Berbagai Jenis Tanaman Hias Keladi, Lengkap Dengan Harga Dan Cara Merawatnya

Dibuat oleh blogunik

Saat ini minat masyarakat tentang tanaman hias semakin menggebu-gebu, bahkan mereka tak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk membeli sebuah tanaman hias yang sedang populer. Salah satu tanaman hias yang sedang populer saat ini yaitu tanaman hias keladi.

Tanaman hias keladi ini merupakan tumbuhan dari genus suku talas-talasan. Ciri utamanya memiliki bentuk daun yang menyerupai hati atau jantung. Biasanya daunnya memiliki permukaan yang licin karena mengandung lapisan lilin. Selain itu daunnya juga memiliki warna dan corak yang unik. Karena keunikannya ini, tak heran jika tanaman hias keladi ini banyak diincar dan dijadikan sebagai penghias rumah.

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias keladi yang perlu kamu ketahui lengkap dengan harga beserta cara merawatnya.

Daftar Isi

25 Jenis Tanaman Hias Keladi

1. Keladi Amazon

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via pinterest.com

Keladi Amazon (Alocasia Amazonica) merupakan tanaman keladi yang memiliki daun yang besar, jika dilihat keladi ini hampir seperti keladi tengkorak hanya saja keladi Amazon lebih terlihat eksotis. Keladi Amazon ini daunnya berwarna hijau tua hingga hitam dengan akses tulang daunnya yang tebal. Panjang dari daun keladi Amazon ini bisa mencapai 70 cm.

Merawat Keladi Amazon ini terbilang tidak terlalu sulit namun juga tidak terlalu mudah. Yang harus diperhatikan yaitu media tanamnya, media tanam yang digunakan hatrus poros, tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Selain itu harus memiliki pH sekitar 6 – 7,5. Jika ingin ditanam di perkarangan pilihlah lahan yang sekiranya subur, gembur dan sedikit ternaungi.

Kebutuhan cahaya matahari juga perlu di perhatikan, Keladi Amazon ini hanya membutuhkan pencahayaan dengan intensitas 30% – 45% saja. Untuk penyiramannya sendiri, jika cuaca panas penyiraman sebaiknya dilakukan dua kali sehari pad apagi dan sore. Namun ketika cuaca mendung, cukup dilakukan sekali pada pagi hari.

Harga : Rp. 35.000 – Rp. 65.000

2. Keladi Army Look

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via instagram.com/galerianggreklampung

Next ada keladi army look, keladi ini memiliki dua warna yaitu merah dan hijau. Menariknya dalam satu daun keladi terapat dua warna yang berbeda-beda. Daunnya ini pun semakin cantik dengan adanya bintik-bintik putih pada daunnya dibagian warna hijau. Tak heran deh tanaman keladi satu ini banyak di incar. Keladi ini juga menyerupai keladi green ice, namun tangkainya tidak berbintik hitam dan permukaan daunnya bergelombang. Agar hidup dengan baik, letakkan keladi ini di tempat yang teduh.

Agar tanaman Keladi Army Look ini tumbuh dengan baik berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tanamanlah Keladi Army Look ini pada tanah yang kembab karena tanaman hias ini sangat suka dengan yang lembab. Keladi Army Look ini juga dapat tumbuh baik di tanah yang mengandung sedikit asam dengan pH tanah sekitar 5,5 – 6,2. Meskipun senang berada di tanah yang lembab, tidak disarankan untuk menyiramnya secara berlebihan karena dapat membuat tanmanan mudah busuk. Jika keladi ini diletakkan di dalam ruangan, sebaiknya siram ketika tanah cenderung mengering saja.

Harga : Rp. 15.000 – Rp. 35.000

3. Keladi Bicolor

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via pinterest.com

Dari sekian banyak jenis keladi, keladi Bicolor ini paling banyak ditemui karena paling mudah dibudidayakan. Keladi Bicolor ini memiliki ciri-ciri bentuk daunnya menyerupai hati dan berwarna cerah. Sesuai dengan namanya keladi ini memiliki dua warna yaitu merah dan hijau. Pada tulang daunnya berwarna medah sedangkan bagian daun lainnya berwarna hijau. Tak lupa tambahan titik-titik putih yang menghiasi daunnya yang membuatnya terlihat cantik.

Memiliki tanaman hias yang sehat dan subur pastinya impian semua orang. Untuk itu kalian harus mengetahui bagaimana cara merawatnya. Seperti Keladi Bicolor ini, jika diletakkan di luar ruangan usahakan untuk tidak terkena matahari langsung dan pastikan tidak terkena angin kencang karena dapat merusak keindahan daun serta batangnya bisa saja patah. Sama seperti tanaman hias lainnya, pastikan tanah yang digunakan lembab, subur dan mudah menyerap air. Perlukah diberi pupuk? Sesekali dapat juga diberi pupuk namun jangan memberikannya terlalu banyak karena daunnya dapat terbakar. Setidaknya berikan pupuk setiap seminggu atau dua minggu sekali.

Harga : Rp. 10.000 – Rp. 75.000

4. Keladi Blackjack

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via tokopedia.com

Jenis keladi satu ini diberi nama dengan Keladi Blackjack. Keladi ini memiliki akar rimpang yang ujung atau akar rimpang merayap. Ketinggian dari tanaman ini bisa mencapai 1,5 hingga 2 meter. Sedangkan pada tangkai daunnya dan rimoangnya berduri tempel dengan jumlah daun 2 hingga 6 helai.

Pangkal tangkai dari keladi blackjack ini berbentuk pelepah sedangkan pangkal helai daun menyirip dengan ujung yang meruncung sehingga terlihat seperti mata tombak.

Daunnya sendiri pada bagian atas berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna merah. Sedangkan daun dibagian bawah berwarna semburat pink dengan tulang yang berwarna hijau.

Harga : Rp. 185.000 – Rp. 350.000

5. Keladi Candidum

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Selanjutnya ada Keladi Candidum, tanaman hias satu ini terdiri dari dua warna saja yaitu putih dan hijau saja. Keladi Candidum ini memiliki ciri khas tulang daunnya berwarna hijau pekat dan daunnya berwarna putih. Tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai penghias rumah, namun akan lebih baik jika memilikinya lebih dari satu agar rumah terlihat lebih indah.

Harga : Rp. 25.000 – Rp. 40.000

6. Keladi Carolyn Whorton

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via dutchbulbs.com

Ketika melihatnya mungkin kamu akan merasa kagum dengan kecantikannya, ya tanaman hias ini bernama Keladi Carolyn Whorton. Tak heran banyak orang menyukainya karena memang warna yang dimiliki tanaman ini sangat indah. Memiliki bentuk daun menyerupai hati berwarna pink serta warna hijau dibagian tepinya ditambah dengan tulang daunnya yang berwarna merah pekat membuatnya tampak semakin cantik.

Harga : Rp. 30.000 – Rp. 85.000

7. Keladi Corong

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Colocasia sp atau dikenal juga dengan nama keladi corong, tanaman hias ini habitat hidupnya di tepi rawa. Seperti namanya, daun tanaman ini memiliki bentuk menyerupai corong air. Dengan tangkai daun berwarna cokelat kehitaman dengan permukaan daun bagian atas dan bawah berwarna hijau tua. Tinggi dari keladi corong ini bisa mencapai 1, 1,5 meter terbilang cukup tinggi untuk tanaman hias rumah.

Harga : Rp. 30.000 – Rp. 45.000

8. Keladi Freckles

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via tokopedia.com

Tanaman hias satu ini diberi nama Keladi Freckles, memiliki ciri-ciri daun berbentuk hati berukuran sedang hingga kecil. Kemudian daunnya ini dihiasi dengan perpaduan warna yang menarik seperti hijau, merah muda dan putih. Perpaduan bentuk serta warnanya inilah yang menjadi daya tariknya. Keindahan daunnya inilah yang membuat harga tanaman hias ini cukup mahal. Tertarik untuk membelinya?

Harga : Rp. 250.000

9. Keladi Freida Hemple

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via ujamesgh.com

Bagi yang menyukai tanaman berwarna pink sepertinya tanaman Keladi Freida Hemple ini cocok untuk ditanam di rumah. Karena tanaman hias ini didominasi dengan warna pink yang berada di tengah dan warna hijau muda berada di tepiannya. Komposisinya ini otomatis membuat tulang dari tanaman ini berwarna pink. Daun dari Keladi Freida Hemple ini akan tumbuh sempurna setelah melewati perkembangan selama 18 minggu.

Harga : Rp. 30.000 – Rp. 50.000

10. Keladi Gingerland

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Sepertinya kebanyakan tanaman hias keladi memiliki bentuk daun seperti hati seperti Keladi Gingerland ini salah satunya. Tanaman hias ini memiliki bentuk hati dengan warna daun putih lembut dengan pinggiran hijau tua dan memiliki corak bintik-bintik berwarna merah. Dengan adanya bintik-bintik merah ini membuat daunnya menjadi lebih menarik. Cocok sekali diletakkan untuk menghiasi rumah.

Harga : Rp. 35.000 – Rp. 65.000

11. Keladi Hitam

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via farmergracy.co.uk

Meskipun memiliki nama Keladi Hitam sebenarnya tanaman hias ini tidak memiliki warna hitam yang pekat. Melainkan daunnya memiliki warna hijau gelap saking gelapnya warnanya terlihat seperti warna hitam. Warnanya yang gelap ini sangat cocok sekali digunakan untuk memberikan kesan yang berbeda pada rumah, menghiasi rumah dengan tanaman tidak sepenuhnya harus berwarna hijau kan? Tanaman ini juga bisa kamu letakan di dalam rumah atau luar rumah. Jika memiliki kolam, bisa juga diletakkan di sampingnya sebagai tempat berteduhnya para ikan-ikan.

Harga : Rp. 40.000 – Rp. 90.000

12. Keladi Hibrida

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via joinfolia.com

Ya ampun tanaman keladi satu ini memiliki harga yang bikin kantong jebol, pasalnya Keladi Hibrida ini memiliki harga beli hingga mencapai 4 jutaan. Kaget tidak mendengar harganya? Ciri-ciri dari tanaman hias termahal ini yaitu memiliki bentuk daun yang mengerucut dengan pangkal daun yang membentuk kuping. Penampilannya yang indah ini tentunya mampu menghadirkan suasana rumah menjadi lebih hidup.

Harga : Rp. 4.000.000

13. Keladi Moonlight

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via milenianews.com

Jenis tanaman keladi satu ini memiliki banyak peminatnya karena tanaman ini memiliki warna daun yang hampir semuanya putih bersih yang diibaratkan seperti cahaya rembulan. Mungkin karena inilah tanaman hias keladi ini diberi nama dengan Moonlight. Pada tanaman ini juga terdapat guratan berwarna hijau dan pada bagian tepinya juga memiliki warna hijau yang cantik.

Harga : Rp. 200.000 – Rp. 350.000

14. Keladi Miss Muffet

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via biggo.biz.id

Keladi Miss Muffet ini tergolong jenis tanaman hias yang istimewa karena memiliki warna dan corak daun yang sangat unik. Daun dari Keladi Miss Muffet ini tidak terlalu besar dengan warna hijau sebagai dasarnya. Pada daunnya juga terdapat bercak-bercak warna merah yang tersebar ke seluruh bagian dengan ukuran yang berbeda-beda. Bagian tulang dan urat daunnya memiliki warna putih. Jika ingin digunakan sebagai penghias rumah, Keladi Miss Muffet ini dapat langsung ditanam di tanah.

Harga : Rp. 50.000 – Rp. 200.000

15. Keladi Minyak

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Keladi ini menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dicari dan memiliki harga yang cukup mahal. Apa sih yang membuatnya mahal? Keladi Minyak ini memiliki daun yang bermotif bercak-cercak yang estetis, warnanya yang merah inilah yang dikatakan menjadi daya tariknya. Jenis tanaman keladi ini sangat cantik ditanam diperkarangan rumah atau bisa juga ditanam di pot jika tidak memiliki perkarangan rumah.

Harga : Rp. 125.000 – Rp. 135.000

16. Keladi Polka Green

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Buat kalian yang baru pemula dalam mengkoleksi tanaman hias keladi, maka keladi Polka Green ini bisa dipilih. Tanaman keladi ini sangat mudah ditanam, pertumbuhannya cepat dan tahan terhadap hama. Keladi Polka Green ini memiliki daun yang berwarna putih. Batang dan tulang daun Keladi Polka Green ini berwarna hijau sehingga membuat tulang dan uratnya terlihat dengan jelas. Meskipun tanaman ini sebenarnya tanaman liar namun sangat cocok juga digunakan untuk menghiasi rumah.

Harga : Rp. 15.000 – Rp. 25.000

17. Keladi Radiance

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via provenwinners.com

Kecantikan dari Keladi Radiance ini tak boleh diragukan lagi, jenis keladi ini juga dikatakan akan hits di tahun 2021 ini. Keladi Radiance ini memiliki tepian daun berwarna hijau dan dikombinasikan dengan bercak berwarna merah muda dan tulang daun berwarna merah pekat.

Harga : Rp. 80.000 – Rp. 200.000

18. Keladi Red Kujang

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Selain Keladi Hibrida, Keladi Red Kujang juga memiliki harga yang cukup mahal dibandrol dengan harga sekitar 1 jutaan. Harga yang mahal ini sebanding dengan yang didapatkan, tanaman hias ini dikatakan sangat sulit sekali mati atau mengalami kebusukan. Selain itu tahan terhadap hama juga sehingga keberadaannya disebut sebagai tanaman abadi. Seperti namanya, tanaman keladi ini memiliki bentuk daun yang mirip dengan senjata tradisional khas Jawa Barat yaitu kujang. Beberapa lekukan di sisinya dan ujung daunnya berbentuk meruncing. Warna dari tanaman ini dominan merah namun terdapat motif garis-garis tak beraturan berwarna coklat

Harga : Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000

19. Keladi Spring Fling

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via brilio.net

Jenis keladi Spring Fling ini memiliki daun yang didominasi dengan warna merah muda dengan sedikit hijau disekitar tulang dan pinggiran daunnya. Keladi Spring Fling ini juga menjadi salah satu tanaman hias keladi yang termahal di Indonesia karena dibandrol dengan harga sekitar 1,2 jutaan. Tertarik memilikinya untuk penghias rumah?

Harga : Rp. 1.200.000

20. Keladi Semangka

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via mybotanyland.com

Dinamakan semangka karena memang coraknya mirip sekali dengan kulit semangka namun dalam versi kecil. Daun Keladi Semangka ini berwarna hijau dibagian tulang daunnya memiliki warna putih keabu-abuan serta dibagian daunnya berbentuk corak memanjang like buah semangka. Keladi ini tidak menyukai cahaya matahari langsung sehingga lebih baik ditempatkan di tempat yang aman. Meskipun begitu, tanaman ini juga memerlukan matahari setidaknya jemurlah 2 kali seminggu di pagi hari. Untuk penyiramannya sesuaikan dengan tanamannya, jika dirasa sudah kering siram secukupnya.

Harga : Rp. 25.000 – Rp. 45.000

21. Keladi Thai Beauty

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Keladi Thai Beauty ini menjadi salah satu jenis tanaman hias keladi yang menarik perhatian. Keladi ini mampu menarik perhatian karena corak merah pada daunnya. Tanaman hias ini memiliki ciri khas dari daunnya yang berbentuk hati, kemudian warnanya didominasi dengan warna merah muda dan pinggiran daun serta tulangnya berwarna hijau.

Harga : Rp. 25.000 – Rp. 95.000

22. Keladi Tengkorak

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via tokopedia.com

Mendengar namanya saja mungkin sudah ada bayangan bagaimana bentuk dari keladi tengkorak satu ini. Keladi jenis ini dinamakan tengkorak karena memiliki tulang daun yang menyerupai rusuk manusia. Dengan daun yang berwarna hijau, ketika menyentuh daunnya kamu dapat merasakan betapa tebal daun serta tulangnya. Jika ingin memilikinya, tepatkan keladi ini ditempat yang teduh saja.

Harga : Rp. 75.000 – Rp. 79.000

23. Keladi Thailand

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Corak dari keladi ini sangat indah, tak heran jika harganya cukup mahal. Meskipun harganya mahal, keladi ini masih banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias. Keladi Thailand ini memiliki tampila yang memukau dengan daun berwarna kombinasi antara hijau putih dan terdapat juga bercak merah. Tarif harganya sendiri tergolong beragam ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Harga : Rp. 1.000.000

24. Keladi White Queen

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Next jenis tanaman hias keladi yang bisa kamu pilih sebagai penghias rumah yaitu Keladi White Queen. Ciri khas dari tanaman hias keladi ini yaitu memiliki daun berwarna putih dengan warna hijau di tepi daunnya. Warna putih daunnya ini dihiasi dengan berwarna hijau dan tulang daun berwarna merah pekat. Perpaduan berbagai macam warna dalam satu daun ini membuat, tanaman hias ini sangat menarik.

Harga : Rp. 20.000 – Rp. 150.000

25. Keladi White Christmas

Jenis Tanaman Hias Keladi

photo via shopee.co.id

Jika dilihat Keladi White Christmas ini mirip seperti Keladi Moonlight dengan daun yang didominasi dengan warna putih. Tapi yang berbeda yaitu tulang dan tepi daunnya yang berwarna hijau pekat. Tanaman hias ini berasal dari genus Caladium yang terdiri dari 7 spesies dan lebih dari 1000 kultivar. Untuk asalnya sendiri, Keladi White Christmas ini berasal dari Amerika Serikat.

Harga : Rp. 10.000 – Rp. 75.000

 

Cara Merawat Tanaman Hias Keladi

Belum lama ini tanaman hias keladi sedang naik daunnya dikalangan masyarakat. Karena itu tak heran banyak orang yang berjualan tanaman dari genus Caladium ini. Namun sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, akan lebih baik jika memahami beberapa cara merawat tanaman hias keladi ini.

1. Waktu Penyiraman Disesuaikan Dengan Kondisi Iklim

Pada umumnya tanaman keladi hidup di habitat yang basah, maka dari itu tanaman ini harus mendapatkan air yang cukup. Ketika musim kemarau, sebaiknya siram keladi sehari sekali dan ketika musim hujan siram dua hari sekali. Walaupun tanaman keladi memerlukan air yang banyak, jangan menyiramkan berlebih karena dapat membuatnya cepat busuk.

2. Pilih Media Tanam Yang Sudah Disterilkan

Yang tak kalah penting dari penyiraman yaitu media tanam keladi. Media tanam keladi yang sering digunakan yaitu daun bambu yang sudah diiris halus, sekam dan sekam bakar. Sebelum menggunakannya, baiknya dikukus dalam panci terlebih dahulu agar jamur dan bakteri di dalamnya musnah. Jika dirasa tidak membebani, ketiga media tanam tersebut bisa di campur dengan perbandingan 1:1:1. Tapi jika dirasa cukup menguras isi kantong, kalian bisa memilih salah satu media tanamnya.

3. Beri Penyinaran Yang Sesuai Dengan Jenis Tanaman Keladi

Tanaman keladi terdiri dari dua jenis genum yaitu Caladium dan Alocasia. Dimana keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda-beda khusunya dalam pencahayaan. Untuk jenis Alocasia, kalian dapat menaruhnya di tempat teduh seperti teras rumah. Sedangkan untuk Caladium, memerlukan cahaya yang banyak sehingga dapat kamu tempatkan di area yang terbuka seperti perkarangan.

4. Beri Pupuk Secukupnya

Tidak hanya disiram saja, tanaman keladi juga memerlukan nutrisi yang bisa didapat dengan pemberian pupuk. Kalian bisa memberikan pupuk pada tanaman keladi yang sudah berusia empat hingga lima minggu. Untuk pupuknya sendiri gunakan yang organik, tapi juga masih bisa menggunakan pupuk jenis lainnya. Yang perlu kamu ketahui yaitu jangan sampai kadar zat N dalam pupuk pilihanmu lebih banyak dari zat lain. Karena zat ini dapat memancing klorofil yang tidak cocok untuk keladi hias yang memiliki warna merah, putih, kuning dan lainnya.

5. Pastikan Tanaman Keladi Terbebas Dari Hama

Tanaman keladi juga rawan terkena hama seperti belalang, ulat daun. Untuk menjaga tanaman keladi agar tetap cantik, kamu harus rajin mengeceknya. Jika hama dalam sekala kecil, kamu bisa mengambil hama tersebut satu per satu. Tapi jika sekalanya besar, maka pestisida bisa kamu semprotkan ke tanaman hias. Anjuran pemakaiannya bisa kamu lihat langsung pada pestisida yang kamu gunakan.

6. Pilih Pot Yang Sesuai

Di pasaran ada banyak sekali pot yang dijual, terkadang kita juga dibuat bingung pot apa sih yang cocok untuk tanaman hias keladi ini. Untuk tanaman keladi ini ada baiknya menggunakan pot yang tidak terlalu besar, agar cepat tumbuh tunas baru. Tapi jika kamu berniat untuk membuatnya tampak lebih besar dan lahan penempatannya mencukupi tak ada salahnya menggunakan pot yang sedikit lebih besar.

 

Itulah beberapa jenis tanaman hias keladi yang perlu kamu ketahui. Beberapa belakangan tanaman keladi ini memang sedang populernya di masyarakat sehingga tak heran jika harganya pun berbeda-beda. Ketika kamu berminat memeliharanya, jangan lupa untuk memahami cara merawat tanaman keladi terlebih dahulu. Agar kamu tidak rugi membeli tanaman keladi, apalagi tanamanan keladi yang kamu beli harganya cukup mahal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.