Jajanan Tempoe Doeloe Yang Berevolusi Menjadi Jajanan Modern

    Kuliner

Indonesia memang terkenal akan kekayaan alam dan suku bangsa hingga kulinernya yang kaya akan rempah dan bercita rasa tinggi. Dari jaman dulu Indonesia telah memiliki jajanan-jajanan khas yang populer dikalangan masyarakat. Sebuta saja ada sate, nasi goreng, gado-gado, hingga bakso yang telah populer dan terkenal hingga luar negeri. Namun ada juga kuliner Indonesia yang mengalami pasang surut hingga hampir dilupakan oleh masyarakan Indonesia sendiri.

Namun beberapa orang kreatif kembali memunculkan kuliner Indonesia yang hampir dilupakan kembali ke pasaran dengan tampilan yang lebih fresh dan menarik. Layaknya fashion, jajanan di Indonesia pun selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Penasaran kuliner jadul Indonesia yang kini telah mengalami perubahan hingga terlihat lebih modern? Langsung aja deh simak dibawah ini!.

1. Kue Cubit

photo via : resepkoki.id

photo via : http://www.cateringyogya.com

Di era 90an kue cubit ini sempat menjadi hits dan laris manis dipasaran. Hingga munculnya kue-kue baru yang lebih menarik, membuat kue cubit ini dilupakan. Namun akhir-akhir ini, kue cubit kembali menjadi hits dengan bentuk dan rasa yang berbeda dan lebih menarik dengan adanya berbagai macam topping yang membuatnya terlihat lebih enak dan menggugah selera.

2. Kue Rangin

photo via : instarix.com/tag/pancong/J0HWeShiwAAAF0HWdXYaQAAAFr4BAA

photo via : feedram.club/hashtag/kokobuncit

Kue Rangin adalah salah satu jajanan yang sudah ada dari jaman kakek nenek kamu masih muda. Yup kue rangin sudah ada dan sempat popuer saat dua atau 3 dekade silam. Namun seiring berjalannya waktu, kue rangin ini semakin ditinggali dan dipandang sebelah mata. Penjual kue ranginpun sudah mulai jarang terlihat, walaupun ada, pastinya tak banyak yang membeli. Namun beberapa tahun terakhir ini kue rangin kembali ramai diminati oleh masyarakat lantaran tampilannya yang lebih menarik dan modern, tentunya dengan berbagai topih yang membuat kue rangin semakin menggugah selera.

3. Martabak Manis (Terang Bulan)

photo via : www.pictame.com

photo via : http://www.tripriau.com

Siapa sih yang gak pernah makan martabak manis atau sering disebut terangbulan? Sepertinya semua rakyat Indonesia pernah menyicipinya, lantaran jajanan satu ini paling mudah dicari. Hampir setiap jalan yang ramai atau pasar malam selalu ada yang menjual martabak manis. Martabak. Martabak manis memang tak seperti jajanan lainnya yang mengalami pasang surut. Martabak manis selalu ada dan selalu diminati dari generasi ke generasi. Namun seperti fashion yang selalu update, martabak manispun semakin lama semakin berkembang dari segi penampilan dan rasa. Seperti martabak manis kekinian yang sudah banyak bisa kita lihat dipasaran dengan berbagai topping yang menggugah selera.

4. Crepes

photo via : www.archanaskitchen.com

photo via : www.foodandwine.com

Sama halnya dengan martabak manis, crepes pun mengalami perubahan dalam penampilan maupun dalam cita rasanya. Jika dulu crepes hanya adonan tepung tipis yang dipanggang dan di baluri susu coklat, maka crepes jaman sekarang tampil lebih modern dengan isian topping yang lebih bervariasi, dari coklat, buah, es krim hingga daging bisa kalian dapatkan.

5. Es Potong

photo via : www.piringdigital.com

photo via : sukamasak.com

Es potong merupakan salah satu jajanan sekolah yang mungkin banyak menyimpan kenangan manis bagi mereka yang hidup di era tahun 80an atau 90an. Es berwarna hijau atau merah muda yang juga kerap disebut dengan es sabun tersebut biasanya dinikmati begitu saja dengan tusukan lidi. Nah es potong jaman sekarang sepertinya lebih bervariatif dari segi rasa dan penampilan hingga layak bersaing dengan es krim-es krim yang lebih modern. Bukan lagi menggunakan tusukan lidi namun menggunakan setangkup roti tawar, seperti menikmati sandwich.

6. Mie Lidi

photo via : www.tokopedia.com/jejamo/mie-lidi-osyin

photo via : www.inspirasi.co

Mie lidi adalah salah satu jajanan yang selalu meramaikan jejeran jajanan sekolah jaman dulu. Namun mie lidi kehilangan pamor seiring banyaknya produk-produk makanan ringan yang lebih modern. Namun belakangan ini, mie lidi kembali menjadi popular dikalangan anak muda, bahkan ada yang menjual melalui online. Hampir semua mie lidi jaman sekarang menawarkan tingkat kepedasan yang berbeda-beda dan memiliki packaging yang lebih menarik.

7. Es Cendol

photo via : resepgulaku.com

photo via : travelingyuk.com

Es Cendol mungkin tak pernah benar-benar dilupakan dari dulu hingga sekarang, sebab es cendol masih dijual di warung-warung sederhana yang menjual es. Namun belakangan ini es cendol mulai ramai dijual di restoran-restoran ataupun rumah makan dengan tampilan dan cara penyajian yang lebih modern. Es cendol mulai menunjukan eksistensinya setelah komunitas online terbesar di Indonesia menbagi-bagikan cendol dengan gratis dibulan puasa.

8. Surabi

photo via : www.abowlofclover.com

photo via : www.infobdg.com

Surabi memang terkenal sebagai makanan khas Bandung yang disajikan dengan kuah santan hangat. Surabi berbahan dasar adonan tepung dan ketan yang sangat sederhana. Namun serabi jaman dulu sempat dipandang sebelah mata oleh anak muda Indonesia. Namun belakangan ini muncul surabi modifikasi yang tampil dengan penyajian yang lebih menggugah selera. Ukurannya memang terlihat lebih kecil, namun jika kalian ingin membeli, kalian bebas memilih toping yang kalian sukai.

9. Es Selendang Mayang

photo via : www.pictame.com

photo via : myfunfoodiary.com

Es Selendang mayang merupakan es khas Jakarta yang dulu hanya dapat dinikmati saat acara tradisional Betawi dan tentunya es selendang mayang yang dulu sangat sederhana jika dilihat dari tampilannya. Namun sekarang es selendang mayang bisa kalian temui di beberapa kafe atau restoran di Jakarta dengan tampilan yang lebih modern dan tentu saja lebih menggugah selera.

10. Ketan

photo via : resepkoki.id

photo via : nesya.blogspot.co.id

Menikmati ketan jaman dulu biasanya sebagai teman meminum kopi dipagi hari. Memiliki tampilan yang sederhana membuat ketan kala itu sempat terlupakan dan di pandang sebelah mata terutama oleh remaja Indonesia. Namun sekarang jajanan ketan menjadi jajanan yang cukup hits, dengan campuran berbagai macam toping menarik yang tentunya menggugah seleran.

 

 

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >