Jenis-jenis Pakaian Wanita dan Pria


    Fashion & Kecantikan


Pakaian merupakan sesuatu yang terbuat dari serat atau bahan tekstil yang digunakan untuk menutupi tubuh. Pada zaman dulu pakaian terbuat dari serat pepohonan dan kulit hewan, namun kemajuan zaman mulailah memanfaatkan kapas, bulu domba serta sutra yang dipintal menjadi benang dan menjadi kain. Dari waktu ke waktu berkembangnya teknologi, manusia bisa menciptakan berbagai macam jenis pakaian, sehingga saat ini banyak sekali jenis-jenis pakaian. Dimana pada awalnya pakaian digunakan untuk menutup tubuh manusia, sekarang digunakan sebagai simbol status. Saat ini, jenis pakaian dan nama pakaian beraneka ragam untuk wanita maupun pria tergantung dari penggunaan pakaian tersebut. Berikut ini jenis-jenis pakaian wanita dan pria :

 

Jenis Pakaian Dalam Wanita

1. Lingerie

Photo via : https://www.society19.com

Lingerie adalah pakaian dalam wanita yang memiliki desain yang menarik sehingga membuat wanita terlihat seksi. Biasanya pakaian ini sering digunakan untuk menarik suami agar lebih terpikat.

 

2. Bra/Beha

Photo via : https://www.victoriassecret.com

Bra/Beha adalah pakaian dalam yang digunakan wanita yang memiliki payudara yang telah matang. Bra ini berfungsi untuk mencegah payudarah kendur, menjaga kekencangan payudara atau menutupi payudara itu sendiri.

 

3. Panty

Photo via : https://poshmark.com

Panty adalah pakaian dalam yang berfungsi untuk melindungi tubuh bagian bawah dari kelembaban yang membuat bakteri atau jamur hinggap. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

4. Korset

Photo via : https://corset-story.com

Korset adalah salah satu alat yang bisa menyiksa diri dan terkenal dapat membuat badan sakit. Namun meskipun begitu, korset dapat membuat pinggang lebih kecil, postur tubuh yang lebih baik, pinggul dan payudarah akan terlihat lebih berisi serta mengurangi ukuran pinggang.

 

5. Slip dress


Photo via : https://silklaundry.com.au

Slip dress adalah gaun wanita yang memiliki tali spagetti. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

6. Bandeau

Photo via : https://pusshe.com

Bandeau adalah pakaian dalam yang terdiri dari sehelai kain yang menutupi payudara. Biasanya pakaian dalam ini digunakan saat olahraga ataupun berenang dan sering kali sigunakan sebagai bagaian atas pakaian formal.

 

7. Cami

Photo via : https://pusshe.com

Cami adalah pakaian dalam wanita yang berpotongan sedikit longgar dan tanpa lengan. Panjang dari camisole bervariasi, kebanyakan panjangnya menutupi pinggang. Namun ada juga yang panjangnya hingga menutupi tulang panggul dan ada juga yang sedikit diatas pinggang sehingga mengekspos bagian perut bawah.

8. Bodysuit

Photo via pinterest.com/pin/556827941419813104/

Bodysuit adalah lingerie pelangsing tubuh dengan teknologi terkini yang dipadukan dengan Germanium, sehingga dapat menjaga penampilan tubuh, mengoreksi bagian tubuh menjadi ideal.

9. Halfslip

Photo via dillards.com

Halfslip adalah pakaian dalam yang digunakan di dalam gaun atau rok. Banyak halfslip yang dibagian bawahnya memiliki renda bunga pada ujungnya. Namun saat ini banyak halfslip dibuat sangat sederhana.

10. Shapewear

Photo via faveable.com

Shapewear adalah pakaian dalam wanita yang dirancang untuk membentuk lekuk tubuh sekaligus memperlancar peredaran darah. Pakaian dalam ini juga dapat mengangkat beberapa bagian tubuh dengan cepat tanpa bantuan alat.

 

Jenis Pakaian Luar Wanita

1. Bolero

Photo via Keeboshop.com

Bolero adalah semacam jaket yang pas di badan dengan ukuran setengah dada dan terbuka dibagian depan. Untuk lengannya bisa lengan pendek atau panjang.

2. Cardigan

Photo via kookai.com.au

Cardigan adalah sweater yang terbuka dibagian depannya, cardigan juga bisa diberi variasi seperti kancing atau ritsleting.

3. Hoodie
Hoodie adalah sweater dengan topi, dimana pada bagian depannya terdapat saku dan sebuah tali untuk menyesuaikan topinya. Hoodie juga bisa dibuka dengan ritsleting atau kancing pada bagian depannya.

4. Sweater
Sweater adalah salah satu pakaian yang biasanya digunakan untuk penghangat tubuh ketika cuaca dingin. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

5. Blazer
Blazer adalah sejenis jaket yang bisa dipakai sebagai pakaian santai namun tetap rapi. Blazer memiliki bentuk menyerupai jas dengan potongan yang lebih santai.

6. Vest

Photo via ratatum.com

Vest atau yang sering disebut rompi merupakan pakaian tanpa lengan dan biasanya dilengkapi dengan kancing di bagian depan. Biasanya bahan yang digunakan kain atau kaos yang biasanya digunakan setelah memakai pakaian utama.

7. Blouse
Blouse adalah pakaian yang biasanya digunakan sebagai atasan, pakaian ini bermodel longgar yang sebelumnya digunakan oleh pekerja, petani, seniman, perempuan dan anak-anak.

8. Kemeja
Kemeja adalah salah satu pakaian yang bisa digunakan untuk wanita ataupun pria. Pada umumnya pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai perut.

9. Kaos
Kaos atau T-shirt adalah pakaian yang menutupi sebagaian lengan, seluruh dada, bahu dan perut. Kaos biasanya tidak memiliki kancing, saku atau kerah, selain itu biasanya kaos berelngan pendek.

10. Tank Top
Tank Top adalah kaos tanpa lengan yang biasanya menjadi pakaian santai. Baju ini biasanya digunakan ketika cuaca panas karena lubang lengan menyediakan ventilasi dan kain tipis yang memberikan kenyamanan.

11. Dress
Dress adalah pakaian terusan yang atasan hingga rok menyatu dari atas hingga ke bawah. Dress memiliki berbagai macam jenis mulai dari long dress, maxi dress, midi dress, knee length dress, mini dress, micro dress.

12. Gaun
Gaun adalah pakaian wanita yang biasanya digunakan pada saat pergi ke pesta atau resepsi. Gaun menjadi salah satu pakaian sebagai simbol sebuah keanggunan dan kefeminiman bagi para wanita yang menggunakannya.

13. Gamis
Gamis adalah pakaian muslim wanita dengan model baju atasan dan bawahannya berbentuk lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruhan badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

14. Overalls

Photo via : https://www.rue21.com

Overalls adalah pakaian yang biasanya berbahan denim atau jeans yang memiliki model seperti jumpsuit namun kamu bisa menggunakan dalaman yang berupa kaos atau kemeja di bagian dalamnya.

15. Jumpsuit
Jumpsuit adalah pakaian dimana bagian atasan dan bawahannya menjadi satu. Pada umumnya jumpsuit menggunakan bahan kaos tapi seiring dengan perkembangan trend fashion, jumpsuit sering ditemukan dengan berbagai bahan.

16. Catsuit

Photo via ebay.com

Catsuit adalah sebuah terusan yang menutupi seluruh tubuh mulai dari leher hingga kaki. Biasanya potongan Catsuit ketat membungkus badan dengan menggunakan retsleting dibagian punggu sebagai penutupnya.

17. Hotpants
Hotpants adalah celana yang panjangnya sebatas pangkal paha. Celana ini biasanya banyak digunakan remaja putri. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

18. Legging
Legging adalah salah satu bentuk celana olahraga yang biasanya terbuat dari serat lycra atau spandex yang dapat merenggang sehingga sangat nyaman digunakan ketika bergerak.

19. Kulot
Kulot adalah bahan pakaian yang terlihat seperti perpaduan rok dan celana pendek. Celana ini membesar pada bagian bawahnya sehingga sangat nyaman digunakan.

20. Jeans
Jeans adalah celana jadi yang berbahan denim, sebutan jeans ini mulai dikenal sejak LEVIS membuat jenis celana berbahan denim yang kemudian dinamakan Jeans.

21. Knickers Bockers

Photo via : https://www.rosegal.com

Knickers Bockers adalah celana yang penuh dan longgar dikerut atau diploi pada bagian lutut dengan sebuah ban dan dikencangkan dengan kancing atau gesper.

22. Palazzo

Photo via : https://www.eshakti.com

Palazzo adalah celana yang memiliki bentuk unik dan bahannya nyaman digunakan. Celana ini cukup besar, panjang dan longgar. Celana ini bisa digunakan dalam berbagai event.

23. Gauho Pants

Photo via : https://www.nyandcompany.com

Gauho Pants adalah celana yang sangat cocok dengan penampilan trendi. Celana ini berpotongan longgar dan pinggang elastis yang sangat nyaman digunakan.

24. Boot Cut

Photo via : https://id.pinterest.com

Boot Cut adalah celana jin yang dirancang untuk digunakan dengan sepatu boot. Celana ini memiliki lekuk di area pinggul dan ketat di bagian paha atas dan longgar dibagian paha bawah, lutut dan betis.

25. Bell Bottom Pants

Photo via : https://tribeofmannequins.wordpress.com

Bell Bottom Pants adalah gaya celana panjang yang lebar dari lutut ke bawah.

26. Cargo Pants
Cargo Pants atau celana cargo merupakan celana yang bisa digunakan dalam kondisi apapun. Celana ini memiliki ciri khas dimana adanya saku dibagian sisinya. Selain itu bahan dari celana ini sangat enteng dan sangat nyaman digunakan untuk berpergian.

27. Bermuda

Photo via : https://www.zara.com

Celana bermuda adalah celana yang sering dianggap sebagai item fashion klasik. Dengan bentuk yang dormal dan sederhana membuat celana ini dapat dipadukan dengan fashion apapun.

28. Frontier Pants
Frontier Pants adalah celana ketat yang terbuat dari bahan drill katun, denim atau curduroy dengan potongan menyempit ke bawah.

29. Deck Pants

Photo via : https://www.talbots.com

Deck Pants adalah celana yang modelnya sepanjang lutut yang pas dan enak dipakai pada kaki.

30. Rok
Rok adalah sejenis pakaian dengan bentuk pipa atau kerucut yang cara menggunakannya dimulai dari pinggul dan menutupi sebagian atau keseluruhan bagian kaki.

 

Jenis Pakaian Dalam Pria

1. Singlet

Photo via bankclothing.com.au

Singlet adalah pakaian jenis kaos yang kebanyakan digunakan pria sebelum menggunakan pakaian luar. Bahan yang digunakan biasanya yang mudah menyerap keringat dan dingin, sehingga sangat nyaman ketika digunakan.

2. Jockstrap

Photo via : https://www.boxers-and-briefs.net

Jockstrap adalah celana dalam yang dibuat dengan bertujuan melindungi organ vital laki-laki dari pergerakan selama berolahraga.

3. Thong
Thong adalah celana dalam yang sama sekali tidak menutupi bokong. Celana ini hanya semacam kantung penyangga dengan tali untuk menyambungnya.

4. Trunk
Trunk adalah celana dalam yang desainnya perpaduan celana dalam brief dan boxer brief. Celana ini bentuknya menyerupai persegi panjang karena sangat pendek dibandingkan dengan boxer brief, namun lebih panjang jika dibandingkan dengan brief.

5. Brief
Brief adalah celana dalam yang menutupi bokong dan terdapat karet elastis di sekitaran organ vital laki-laki untuk perlindungan. Biasanya bahan yang digunakan yaitu katun, spandex dan sebagainnya.

6. Boxer Brief

Photo via : https://www.backcountry.com

Boxer Brief adalah celana dalam perpaduan antara model brief dan boxer. Celana ini juga memiliki karet elastis dibagian organ vitalnya, selain itu bentuknya juga ketat. Bentuknya tidak segitiga namun lebih panjang seperti boxer.

7. Boxer
Boxer adalah celana pendek longgar yang posisi karetnya berada di pinggang dan kaki celana sampai tengah paha. Boxer ini biasanya berbahan katun atau wol untuk kenyamanan. Boxer ini cocok digunakan untuk celana tidur karena memberikan sirkulasi udara terbaik untuk bagian genitalia.

 

Jenis Pakaian Luar Pria

1. Jaket
Jacket adalah baju luar yang panjangnya hingga pinggang atau pinggul, dipakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Pada bagian depannya dari leher hingga bawah terdapat retsleting, kancing atau sabuk yang digunakan untuk alat membuka atau menutup jaket.

2. Sweater
Sweater adalah salah satu pakaian yang biasanya digunakan untuk penghangat tubuh ketika cuaca dingin. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Hoodie
Hoodie adalah sweater dengan topi, dimana pada bagian depannya terdapat saku dan sebuah tali untuk menyesuaikan topinya. Hoodie juga bisa dibuka dengan ritsleting atau kancing pada bagian depannya.

4. Blazer
Blazer adalah sejenis jaket yang bisa dipakai sebagai pakaian santai namun tetap rapi. Blazer memiliki bentuk menyerupai jas dengan potongan yang lebih santai.

5. Coat / Jas
Coat / Jas adalah pakaian resmi model Eropa, berlengan panjang dan dipakai diluar kemeja.

6. Vest
Vest atau yang sering disebut rompi merupakan pakaian tanpa lengan dan biasanya dilengkapi dengan kancing di bagian depan. Biasanya bahan yang digunakan kain atau kaos yang biasanya digunakan setelah memakai pakaian utama.

7. Shirt / Kemeja
Shirt / Kemeja adalah salah satu pakaian yang bisa digunakan untuk wanita atau pria. Pakaian satu ini lebih banyak digunakan oleh para pria. Pakaian ini cocok digunakan untuk berbagai acara mulai dari acara santai sampai dengan formal untuk bekerja.

8. T-shirt / Kaos
Kaos atau T-shirt adalah pakaian yang menutupi sebagaian lengan, seluruh dada, bahu dan perut. Kaos biasanya tidak memiliki kancing, saku atau kerah, selain itu biasanya kaos berelngan pendek.

9. Polo Shirt
Polo Shirt adalah sebutan untuk kaos yang berkerah. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

10. Jersey
Jersey adalah nama bahan yang biasanya digunakan untuk kaso bola, bahan ini jenis dari tekstil rajutan yang terbuat dari katun dan campuran sintetis dan lebih tebal dari spandex serta tidak mudah berbulu.

11. Tuxedo
Tuxedo adalah salah satu busana pria yang biasanya digunakan pada acara semi formal ataupun acara formal seperti pesta pernikahan.

12. Celana Formal
Celana Formal ini biasanya digunakan untuk para pekerja kantoran dan fashion.

13. Celana Cargo
Celana Cargo adalah fashion item yang saat ini digemari para lelaki, hal ini dikarenakan modelnya yang nyaman, maskulin dan bahannya kuat. Celana ini memiliki beberapa kantung.

14. Celana Jeans
Jeans adalah celana jadi yang berbahan denim, sebutan jeans ini mulai dikenal sejak LEVIS membuat jenis celana berbahan denim yang kemudian dinamakan Jeans.

15. Celana Jogger

Photo via : https://id.pinterest.com

Celana Jogger adalah inovasi fashion terbaru karena model celana ini belum ada sebelumnya. Celana Jogger ini mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki celana lain yaitu opening legnya menggunakan karet.

16. Celana Chino

Photo via : https://uprint.id

Celana Chino adalah sebutan untuk celana yang dibuat dari bahan chino, bahan katun berserat tebal. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

17. Celana Corduroy

Photo via : https://shop.nordstrom.com

Celana Corduroy adalah celana yang terbuat dari bahan corduroy. Kain Corduroy pada dasarnya berbentuk seperti gerigi dari beludru. Celana ini bisa digunakan pada saat santai, namun karena bahannya tebal mungkin akan terasa panas jika digunakan pada saat musim panas.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >