Inilah 10 Sup Terenak Dan Terpopuler di Dunia

4 minggu, by blogunik

Sup Terenak Dan Terpopuler di Dunia

Sup memang menjadi salah satu hidangan umum yang nampaknya dimiliki oleh hampir semua negara bahkan menjadi hidangan yang paling populer di dunia. Berbagai sup bahkan bisa sangat terkenal hingga berhasil mewakili negaranya. Di Indonesia sendiri, sup identik dengan kuah kaldu bening berisikan aneka daging dan sayuran. Mulai dari wortel, buncis, kentang, kol, dan irisan daging ayam. Masakan ini jadi favorit masyarakat Indonesia dan lebih nikmat saat disantap dengan nasi dan tempe goreng dikala hujan ataupun saat cuaca sedang dingin.

Sebagai hidangan yang populer, hampir setiap negara punya versi sup masing-masing. Ada yang kuahnya terbuat dari tomat, kacang giling, hingga kuah seafood. Nah buat kamu penggemar sup, berikut 10 sup terenak dan terpopuler di Dunia yang wajib kamu cicipi. Let’s check it out guys!

10 Sup Terenak Dan Terpopuler di Dunia

1. Pho – Vietnam

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Pho - Vietnam

photo via betsylife.com

Hidangan sup terenak dan terpopuler didunia diawali oleh Pho yang merupakan hidangan sup khas dari negara Vietnam. Sajian sup ini memang telah mendunia karena memang memiliki rasa yang lezat dan juga bermanfaat bagi tubuh. Sup khas Vietnam ini tidak hanya pas untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin, tapi juga ampuh dijadikan obat flu dan pereda mabuk. Kaldu sup ini biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam yang bisa kamu pilih sesuai selera. Setelah itu, sejumlah fresh herbs seperti daun jeruk dan serai juga dimasukkan untuk menambah cita rasa. Perasan jeruk nipis dan kecambah segar ditambahkan di akhir proses memasak yang membuat sup ini terasa lebih segar. Suguhan sup hangat ini disajikan dengan potongan daging sapi atau daging ayam. Rasa kuah pho kuat akan rempah, biasanya semangkuk pho disajikan dengan mi, daun ketumbar, tauge dan perasan jeruk nipis.

2. Bouillabaisse – Perancis

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Bouillabaisse - Perancis

photo via taste.com.au

Bouillabaisse merupakan sup terenak dan terpopuler di dunia berikutnya. Bouilabaisse merupakan hidangan sup yang berasal dari Prancis, tepatnya kota Marseillae. Bouilabaisse menjadi soup yang cukup populer di negara tersebut karena rasanya yang nikmat. Jika kebanyakan soup asal Eropa menggunakan krim di kuahnya, maka lain halnya dengan Bouilabaisse ini. Soup ini menggunakan campuran kentang, saffron, tomat, fennel dan bawang putih yang dimasak dalam kaldu seafood. Sebagai isiannya, soup ini menggunakan aneka ragam seafood, mulai kerang, udang, hingga kepiting yang dimasak dalam waktu lama dengan api kecil. Di Prancis, soup ini biasa dinikmati bersamaan dengan roti panggang khas Prancis yang nikmat. Sup ini sangat terkenal dan kerap disajikan sebagai makanan pada jamuan makan mewah.

3. Sup Miso – Jepang

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Sup Miso - Jepang

photo via takeaway.com

Hidangan sup yang populer didunia berikutnya adalah Sup Miso asal Jepang. Buat kamu pecinta film Jepang ataupun animasi Jepang, tentu sudah nggak asing dengan sup satu ini. Sup Miso merupakan soup paling populer yang ada di daratan negeri sakura ini dan sudah menjadi favorit masyarakat Jepang sejak zaman kuno. Sup berbahan dasar dashi atau kaldu ini dan kemudian dicampur dengan sayuran dan makanan laut kemudian ditambah miso untuk memberikan rasa yang lebih khas. Isiannya biasanya terdiri dari tahu, lobak, kentang hingga rumput laut wakame. Namun isian sup Miso biasanya bervariasi dari satu daerah ke daerah lain di Jepang. Sup miso biasanya dihidangkan dengan nasi putih dan dimakan dengan mengangkat mangkok makan.

4. Tom Yam – Thailand

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Tom Yam - Thailand

photo via resepkoki.id

Sup terenak selanjutnya adalah Tom Yam dari Thailand. Kepopuleran sup ini telah terkenal keseluruh penjuru Asia bahkan dunia. Tom Yam sendiri adalah sajian sup pedas dan asam yang disajikan dengan berbagai macam seafood, seperti ikan kakap, cumi, dan udang. Kuah kaldunya terbuat dari bahan-bahyan segar seperti serai, daun jeruk purut, lengkuas, air jeruk nipis, kecap ikan dan bubuk cabai.

Ada beragam jenis tom yam. Untuk Tom Yam Goong biasanya diisi dengan udang sebagai bahan utamanya. Sedangkan Tom Yum Gai menggunakan ayam, jamur untuk versi vegetarian. Untuk isian ikan disebut dengan Tom Yam Pla dan untuk makanan laut yang dicampur disebut juga dengan Tom Yum Talay atau Tom Yum Po Taek. Kuah Tom Yam juga ada dua versi, tom yam dengan santan (Tom Yam Gung Nam Kohn) atau tanpa santan (Tom Yam Gung Nam Sai) untuk versi kuah bening. Keduanya sama-sama memiliki paduan rasa asam, gurih, pedas dan sedikit manis.

5. Budae Jjigae – Korea Selatan

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Budae Jjigae - Korea Selatan

photo via dining.indonesiatatler.com

Budae Jjigae adalah sup yang terkenal di negeri gingseng dan menjadi salah satu hidangan sup yang terpopuler di kalangan Kpopers di dunia. Tak hanya Kpopers, masyarakat umum juga menyukai hidangan berkuah khas Korea Selatan ini. Dari namanya, Budae memiliki arti sebuah basis militer dalam bahasa Korea. Sementara Jjigae adalah istilah untuk sup atau stew. Karena itu, budae jjigae kerap disebut juga Army Stew atau Army Base Stew. Biasanya budae jjigae berisi daging, ham dan sosis yang dipotong-potong kemudian dicampur dengam bahan lain seperti kimchi, tofu, jamur shittake, ramyun, tteokbokki, serta daun bawang dan bawang bombay yang semua bahan tersebut dicampur dengan kuah pedas gochujang khas Korea.

6. Peanut Stew – Afrika

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Peanut Stew - Afrika

photo via monkeyandmekitchenadventures.com

Afrika juga memiliki sajian sup terenak dan terpopuler di dunia yang disebut dengan Peanut Stew. Berbeda dari sup lainnya yang berkuah, sup asal Afrika ini memiliki konsistensi soup yang kental dengan rasa yang gurih karena ada campuran dari kacang tanah. Sup ini terbuat dari aneka kacang-kacangan yang digiling kemudian direbus, dengan isian ubi dan ayam sehingga teksturnya sangat kental. Sup ini memiliki rasa yang gurih karena perpaduan aneka kacang terbaik. Untuk sentuhan terakhir, biasanya ditaburkan potongan cabai segar di atas sup ini.

7. Solyanka – Rusia

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Solyanka - Rusia

photo via flickr.com/photos/arx0nt

Rusia juga memiliki salah satu sajian sup terenak di dunia bernama Solyanka. Solyanka adalah sup kental yang kuahnya terbuat dari campuran minyak zaitun, kubis, tomat, acar, lemon, mentimun dan jamur yang telah diasinkan atau diacar kemudian dihaluskan dan dimasak sampai matang. Terdapat tiga jenis solyanka, antara lain meat solyanka dengan campuran daging ayam, daging sapi, atau ham. Kemudian fish solyanka yang biasanya menggunakan ikan salmon, creyfish, atau ikan sturgeon dalam campurannya. Dan bagi vegetarian, mushroom solyanka bisa menjadi pilihan. Walaupun ketiganya berbahan baku berbeda, namun ketiganya memiliki resep kuah yang sama yaitu berbahan dasar acar mentimun, kubis, lemon dan lain sebagainya.

8. Birria – Meksiko

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Birria - Meksiko

photo via sandiego.eater.com

Meksiko punya berbagai sup populer, salah satunya birria, sup tradisional yang terbuat dari daging kambing. Meski saat ini ada juga versi lain dari Birria yang terbuat dari daging sapi atau daging babi. Sup ini memiliki tekstur yang kental dan pekat karena proses pemasakan yang cukup lama. Warna merah dari soup ini berasal dari campuran tomat yang dimasak bersamaan dengan bumbu rempah khas Meksiko. Untuk menambah cita rasa, biasanya soup ini diberi tambahan tomat hijau dan merah, bawang Bombay dan irisan daun seledri agar lebih nikmat. Teksur dari sup ini sangat krimi karena dibuat dari pasta tomat, dagingnya juga sangat empuk karena proses pemasakan yang cukup lama.

9. Gumbo – Amerika

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Gumbo - Amerika

photo via nytimes.com

Amerika tepatnya Amerika Utara juga memiliki salah satu sajian sup terenak dan terpopuler di dunia yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Soup ini bernama Gumbo yang dibuat dari campuran tepung dan mentega yang dilelehkan dengan api kecil. Isiannya bisa beragam tergantung daerah di mana sup ini dibuat. Mulai dari potongan sosis, ayam, udang, hingga sayuran bernama okra. Biasanya Gumbo menjadi menu santapan wajib kala musim dingin di Amerika dan disajikan dengan nasi. Selain nasi, Gumbo juga kerap disantap dengan kentang goreng atau roti panggang.

10. Laksa Penang – Malaysia

Sup Terenak Dan Terpopuler Di Dunia - Laksa Penang - Malaysia

photo via bakewithpaws.com

Satu lagi sajian sup terenak dan terpopuler di dunia yang nggak boleh kamu lewatkan khususnya bagi penggemar hidangan berkuah adalah Laksa Penang yang merupakan hidangan sup asal Malaysia. Laksa sebenarnya dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara. Sup ini berasal dari budaya Peranakan Tionghoa dan Melayu. Masakan ini terkenal dengan kuah nya yangg kental dan creamy. Biasanya dihidangkan dengan soun, tauge, dan potongan ayam atau udang.

Nah itulah 10 hidangan sup terenak dan terpopuler di dunia yang wajib kamu cicipi khususnya bagi kamu penggemar hidangan berkuah. Indonesia sendiri memiliki beragam jenis sup yang nggak kalah lezat dari 10 jenis sup di atas. Tapi nggak ada salahnya mencoba rasa yang baru bukan?

Artikel Terkait