Kebiasaan-Kebiasaan Sepele Yang Bisa Berakibat Fatal



Kesehatan merupakan hal besar yang harus kita perhatikan. Untuk menjaga kesehatan kita agar tetap sehat, kita harus menjaga pola hidup kita. Pola hidup yang tak sehat akan membuat kesehatan kita terganggu. Pola hidup disini seperti seringnya kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak tubuh kita. Tahukah kamu ? kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering kamu lakukan bisa berdampak buruk untuk dirimu sendiri. Mungkin banyak diantara kamu yang tidak menyadari hal tersebut, namun pelan-pelan kebiasaan itu bisa mengganggu kesehatanmu lho. Berikut kebiasaan-kebiasaan sepele yang bisa berakibat fatal :

 

1. Main Gadget Terlalu Lama

Photo via : http://dialog.scarborough.com

Memang tidak ada yang jadi masalah ketika bermain gadget. Namun jika terlalu lama bermain gadget, bisa menyebabkan gangguan pada penglihatan. Ada baiknya, ketika kamu sedang bermain game beri batas waktu 1-2 jam saja agar mata kamu tidak kelelahan.

 

2. Duduk Terlalu Lama

Photo via : https://www.trainingsworld.com

Buat kamu yang bekerja di depan layar tentunya kamu harus duduk berlama-lama di kursi, ternyata duduk terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan kamu lho khususnya di persedian. Ada baiknya kamu melakukan peregangan selama beberapa jam sekali.

 

3. Jarang Mencuci Tangan

Photo via : https://www.statefarm.com

Tentunya kalian pasti sudah tahu, jika kalian tidak pernah mencuci tangan akan menimbulkan berbagai penyakit dan kuman yang masuk ke tubuh. Meskipun kamu menganggap tanganmu bersih, namun kamu harus tetap mencuci tangan karena kuman atau bakteri itu tidak bisa terlihat oleh mata.

 

4. Minum Air Kemasan

Photo via : http://theptgroup.com

Minum air memang bagus untuk kesehatan, namun berbeda jika air tersebut berasal dari air kemasan. Minum air kemasan ternyata tidak sehat untuk kesehatan gigi karena mengandung fluoride. Jadi ada baiknya kamu mengkonsumsi air yang dimasak sendiri untuk menjaga kandungan fluoride.

 

5. Tidur Tengkurap

Photo via : http://sydney.edu.au

Apa kamu termasuk orang yang suka tidur tengkurap ? Nah ada baiknya kamu membiaskan diri untuk tidur dengan posisi yang lain. Dengan tidur tengkurap, bisa menyebabkan munculnya lipatan dibagian wajah disekitar mata, hidung, mulut dan pipi. Seiring bertambahnya usia, kamu akan kehilangan kolagen lapisan kulit sehingga menimbulkan keruta-kerutan di wajah.

 

6. Makan Terlalu Cepat

Photo via : https://www.foodandwine.com

Makan terlalu cepat merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik karena bisa mengakibatkan otak yang tidak sempat mengirim sinyal ke sistem pencernaan, hal ini akan mengakibatkan pencernaan terganggu dan berat badan bisa meningkat lama kelamaan bisa obesitas.

 

7. Begadang

Photo via : http://kmuw.org

Keseringan begadang juga tidak baik untuk kesehatanmu. Ada banyak hal yang ditimbulkan akibat dampak dari begadang ini seperti sering sakit kepala, tubuh cepat lelah, berat badan meningkat hingga penyakit jantung.

 

8. Main Smartphone Sebelum Tidur

Photo via : https://www.hindustantimes.com

Percayalah, hampir setiap orang pasti melakukan ini ketika ingin tidur. Kurang enak rasanya jika sebelum tidur tidak bermain smarphone, entah itu membuka medsos atau bermain game. Tapi tahukah kamu ? jika bermain ponsel sebelum tidur dapat menghilangkan rasa kantuk dan menyebabkan insomnia. Hal ini juga membuat otak masih terus bekerja saat kita memejamkan mata dan membuat tidur menjadi tidak nyaman dan rentan terkena penyakit karena kurangnya waktu istirahat.

 

9. Bermain Ponsel Saat Bangun Tidur

Photo via : http://www.thehawk.in

Sama halnya dengan bermain ponsel saat sebelum tidur, jika tidak ada sesuatu yang penting janganlah bermain ponsel sesaat setelah bangun tidur. Hal ini karena saat bangun otak kita belum sepenuhnya bangun, jika kita langsung menatap ponsel maka cahaya dari ponsel tersebut merangsang otak kita untuk bekerja lebih cepat. Ada baiknya setelah bangun tidur minumlah air putih agar tubuh tidak dehidrasi.

 

10. Mendengarkan Musik Sambil Tidur

Photo via : https://www.berkabar.id

Siapa yang tidur sering mendengarkan musik ? lebih baik sekarang hentikan kegiatan tersebut. Mendengarkan musik saat tidur tenyata dapat membahayakan kesehatan lho. Pada saat tidur sambil mendengarkan musik, otak akan tetap bekerja karena adanya gelombang suara dan akan membuat kualitas tidur berkurang.

 

11. Tidak Pernah Sarapan

Photo via : https://www.eatthis.com

Mungkin banyak dari kalian yang tidak sempat untuk sarapan, namun sarapan itu sangat penting untuk tubuh lho. Waktu ideal untuk sarapan adalah 30 menit setelah bangun pagi, sarapan 30 menit setalah bangun itu untuk menstabilkan kadar gula darah. Sarapan juga berfungsi agar nanti saat makan siang kita tidak kelaparan.

 

12. Jarang Minum Air Putih

Photo via : http://www.secondwindwater.com

Air putih sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuang toksin dalam tubuh melalui keluarnya keringat dan urin. Jika kamu jarang sekali minum air putih maka tubuh kamu terkena dehidrasi karena kekurangan cairan. Parahnya ginja kamu bisa bermasalah karena ginjal menyaring racun menggunakan air.

 

13. Menahan Kencing

Photo via : http://www.fitnessformen.co.id

Menahan kencing biasanya kamu alami ketika kamu sedang berpergian jauh tapi belum ketemu dengan toilet umum. Menahan kencing terlalu lama bisa membuat ginjal kamu infeksi, gagal ginjal, batu ginjal, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih dan mengganggu proses pencernaan.

 

14. Menekuk Kaki Setelah Berolahraga

Photo via : https://saludyremedios.net

Buat kamu yang sering olahraga dan setelah olahraga sering menekuk kaki, ada baiknya jangan dilakukan lagi. Memang setelah menekuk kaki rasanya lebih rileks namun itu bisa bahaya lho. Urat di betis bisa tertarik dan mengakibatkan kaki kram. Adabaiknya setelah kamu berolahraga kamu selonjorin agar lebih aman dan jangan lupa lakukan pemanasan sebelum olahraga biar rileks.

 

15. Sering Stress

Photo via : http://www.whitsundayprofessionalcounselling.com

Ketika stress melanda, tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol agar gula darah naik dan ada cadangan energi untuk beraktivitas. Jika gula darah terus dipicu tinggi karena stress berkepanjangan itu sama saja dengan bunuh diri secara perlanahan. Tidak hanya itu saja, gula darah yang naik bisa menyebabkan diabetes, dan menimbulkan nyeri pada dada kiri.

 

16. Minum Air Es Setelah Makan

Photo via : https://hindi.khoobsurati.com

Kamu sering minum air es setelah makan ? ternyata air es dapat membekukan makanan berminyak yang baru kita makan lho. Air es ini akan memperlambat proses pencernaan yang ada di dalam tubuh kita. Jika lemak-lemak ini terbentuk di dalam usus, maka air es tersebut akan menyempitkan banyak saluran dan lama-kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul di dalam tubuh sehingga kita semakin gemuk karena lemak tersebut.

 

17. Makan Berat Sebelum Tidur

Photo via : https://healinglifestyles.com

Sebelum tidur sebaiknya jangan menyantap makanan berat seperti nasi lengkap dengan lauknya, karena tubuh tidak dapat membakar semua makanan. Malahan akan mengubahnya menjadi lemak.

 

18. Bekerja Dalam Keadaan Sakit

Photo via : https://www.staples.co.uk

Tahukah kamu jika bekerja atau belajar dalam kondisi sakit berbahaya ? Ketika kamu bekerja atau belajar dalam kondisi sakit kamu merusak sel-sel dalam otak kamu. Ada baiknya jika kamu sedang sakit, kamu tidak perlu bekerja atau belajar demi kesehatan kamu.

 

19. Menutup Kepala Saat Tidur

Photo via : https://theconversation.com

Menutup kepala saat tidur akan meningkatkan konsentrasi karbondioksida ke otak. Ketika bernafas dengan kepala yang tertutup, maka karbondioksida yang dikeluarkan hasil dari bernafas akan masuk kembali ke tubuh dan itu sangat berbahaya.

 

20. Kurang Tidur

Photo via : http://www.trbimg.com

Kamu tentunya tau apa efek dari hal ini kan ? Orgam di dalam tubuh kita juga perlu untuk istirahat, bukan hanya kita saja. Salah satu hal yang berpengaruh dalam hal ini adalah otak. Kekurangan tidur dalam waktu yang sangat lama akan membunuh sel otakmu secara perlahan. Tak hanya berimbas pada kesehatan orak saja, namun bisa menyebabkan diabetes juga. Kekurangan tidur selama 3 hari dapat mengakibatkan menurunnya tubuh memproses glukosa sehingga resiko diabetes meningkat.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >