Jajanan Khas Bandung Yang Paling Terkenal Dan Cocok Untuk Oleh-oleh

    Traveling

Jalan-jalan ke kota Kembang Bandung, belum lengkap rasanya jika belum berburu oleh-oleh khas Bandung yang menggugah selera dan cocok untuk buah tangan buat keluarga dirumah dan teman-teman tercinta kalian. Berbicara tentang oleh-oleh khas Bandung, ada beberapa jenis jajanan enak khas Bandung yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan tentu saja karena rasanya yang enak. Nah bagi kalian yang sedang mencari refrensi tentang jajanan Bandung yang cocok buat oleh-oleh orang dirumah, cek listnya dibawah ini yuk!

1.Peuyeum Bandung

photo via : adira.co.id

Sepertinya kalian semua sudah pada tau apa itu peuyeum alias tape. Peuyeum mendapat julukan “jajanan sejuta umat” lantaran harganya yang murah meriah, enak dan juga tahan lama. Selain itu hampir semua orang menyukai jajanan khas jawa barat yang terbuat dari bahan dasar Singkong dan rasanya manis sangat legit ini. Sangat mudah untuk menemukan peuyeum di Daerah Bandung karena selain bentuknya yang khas dan mudah dikenali yaitu putih dan panjang serta penempatannya waktu dijual di toko atau kios adalah dengan cara gantung.

2. Surabi

photo via : sportourism.id

Surabi merupakan salah satu makanan khas Bandung yang paling populer dan banyak peminatnya. Tak heran jika tidak sedikit yang menyarankan untuk membawa surabi sebagai oleh-oleh dari Bandung. Di Bandung, serabi yang paling terkenal adalah Surabi Enhaii Bandung lantaran lokasi penjualnya berada di dekat kampus Enhaii, Bandung Utara.

3. Cireng

photo via : www.pegipegi.com

Cireng adalah cemilan yang dibuat menggunakan tepung kanji yang digoreng dan biasanya disajikan dengan saus. Makanan yang sangat digemari oleh masyarakat jawa barat ini terkenal sangat kenyal dimakannya,gurih dan sangat nikmat. Ada beberapa varian cireng yakni yang biasa dan ada juga varian lain yaitu cireng salju dan kerupuk cireng yang sama-sama dipadukan dengan bumbu atau sambal rujak. Harganya beragam, mulai dari 7 ribu sampai ada yang 21 ribu dalam satu kemasan. Makanan khas Bandung ini akan sangat mudah kamutemukan di jalan-jalan umum di sepanjang jalur tempat wisata di kota Bandung.

4. Tahu Bandung

photo via : ddrumah.wordpress.com

Siapa sih yang gak tahu tahu? Sepertinya tahu sedah menjadi makanan seuta umat bagi rakyat Indonesia. Selain karena harganysa yang merakyat, kandungan gizi dari tahu juga sangat baik untuk tubuh. Dari segala jenis tahu, dari tahu sumedang, tahu bulat hingga tahu isi, tahu khas Bandung bisa kalian jadikan alternatif pilihan oleh-oleh dari Bandung. Pasalnya tahun Bandung terkenal memiliki cita rasa tersendiri yang unik, empuk dan lebih lembut dari pada tahu sumedang.

5. Tempe Gila

photo via : http://tempekrezi.com

Ada tahu pasti ada tempe juga dong. Nah di Bandung terdapat olahan tempe yang enak yang cocok kalian jadikan sebagai oleh-oleh. Tempe Gila, makanan yang sudah mejadi ikon oleh-oleh Bandung dan menjadi buruan wisatawan ini terkenal karena selain rasanya yang sangat lezat dan nikmat, akan tetapi kerenyahan dari makanan yang berbahan dasar dari kedelai ini terasa kriuk-kriuk saat dimakan. Rasa yang pedas nendang juga menjadi salah satu daya tarik dari jajanan tempe gila ini.

6. Oncom

photo via : www.agrotekno.net

Kalau ke Bandung, gak lengkap rasanya jika belum membeli oncom sebagai oleh-oleh. Rasa nikmat dari kuliner yang berasal dari olahan kacang ini memang tak perlu diragukan lagi. Meski diolah hanya dengan cukup digoreng saja, makanan ini telah mampu menjadi daya tarik bagi setiap pelancong atau pengunjung yang datang ke Bandung.

7. Gepuk

photo via : http://anekatempatwisata.com

Gepuk merupakan oleh-oleh khas Bandung yang paling enak yang dibuat dengan bahan dasar daging. Dari banyaknya penjual gepuk di Bandung, namun gepuk Ny.Ong lah yang paling terkenal. Gepuk Ny.Ong menawarkan rasa pedas dan manis, ada juga remukan hasil pukulan dari gepuk yang juga dijual. Kalau masalah rasa jangan pernah ditanya kuliner khas dan populer di kabupaten Bandung ini,selain terkenal sangat lezat, gurih dan tentunya sangat bergizi tinggi.

8. Pisang Bollen

photo via : ksmtour.com

Kalau jalan-jalan ke Bandung, wajib hukumnya untuk mencicipi jajanan populer di Bandung yakni pisang bollen dari toko kue Kartika Sari. Bercita rasa sangat lezat, gurih dan manis dengan ornamen banyak pilihan rasa seperti keju, cokelat hingga durian. Jajanan ini sangat cocok kalian pilih untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

9. Brownies

photo via : www.bukalapak.com

Kue brownies memang menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Brownies sangat terkenal rasanya yang enak dan legit, kue khas Bandung yang satu ini sangat begitu populer bagi penikmat kue yang ada di Bandung, bahkan hingga ke luar daerah terutama wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Ada beberapa toko kue yang rekomended sebagai pusat oleh-oleh Bandung yang menyediakan Brownies dengan cita rasa yang telah terbukti kelezatannya, seperti Brownies Panggang Prima Rasa, Brownies Jalan Kemuning Bandung, Brownies Kukus Amanda Brownies di Jalan Ir.H.Djuanda no 167.

10. Batagor dan Siomay

photo via : pergikuliner.com

Siapa sih yang gak suka dengan kuliner nikmat dan mengenyangkan yakni batagor dan siomay? Makanan ini sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh Bandung yang wajib kamu bawa pulang sehabis liburan dari Bandung. Cita rasanya yang sangat enak dan harganya yang murah meriah menjadikannya sebagai salah satu Kuliner Bandung Favorit yang wajib para wisatawan coba rasakan ketika tiba di Bandung. Nah kalau kamu ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh kamu tinggal meminta penjualnya untuk memisahkan batagor dan siomaynya dengan kuah ataupun bumbunya, sehingga kuliner ini bisa tahan lama.

11. Bolu bakar Tunggal

photo via : pergikuliner.com

Kalau berkunjung ke Bandung, jangan sampai ketinggalan kuliner yang sedang hits disana. Salah satunya adalah Bolu Bakar Tunggal. Seperti namanya, makanan ini berbeda dari roti bakar, karena jenis roti yang digunakan adalah jenis bolu. Ada dua pilihan yang bisa dicoba oleh pengunjung, yaitu bolu bakar manis dan asin yang dijual dengan harga mulai dari Rp20.000 – Rp35.000 saja per porsinya. Beberapa pilihan bolu bakar manis diantaranya adalah, cokelat, keju, kopi, wijen, kacang, nanas, roombutter, kopi wijen, strawberry, dan kelapa susu. Sedangkan untuk yang asin ada tuna, tuna pedas, dan keju spesial tuna pedas. Meskipun makanan ini akan lebih nikmat jika dimakan saat hangat, tapi tidak ada salahnya juga kok untuk membawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung.

12. Tahu susu Lembang

photo via : www.pergidulu.com

Kalau lancong ke Bandung khususnya ke daerah Lembang, pastikan kamu membeli tahu susu Lembang buat keluarga dirumah. Tahu susu Lembang ini sangat terkenal dengan teksturnya yang lembut dan kenyal. Untuk dapat menikmatinya, tahu ini bisa langsung dinikmati atau digoreng terlebih dahulu, dan lebih enak jika dicocol sambal.

13. Basreng asin dan pedas

photo via : basrengkangcepot.wordpress.com

Camilan enak yang bisa banget kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung lainnya adalah basreng atau baso goreng. Makanan ringan yang memiliki cita rasa yang gurih dan juga renyah ini, bisa bertahan hingga beberapa minggu jika kamu tutup dengan benar. Jadi sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi kalian yang rumahnya diluar Bandung. Selain gurih dan renyah, basreng di Bandung ini juga tersedia dengan rasa pedas yang nendang!

14. Seblak Bandung

photo via : www.tokopedia.com/missaramisbdg

Siapa sih yang gak tau seblak? jajanan yang akhir-akhir ini sedang hits ini memang sangat nikmat jika dinikmati dengan keadaan hangat-hangat. Rasanya yang unik, gutih, dan juga pedas membuat seblak digemari oleh masyarakat pecinta makanan pedas. seblak sendiri merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus (kerupuk basah), diberi bumbu caba, bawang putih, garam, dan kencur. Tidak lupa juga diberi tambahan aneka sayur, telur, sdaging ayam, sampai olahan daging sapi. Hingga saat ini, seblak terdiri dari seblak basah dan seblak kering yang bisa kamu nikmati. Nah kalau kamu ingin membawa seblak sebagai oleh-oleh orang dirumah, ada baiknya kamu membeli yang sudah dikemas, sehingga kamu hanya perlu menyeduhnya dirumah, soal rasa gak perlu khawatir, karena rasanya gak kalah nikmat dengan yang kamu makan langsung ditempatnya.

15. Wajit Cililin

photo via : www.bukalapak.com

Kamu yang suka jajanan tradisional seperti dodol, maka kamu wajib mencoba atau bahkan membawa pulang Wajit Cililin sebagai oleh-oleh keluarga tersayang dirumah. Wajit Cililin hampir sama dengan dodol, karena jajanan ini juga terbuat dari campuran beras ketan, gula merah, dan kelapa yang dimasak, sehingga memiliki rasa manis dan teksturnya yang lengket. Jika dodol biasanya dibungkus dengan plastik, berbeda dengan wajit yang dibungkus dengan lebih unik, yaitu menggunakan kulit jagung.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >