Kebiasaan Yang Perlu Kamu Pupuk Untuk Menjadi Orang Sukses

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Siapa sih yang nggak mau sukses? Secara menjadi orang sukses adalah impian dari semua orang, sehingga nggak heran jika orang-orang didunia ini pada berlomban-lomba untuk mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Entah itu sukses dalam karir, finansial, kehidupan rumah tangga, dan kehidupan sosial secara umum.

Selama ini banyak yang menganggap kalau meraih kesuksesan tersebut merupakan hal yang sangat sulit. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Karena dalam mencapai kesuksesan, kamu harus menghadapi banyak rintangan, tantangan dan resiko untuk bisa mencapai impian yang besar tersebut. Kamu juga dituntut untuk terus berusaha, konsisten dan tidak mudah menyerah dalam mencapai kesuksesan.

Namun banyak yang menyepelekan kebiasaan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Padahal kesuksesan bisa tercermin dari cara berpikir dan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari lho. Penting untuk dipahami bahwa, kebiasaan memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan seseorang.

Kebiasaan yang baik akan menjadi gaya hidup yang positif untuk kita bisa mencapai kesuksesan. Bahkan mulai dari kebiasaan terkecil yang seringkali kita abaikan dapat memberikan dampak pada tingkat kesuksesan kita.

Nah untuk itu, berikut beberapa kebiasaan yang pemu kamu pupuk untuk menjadi orang sukses. So let’s check it out guys!

1. Kerja cerdas, bukan kerja keras

Kebiasaan Yang Perlu Kamu Pupuk Untuk Menjadi Orang Sukses

photo via standardmedia.co.ke

Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan kerja keras, namun jangan hanya terpaku dengan cara kerja keras saja, karena dizaman yang serba cepat dan canggih ini, kamu dituntut untuk mulai bisa kerja cerdas. Kerja cerdas ini artinya adalah mencari cara agar hasil kerja yang kamu dapatkan sama atau lebih maksimal namun dengan waktu yang lebih singkat. Kerja keras berbicara tentang ketekunan, sedangkan kerja cerdas berbicara tentang kreatifitas. Kerja cerdas juga dapat memberikan kita kebebasan untuk menentukan cara kerja yang paling efektif, dalam arti sifatnya fleksibel.

2. Membuat target harian

Kebiasaan yang harus di pupuk untuk menjadi orang sukses berikutnya adalah membuat target harian setiap harinya. Berbeda seperti pegawai yang pekerjaannya dibatasi dengan jam kerja yang hanya 8-9 jam perhari. Orang-orang sukses justru tidak pernah berpikir tentang berapa lama mereka harus bekerja pada hari itu atau berpikir tentang kapan mereka bisa liburan.

Setiap harinya, mereka membuat target harian dengan banyak perencanaan yang harus dilakukan di hari tersebut. Dengan cara ini akan membuat mereka bisa menghabiskan hari dengan lebih produktif. Tidak ada waktu yang terbuang, karena mereka memiliki target untuk menyelesaikan pekerjaannya pada hari itu dengan maksimal.

Nah membuat target harian sangatlah penting agar termotivasi untuk bekerja lebih giat. Sebab dengan memiliki daftar rencana atau target yang jelas, maka semua pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Jadi, tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia. Biasanya target harian ini dibuat sehari sebelumnya.

3. Fokus dengan apa yang kamu kerjakan

Setiap harinya kita memiliki banyak hal yang bisa dikerjakan. Selain pekerjaan kantor, ada juga pekerjaan lain seperti memasak, bersih-bersih rumah, bisnis sampingan, bisnis online dan lain-lain. Masing-masing dari pekerjaan tersebut bisa saja menjadi salah satu hal yang berkontribusi pada kesuksesan kamu. Maka dari itu, yang perlu kamu lakukan adalah fokus untuk melakukan semua pekerjaan itu dengan sebaik mungkin.

Selain itu, kita juga harus mulai mengubah mindset kita untuk mulai berfokus pada proses untuk menggapai hasil yang diinginkan. Cara ini akan lebih bisa membuat kita mempertahankan motivasi dalam mencapai tujuan atau kesuksesan. Jika kita hanya fokus dengan hasil yang diperoleh, maka motivasi yang kita miliki bisa menurun jika mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

4. Terus belajar

Kebiasaan Yang Perlu Kamu Pupuk Untuk Menjadi Orang Sukses

photo via geeksforgeeks.org

Untuk menjadi orang sukses, kamu juga harus memiliki kebiasaat untuk terus belajar. Perlu kamu ketahui bahwa orang-orang yang sukses diluar sana tidak cepat berpuas diri. Mereka terus belajar dan mencari cara untuk terus tumbuh.

Orang-orang sukses selalu memiliki keinginan untuk selalu belajar dan menambawah wawasan. Untuk belajar inipun bukan hanya dari membaca buku, namun ilmu dan wawasan bisa didapatkan dari mana saja dan dari siapa saja.

Setiap orang baru, kita akan mendapat ilmu baru, begitupun dengan tempat baru maka kita akan mendapat pengalaman dan wawasan baru. Tak hanya itu, dijaman canggih ini, kitapun bisa belajar sendiri melalui video ataupun kelas-kelas online. Jadi, semakin sering kita belajar maka akan semakin cerdas dan memiliki wawasan yang luas. Sehingga nantinya jika ada peluang yang datang, kita bisa mengambilnya dengan percaya diri karena kita sudah memiliki wawasan mengenai hal tersebut.

5. Menghargai diri sendiri

Jangan perlakukan diri kamu seperti seperti seorang budak yang harus selalu bekerja keras tanpa pernah mendapat reward. Kamu harus mulai membiasakan diri kamu untuk menghargai diri sendiri. Tumbuhkan mindset bahwa kamu adalah orang yang memiliki karakter yang unik dan selalu menggunakan potensi terbaikmu untuk melakukan pekerjaan setiap harinya.

Cara paling sederhana untuk menghargai diri sendiri adalah dengan mengatakan pada diri sendiri seperti “saya adalah orang yang berharga, saya sudah melakukan yang terbaik, dan saya pantas mendapatkan yang terbaik.” Lakukan ini setiap hari maka kamu akan merasakan manfaat dari kebiasaan ini.

6. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Kebiasaan yang satu ini harus kamu buang jauh-jauh. Pasalnya jika kamu selalu membandingkan diri kamu dengan orang lain, maka hal negatif bisa dengan mudah menguasai kamu. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitupun diri kamu dan orang tersebut.

Dari pada kamu fokus membandingkan diri kamu dengan orang lain yang justru membuat kamu semakin minder dan tidak maju-maju, lebih baik fokus dengan apa yang kamu miliki dan apa yang kamu kerjakan. Jika kamu membandingkan pencapaian kamu dengan pencapaiannya, maka sampai kapanpun kamu tidak akan merasakan kesuksesan itu menghampiri kamu.

7. Bangun pagi

Kebiasaan Yang Perlu Kamu Pupuk Untuk Menjadi Orang Sukses

photo via sleepmdnyc.com

Ini nih kebiasaan yang hampir sebagian besar orang sukses melakukannya. Berdasarkan penelitian, 44% orang sukses bangun 3 jam sebelum jam kerja dimulai. Kebiasaan bangun pagi ini dilakukan agar mereka memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap atau menyiapkan berbagai hal dan menenangkan diri sehingga dapat memulai pekerjaan dengan kondisi yang baik dan tenang.

Kebiasaan ini wajib kamu tiru jika kamu ingin sukses. Selain lebih sehat, kamu juga jadi tidak terburu-buru untuk bersiap-siap ke kantor. Bahkan kamu masih bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk sekedar membaca berita di koran pagi untuk menambah wawasan.

8. Selalu berpikir positif

Kebiasaan yang harus kamu pupuk untuk menjadi orang sukses berikutnya adalah kebiasaan untuk selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif akan memberikan energi positif yang akhirnya akan mendorong kesuksesan seseorang.

Selain itu, dengan terbiasa melihat sesuatu dari sudut positif, kita jadi lebih optimistis saat memulai berbagai kegiatan setiap harinya. Pikiran positif akan mengarahkan kita pada keberhasilan bisnis. Maka dari itu, buat kamu yang ingin sukses, mulailah untuk membiasakan diri untuk berpikir positif.

9. Membangun kepercayaan diri

Biasakan diri untuk lebih percaya diri karena tingkat kepercayaan diri sangat berpengaruh pada kesuksesan. Seperti yang kita tahu, salah satu musuh terkuat seseorang untuk menggapai kesuksesan adalah rasa tidak percaya diri. Walaupun kamu memiliki ide cemerlang, namun karena kurangnya kepercayaan diri, kamupun akan kehilangan peluang untuk meraih kesuksesan.

10. Menambah jaringan pertemanan

Kebiasaan Yang Perlu Kamu Pupuk Untuk Menjadi Orang Sukses

photo via stu.edu

Kebiasaan yang perlu kita pupuk untuk menjadi orang sukses berikutnya adalah kebiasaan untuk menambah relasi atau menambah jaringan pertemanan. Banyak yang mengaggap hal ini tidak penting dan hanya membuang-buang waktu, padahal dengan menambah relasi, kita bisa memperluas kesempatan untuk meraih kesuksesan.

Kebiasaan inilah yang kerap dilakukan oleh orang-orang sukses. Meski sibuk, mereka tetap meluangkan waktu untuk menambah serta menjaga relasi yang baik dengan orang lain. Karena mereka paham betapa besarnya pengaruh teman untuk kesuksesan mereka.

11. Biasakan untuk mengatakan tidak untuk ajakan yang tidak sejalan dengan tujuan kamu

Jadikan orang yang memiliki prinsip dan pendirian tetap. Salah satunya dengan mengatakan “tidak” untuk ajakan orang lain yang tidak sejalan dengan tujuan kamu.

Jangan memaksakan dirimu dan membuang waktu kamu untuk menyenangkan semua orang setiap saat, sebab hal itu akan menjauhkan kamu dari kesuksesan.

Dengan mengatakan “tidak”, kamu bisa menunjukkan integritas yang kamu miliki. Kamu pun tidak akan membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak memajukan hidupku.

12. Perbanyak kegiatan yang lebih bermanfaat dibanding hanya nonton atau main media sosial

Untuk dapat meraih kesuksesan yang kamu inginkan, maka mulailah untuk memperbanyak aktivitas atau kegiatan yang lebih bermanfaat daripada hanya menonton TV atau sekedar scroll media sosial.

Cobalah lebih produktif, seperti membaca buku, mencoba bisnis online sebagai pekerjaan sampingan, berolahraga atau mengikuti webminar untuk menambah wawasan dan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk kehidupan kamu. Membiasakan diri untuk lebih produktif dan tidak menyia-nyiakan waktu akan membuat kamu selangkah lebih maju untuk mencapai kesuksesan.

13. Berhemat

Kebiasaan Yang Perlu Kamu Pupuk Untuk Menjadi Orang Sukses

photo via speeli.com

Kebiasaan lain yang penting untuk diterapkan adalah hidup hemat. Seperti pepatah, “Hemat Pangkal Kaya”, kunci sukses untuk menjadi sukses di sektor finansial pun adalah berhemat. Hemat disini bukan berarti pelit lho. Namun lebih ke merencanakan segala sesuatunya secara terperinci dan mengurangi perilaku hidup yang konsumtif atau hedonis. Mulailah untuk membiasakan diri untuk hidup hemat dengan memprioritaskan kebutuhanmu dibandingkan keinginanmu. Sisa uang yang kamu miliki bisa digunakan untuk investasi ataupun menabung.

14. Terapkan pola hidup sehat

Kesuksesan bukan hanya tentang karier, namun diri kamu secara keseluruhan. Maka dari itu, selain mengejar kesuksesan dibidang karir, kamu juga harus memperhatikan kesehatan, karena kesehatan sendiri mempunyai dampak yang cukup besar bagi kesuksesan kita. Dengan memiliki tubuh yang sehat, maka pikiran kita juga akan lebih senang. Sehingga akan ada banyak ide cemerlang yang dapat membuat kita bisa meraih kesuksesan.

Mulailah membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat akan menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit. Jadi, kita dapat melakukan apapun dengan maksimal dan lebih produktif dalam bekerja. Pola hidup sehat ini bisa dilakukan dengan olahraga rutin, menjaga pola makan, tidak merokok, tidak begadang dan beristrahat dengan cukup.

15. Bersyukur

Kebiasaan lain yang harus kamu terapkan untuk menjadi orang sukses adalah kebiasaan untuk bersyukur. Cobalah untuk selalu bersyukur setiap harinya atas apapun yang kamu miliki ataupun yang kamu capai. Dengan bersyukur kamu bisa menemukan hal-hal positif dalam kehidupan kamu. Dan dengan bersyukur kamu akan merasakan kesuksesan versi dirimu sendiri.

16. Disiplin

Kebiasaan Yang Perlu Kamu Pupuk Untuk Menjadi Orang Sukses

photo via entrepreneur.com

Jika kamu belum bisa disiplin, maka jangan berharap untuk menjadi orang sukses. Pasalnya disiplin adalah kunci utama untuk bisa menjadi orang sukses. Mulailah terbiasa mengerjakan sesuatu dengan lebih terorganisir dengan membuat jadwal harian dan hindari untuk menunda pekerjaan. Usahakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan secara tepat waktu. Dengan konsisten melakukan hal tersebut, maka sikap disiplin akan terbentuk di dalam diri kita.

Nah itu dia beberapa kebiasaan yang perlu kamu pupuk untuk menjadi orang sukses. Perlu diingat bahwa kesuksesan tidak ditentukan oleh orang lain atau keadaan sekitar kamu, tetapi kesuksesan ditentukan oleh dirimu sendiri. Jika kamu disiplin melakukan yang terbaik dan selalu fokus dengan tujuanmu, maka kesuksesan akan menantimu cepat ataupun lambat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.