Kerajinan tangan asli Indonesia yang mendunia

1 tahun lalu

Indonesia adalah negara yang besar memiliki banyak sumber daya alam dan juga sumber daya manusia. Dimana tiap – tiap orang di indonesia memiliki profesi yang berbeda – beda dalam menunjang ekonomi keluarganya. Salah satunya adalah dengan membuat kerajinan. Jika kalian Orang Indonesia pastinya bangga akan beberapa kerajinan tangan asli Indonesia ini. Bagaimana tidak, kerajinan – kerajinan tangan ini sudah banyak dikenal di manca negara loh.

Akan tetapi, beberapa kerajinan tangan ini perlu untuk dilestarikan agar tidak punah pada zaman kita. Hal itu bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dengan menggunakan kerajinan tersebut, mempelajari cara membuatnya atau bahkan hanya dengan mengetahui dan berbagi informasi tentang kerajinan tersebut.

1. Anyaman

photo via : indonesiakaya.com

Menganyam bisa juga disebut sebuah seni menghasilkan pola yang indah melalui proses menyilangkan bahan – bahan dari tumbuh – tumbuhan baik itu dari lidi, rotan, pandan maupun yang lainnya. Bahan – bahan ini sangat mudah untuk dikeringkan dan juga lembut sehingga mudah untuk dianyam dan membentuk pola tertentu hingga membentuk benda yang dapat digunakan sehari hari.

Masyarakat sekarang baik dari dalam maupun luar negri, banyak yang menggemari kerajinan jenis ini. produk – produk anyaman ini memberikan desain yang unik dengan kesan alam pada interior rumah modern yang terlihat sangat klasik.

2. Kain Tenun


photo via : i.pinimg.com

Kain tenun Indonesia telah terkenal di dunia, dengan motifnya yang unik dan lebih kuat dari kain biasa, kain ini memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Menenun sendiri merupakan sebuah proses membuat kain dengan cara tradisional, pengerjaannnya juga membutuhkan kesabaran dan ketekunan karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat kain tenun yang cukup lama. Kain tenun yang paling terkenal dari Indonesia berasal dai Bali, Minang, Lombok dan Toraja.

3. Kerajinan Kerang Hias

photo via : 4.bp.blogspot.com

Sebagian besar orang di pesisir laut, khususnya nelayan sering kali mendapatkan kerang. Namun konsumsi hewan laut ini biasanya hanya untuk mendapatkan dagingnya saja, sedangkan bagian luar alias cangkang kerang itu sendiri biasanya dibuang oleh para nelayan dan menjadi limbah / sampah pantai yang kadang hingga menggunung.

Akan tetapi, di tangan orang – orang yang terampil, benda yang sebelumnya merupakan sampah pantai ini dibuat menjadi sebuah benda komoditi kerajinan yang unik. Cangkang kerang ini biasanya diolah kembali menjadi lampu hias, vas bunga, bingkai cermin, foto dan aksesoris furnitur lainnya.

4. Batik

photo via : shopify.com

Siapa yang tak kenal dengan kerajinan yang satu ini, kerajinan khas Indonesia ini sudah sangat mendunia. Bahkan UNESCO pun membrikan gelar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi Manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Pertama kali dikenalkan pada dunia oleh presiden Soeharto, yang saat itu ia menggunakan batik pada konferensi PBB dan salah satu pecinta batik tanah air saat itu adalah salah satu tokoh dunia berasal dari Afrika Selatan yakni Nelson Mandela. Dimana dalam beberapa kesempatan dapat dilihat beliau mengenakan pakaian batik khas Indonesia.

5. Ukiran Kayu

photo via : phuket.thai-sale.com

Dengan besarnya kekayaan alam Indonesia memberikan banyak sekali pemanfaatan bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu Hasil kerajinan kreatif alam Indonesia yang banyak di gemari oleh konsumen Amerika dan Eropaadalah ukiran kayu asli Indonesia. Salah satunya adalah ukiran – ukiran kayu yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dan detail. Setiap daerah memiliki pola dan bentuk ukiran – ukiran kayu yang khas, namun yang paling terkenal adalah pola ukiran dari Bali, Jepara dan Lombok yang bisa kita temui menghiasi aksesoris rumah seperti daun pintu, daun jendela rumah, lemari, meja dan perabotan rumah tangga lainnya.

6. Patung

poto via : tokopedia.com

Kerajinan Patung adalah objek 3D hasil karya manusia yang diakui secara khusus sebagai sebuah karya seni. Seseorang yang membuat kerajinan patung disebut pematung. Tujuan pembuatan patung adalah untuk menghasilkan sebuah karya seni yang dapat bertahan selama mungkin. Oleh karena itu, patung terbuat dari material yang tahan lama seperti kerajinan patung dari tembaga atau kuningan. Di Indonesia sendiri ada banyak pengrajin patung dimana kerajinan patung asal Indonesia telah banyak diakui di dunia.

7. Topeng

photo via : bp.blogspot.com

Sebagai hasil karya kesenian tangan Indonesia, topeng dipakai untuk melengkapi hiasan atau pertunjukan tari. Benda ini berbahan kayu, biasanya dibuat di Cirebon, Bali, Bandung, Yogyakarta, atau Surakarta. Tiap topeng punya motif dan kekhasan yang beda-beda. Kayu yang digunakan pun tak semuanya sama, tapi yang paling sering dipakai adalah kayu pule atau kayu sengon. Ini karena keduanya lebih mudah dicari dan lebih mudah diukir dan dilukis.

8. Keramik

photo via : wikimedia.org

Hasil olahan keramik melahirkan beragam produk. Memang sih, keramik tidak datang asli dari Indonesia. Namun, pengrajin keramik di Indonesia telah mengubah keramik menjadi kreasi unik yang berhasil masuk pasar perdagangan dunia. Gentong hias ini misalnya. Terbuat dari keramik dengan hiasan menawan, dijual dalam bentuk 1 gentong beserta isinya yaitu replika tumbuhan

9. Wayang

photo via : img.masterpieces.asemus.museum

Tiruan manusia berupa boneka dari kulit atau kayu yang dipahat ini digunakan oleh dalang sebagai wujud karakter atau tokoh dalam pertunjukan kisah tradisional, baik di Jawa, Bali, Sunda, dan daerah lain. “Wayang” bermakna bayangan” dalam bahasa Jawa. Menurut kaidah dilsafat, kata “wayang” dapat berarti “bayangan” atau cermin karakter manusia, misalnya murka, baik, serakah, dan sebagainya. Di luar itu, wayang menjadi aksesori yang bisa kamu pilih untuk penghias ruangan, properti pemotretan, atau lain-lain. Salah satunya wayang golek Batara Kresna yang dikenal gagah dan pandai.

10. Gerabah

photo via : 3.bp.blogspot.com

Walau dianggap termasuk dalam goongan keramik, namun gerabah lebih cocok diartikan sebagai peralatan berbahan tanah liat, yang bisa kita lihat dalam bentuk periuk, wadah air, belanga, dan sejenisnya. Produk dari hasil kerajinan tangan gerabah bisa kamu pakai untuk perlengkapan memasak.

Save

Save

Save

Baca Juga