Kapan dan Berapa Lamakah Waktu Mandi Yang Ideal

    Info

Sobat Blog Unik, apakah kalian tipe yang mandinya lama atau sebentar nih? Seperti yang kita tahu, didunia ini ada orang-orang yang setiap kali mandi menghabiskan waktu lama hingga hampir mencapai 30 menit. Bahkan bisa lebih jika mandinya mulai dari luluran, cuci rambut, hingga berendam di bathup. Tapi ada juga yang mandinya cuman sekejap mata alias mandi dua jari.

Selama ini masyarakat awam percaya bahwa mandi lama berarti lebih bersih. Sementara orang yang mandi cepat sering disebut jorok atau mandi tidak bersih. Tapi sebenarnya tak ada hubungannya mandi lama dan mandi cepat dengan kebersihan dan tak ada juga batasan ideal berapa lama seseorang sebaiknya mandi. Terlalu cepat atau lama sama-sama ada risikonya. Pakar mengatakan,jika terlalu cepat maka dikhawatirkan ada bagian kulit yang terlupa dibersihkan hingga tidak tujuan mandi tidak maksimal. Sementara jika dilakukan terlalu lama mandi juga bisa mengurangi kelembaban kulit sehingga kulit jadi kering.

Menurut dr. Stephen Shumack, mandi lama-lama bisa mengangkat minyak alami yang bertugas untuk melindungi jaringan-jaringan kulit. Sebab, jika minyak alami kulit kamu hilang, maka kulit kamu bisa menjadi rentan terhadap virus, bakteri, dan berbagai masalah kulit seperti eksim, gatal-gatal, dan kulit kering.

photo via : www.avoskinbeauty.com

Menurut sebuah survei yang dilakukan Unilever terhadap lebih dari 100 rumah tangga, rata-rata orang menghabiskan waktu 8 menit hanya untuk mandi. Survei lainnya mencatat hasil yang berbeda-beda, mulai dari 5 hingga 10 menit. Ada tujuh area tubuh yang harus jadi perhatian khusus saat mandi dengan menggunakan air yang mengalir dan sabun antibakteri. Area tersebut adalah belakang daun telinga, leher, lipatan lengan, ketiak, selangkangan, punggung dan kaki. Jika semua daerah itu sudah terkena air dan sabun serta dibilas dengan bersih maka ritual mandi dinyatakan telah selesai.

Selain lama waktu mandi, kita juga harus memperhatikan kapan waktu yang tepat buat mandi nih guys, memang kelihatannya ini hal yang sepele, namun ternyata, mandi di jam-jam berikut ini dapat menjaga kesehatan tubuh loh!

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

1. Mandi Pagi

Untuk mandi pagi, ini hukumnya wajib, usahakan kamu mandi pagi antara jam 4.30 pagi sampai dengan jam 8.30 pagi. Sebab, mandi dijam-jam tersebut dapat membuat kalian kembali segar dan rasa kantuk menghilang seketika. Selain itu mandi pagi juga bisa membuat kalian lebih bersemangat menjalani aktifitas.

2. Mandi Sore

Setelah kita melakukan aktifitas seharian, kita harus mandi sore supaya badan kita FRESH kembali. Nah jam yang baik untuk mandi sore adalah sekitar jam 15.30 sampai dengan jam 17.00. Karena mandi disekitan jam 15.30 sampai dengan jam 17.00, dapat membuat kita tidak gampang sakit.

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >