Kilas Balik 2018: Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018

6 bulan lalu

Sebentar lagi tahun 2018 akan tutup buku dan digantikan dengan lembaran baru di tahun 2019. Sepanjang tahun 2018 tentunya banyak kenangan yang tak terlupakan mulai dari kenangan yang menyenangkan hingga kenangan buruk. Sebelum kita mulai melangkah ke tahun baru 2019, tak ada salahnya kita melakukan flashback untuk mengingat peristiwa besar apa saja yang telah terjadi di tahun 2018. Mulai dari bencana alam, pesta olahraga hingga pernikahan kerajaan, semuanya tersaji dalam Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 berikut ini.

1. Selasar Gedung PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Ambruk – 15 Januari 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Selasar Gedung PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Ambruk

photo via : www.idntimes.com

Sepertinya kalian masih ingat dengan peristiwa mengerikan yang terjadi di gedung BEI pada tanggal 15 Januari 2018 lalu. Yup tanggal 15 Januari lalu, selasar gedung BEI tiba-tiba ambruk. Kejadian tersebut memakan puluhan korban luka-luka. Kebanyakan merupakan mahasiswa yang tengah melakukan kunjungan. Kejadian ini juga menjadi berita yang hangat pada saat itu lantaran polisi mencium hal aneh dari ambruknya selasar di gedung BEI tersebut. Menurut pihak polisi, gedung BEI termasuk gedung baru yang pastinya memiliki kekuatan yang bisa bertahan maksimal 25 tahun. Namun gedung BEI belum berumur 25 tahun, jadi sangat aneh jika bangunan tersebut bisa roboh.

 

2. Gunung Sinabung, Sumatera Utara Meletus – 19 Februari 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Gunung Sinabung, Sumatera Utara Meletus

photo via : http://bali.tribunnews.com

Di bulan kedua di tahun 2018, kembali Indonesia diwarnai dengan bencana alam dengan meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyemburkan abu vulkanik setinggi 5 kilometer. Erupsi gunung Sinabung saat itu disebut sebagai yang terdahsyat di tahun 2018. Dan mengeluarkan awan panas dengan tinggi kolom 5.000 meter (5 kilometer) amp 120 mm dan lama gempa 607 detik.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting saat itu mengatakan, akibat erupsi tersebut, delapan kecamatan di Kabupaten Karo terdampak, di antaranya Kecamatan Simpang Empat, Naman, Teran, Payung, Tiganderket, Kutabuluh, Munte, Tigabinanga, dan Kecamatan Juhar. Selain itu, aktivitas masyarakat di sebagian wilayah sempat dihentikan akibat tebalnya hujan debu vulkanik. Tidak hanya itu, aktivitas ngajar mengajar di sejumlah sekolah juga dihentikan sementara.

 

3. Kerusuhan Mako Brimob Kelapa Dua – 8 Mei 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Kerusuhan Mako Brimob Kelapa Dua

photo via : http://bangka.tribunnews.com

Di bulan Mei 2018, terjadi kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Kerusuhan in terjadi pada hari Selasa 8 Mei 2018 malam hingga Rabu 9 Mei 2018 dini hari. Peristiwa yang bermula dari cekcok antara tahanan dan petugas dari personel Brimob Polri ini kian membesar hingga polisi harus mensterilkan lingkungan di sekitar Mako Brimob. Dalam peristiwa ini ada 5 polisi dinyatakan gugur dan seorang narapidana tewas. Ada yang mengatakan jika insiden berdarah ini terjadi karena keterlibatan ISIS didalamnya, namun pihak kepolisian membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa pemberontakan dipicu keterlambatan pasokan makanan dari keluarga narapidana karena prosedur pemeriksaan petugas.

 

4. Bom Surabaya dan Sidoarjo – 13-14 Mei 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Bom Surabaya dan Sidoarjo

photo via : news.detik.com

Dari kerusuhan, bulam Mei 2018 juga diwarnai dengan teror bom. Pada hari Minggu 13 Mei 2018, bom bunuh diri menyerang tiga gereja di Surabaya. Pelakunya adalah satu keluarga beranggotakan Dita (48) bersama istrinya yang bernama Puji Kuswati (43), dua anak perempuannya yang berinisial FS (12) dan FR (9), serta dua anak laki-lakinya berinisial YF (18) dan FA (16).

Di gereja pertama yakni Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela bom meledak pada pukul 06.30 WIB. Dua anak laki-laki yang berumur 18 dan 16 tahun tersebut menjadi pelaku bom bunuh diri tersebut. Mereka berboncengan mengendarai sepeda motor, masuk ke halaman Gereja Santa Maria dan nyaris menabrak seorang jemaat sebelum akhirnya meledak persis di antara para jemaat yang sedang berjalan kaki. Peristiwa tersebut memakan korban jiwa sebanyak 7 orang, diantaranya 2 pelaku dan 5 dari jemaat Gereja.

Bom kedua terjadi di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Surabaya. Bom meledak pada pukul 07.15 WIB. Kali ini si ibu dan 2 orang putrinya yang berumur 12 dan 9 tahun menjadi pelaku bom bunuh diri tersebut. Untungnya dalam peristiwa ini tidak ada masyarakat yang menjadi korban selain 3 pelaku tersebut.

Bom ketiga terjadi di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, kali ini si ayah yang menjadi pelaku bom bunuh diri. Bom meledak pada pukul 07.53 WIB. Pelaku menabrakkan mobil yang ia kendarai dan meledakkan bomnya di Gereja Pantekosta. Dari peristiwa ini ada 7 masyarakat meninggal dunia dan 1 pelaku yang meninggal dunia.

Teror bom tidak berhenti pada hari itu saja, pasalnya keesokan harinya tepat pada tanggal 14 Mei 2018, pagi hari bom kembali meledak di Polrestabes Surabaya di Jalan Sikatan sekitar pukul 08.50 WIB. Pelakunya adalah satu keluarga juga. Keluarga pengebom asal Surabaya ini terdiri atas Tri Murtiono (50), istrinya bernama Tri Ernawati (43), dan ketiga anaknya. Tri Murtiono dan Tri Ernawati tewas, begitu juga dua anaknya. Jadi ada empat pelaku yang tewas dalam kejadian ini. Adapun anak bungsu mereka yang berinisial A terpental, tapi tak meninggal dunia yang akhirnya diselamatkan oleh pihak polisi untuk dijadikan saksi. Bom bunuh diri ini mengakibatkan empat polisi dan enam warga mengalami luka-luka.

 

5. Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle – 19 Mei 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

photo via : www.liputan6.com

Dari beberapa tragedi mengerikan yang terjadi di Indonesia, kita terbang dulu ke Inggris untuk mengingat momen bersejarah tentang pernikahan keluarga kerajaan yakni Pangeran Harry dan Meghan Markle. Tentunya pernikahan satu ini menjadi salah satu momen besar di tahun 2018, pasalnya bukan hanya Britania Raya saja yang berbahagia atas pernikahan pangerannya namun seluruh dunia juga merasakan kebahagiaan tersebut. Pernikahan ini telah menarik perhatian publik sejak lama. Pasalnya, ini merupakan pernikahan antara bangsawan dan rakyat biasa. Markle diketahui merupakan mantan aktris Amerika Serikat dan tidak ada hubungan dengan keluarga kerajaan sebelum akhirnya dipersunting oleh Pangeran Harry.

 

6. KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba – 18 Juni 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba

photo via : http://wow.tribunnews.com

Balik lagi ke Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 Juni 2018, sebuat insiden mengerikan kembali terjadi. Kapal motor penumpang bernama Sinar Bangun tenggelam saat beroperasi dan mengangkut ratusan penumpang. Kapal yang berangkat dari Simarindo, Kabupaten Samosir itu karam saat berangkat menuju Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sebuah video amatir menunjukkan usaha penumpang untuk menyelamatkan diri dari kapal yang terbalik. Sekitar 50–60 orang mencoba memanjat lambung kapal untuk menyelamatkan diri saat kapal terus tenggelam. Suara teriakan dan tangisan dapat terdengar dari video tersebut. Video tersebut juga menunjukkan bahwa para penumpang tidak menggunakan pelampung atau perangkat penyelamat lain saat kapal tenggelam.

Cuaca buruk dan over kapasitas diduga menjadi penyebab tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun ini. sementara itu pihak terkait mengumumkan bahwa ada 188 penumpang berada dalam kapal ini dan 164 orang di antaranya hilang. Saat itu, tim evakuasi kesulitan untuk mencari korban karena kedalaman Danau Toba yang mencapai 500 meter .

 

7. Piala Dunia  Rusia 2018 – 14 Juni – 15 Juli 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Piala Dunia  Rusia 2018

photo via : bola.okezone.com

Tahun 2018 juga kita dimeriahkan dengan turnamen sepak bola Internasional yaitu apalagi kalau bukan Piala Dunia. Piala Dunia tahun 2018 diselenggarakan di Russia mulai dari tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Dari turnamen sepak bola bergengsi ini Perancis muncul sebagai juara Piala Dunia 2018 Rusia dengan berhasil menaklukkan Kroasia di final. Piala dunia tentunya merupakan salah satu momen terbesar didunia karena melibatkan 32 tim nasional dari berbagai negara di dunia.

 

8. Ledakan Bom di Pasuruan, Jawa Timur – 5 Juli 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Ledakan Bom di Pasuruan, Jawa Timur

photo via : nasional.tempo.co

Lagi-lagi ledakan bom meneror warga Indonesia. Tepatnya pada tanggal 5 Juli 2018, terdengar 3 ledakan bom di sebuah rumah kontrakan di Jalan Pepaya RT 007/RW 001 Pogar Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Akibat ledakan ini, satu anak berusia 6 tahun yang diduga anak dari pemilik rumah terluka dan telah mendapat perawatan dirumah sakit. Selain itu, pelaku ledakan bom di Pasuruan juga sempat menyerang Kepala Kepolisian Sektor Bangil, Pasuruan M. Iskak dengan melempar bom kearah sang Kepala Polisi, untungnya beliau berhasil menghindar sebelum bom tersebut meledak.

 

9. Gempa Bumi di Lombok – 29 Juli, 5 dan 19 Agustus 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Gempa Bumi di Lombok

photo via : linkpublik.com

Masih segar diingatan kita tentang peristiwa yang menerjang saudar-saudara kita di Lombok. Pasalnya gempa bumi secara terus menerus mengguncang pulau sekecil Lombok dengan bermacam macam kekuatan. Tanggal 29 Juli 2018, gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gempa ini juga dirasakan Pulau Bali, dan Pulau Sumbawa. Akubat gempa ini sekitar 20 orang meninggal dunia, ratusan orang luka-luka dan sedikitnya 10.062 rumah mengalami rusak ringan dan parah.

Selanjutnya di tanggal 5 Agustus 2018, Lombok kembali diguncang gempa yang lebih kuat dengan kekuatan mencapai 7 Skala Richter. Bahkan, kekuatan gempa tersebut terasa hingga Pacitan, Jawa Timur. Gempa ini disusul dengan gempa susulan sebanyak 124 kali. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo menambahkan, ribuan orang mengungsi, puluhan meninggal, dan ratusan luka-luka. Kerusakan terparah dialami Lombok Utara, Kota Mataram, dan Lombok Timur.

Di tanggal 19 Agustus, Lombok juga kembali diguncang 2 gemba bermagnitudo 5,4 dan 6,5 Skala Richter. Tentunya gempa tersebut membuat warga lombok dan sekitarnya mengalami trauma berat karena diguncang gempa berkali-kali.

 

10. Banjir di India – 14 Agustus 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Banjir di India

photo via : steemit.com

Bencana alam terus melanda beberapa negara di sepanjang tahun 2018. Selain Lombok Indonesia yang diguncang gempa bumi, India juga terkena banjir hingga memakan korban hingga ratusan orang. Banjir dahsyat di India ini terjadi di negara bagian Kerala, India. Banjir yang terjadi pada tanggal 14 Agustus ini terjasi karena muson besar yang memang tiap tahun melanda India. Negara bagian Kerala saat itu terus dilanda musim hujan terburuk dalam satu abad terakhir, dan korban jiwa tercatat lebih dari 400 kematian. Banjir itu juga menyebabkan longsor dan limpahan air menyapu desa-desa sehingga tercipta krisis terbesar di daerah itu dalam satu abad terakhir.

 

11. Asian Games 2018 Jakarta Palembang – 18 Agustus – 2 September 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Asian Games 2018 Jakarta Palembang

photo via : http://wow.tribunnews.com

Walaupun bencana alam kerap melanda Indonesiam namun Indonesia masih dipercaya untuk menjadi tuan rumah di ajang Asian Games 2018. Seluruh warga Indonesia menyambut baik pesta olahraga ASIA ini. Setidaknya dapat menghibur para korban gempa yang ada di Lombok sebelumnya. Asian Games 2018 diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September tepatnya di kota Jakarta dan Palembang.

Asian Games 2018 Jakarta Palembang juga disebut sebagai Asian Games terbaik dalam sejarah. Diawali dari acara pembukaan yang spektakuler hingga menjadi sorotan dunia, dimana Presiden Indonesia beraksi dengan keren sehingga menjadi trending di beberapa negara. Di acara Asian Games 2018 Jakarta Palembang ini Indonesia juga berada diposisi ke 4 dengan perolehan 98 medali (31 emas, 24 perak, 43 perunggu).

 

12. Topan Jebi Jepang – 4 September 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Topan Jebi Jepang

photo via : www.sulawesita.com

4 Sepetember 2018 sepertinya menjadi hari yang menegangkan bagi masyarakat Jepang. Pasalnya di hari tersebut, Jepang diterjang topan Jebi yang membawa angin kencang dan hujan lebat. Topan ini disebut sebagai topan terkuat yang menerjang Jepang dalam 25 tahun terakhir. Topan Jebi yang membawa angin dengan kecepatan mencapai 216 kilometer per jam ini mulai menyentuh daratan Jepang pada Selasa 4 September siang waktu setempat. Topan ini pertama menerjang wilayah Jepang bagian barat, tepatnya dekat area-area yang masih dalam pemulihan usai diguyur hujan deras pada awal musim panas.

Topan Jebi yang melanda Jepang ini juga berpotensi akan terjadinya tanah longsor, banjir dan angin kencang, juga kemungkinan munculnya gelombang tinggi, kilat dan tornado. Akibatnya lebih dari 300 ribu orang di Jepang diperintahkan untuk mengungsi ke tempat yang aman. Dampak dari topan ini, kegiatan belajar mengajar di sejumlah sekolah terpaksa diliburkan untuk alasan keamanan. Layanan kereta api dan Universal Studios Jepang di Osaka tutup untuk sepanjang Selasa 4 September waktu setempat. Sementara itu, nyaris 600 penerbangan terpaksa dibatalkan, termasuk sejumlah penerbangan internasional yang lepas landas dan mendarat di Nagoya dan Osaka. Layanan kapal feri yang menghubungkan sejumlah pelabuhan di Jepang bagian barat juga terpaksa dihentikan sementara.

 

13. Gempa dan Tsunami di Palu-Donggala – 28 September 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Gempa dan Tsunami di Palu-Donggala

photo via : www.bbc.com

Sepertinya bencana alam terdahsyat yang mengguncang Indonesia adalah Gempa Bumi dan Tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi. Sulawesi diguncang gempa berkekuatan 7,4 sr diikuti dengan tsunami yang melanda pantai barat Pulau Sulawesi, Indonesia, bagian utara pada tanggal 28 September 2018.

Guncangan gempa bumi dirasakan di Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Mamuju bahkan hingga Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kota Makassar. Gempa memicu tsunami hingga ketinggian 5 meter di Kota Palu.

Akibat guncangan gempa bumi, beberapa saat setelah puncak gempa terjadi muncul gejala likuefaksi (pencairan tanah) yang memakan banyak korban jiwa dan material. Beberapa bagian jebol 5 meter, dan beberapa bagian naik sampai 2 meter.

Gempa ini juga menyebabkan Tsunami setinggi 11,3 meter, terjadi di Desa Tondo, Palu Timur, Kota Palu. Sedangkan titik terendah tsunami tercatat 2,2 meter, terjadi di Desa Mapaga, Kabupaten Donggala. Baik di titik tertinggi maupun titik terendah, tsunami menerjang pantai, menghantam permukiman, hingga gedung-gedung dan fasilitas umum.

Akibat bencana tersebut korban meninggal mencapai 2.045 orang, didapati paling banyak ada di Palu sebesar 1.636 orang dan disusul Sigi kemudian Parigi. Sementara itu, korban yang mengungsi sebanyak 82.775 orang, dan 8.731 orang pengungsi berada di luar Sulawesi. Serta ribuan bangunan rusak parah.

 

14. Jatuhnya Lion Air JT 610 – 29 Oktober 2018

Kilas Balik Kejadian Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2018 - Jatuhnya Lion Air JT 610

photo via : www.inews.id

Satu lagi insiden tragis yang kembali mencuri perhatian warga Indonesia atau bahkan dunia adalah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang pada tanggal 29 Oktober 2018. Akibat kecelakaan pesawat ini sebanyak 189 penumpang termasuk sejumlah awak pesawat, Pilot dan Co-Pilot dinyatakan tewas.

Data dari kotak hitam flight data recorder (FDR) mengungkapkan bahwa pesawat Lion Air PK-LQP dengan unit pesawat Boeing 737 Max-8 sudah enam kali mengalami gangguan sejak 26 Oktober 2018, dan seharusnya tidak terbang untuk dilakukan perbaikan. Hingga akhirnya harus jatuh di perairan Karawang pada tanggal 29 Oktober 2018.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Facebook Comments

Baca Juga