Makanan dan Minuman Khas Surabaya

3 bulan lalu

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Kota ini memang menjadi salah satu tempat tujuan bagi para pebisnis maupun para wisatawan. Selain terkenal dengan tempat wisatanya, Surabaya juga terkenal dengan aneka kuliner yang menggugah selera. Di kota ini ada beragam masakan dengan rasa yang variatif yang bisa kamu temukan dan ada juga makanan khas Surabaya yang bisa kamu cicipi. Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman khas Surabaya yang bisa kamu cicipi

 

1. Sate Klopo

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Sate Klopo

Photo via : https://www.nibble.id

Sate Klopo adalah makanan khas Surabaya yang berbahan dasar daging sapi atau daging ayam. Dimana ada campuran seperti jeroan dan lemak sapi yang menambah rasa gurih pada sate klopo ini. Sate ini sebelum dibakar harus dilumuri dengan parutan kelapa, sehingga sebagian orang mengetahui sate ini berbahan dasar kelapa.

 

2. Lontong Kupang

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Lontong Kupang

Photo via : https://resepnusantara.id

Lontong Kupang merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Makanan ini berbahan utama kupang putih yang mirip dengan kerang kemudian dimasak dengan cara direbus. Setelah itu, ditambah dengan lontong, petis dan perasan jeruk nipis. Lontong kupang ini biasanya ditemani dengan sate kerang dan es kelapa muda.

 

3. Nasi Empal Pengampon

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Nasi Empal Pengampon

Photo via : https://deskgram.net

Nasi Empal Pengampon merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Dimana nasi ini terdiri dari nasi putih, lauk emal suwir, tempe kering, tumis kacang, lalapan timun, sambal dan daun kemangi. Hanya makan seporsi nasi ini saja akan membuat kamu kenyang. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

4. Mie Pecun

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Mie Pecun

Photo via : https://zonalibur.com

Mie Pecun merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Makanan ini berbahan dasar mie dengan berbagai macam tingkat kepedasan. Nama mie ini berkonotasi negatif, namun artinya mie pedas bebas racun. Selain itu, penamaan menu makanan ini juga unik seperti pecun maniac untuk mie goreng, pecun bahenol dan pecun bugil.

 

5. Almond Crispy

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Almond Crispy

Photo via : https://www.kaskus.co.id

Almond Crispy merupakan makanan oleh-oleh khas Surabaya. Kue ini terbuat dari telur, tepung, gula, susu bubuk, keju dan almond. Makanan ini tergolong tipis dan crispy sehingga dinamakan almond crispy. Almond crispy ini memiliki beberapa varian rasa seperti original, coklat dan greentea. Biasanya makanan ini dijadikan oleh-oleh khas Surabaya.

 

6. Surabaya Snowcake

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Surabaya Snowcake

Photo via : https://www.instagram.com/snowcakesurabaya

Surabaya Snowcake merupakan salah satu kue kekinian yang saat ini sedang booming. Kue ini merupakan bisnis kuliner milik artis Zaskia Sungkar. Surabaya snowcake ini sebenarnya berasal dari makanan khas spiku yang legendaris di Surabaya, hanya saja dikemas ulang dengan tampilan yang lebih modern dan rasa yang relatif lebih variatif.

 

7. Bebek Palupi

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Bebek Palupi

Photo via : https://m.traveloka.com

Bebek Palupi merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satu tempat yang menjual makanan ini berlokasi di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10, Surabaya. Selain bebek goreng, ditempat ini juga terdapat ayam goreng, pecel lele, tahu penyet dan lainnya. Namun menu yang favorit disini yaitu bebek palupinya.

 

8. Sate Lisidu

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Sate Lisidu

Photo via : https://www.gotravelly.com

Sate Lisidu merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Dimana makanan ini memiliki tampilan yang unik karena bentuknya pipih. Sate ini dibakar dengan cara yang unik yaitu pengipasannya dari atas sampai bawah sehingga dagingnya menjadi bersih tanpa adanya arang yang menempel.

 

9. Sate Karak

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Sate Karak

Photo via : https://travelingyuk.com

Sate Karak merupakan makanan khas Surabaya yang keberadaannya yang kini sudah langka. Sate karak adalah sate yang berbahan dasar usus yang dalam penyajiannya disajikan dengan karak atau nasi ketan hitam ditambah dengan parutan kelapa. Sate ini bisa kamu temui di kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya (Kampung Arab) tepatnya Jalan Ampel Lonceng, Nomor 60, Ampel, Semampir, Surabaya.

 

10. Soto Lamongan Cak Har

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Soto Lamongan Cak Har

Photo via : http://surabayakuliner.co.id

Soto Lamongan Cak Har merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang murah meriah. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dengan kuah kental. Selain soto, terdapat juga menu lainnya seperti ceker ayam, daging ayam, jeroan dan brutu ayam. Jika kamu ingin mencicipi soto lamongan ini, kamu bisa datang ke Jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

 

11. Sego Sambel

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Sego Sambel

Photo via : https://www.travelaper.com

Sego Sambel merupakan salah satu kuliner malam yang berada di Surabaya. Makanan ini dapat kamu temui di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 12. Sego sambal ini terdiri dari nasi putih ditambah dengan sambal dan lauk yang enak. Sego sambel ini biasanya buka pada jam 10 malam.

 

12. Nasi Campur Tambak

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Nasi Campur Tambak

Photo via : https://pergikuliner.com

Nasi Campur Tambak merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Nasi Campur Tambak ini terdiri dari nasi hangat yang dicampur mie putih, daging empal dan telur. Jika kamu ingin mencicipinya kamu bisa datang ke Pasar Wetan Nomor 7 Surabaya. Nasi Campur Tambak ini buka dari pukul 05.00 hingga 15.00.

 

13. Nasi Cumi

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Nasi Cumi

Photo via : http://gaztrogram.blogspot.com

Nasi Cumi merupakan salah satu makanan favorit di Surabaya. Buat kamu yang berkunjung ke Surabaya, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan satu ini. Nasi cumi ini disajikan dengan nasi hangat yang ditambah serundeng kelapa, mie kuning dan sambal pencit serta lauk cumi tinta hitam. Kamu bisa merasakan bagaimana gurihnya nasi cumi Surabaya ini.

 

14. Lontong Balap

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Lontong Balap

Photo via : https://ksmtour.com

Lontong Balap merupakan salah satu makanan yang berada di Surabaya. Salah satu penjual yang rekomended untuk dicoba yaitu lontong balap garuda pak gendut yang sudah ada sejak tahun 1956. Kamu yang sedang melancong ke Surabaya, kamu wajib mencicipi gurihnya lontong balap ini. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

15. Rujak Cingur

Makanan dan Minuman Khas Surabaya - Rujak Cingur

Photo via : https://id.tastemade.com

Rujak Cingur merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang lezat dan harganya murah. Makanan ini berupa rujak yang dicampur dengan cingur atau hidung sapi yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Kamu yang sedang mengunjungi atau akan ke Surabaya, kuliner ini wajib kamu cicipi lho.

Baca Juga