Jenis Pekerjaan Yang Cocok Untuk Orang Berkepribadian Introvert



Apa itu Introvert ? Introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang ada dalam psikologi yang pertama kali dicetuskan oleh Carl Jung. Kepribadian Introvert ini cenderung menyendiri, pendiam, suka merenung dan lebih peduli tentang pemikiran mereka dalam dunia mereka sendiri. Biasanya seorang introvert cenderung menutup diri dan lebih suka dengan kondisi yang lebih tenang dibandingkan dengan keramaian. Meskipun begitu, seorang introvert biasanya mengerjakan sesuatu dengan tekun, bertanggung jawab dan menyelesaikannya tepat waktu secara mandiri. Orang yang memiliki kepribadian introvert dikenal sebagai orang anti sosial, mereka bukannya benci terhadap orang lain. Namun mereka lebih suka beraktivitas sendiri, karena sikapnya ini mereka sulit mendapatkan pekerjaan yang tepat. Nah, kira-kira pekerjaan apa yang cocok untuk orang yang berkepribadian introvert ? Berikut ini jenis pekerjaan yang cocok untuk orang berkepribadian introvert

 

1. Desainer Grafis

Photo via : https://idseducation.com

Kamu yang memiliki kepribadian introvert dan kreatif, kamu bisa menekuni bidang satu ini. Memang kamu memerlukan komunikasi dengan klien, tapi komunikasi bisa terjalin tanpa tatap muka kamu bisa berkomunikasi lewat chat atau email. Namun setelahnya, kamu akan mengerjakan pekerjaanmu sendiri, selain itu kamu juga bisa bekerja di perusahaan atau individu.

 

2. Manajer Media Sosial

Photo via : http://si.ittelkom-pwt.ac.id

Tugas utama dari manajer media sosial adalah membuat kontent dan menghandle segala kegiatan sebuah brand di platform online. Sehingga pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu online dan tidak banyak berinteraksi dengan orang lain. Namun bukan berarti seorang introvert tidak memiliki media sosial, mereka hanya lebih suka menjaga jarak dengan orang-orang.

 

3. Penerjemah

Photo via : http://vnlocalize.com

Penerjemah merupakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, sehingga mereka merasa nyaman jika tidak ada orang lain yang mengganggu. Mayoritas penerjemah bekerja secara lepas dan bekerja untuk berbagai proyek.

 

4. Editor Video

Photo via : https://www.workinentertainment.com

Editor video dibutuhkan ketika proses syuting selesai, pekerjaan ini akan menghabiskan banyak waktu dengan memakai headphone dan membuat kamu berada di depan komputer untuk waktu yang lama. Pekerjaan ini sangat cocok untuk orang yang memiliki kepribadian introvert yang sangat kreatif.

 

5. Copy Editor / Proofreader

Photo via : https://jennylucascopywriting.blogspot.com

Seorang copy editor terbiasa bekerja sendiri, mereka akan bekerja lebih baik jika pekerjaannya itu dikerjakan sendiri agar hasilnya memuaskan. Mereka akan memeriksa akurasi faktual, ejaan, tata bahasa dan lainnya. Setidaknya kamu memiliki dasar bahasa yang bagus.

 

6. Penulis Lepas

Photo via : https://writingcooperative.com

Jika kamu seorang introvert dan memiliki bakat menulis kamu bisa memilih freelance writer atau penulis lepas sebagai pekerjaan. Pekerjaan sebagai penulis lepas ini sangat cocok untuk kamu yang introvert. Kamu hanya memerlukan ketenangan saat bekerja.

 

7. Akuntan

Photo via : https://akuntansipedia.com

Akuntan merupakan pekerjaan yang mungkin bisa menjadi pilihan buat kamu introvert. Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk berkonsentrasi dan bermain dengan angka. Mereka akan disibukan dengan data-data keuangan dan tidak memerlukan campur tangan banyak orang.

 

8. Ahli Astronomi

Photo via : https://csolsqs.com

Pekerjaan ini bisa dibilang cukup langka, karena langkanya orang yang ingin menjadi atronom jika ada orang yang mau menjadi astronom maka orang tersebut akan digaji cukup besar. Pekerjaan astronom adalah mengolah dan menafsirkan informasi yang diberikan objek astronomi yang ada di angkasa. Pekerjaan ini akan banyak menghabiskan waktu dengan mengamati bintang di angkasa, sehingga pekerjaan ini cocok untuk introvert.

 

9. Pelatih Hewan

Photo via : http://www.blog-sidebeep.com

Pelatihan hewan merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert. Pekerjaan ini setiap harinya akan berinteraksi dengan hewan, melatih mereka agar patuh dengan suatu perintah. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

10. Freelance

Photo via : https://www.bluevine.com

Sebagai seorang introvert mencari pekerjaan pastinya tidaklah mudah. Mereka biasanya sebisa mungkin mencari pekerjaan yang tidak terlalu berinteraksi dengan orang lain, meskipun hal itu sangat mustahil. Salah satu pekerjaan yang bisa membuat seorang introvert tenang adalah freelance. Biasanya pekerja lepas atau freelancer ini tidak memiliki ketertarikan dengan perusahaan mana pun. Seorang pekerja lepas tidak perlu datang ke kantor untuk bekerja, mereka hanya cukup bekerja di rumah saja.

 

11. Programmer

Photo via : https://www.starshare.asia

Seorang programmer lebih sering menghabiskan kesehariannya dengan duduk di depan layar komputer dan mengetik para deretan koding cantik yang membuat siapapun pusing melihatnya. Seorang programmer akan lupa akan segalanya jika sudah di depan komputer, namun hasil kerjanya tidak perlu diragukan lagi. Sehingga pekerjaan ini sangat cocok untuk seorang introvert.

 

12. Pelukis

Photo via : https://pixabay.com

Biasanya melukis membutuhkan suasana yang santai dan tenang. Hal ini dilakukan agar fokus dan mengasah imajinasi. Mayoritas pelukis menikmati suasana kesendiriannya saat bekerja. Kamu yang memiliki kepribadian introvert sangat cocok dengan pekerjaan ini.

 

13. Pengacara

Photo via : https://www.mesotheliomahelp.org

Pekerjaan yang cocok untuk introvert selanjutnya yaitu pengacara. Pengacara lebih sering mengandalkan kemampuannya sendiri, saat berhubungan dengan klien biasanya mereka lebih suka berinteraksi secara personal.

 

14. Admin

Photo via : https://ghanesagroup.co.id

Admin juga cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert. Seorang admin juga biasanya bekerja sendiri, mereka akan mengurus segala macam administrasi sendiri daripada harus dikerjakan banyak orang.

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >