Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Orang Di Media Sosial

    Teknologi

Jejaring Sosial atau yang sering kita kenal Sosial Media(sosmed) saat ini memang digemari oleh beberapa kalangan masyarakat. Apalagi didukung dengan perangkat yang sudah canggih menjadikan pengguna sosmed kian dimanjakan dengan fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan. Begitu banyak jenis sosmed yang tentu saja masing-masing memiliki kelebihan fitur yang berbeda seperti facebook, twitter, instagram, line, path dan yang lainnya. Seiring dengan berkembangnya sosmed di era sekarang ini, banyak yang penggunanya memiliki tujuan yang berbeda-beda seperti untuk mencari teman, memasarkan produk, hanya untuk eksis biar terkenal dan ada juga yang menggunakannya untuk mencari keuntungan sendiri hingga melakukan tindak kejahatan. Sebenarnya banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakannya secara bijak. Namun tidak jarang pengguna sosial media tidak menyadari kesalahan yang dilakukan. Adapun kesalahan yang sering dilakukan pengguna media sosial yang tidak disadari :

1. Sering Memposting Kegiatan Harian

Photo via : www.thelallantop.com

Ada beberapa pengguna sosial media selalu memposting kegiatannya setiap hari. Seolah-olah sosial media tersebut seperti buku harian. Padahal kita harusnya memilah yang mana bersifat pribadi dan mana yang bersifat umum. Mungkin kalian yang sering memposting kegiatan seharian tidak menyadari apa dampaknya. Dengan kalian memposting kegiatan harian, orang lain akan tahu pasti apa yang kalian lakukan setiap hari, sehingga mereka yang ingin berbuat tidak baik akan berpeluang untuk mencari dimana dan sedang apa sekarang.

 

2. Sering Curhat Di Media Sosial

Photo via : http://www.apsis.com

Kegiatan ini biasanya dilakukan para ABG namun tak jarang orang dewasa juga seperti itu. Pada awalnya mungkin kamu akan mendapatkan simpati dari teman-teman di sosial media, namun lama kelamaan mereka akan bosan dengan keluh kesahmu. Kamu juga akan mendapat image buruk jika sering mengumbar masalah pribadi di sosial media, apalagi jika mereka mengenal kamu di dunia nyata. Dan bisa juga ada orang yang berniat jahat dengan memanfaatkan kegalauan kamu itu.

 

3. Membagikan Sesuatu Yang Bersifat Vulgar

Photo via : http://blog.mtbakervapor.com

Terkadang ada saja beberapa link yang memuat kontent dewasa,  dan dengan nakalnya kamu membagikan kontent tersebut. Ayo ngaku ?  Tahukah kamu hal tersebut dapat menimbulkan penilaian teman-temanmu tentang diri kamu sendiri, itu juga dapat merusak citra diri kamu sendiri. Ada baiknya jika ada kontent seperti itu kamu abaikan saja, atau kamu konsumsi sendiri saja tidak usah dibagikan ke orang lain. Hehehe…

 

4. Memposting Kebencian Terhadap Seseorang

Photo via : theconversation.com

Point ini paling banyak terjadi di akun sosial media. Sebenarnya apa sih manfaatnya ? Seharusnya pengguna media sosial lebih dewasa dalam menyikapi suatu masalah. Tak sedikit yang pernah melakukan ini baik dari anak remaja maupun dewasa pernah memposting kalimat kebencian terhadap seseorang atau kelompok. Seharusnya jika ada masalah selesaikan dengan duduk bersama bukannya saling adu komentar di akun media sosial. Kelakuan kalian yang seperti ini secara tidak langsung, akan di nilai negatif oleh teman kamu sendiri. Apa mesti keributan yang kalian buat diketahui oleh seantero negeri. Terkenal juga tidak, malu iya.

 

5. Share/Like Postingan Kebencian Terhadap Seseorang

Photo via : www.act-on.com

Ada baiknya sebelum kamu men-share dan like postingan, kamu pelajari dulu apa maksudnya. Jangan langsung men-share atau like mentang-mentang postingan itu dari teman kamu sendiri. Hal itu dilakukan agar kamu tidak terkena permasalahan yang akan terjadi, apalagi jika itu menyangkut tentang pencemaran nama baik seseorang yang mungkin kamu tidak ketahui.

 

6. Memposting Hal-hal Konyol

Photo via : youtube

Janganlah kamu memposting sesuatu yang konyol seperti pernahkan kamu melihat tentang sekelompok pemuda yang mengunggah foto mereka di akun media sosial dengan duduk di atas kepala para pahlawan ? atau bergaya menjadi jenasah lalu tiduran di atas makam dan teman-temannya sedang mendoakan disampingnya ? Hal inilah yang tidak perlu kamu unggah ke akun media sosialmu. Melakukan hal konyol hanya untuk di unggah di sosial media biar terkenal, itu tidak ada manfaatnya sama sekali, bisa jadi mereka yang melakukan itu bisa di hukum lho.

 

7. Lupa Waktu dan Kewajiban

Photo via : http://www.girlscouts.org

Ayo ngaku pasti sebagian dari kamu seperti ini ? Jika seseorang sudah kecanduan akan media sosial mereka akan lupa waktu dan kewajibannya. Bahkan ada seseorang yang menghabiskan waktunya hanya menatap layar smartphonenya untuk mengetahui update-an terbaru, entah itu berita atau artis idolannya. Sebentar-sebentar akan melihat smartphonenya karena ada bunyi notifikasi. Ini tidak hanya di alami anak muda aja lho, orang dewasa pun juga begitu. Parahnya mereka tidak akan betah jika sehari saja tidak menatap layar smartphonenya apalagi jika tidak memiliki qouta internet, bisa kalang kabut mereka.

 

8. Postingan Tidak Sesuai Dengan Kenyataan

Photo via : funtime.ge

Hal ini sudah banyak kejadian, ayo tebak hal apa yang sering tidak sesuai dengan kenyataan ? pasti banyak yang bilang foto kan. Iya bener, foto merupakan salah satu hal yang dapat di manipulasi. Apalagi dengan banyaknya aplikasi yang bisa kamu beli di toko mainan anak zaman now(gak boleh nyebut merk) yang menawarkan fitur face beauty yang bisa membuat wajah kamu berbeda. Dari yang pipi tembem bisa jadi tirus, kulitnya yang hitam bisa putih bak tepung terigu, wajah yang berjerawat bisa mulus bak porselain, wajahnya yang biasa aja mendadak menjadi cantik secantik artis korea. Sebenarnya mengunggah foto-foto editan seperti itu dapat merugikan diri sendiri khusunya buat kamu yang masih jomblo. Jika ada kenalan baru dan ingin bertemu kamu, tentunya dia akan merasa kecewa karena wajahmu tidak sesuai dengan kenyataan. Duh…kan kasihan di kamunya juga kan. Selain foto, yang sering tidak sesuai dengan kenyataan adalah status ekonomi, kamu tidak usah sok kaya di media sosial jika sebenarnya kamu dikalangan ekonomi menengah. Kamu cukup bergaya apa adanya saja jadilah diri sendiri gak usah sok berlagak kaya.

 

9. Memberikan Informasi Data Pribadi

Photo via : mmc.tirto.id

Jangan sekali-kali kamu menampilkan data pribadi kamu di akun media sosial seperti no telepon pribadi, alamat rumah, sekolah atau yang lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari orang-orang yang akan berbuat jahat ke kamu dengan memanfaatkan data pribadi kamu.

 

10. Berkomentar Yang Mengandung SARA

Photo via : mendozapost.com

Seperti kata pepatah “Mulutmu harimau mu”, berhati-hatilah jika ingin memberikan komentar di sosial media. Jika kamu memberikan komentar yang salah dan memprovokasi, kamu bisa di tuntut atau kamu bisa di bully oleh pengguna akaun media sosial lainnya.

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >