Jajanan Khas Surabaya Yang Paling Terkenal Dan Cocok Untuk Oleh-oleh

    Traveling, Kuliner, Info

Surabaya merupakan salah satu kota yang berada di Indonesia yang sangat menarik untuk di kunjungi. Kota Pahlawan ini sering dikunjungi oleh sebagian besar orang untuk urusan bisnis. Selain itu, kota yang ikan dan buaya menjadi iconnya ini memiliki tempat wisata yang tak boleh dilewatkan. Saat berlibur ke Surabaya tentunya tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Nah, agar tidak bingung memilih, berikut ini jajanan khas Surabaya yang terkenal dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh

 

1. Almond Crispy

Photo via : https://ksmtour.com

Almond Crispy merupakan salah satu jajanan khas Surabaya yang paling terkenal. Makanan ini memiliki bentuk yang sangat tipis sehingga sangat renyah ketika dimakan dan ditambah dengan topping almond dan keju. Almond Crispy memiliki tiga varian rasa yaitu original cheese, green tea dan coklat. Camilan ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 45.000.

 

2. Lapis Kukus Pahlawan

Photo via : https://web.facebook.com/Kevin.adrea12/

Kue lapis kukus ini terbuat dari singkong dan memiliki empat varian rasa seperti original, cocopandan, brownies dan full keju. Semua varian rasa tersebut disajikan dengan topping krim dan keju parut.

 

3. Spikoe Resep Kuno

Photo via : https://bukalapak.com

Spikoe Resep Kuno adalah kue spiku (lapis legit) dimana menggunakan resep kuno. Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan dua lapis khas spiku berwarna kuning dan cokelat. Kue ini memiliki empat varian rasa yaitu Spikoe tanpa kismis, spikoe raisin, spikoe prunes dan speculaas.

 

4. Sambal Bu Rudy

Photo via : https://bukalapak.com

Selain kue, salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu Sambal Bu Rudy. Rasa sambal ini bakalan membuat kamu ketagihan setelah mencicipinya. Sambal Bu Rudy ini memiliki berbagai pilihan rasa yaitu sambal bajak, sambal bawang hingga sambal udang.

 

5. Guna-guna Snack

Photo via : https://bukalapak.com

Guna-guna Snack merupakan salah satu camilan khas Surabaya yang tidak boleh kelewatan. Guna-guna Snack memiliki banyak produk seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik buah naga, semprit keju, kue lapis kukus, bakso goreng hingga samosa.

 

6. Bebek Djangkep

Photo via : http://www.djangkep.co.id

Di Surabaya kamu juga bisa membawa pulang bebek khas Surabaya yaitu Bebek Djangkep. Bebek Djangkep ini dibungkus menggunakan bahan rempah-rempah yang dinamakan bumbu kuning. Lalu dimasukan ke dalam kemasan kedap udara agar lebih awet dibawa untuk oleh-oleh.

 

7. Kue Bikang Peneleh

Photo via : https://twitter.com/yantiearie

Kue Bikang Peneleh merupakan salah satu jajanan favorit warga Surabaya. Kue bikang ini terbuat dari tepung beras, gula dan santan. Kue ini sangat legit dan empuk di bagian atasnya dan garing pada bagian bawahnya.

 

8. Bunarendang

Photo via : https://www.pegipegi.com

Bunarendang ini merupakan singkatan dari bunderan nasi rendang. Bunarendang ini bentuknya seperti hamburger dengan nasi sebagai pengganti roti. Makanan ini bisa dibilang makanan cepat saji, namun jika kamu ingin membelinya untuk oleh-oleh, kamu bisa menghangatkannya di microwave.

 

9. Abon Sapi Padmosusastro

Photo via : https://www.sepulsa.com

Salah satu abon terenak yang ada di Surabaya yaitu Abon Sapi Padmosusastro. Abon ini memiliki dua varian rasa yaitu abon sapi rasa pedas dan manis. Kamu bisa datang ke pabriknya langsung untuk membelinya dan melihat proses pembuatannya.

 

10. Sirup Mangrove

Photo via : https://www.omiyago.com

Surabaya juga memiliki hutan mangrove yang terletak di Rungkut. Tak hanya itu saja, petani yang ada di Rungut memanfaatkan tumbuhan mangrove tersebut untuk digunakan menjadi sirup. Sirup ini paling enak jika disajikan dingin, sirup ini juga memiliki rasa yang asam, manis dan segar.

 

11. Siropen Telasih

Photo via : https://ksmtour.com

Siropen Telasih telah berdiri sejak 1923 dan dikelola oleh perusahaan milik Belanda yang kemudian jatuh ke Indonesia setelah mengalami pergantian kepemilikan beberapa kali. Minuman ini tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali sehingga memiliki rasa yang khas dan nikmat. Minuman ini terdiri dari beberapa varian rasa yaitu jeruk, keprok, vanili, frambosen, mawar dan cocopandan.

 

12. Kue Lapis Surabaya


Photo via : http://kuelapissurabaya.com

Kue lapis Surabaya ini memiliki warna kuning dan cokelat dan ditengahnya terdapat selai yang pada umumnya adalah selai strawberry. Kue lapis ini sangat enak, empuk dan lembut ditambah dengan aroma wangi yang muncul saat akan memakannya.

 

13. Kue Mente

Photo via : https://bukalapak.com

Kue Mente adalah kue dengan bahan utamanya mente, kue ini berbentuk bulat yang agak pipih dan memiliki rasa yang enak dan lembut. Walaupun memiliki bagian yang gosong, namun itu hanya bekas sisa pemasakan yang sebenarnya tidak gosong.

 

14. Keripik Buah Kane-kane

Photo via : http://kanefood.com

Keripik Buah Kane-kane merupakan camilan yang menggunakan buah-buahan sebagai bahan utamanya. Buah-buah segar ni digoreng dengan minyak kelapa dengan kandungan lemak baik dan baik untuk kesehatan. Proses penggorengannya cukup unik karena menggunakan metode Vaccum Frying atau penggorengan vakum menggunakan suhu kecil. Keripik kane-kane ini memiliki berbagai varian rasa mulai dari Keripik Apel, Mangga, Nanas, Salak Pondoh, Pepaya, dan Nangka.

 

15. Pohong Tata

Photo via : https://www.instagram.com/pohong_tata/

Pohong Tata merupakan oleh-oleh khas Surabaya dengan bahan utama singkong. Singkong ini pada awalnya dibakar, kemudian ditambahkan keju setalah itu baru dibungkus.

 

16. Bandeng Asap

Photo via : https://bukalapak.com

Salah satu oleh-oleh yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Surabaya yaitu Bandeng Asap. Harga dari bandeng asap ini bervariasi tergantung dari ukuran besar atau kecilnya ikan bandeng.

 

17. Oseng Tuna Asap

Photo via : https://disurabaya.id

Makanan ini tergolong masakan siap saji dan praktis untuk dibawa kemana-mana yaitu Oseng Tuna Asap. Oseng tuna asap ini memiliki dua varian rasa yang masing-masing enak yaitu original dan rasa pedas.

 

18. Snow Cake Surabaya

Photo via : http://www.niyasyah.com

Snow cake merupakan kue yang terinspirasi dari kue lapis namun memiliki beberapa perbedaan. Dua bagian kue ini berbeda paling atas, bawah dan tengah. Pada bagian atas dan bawah sama-sama terbuat dari pastry yang renyah, sedangkan untuk bagian tengahnya menggunakan roti yang memiliki warna cokelat. Kemudian ditambah dengan gula putih halus yang menyerupai salju. Snow cake memiliki beberapa varian rasa yaitu rasa vanila, caramel, choco banana, choco green tea dan keju.

 

19. Sambal Cuk

Photo via : http://distributorsambalcuksurabaya.blogspot.com/

Selain sambal Bu Rudy, di Surabaya ada yang namanya sambal CUK!. Sambal ini memiliki 13 varian rasa yang unik dan terjamin pedasnya. Varian rasa tersebut antara lain korek bebek Madura, udang ebi, sambal bawang, ijo teri Medan, roa asap, ikan asin klontok, klontok pete, original cabai, bajak, rica tuna asap, bawang pete dan matah Bali.

 

20. Fruit Cake Glory

Photo via : https://www.foody.id

Glory cake adalah merek roti yang menawarkan aneka macam roti dengan rasa buah-buahan mulai dari rasa nanas, apel, strawberry, mangga dan durian. Roti ini cocok untuk oleh-oleh karena kemasannya sulit ditembus udara luar maka dari itu didalamnya tetap awet.

 

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >