini biasanya senang menyalahkan orang karena telah melakukan sebuah kesalahan yang tak pernah dibuat. Ibaratnya mencari kambing hitam untuk kesalahan yang mereka buat. Dalam keadaan kepepet dan terdesak orang-orang dengan tipe seperti ini dapat melimpahkan kesalahan yang ia buat kepada teman-temannya agar ia aman dan dapat lepas dari tanggung jawab.

Orang dengan tipe seperti ini juga senang memfitnah orang lain melakukan suatu kejahatan tanpa bukti apapun hanya karena ingin omongan yang ia katakan menjadi booming dan dapat menarik perhatian orang-orang sekitar.

24. Suka Melakukan Kecurangan

Photo Via : nymag.com

Orang-orang dengan tipe seperti ini suka melakukan apapun demi kemenangan dan kepuasan diri sendiri, walaupun dengan cara curang dan kotor. Contohnya seperti menyuap panitia suatu perlombaan agar dirinya menang atau mencuri start lebih awal saat lomba berlari. Orang-orang ini biasanya takut akan kekalahan dan merasa dengan menang meraka akan disukai oleh banyak orang.

25. Selalu Iri Terhadap Orang Lain

Photo Via : www.figyelomedia.hu

Ciri orang yang memiliki kualitas diri rendah selanjutnya adalah selalu iri terhadap orang lain. Seperti yang kita tahu bahwa “iri tanda tak mampu”, hal itulah yang terjadi pada orang-orang dengan tipe seperti ini. Mereka seakan lupa bersyukur terhadap apa yang sudah mereka miliki dan sibuk meratapi kepunyaan orang lain yang mereka anggap lebih wow dari yang mereka punya.

Nah itulah beberapa ciri seseorang berkualitas diri rendah, yang secara tidak sadar mereka miliki dan kepribadian seperti itu perlahan-lahan akan merugikan mereka sendiri dan sulit untuk meraih kesuksesan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk mengintropeksi diri ya sobat!!

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >