Kesalahan – kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh pemilik hewan peliharaan

1 tahun lalu

Memiliki hewan peliharaan mungkin merupakan sebuah idaman dan tambahan keluarga kecil bagi sebagian orang. Para anggota keluarga kecil kita yang satu ini tentu saja butuh makanan, perhatian dan kasih sayang yang sesuai pula. Mungkin bebrapa diantara kita sering memperlakukan hewan peliharaan kita secara berlebihan. Contoh saja seperti memeluk ataupun mencium hewan peliharaan kita.

Kita sendiri pasti merasa wajar dan biasa saja dengan apa yang kita lakukan terhadap mereka. Tapi apakah para hewn hewan kecil ini merasakan hal yang sama ? Bisa saja apa yang kita lakukan tersebut malah membuat mereka menjadi tidak nyaman. Berikut beberapa kesalahan – kesalahan yang sering dilakukan oleh orang – orang kepada peliharaan mereka :

1. Membangunkan hewan peliharaan kapanpun kita mau

Sama seperti Anda mencoba untuk diam saat anggota keluarga tidur siang, Anda harus menghormati hak hewan peliharaan Anda untuk tidur dengan nyaman. Selalu ingat bahwa terbangun secara tiba-tiba adalah stres bagi hewan peliharaan kita.

2. Menatap terus menerus

Saat seseorang menatap kita, kita cenderung merasa tidak nyaman. Di dunia binatang, itu berarti Anda berada dalam bahaya dan harus siap berkelahi.

3. Menggunakan kata-kata yang berbeda untuk perintah yang sama

“Bawa bola!” Dan “Mana mainanmu ?” Mendaftar sebagai 2 hal yang sama sekali berbeda di otak hewan peliharaan Anda. Kemungkinan besar dia akan bingung, dan permainannya akan hancur.

4. Membiarkan hewan peliharaan Anda untuk malas sepanjang hari

Hewan membutuhkan aktivitas fisik sama seperti manusia. Bahkan jika kucing atau anjing Anda cukup kecil untuk menggunakan nampan, Anda tetap harus membawa mereka ke luar untuk berjalan-jalan. Kurang olahraga dapat menyebabkan obesitas atau masalah sendi.

5. Berbagi makanan Anda

Sangat sulit untuk menolak berbagi makanan dengan hewan peliharaan. Namun, itu perlu. Sayangnya, makanan kita tidak cocok untuk hewan. Jika Anda ingin teman kecil Anda berada dalam kesehatan yang baik, pilihan terbaik adalah pergi ke dokter hewan, dan dia akan memberi Anda berbagai rencana makan.

6. Menggunakan satu baki untuk semua hewan peliharaan Anda

Akan sangat nyaman jika kucing Anda bisa berbagi satu nampan satu sama lain. Namun, pada kenyataannya, setiap makhluk membutuhkan ruang pribadinya, terutama kucing yang bangga dengan alam. Beli baki terpisah untuk masing-masing hewan peliharaan Anda. Lebih baik lagi, letakkan mereka di sekeliling rumah.

7. Berteriak pada hewan peliharaan Anda untuk setiap kesalahan dan tindakan tidak taat

Hewan peliharaan kita juga memiliki perasaan. Mereka bisa sangat mengerti saat mereka melakukan sesuatu yang salah dan bahkan bisa merasa bersalah atau malu. Ingatlah bahwa tugas Anda untuk memelihara hewan peliharaan dengan benar, dan Anda tidak bisa menyalahkan kesalahan Anda. Mereka berperilaku tidak baik hanya jika Anda tidak menjelaskannya dengan benar.

8. Meninggalkan makanan dalam jumlah berlebihan

Banyak orang membuat kesalahan dengan meninggalkan lebih banyak makanan untuk hewan peliharaan mereka daripada yang dibutuhkan, kalau-kalau dia merasa lapar saat mereka tidak di rumah. Ini mungkin tampak seperti solusi yang bijaksana, tapi ini menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan. Hal ini terjadi karena hewan peliharaan kita makan setiap kali mereka melihat makanan, meski sebenarnya mereka tidak lapar.

9. Membiarkan mereka sendiri untuk waktu yang lama

Kita berpikir bahwa saat kita pergi, hewan peliharaan bisa menghibur diri atau tidur. Ini tidak sepenuhnya benar. Ketika anjing dan kucing sendirian selama lebih dari beberapa jam, mereka menjadi gugup dan sedih. Jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan Anda sendiri selama lebih dari 1-2 hari, dan selalu pastikan mereka memiliki semua yang mereka butuhkan sebelum Anda pergi.

Baca Juga