15 Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ingin tampilan area luar rumah kamu tampak cantik dan asri? Menanam sejumlah tanaman merambat di beberapa titik rumah bisa menjadi solusi yang tepat.

Ada banyak jenis tanaman merambat yang tak hanya mampu memberikan kesan sejuk dan asri pada rumah, namun juga dapat mempercantik dan melembutkan tampilan landscape rumah. Tak hanya itu, tanaman rambat juga dapat mengisi lubang di pagar sehingga memberikan privasi lebih pada pemilik rumah.

Tanaman merambat sendiri tak hanya ditanam untuk merambat di pagar, namun juga dapat mempercantik kanopi, atap, hingga dinding rumah sehingga mampu mempercantik eksterior rumah.

Buat kamu yang ingin menambah nilai estetik pada eksterior rumah kamu, maka kamu bisa memilih varian tanaman merambat yang memiliki daun bagus dan bunga yang cantik. Untuk itu, berikut aneka jenis tanaman merambat untuk mempercantik tampilan rumah. So let’s check it out guys!

1. Bougenville

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via pinterest.com.mx/chrisggallagher

Yang pertama ada bunga bougenville atau disebut juga dengan kembang kertas. Jenis bunga satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia karena cocok dengan iklim topis Indonesia. Kamu bisa menanam bunga bougenville dan mengarahkan bunga satu ini agar merambat ditempat-tempat yang kamu inginkan seperti di dinding luar rumah, pagar, kanopi ataupun pergola.

Tanaman rambat yang indentik dengan bunganya yang bergerombol cantik ini memiliki varian warna yang cerah seperti ungu, merah, putih, pink hingga kuning. Kamu bisa memilih warna bunga sesuai dengan kesukaan ataupun sesuai dengan tampilan rumah.

2. Dollar

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via bibitbunga.com

Kemudian ada tanaman rambat dollar yang bisa membuat tampilan luar rumah kamu terlihat sejuk dan asri karena warna hijaunya. Tanaman dollar sendiri memiliki nama latin Ficus pumila, yang merupakan tanaman merambat daun yang memiliki akar yang kuat. Daun dollar sering dijadikan sebagai tanaman rambat karena bisa menempel pada dinding rumah atau pagar tanpa harus dibuatnya teralis tambahan. Meski tumbuh merambat di dinding, namun tanaman ini tidak akan merusak dinding sehingga bisa menjadi pilihan untuk eksterior rumah, dinding luar hunian.

3. Lee Kwan Yew

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via stewartflowers.net

Lee Kwan Yew merupakan salah satu tanaman rambat yang paling populer karena tak hanya mampu mempercantik tampilan rumah, tapi juga gampang cara perawatannya. Tanaman rambat yang juga dikenal dengan nama “janda merana” ini tumbuh menjuntai ke bawah ini sehingga dikenal juga dengan nama curtain creeper. Bentuknya yang seperti tirai membuat tanaman ini cocok untuk menutup kanopi, atap ataupun sekedar untuk menambah nilai estetik pada dinding luar rumah kamu.

4. Mandevilla

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via oceanhomemag.com

Rekomendasi jenis tanaman rambat yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik tampilan rumah kamu berikutnya adalah mandevilla. Bunga mandevilla memiliki warna beraneka ragam, mulai dari merah, putih, hingga merah jambu sehingga akan sangat cantik ketika bunganya bermekaran.

Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah tropis, hanya saja batang tanaman ini tidak terlalu kuat sehingga jika ingin mendapatkan bentuk maksimal harus mengikat beberapa bagian sudutnya agar dapat merambat dengan sempurna.

5. Morning Glory

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via curriculumnacional.cl

Morning glory merupakan jenis tanaman merambat yang cukup populer karena memiliki bentuk bunga yang cantik dan unik layaknya terompet. Bunga morning glori tidak memerlukan perawatan khusus agar tumbuh subur. Warna bunganyapun sangat cerah dan cantik. Sayangnya, sesuai namanya, bunga ini hanya mekar di pagi hari dan umur tanamannya hanya kurang dari 1 tahun.

6. Flame of Irian

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via blog-flores.pt

Ada juga tanaman rambat yang bernama flame of irian. Sesuai namanya, tanaman yang berasal dari Irian ini memiliki bunga berwarna orange yang sangat cerah layaknya api. Tanaman yang juga dikenal sebagai kuku macan ini sangat mudah beradaptasi dengan iklim tropis dan mudah cara perawatannya. Tanaman rambat ini biasanya diburu untuk mempercantik tampilan pergola atau kanopi rumah kamu.

7. Ivy

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via laidbackgardener.blog

Selanjutnya ada tanaman rambat bernama ivy yang cocok dijadikan tanaman rambat yang mempercantik tampilan rumah. Tanaman Ivy sendiri merupakan tanaman perennial yang tumbuh merambat dengan proses pertumbuhan yang cepat. Tanaman ini bisa merambat dengan mudah dimana saja mulai dinding rumah, batang pohon, atau bahkan dapat dijadukan penutup tanah kosong di taman. Tanaman merambat hias ini bisa dibilang tanaman klasik dengan daun hijau yang mampu memberikan kesan teduh dan sejuk pada tampilan luar rumah kamu.

8. Clematis

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via picfair.com

Clematis juga menjadi salah satu tanaman rambat yang dapat mempercantik tampilan rumah karena memiliki tampilan bunga yang sangat cantik dan mampu berbunga sepanjang tahun. Sekalinya berbunga, bunga yang dihasilkan juga cukup banyak dan mengeluarkan aroma wangi yang khas sehingga cocok ditanam di area balkon, dinding rumah, pagar di sudut-sudut rumah yang diinginkan.

Sementara itu, tanaman rambat ini memiliki bentuk bunga yang mirip dengan bunga melati dan memiliki berbagai jenis warna mulai dari merah muda, merah mawar, kuning, putih, biru dan ungu.

9. Wisteria

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via countrylife.co.uk

Buat kamu yang ingin tampilan luar rumahnya nampak cantik dan berkesan chic, maka tanaman rambat wisteria bisa menjadi pilihan. Tanaman rambat ini memiliki bunga menjuntai kebawah berwarna ungu dan corak putih pada bagian dalamnya sehingga mampu memberikan kesan estetik pada tampilan rumah.

Sayangnya cara merawat tanaman rambat satu ini cukup tricky, kamu harus menanamnya di tempat yang redup karena tanaman ini tidak terlalu menyukai sinar matahari. Jika bunga rambat ini ditanam dengan baik, maka mampu bertahan hidup hingga ratusan tahun lho.

10. Petrea Volubilis

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via inibaru.id

Kemudian ada tanaman rambat Petrea Volubilis. Sekilas tanaman rambat ini terlihat mirip wisteria, memiliki bunga berwarna ungu yang terkesan jatuh ke bawah. Namun sejatinya bunga dari tanaman rambat ini dinilai mirip bunga lavender. Meski banyak dijadikan tanaman rambat untuk mempercantik halaman rumah, namun tanaman ini memiliki kekurangan pada usia tumbuhnya bunga yang tergolong pendek. Setelah bunga petrea volubilis mekar beberapa hari, maka akan layu dan warnanya berubah dari ungu menjadi warna abu-abu. Buat yang tertarik, tanaman ini mudah ditanam dan bisa tumbuh di jenis tanah lembab hingga sedikit kering, baik pada cahaya matahari rendah maupun terang.

11. Air Mata Pengantin

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via kibrispdr.org

Jenis tanaman rambat yang cocok dijadikan penyejuk tampilan rumah berikutnya adalah tanaman air mata pengantin. Tanaman rambat ini awalnya hanya dianggap sebagai tanaman gulma, karena sangat mudah dan cepat untuk bertumbuh. Tanaman ini memiliki 2 varian warna bunga yakni pink atau putih.

Jika bunga sudah muncul maka usahakan agar selalu rutin menyemprotkan air ke arah bunga agar bunga tampak segar. Selain itu, cara pewaratan tanaman rambat ini juga tergolong mudah, karena kamu cukup melakukan penyiraman rutin, dan jaga kelembaban tanah untuk mencegah umbi agar tidak membusuk.

12. Campsis Radicans

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via treesandtwigs.com

Jenis tanaman merambat untuk mempercantik tampilan rumah berikutnya adalah Campsis Radicans. Tanaman yang juga disebut dengan trumpet creeper ini tergolong tanaman yang dapat merambat dengan cepat. Tanaman ini dapat menempel sendiri dan memiliki bunga berwarna kuning dan oranye yang cerah dengan pohon yang dapat tumbuh sampai 20 hingga 40 kaki dalam satu tahun. Buat yang ingin menanamnya di rumah, tanaman merambat ini lebih menyukai sinar matahari penuh atau teduh parsial dan kuat agar dapat tumbuh subur.

13. Climbing Hydrangea

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via thetimes.co.uk

Ingin tampilan rumah yang teduh, sejuk dan asri? Kamu bisa memilih jenis tanaman rambat climbing hydrangea. Daun dari tumbuhan merambat ini tumbuh lebat dan berbentuk hati dengan bunga bergerombol berwarna putih. Karena karakteristiknya yang lebat tanaman rambat ini cocok dimanfaatkan sebagai penutup alami area terbuka di sekitar rumah.

14. Climbing Rose

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via pixels.com

Siapa yang tidak tau tanaman mawar? Tanaman dengan batang berduri ini juga banyak dijadikan sebagai tanaman rambat karena bunganya yang cantik dan menambah nilai estetik pada penampilan rumah. Tanaman mawar sendiri dapat tumbuh merambat dengan bantuan teralis ataupun tempat rambatan buatan lainnya. Banyak orang menggunakan tanaman ini untuk menutupi pagar, pergola hingga dinding rumah.

15. Anggur

Aneka Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

photo via lazenne.com

Tanaman anggur tak hanya bisa dipanen buahnya, namun tanaman ini juga bisa menjadi tanaman hias rambat yang menyejukkan eksterior rumah. Kamu bisa menanam anggur untuk menutupi pergola ataupun kanopi rumah. Bahkan tanaman anggur juga bisa menjadi pengisi celah kosong pada pagar teralis kamu. Tak hanya membuat tampilan rumah jadi lebih cantik, namun ketika berbuah, kamu juga bisa memanen buahnya dan menikmatinya secara langsung.

Nah itu dia beberapa jenis tanaman merambat yang bisa kalian jadikan pilihan untuk mempercantik tampilan luar rumah. Jadi tanaman rambat mana pilihan kalian?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.