Aneka Jenis Bubur di indonesia Yang Lezat Yang Harus Kamu Coba

by blogunik
 0  

Jenis Bubur di indonesia

Dari sekian banyak makanan, bubur menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Makanan ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai menu sarapan namun beberapa jensinya juga dapat dikonsumsi kapan saja. Di Indonesia sendiri ada beragam jenis bubur yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Bubur-bubur tersebut memiliki rasa, tekstur dan bahan yang beragam. Bubur apa saja itu? Berikut ini aneka jenis bubur di Indonesia yang memiliki rasa lezat dan harus kamu cobain

1. Bubur Ase

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via travelingyuk.com

Bubur khas Betawi ini semakin sulit utnuk ditemukan. Bubur ini terbuat dari beras yang diberi kuah semur daging sapi, kemudian ditambahkan tauge, kacang kedelai dan kerupuk merah. Tak heran jika bubur ini memiliki kuah kecoklatan. Bubur Ase ini disajikan dalam keadaan dingin, rasa gurih bubur dan semur berpadu dengan asinan sayur menghasilkan sensasi menyegarkan di lidah.

2. Bubur Ayam

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via bolong.id

Selanjutnya ada bubur ayam, bubur ini hampir bisa kalian temukan dipenjuru negeri. Umumnya bubur ini sering dijadikan sebagai menu sarapan pagi, selain rasanya enak bubur ini juga cukup mengenyangkan. Bubur Ayam ini menggunakan bahan utama beras yang kemudian disajikan dengan beraneka ragam topping. Toppingnya sendiri ada beragam mulai suwiran ayam, bawang goreng, kacang, seledri dan topping lainnya.

3. Bubur Baro-baro

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via tiffinbiru.com

Bubur yang berasal dari Sulawesi ini merupakan bubur putih yang memiliki rasa gurih dan diatasnya diberi bubur merah yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Bubur ini memiliki tekstur lembut sehingga sangat mudah disantap. Di Jawa, bubur ini menjadi salah satu uborampe dalam upacara wetonan.

4. Bubur Bassang

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via id.quora.com

Bubur Bassang merupakan bubur khas Sulawesi Selatan. Bubur ini terbuat dari jagung pulut atau jagung putih, tepung terigu, air, gula dan garam. Makanan ini lebih baik disajikan dalam keadaan panas dan diberi gula pasir secukupnya ketika disajikan. Menariknya, bubur ini juga sudah ada kemasan cepat sajinya sehingga sangat praktis.

5. Bubur Candil

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via yummy.co.id

Bubur ini menggunakan bahan dasar ketela dan tepung tapioka, kemudian dibentuk bulat-bulat. Bubur ini paling cocok disantap dengan kuah santan dan gula merah cair. Ketika digigit, bubur ini terasa kenyal serta manis.

Bagi masyarakat Jawa bubur candil ini disebut dengan nama jenang grendul. Pada acara-acara formal atau keluarga, jenang ini disajikan sebagai simbol keharmonisan hidup yang diwarnai dengan perbedaan.

6. Bubur Cacah Talas

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via lofoodie.blogspot.com

Next ada bubur cacah talas, seperti namanya bubur ini menggunakan talas yang sudah dicacah dan direbus. Bubur ini biasanya disajikan bersama kuah gula merah dan santan. Agar beraroma wangi, biasanya dilengkapi dengan daun pandan.

7. Bubur Jali-jali

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via kitchenesia.grid.id

Bubur ini terbuat dari biji jali dan menjadi makanan khas Betawi yang semakin langka. Hal ini karena bagan dasarnya sulit didapatkan dan proses memasaknya sedikit lebih rumit dibandingkan yang lain. Salah satu jenis bubur Indonesia ini memiliki rasa manis dan legit, sekali mencicipinya kamu akan merasa ketagihan. Makanan ini juga dikenal bagus untuk pencernaan.

8. Bubur Kampiun

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via inews.co.id

Tak hanya memiliki kuliner pedas, Tanah Minang juga memiliki kuliner yang lezat dan memiliki rasa manis yaitu Bubur Kampiun. Jika dilihat sekilas tampilannya hampir mirip dengan kolak dan bubur sumsum. Bubur ini terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, daun pandan dan pisang tanduk.

Dalam seporsi bubur kampiun terdiri dari beberapa jenis bubur yaitu bubur sumsum, ketan hitam, kacang hijau, kolak pisang dan bubur candil. Tak heran jika bubur ini memiliki rasa dan tekstur yang kaya.

9. Bubur Kanji Rumbi

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via regional.kompas.com

Berasal dari Aceh, bubur ini sering sekali disajikan saat sarapan. Bubur gurih satu ini sekilas mirip dengan bubur ayam. Namun, bubur ini dilengkapi dengan udang dan rempah-rempahnya pun lebih banyak, bahkan ada cengkeh di dalamnya. Teksturnya lembut dan memiliki cita rasa yang gurih.

10. Bubur Kacang Hijau

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via blog.tokowahab.com

Bubur manis ini terbuat dari kacang hijau yang direbus hingga lunak dipadukan dengan santan serta gula aren. Ketika disajikan biasanya dilengkapi dengan bubur ketan hitam dan roti tawar. Di Indonesia sendiri, bubur ini sangat mudah didapatkan baik itu dipinggir jalan maupun warung-warung.

11. Bubur Ketan Hitam

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via yummy.co.id

Selain bubur kacang hijau ada juga bubur ketan hitam, seperti namanya bubur ini terbuat dari ketan hitam. Bubur ini kemudian disiram dengan santan dan gula sehingga memiliki rasa yang manis dan nikmat. Umumnya bubur ketan hitam ini dijadikan sebagai pelengkap berbagai macam bubur lainnya.

12. Bubur Lemu

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via food.detik.com

Jenis bubur satu ini bisa kamu temukan ketika berkunjug ke Solo dan Yogyakarta. Bubur Lemu ini terbuat dari campuran bubur nasi, opor ayam, telur dan sambal krecek. Perpaduan rasa yang manis serta gurih membuat makanan satu ini disukai orang-orang. Makanan ini juga bisa ditambah dengan aneka lauk lainnya sehingga rasanya semakin kaya dan perutmu akan kenyang.

13. Bubur Manado

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via reddoorz.com

Bubur Manado atau disebut juga bubur tunutuan, bubur ini berasal dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Bubur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan kagung, kangkung, kemangi, labu kuning dan ubi jalar. Selain itu, bubur ini juga ditambah dengan ikan tuna, ikan jambal dan sambal rica-rica khas Manado.

14. Bubur Manggul

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via youtube.com

Bubur ini berasal dari Madura, terbuat dari tepung beras yang ditambah dengan santan dan sedikit garam. Ciri khas dari Bubur Manggul ini terlihat dari taburan serundeng dengan bumbu rempah khasnya, daun kemangi dan sambal goreng udang. Tak heran jika bubur ini memiliki citarasa yang gurih.

15. Bubur Mengguh

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via yummy.co.id

Bubur Mengguh adalah bubur yang berasal dari Pulau Dewata, bubur ini mirip dengan bubur ayam. Bubur ini terbuat dari beras dan santan yang diberi kuah ayam yang kental. Kuah kental ini berbahan merica, ketumbar, kemiri, kunyit bakar, garam, bawang merah, bawang putih dan cabe yang dihaluskan.

Sebagai pelengkapnya, ada suwiran ayam, kacang dan sayur urap. Bubur Mengguh ini biasanya disajikan ketika ada upacara adat masyarakat Buleleng.

16. Bubur Pedas

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via kalbariana.web.id

Bubur tradisional orang Melayu di Kalimantan Barat tepatnya di Sambas ini menjadi salah satu jenis bubur yang ada di Indonesia. Bubur ini dibuat dari beras yang ditumbuk hingga halus, kemudian dioseng dan diberi aneka rempah-rempah dan sayuran.

Meskipun bernama bubur pedas, bubur ini tidak memiliki pedas cabai. Hanya saja, kata pedas merupakan perumpamaan yang memiliki makna beragam sayuran dan rempah yang ada di dalam bubur tersebut. Bubur ini disajikan hangat dan diberi kacang tanah goreng dan ikan teri diatasnya.

17. Bubur Pecel

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via sajiansedap.grid.id

Seperti namanya, bubur yang berasal dari Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini disajikan dengan bumbu kuah kacang lengkap dengan sayurannya seperti kangkung, kacang panjang, bayam dan tauge. Bubur Pecel ini juga disajikan dengan mangkuk opak yang bisa dimakan.

18. Bubur Sumsum

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via xyzasia.com

Bubur sumsum ini bisa kamu temui di Yogyakarta dan Solo serta di berbagai daerah lainnya di Indonesia, meskipun bernama sumsum makanan ini tidak menggunakan sumsum tulang sapi melainkan menggunakan tepung beras. Bubur sumsum disajikan dengan siraman dengan gula merah cair agar rasanya nikmat.

19. Bubur Sagu

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via berbagaikumpulanresepmasakan.blogspot.com

Bubur Sagu ini berasal dari Ambon yang terbuat dari sagu yang telah direndam lalu direbus. Biasanya bubur ini disajikan dengan kuah santan dan talas kukus serta sirup gula merah. Bubur Sagu ini memiliki cita rasa gurih dan manis.

20. Bubur Suji Ayu

Aneka Jenis Bubur Di indonesia

photo via makanenakweb.files.wordpress.com

Terakhir ada Bubur Suji Ayu, bubur ini terbuat dari kentang yang sudah dikukus. Lalu dicampur dengan tepung tapioka dan air suji dan direndam bersama daun pandan. Tak heran jika bubur ini memiliki warna hijau yang cantik.

 

Itulah beberapa jenis bubur di Indonesia yang memiliki rasa lezat dan harus kamu cobain. Dari deretan bubur diatas, kamu sudah pernah nyobain yang mana saja?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait