Semua Judul Film Batman Dari Masa ke Masa

6 bulan lalu

Siapa coba yang tak kenal nama superhero batman buatan DC comics ini. Dari dulu, superhero yang satu ini memang selalu terlihat di berbagai media yang ada, baik dalam bentuk film, animasi ataupun game. Jadi bukan suatu hal yang mengherankan jika ada banyak orang yang menyukainya dan terdapat penggemar setia dari superhero yang satu ini. Super hero DC Comics ini sendiri telah beberapa kali diadaptasi ke dalam layar lebar mulai dari Batman pada tahun 1989 yang disutradarai oleh Tim Burton hingga Batman vs Superman ditahun 2016 yang lalu. Berikut ini adalah daftar film Batman dari masa ke masa.

1. Batman (1989)

Daftar Film Batman Batman (1989)

photo via : www.nowplayingnashville.com

Awalnya serial Batman hanya dibuatkan sebuah serial tv yang kalau ditonton lebih mirip ke sebuah cerita parodi. Namun pada tahun 1989, akhirnya superhero ini medapat adaptasi layar lebar yang lebih serius. Film Batman yang pertama ini pun mendapat tanggapan yang cukup bagus dari para penggemarnya. Tim Burton selaku sutradara dari film ini, mampu menghadirkan berbagai aksi yang seru yang merupakan ciri khas dari superhero yang satu ini. Saking bagusnya, film Batman yang pertama ini bahkan berhasil memenangkan Oscar ntuk film dengan visual efek terbaik.

2. Batman Returns (1992)

Daftar Film Batman Batman Returns (1992)

photo via : butwhythopodcast.com

Setelah tahun 1989, sekuel lanjutan dari film Batman kembali dibuat pada tahun 1992 dengan judul Batman Returns. Dalam film yang baru ini, Tim Burton selaku sutradara dan Michael Keaton sebagai pemeran Bruce Wayne masih tetap mampu memukau para penggemar Batman dengan hasil karya film yang bagus yang mereka hasilkan. Dalam film kedua ini, terdapat dua buah penjahat yang muncul dalam kisahnya yakni Cat Woman dan Pinguin. Meskipun di film keduanya ini, Tim Burton mampu memberikan hasil yang terbaik dalam filmnya, namun beberapa fans Batman menilai dalam film terbarunya ini Tim terlalu mengeksplorasi gaya filmnya yang membuat filmnya tersebut lebih bergaya horor ketimbang superhero.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Batman Forever (1995)

Daftar Film Batman Batman Forever (1995)

photo via : www.cinematicuniverse.com

Untuk film ketiga Batman, sudah tidak dsutradarai oleh Tim Burton lagi, melainkan oleh Joel Schumacher. Jika sebelumnya, film Batman lebih mengedepankan akan kisahnya yang lebih berfokus pada Dark Knight dengan gaya film dark miliki Tim, untuk film yang satu ini terlihat lebih berwarna. Menurut sang sutradara, film ini memang lebih mengedepankan pada komik Batman era Golden Age yang penuh dengan warna-warni. Dalam filmnya yang satu ini, dapat dilihat berbagai kemunculan tokoh baru seperti Robin, Two Faces dan Riddles. Kalau kamu penyuka film aksi Batman dengan warna warni hijau muda dan pink sepnjang film, pastinya kalaian bakalan menyukai seri yang satu ini.

4. Batman and Robin (1997)

Daftar Film Batman Batman and Robin (1997)

photo via : www.theverge.com

Dalam film selanjtunya yang berjudul Batman adn Robin, film ini masih disutradarai oleh Joel Schumacher dan dianggap sebagai film pembunuh frenchise dari film ini. Ada banyak sekali kritik pedas yang mendatangi film yang satu ini. Mulai dari pemilihan karakter pemeran Batman yang terlihat terlalu konyol dengan banyaknya cengiran yang ia lakukan. Dalam film Batman ini juga mucul tokoh lainnya seperi Robin, Poison Ivy, Batgirl, Bane. Masih dengan berbagai corak warna-warni milik Joel Schumacher yang menjadi identitas film ini yang membuat film in jadi semakin aneh. Apalagi bentuk kostum dari Batman dan juga Robin yang ada bagian putingnya yang tentu saja mebuat para fans jadi semakin kesal dibuatnya.

5. Batman Begins (2005)

Daftar Film Batman Batman Begins (2005)

photo via : www.freemovieposters.net

Setalah abanyak dihujat oleh orang-orang pada seri sebelumnya dan harus menunggu selama 7 tahun, akhir film Batman kembali digarap dan dirilis pada tahun 2005 silam dengan judul Batman Begiins. Film yang satu ini menurut para fans telah berjalan pada trek yang semestinya, dimana karakter Batman buatan Nolan ini benar-benar mampu diterima oleh para penonton secara logis karena ceritanya yang manusiawi dan tidak dilebih-lebihkan. Bahkan, masing-masing karakter yang ada dalam film ini termasik para villain memiliki karakterisasi yang kuat dan juga tidak dipaksakan dengan keunikannya sendiri.

6. The Dark Knight (2008)

Daftar Film Batman The Dark Knight (2008)

photo via : www.moviefone.com

Dimulai dari film Batman versi Nolan yang pertama dengan judul Batman Begins, kali ini untuk film miliknya yang selanjutnya yang berjudul The Dark Knight, amat bagus dan bahkan mungkin bisa dibilang film yang satu ini merupakan film Batman yang paling bagus yang pernah ada. Apalagi dengan karakterisasi tokoh Joker yang diperankan oleh Heath Ledger, membuat film ini jadi semakin meledak di pasaran. Dengan ceritanya yang begitu spektakuler, tensi plot yang tinggi dan juga megah, klimaks kecil yang ada hingga akhirnya meledak sebagi sebuah twist yang dimulai semenjak pertengahan film. Jika dilihat dari filmnya, yang membuat film ini jadi begitu bagus, selain sang sutradara Nolan, juga adalah tokoh Joker yang diperankan oleh Heath Ledger.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. The Dark Knight Rises (2013)

Daftar Film Batman The Dark Knight Rises (2013)

photo via : youtube.com

Ini merupakan seri terakhir dari Batman Trilogi milik Nolan. Tentu saja dengan alur dan juga cerita yang dibuat sejak awal trilogy hingga film keduanya mengalami kesuksesan besar-besaran. Dengan suksesnya 2 film diawal tersebut, tentu saja hal itu membuat beban berat ada di pundak Nolan, bagaimana caranya ia bisa menutup trilogy miliknya dengan baik. Dalam seri terakhirnya ini, Nolan membuat film Batman lebih ambisius, lebih dalam, lebih suram dan juga lebih rumit dari dua film sebelumnya. Meskipun jika dari sisi ceritanya, film Batman The Dark Knight Rises ini masih kalah dari seri yang sebelumnya, namun tetap saja film yang satu ini menjadi sebuah konklusi yang epik yang dibuat versi Nolan

8. Batman v Superman : Dawn of Justice (2016)

Daftar Film Batman Batman v Superman : Dawn of Justice (2016)

photo via : in.ign.com

Ini adalah film kali pertama Batman bertemu dengan tokoh super hero DC lainnya yakni Superman. Film yang satu ini sendiri disutradarai oleh Zack Snyder dan tokoh Batman diperankan oleh Ben Affleck. Pada awalnya, Warner Bros mengaku sempat meminta Nolan untuk menangani film yang satu ini, hanya saja Nolan menolak hal trsebut lantaran ia beranggapan tugasnya telah selesai dalam membangkitkan tokoh Batman ini. Terlepas dari pro dan kontra yang terjadi pada film ini, seperti para penggemar yang menolak Batman diperankan oleh Ben Affleck dan yang lainnya, toh film ini secara pasar tetap menjadi film yang laris dan memiliki pendapatan yang cukup tinggi di Box Office seluruh dunia.

Baca Juga