Kisah Kebaikan Hati Para Polisi Di Dunia Yang Mengundang Haru Sekaligus Bikin Bangga

    Info

Polisi memiliki banyak tanggung jawab untuk menjaga keamanan masyarakat, dari menjaga keamanan di lalu lintas, menangkap penjahat hingga rela mempertaruhkan nyawanya untuk membuat para warga tetap aman. Namun tetap saja polisi masih banyak mendapat citra negatif dari masyarakat padahal yang membuat negatif hanyalah para oknum yang tidak bertanggung jawab saja.

Masih banyak diluar sana polisi baik hati dan penuh tanggung jawab yang selalu siap setiap saat untuk menolong mereka yang mengalami kesulitan. Bukan sekedar menyebrangkan jalan atau mengurus kemacetan, namun kebaikan hati para polisi ini mungkin bisa membuat kalian terharu sekaligus menyadarkan jika polisi bukanlah orang-orang yang keras dan menakutkan, melainkan orang yang berhati lembut dan penuh kebaikan. Berikut beberapa kisah polisi berhati baik yang mengundang haru.

1. Aipda Adi Satri Siregar, Seorang Polisi Yang Menggendong Nenek Tersesat

photo via : kilasmedan.com

Kisah dari seorang polisi Indonesia ini mungkin menjadi cerminan tersendiri buat kita untuk selalu menolong orang lain apapun keadaannya. Aipda Adi Satri Siregar seorang Personel Polsek Medan Baru Polrestabes Medan saat itu tengah bertugas di Pos Pengamanan (Pospam) V Medan Fair, ia mendatangi seorang nenek yang terlihat bingung dan tidak tahu harus menumpangi angkutan kota (angkot) apa untuk pulang ke rumahnya.

Setelah bertanya dengan sopan kemana tujuan si nenek yang bernama Boru Lubis, Aipda langsung mencari tahu dimana rumah nenek tersebut dan siapa keluarganya. Selang beberapa menit, dengan penuh kesabaran dan keteguhan hati akhirnya Aipda sang polisi menemukan kediaman nenek Boru Lubis yang beralamat di kawasan Jalan Bandar Selamat.

photo via : tribratanews.polri.go.id

Bukan hanya sampai disana pertolongan dari seorang Personel Polsek Medan Baru Polrestabes Medan ini. Setelah mengetahui dimana alamat rumah si nenek, polisi ini lantas menggendong si nenek dan menaikkannya dalam angkot tujuan Bandar Selamat. Setelah berkoordinasi dengan sopir angkot tersebut, Ibu Boru Lubis lantas diantar pulang ke rumahnya. Masih berani bilang polisi itu menakutkan?

2. Anirut Malee, Seorang Polisi Yang Menenangkan Penjahat Dengan Pelukan

photo via : www.newshub.co.nz

Menghadapi penjahat memang sudah menjadi rutinitas sehari-hari para polisi. Meski dikenal dengan sosok yang tegas dan di cap sebagai sosok yang keras, namun mereka selalu berusaha profesional dan tenang walaupun saat berhadapan dengan pelaku kejahatan. Saat target mereka memberikan perlawanan, para polisipun tak segan untuk mengambil tindakan yang lebih berani seperti menembak pelaku.

photo via : www.cnn.com

Namun berbeda dengan polisi di Thailand satu ini, Polisi yang bernama Anirut Malee ini mendadak menjadi viral lantaran sikap tenangnya saat menghadapi penjahat. Dalam sebuah video seorang lelaki berusia sekitaran 45 tahun tiba-tiba masuk ke kantor polisi Huaw Kwang, Bangkok, Thailand, tempat dimana Anirut Malee bertugas. Pria 45 tahun tersebut masuk sambil menodongkan pisau besar dan terlihat sangat cemas.

photo via : www.asiaone.com

Anirut Malee yang kebetulan sedang ada dilokasi kejadian pun segera mengambil tindakan, namun dirinya tak menggunakan kekerasan. Untuk mengendalikan keadaan, ia mencoba berbicara dengan pria tersebut dan membuatnya tenang. Dengan duduk santai dan tidak mencoba melakukan perlawanan dengan sipelaku, Anirut terus mencoba membujuk sang pelaku untuk memberikan pisaunya. Ajaibnya sang pelaku akhirnya bisa tenang dan memberikan pisaunya pada Anirut.

photo via : www.playbuzz.com

Anirut lantas membuang pisau tersebut kemudian berjalan mendekati sang pelaku. Namun bukannya menangkap sang pelaku karena membuat kerusuhan dikantor polisi, sebaliknya Anirut malah membentangkan kedua tangannya dan memberikan pelukan kepada sipelaku.

Anirut kemudian mengatakan jika ada sebuah kisah menyedihkan dibalik tindakannya tersebut. Dirinya menuturkan jika sipelaku dulunya adalah seorang musisi yang belakangan bekerja sebagai petugas keamanan selama 3 hari dan belum dibayar. Yang mirisnya lagi gitarnya baru saja dicuri dan itu membuatnya stres. Dan kisah itu membuat Anirut merasa simpati. Anirut mengatakan jika dirinya memiliki gitar yang akan ia berikan kepada sipelaku dan dirinya juga mencoba mengajak sipelaku untuk makan bersama. Pria 45 tahun tersebut diketahui tidak dihukum namun ia dikirim ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan terkait kondisi mentalnya.

3. Sersan Erica Hay, Seorang Polwan Yang Berbagi Makanan Dengan Gelandangan

photo via : www.dailymail.co.uk

Tak ada orang yang ingin makan sendirian, mungkin itulah yang dirasakan oleh seorang polisi asal Florida ini. Seseorang bernama Tianna Greene mengabadikan momen mengharukan ini dan membagikannya ke media sosial yang ia miliki agar momen tersebut dapat dilihat oleh banyak orang. Dan fotonya menjadi viral setelah Kepolisian Ocala ternyata turut membagikan foto tersebut di media sosial.

Kepolisian Ocala mengidentifikasi anggota polisi tersebut bernama Erica Hay. Saat itu Tianna mengabadikan interaksi dari Sersan Erica Hay dengan gelandangan tersebut. Apa yang dilakukan Erica Hay benar-benar menyentuh. Ia membelikan makanan untuk gelandangan dan menemaninya makan di pinggir jalanan. Tidak hanya makanan, polisi berpangkat sersan ini juga membawakan secangkir kopi dan mengobrol bersama.

photo via : www.nbcmiami.com

Tahu bahwa dirinya menjadi viral Sersan Erica Hay mengatakan jika apa yang dilakukannya bukanlah hal besar. Dirinya juga mengaku jika dirinya mengenal semua orang yang ada didaerah kecil tersebut, namun ia tak mengenal lelaki tersebut. Saat itu dirinya melihat lelaki tersebut sendirian dan Sersan Erica ingin makan bersamanya lantaran tak ada orang yang mau makan sendirian.

4. Bripda Annisa, Seorang Polwan Yang Menggendong Nenek Yang Tak Lagi Kuat Berjalan

photo via : tribratanewstanbu.kalsel.polri.go.id

Apa yang dilakukan oleh Bripda Annisa ini mungkin salah satu tindakan kecil dari sekian banyak tindakan terpuji yang dilakukan oleh para polisi di tanah air maupun di luar negeri. Bripda Annisa membuktikan jika polisi bukanlah orang yang keras dan menakutkan. Saat bakti sosial untuk menyemarakkan HUT Ke-69, polwan Polres Tanah Bumbu ini melakukan kunjungan ke rumah Nenek Salamah. Namun sang nenek yang berumur 80 tahun tersebut sedang berada dirumah anaknya.

Merasa terpanggil, Bripda Annisa lantas menjemput nenek Salamah dan menggendongnya menuju rumah sang nenek lantaran nenek Salamah memang tak kuat lagi berjalan karena sakit. Bripda Annisa mengatakan jika bukan kali ini saja dirinya menggendong nenek Salamah yang sudah ia anggap nenek sendiri ini untuk menuju tempat yang diinginkan si nenek. Dirinya juga pernah menggendong nenek Salamah ke puskesmas untuk berobat. Perbuatan Bripda Annisa inipun membuat netizen terharu, bahkan Kapolres Tanah Bumbu AKBP Kus Subiyantoro mengaku bangga karena memiliki anak buah yang santun terhadap perempuan yang berusia lanjut. Menurutnya, anggota kepolisian memang harus selalu siap membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

5. AKP Joko Sudiro (Mbah Diro), Seorang Polisi Yang Bermurah Hati Membelikan Tanah Dan Membangun Rumah Untuk Salah Satu Warga Miskin

photo via : www.infopresiden.com

AKP Joko Sudiro, seorang Kapolsek Cikakak, yang akrab disapa Mbah Diro, menambah deretan polisi berhati mulia di tanah air. Dirinya berencana membelikan tanah dan membangun sebuah rumah untuk keluarga Jaenudin, sebab, rumah yang Jaenudin dan keluarga tempati merupakan rumah tidak layak huni tanpa penerangan dan tanpa kamar mandi, dan tanahnyapun milik negara.

photo via : news.detik.com

photo via : news.detik.com

Mbah Diro yang menerima laporan dari relawan sosial tentang kondisi Jaenudin langsung mengecek dan menggerakkan warga untuk mengumpulkan bantuan yang tak bisa dibilang sedikit agar dapat membelikan tanah untuk membangun rumah pak Jaenudin dan keluarganya. Nyaris setiap hari Mbah Diro ataupun relawan aksi sosial memberikan bantuan berupa beras dan makanan lainnya guna meringankan keadaan Pak Jaenudin dan keluarganya.

6. Seorang Polisi China Memborgol Tangannya Sendiri Untuk Menyelamatkan Wanita Bunuh Diri

photo via : div.bg

Sebuah kejadian langka sekaligus mengarukan hadir disalah satu daerah di Beijing, China. Saat itu seorang petugas polisi mencoba menghentikan aksi bunuh diri seorang wanita China, polisi tersebut mencoba membujuknya agar menghentikan aksinya untuk meloncat dari atas gedung, namun si wanita tetap menolak. Sang polisi akhirnya mengambil keputusan untuk memborgol tangan dirinya sendiri dengan tangan si wanita untuk memastikan kepada si wanita bahwa dirinya serius akan menyelamatkannya, walaupun hal tersebut akan membahayakan dirinya sendiri. Untuk memastikan dirinya serius, sang polisi bahkan membuang kunci borgolnya sehingga mereka tidak dapat dipisahkan.

photo via : news.asiantown.net

photo via : news.asiantown.net

Setelah si wanita luluh, sang polisi lantas mengikatkan seutas tali kepada tubuh wanita untuk menariknya kembali ke balkon gedung dimana ia hendak meloncat. Juru bicara polisi mengungkapkan jika si wanita mengurungkan niatnya untuk bunuh diri lantaran jika dirinya memilih loncat dari gedung kemudian meninggal ia akan membawa seseorang bersamanya yaitu polisi yang baik hati tersebut. Demi kenyamanan si wanita, polisi bahkan tidak mengungkapkan mengapa wanita tersebut ingin bunuh diri.

7. Seorang Polisi Berjiwa Dermawan

photo via : buzzly.fr

Jarang-jarang ada orang yang punya inisiatif sendiri untuk membantu orang lain. Namun walaupun jarang bukan berarti tidak ada yang memiliki inisiatif untuk menolong orang yang sedang membutuhkan. Seperti polisi satu ini yang berinisiatif membelikan makanan untuk para tunawisma yang berjumlah sekitar 20 orang. Polisi ini berinidiatif membelikan mereka makanan lantaran ia tahu bahwa penyedia makanan untuk para tunawisma tutup pada hari itu.

8. Larry DePrimo, Seorang Polisi Yang Membelikan Sepasang Sepatu Boot Musim Dingin Untuk Seorang Tunawisma

photo via : www.dailymail.co.uk

Larry DePrimo, seorang petugas polisi di New York mendadak menjadi viral lantaran aksi dermawannya menolong seorang tunawisma agar tak kedinginan. Hal tersebut terjadi saat beredar foto dirinya sedang berlutut dihadapan seorang tunawisma dan memberikan sepasang sepatu boot untuk dikenakan oleh tunawisma tersebut yang terlihat tak menggunakan alas kaki. Padahal saat itu adalah musim dingin yang lumayan ekstrim.

9. Mayor John Manning, Seorang Polisi Yang Mewujudkan Mimpi Anak Kecil Yang terkena Tumor Otak

photo via : guff.com

Gage Hancock-Stevens adalah seorang bocah berumur 13 tahun yang memiliki Tumor di otaknya. Gage bahkan hampir buta sepenuhnya karena tumor otak yang ia derita mempengaruhi saraf optiknya dan mencuri penglihatannya.

photo via : www.ntv.com.tr

photo via : www.godvine.com

Gage selalu bermimpi untuk menjadi petugas polisi saat ia dewasa nanti. Demi mewujudkan mimpi Gage yang sederhana, seorang polisi Bellevue bernama Mayor John Manning, bersama yayasan Make A Wish memberikan satu hari penuh untuk Gage agar dapat merasakan menjadi petugas polisi. Gagepun saat itu diberi seragam dan menghabiskan hari berpatroli dengan Polisi Bellevue Mayor John Manning. Gage Bahkan dilantik oleh Kepala Polisi Linda Pillo, dia berpartisipasi dalam praktik target virtual, mempelajari tentang investigasi kejahatan, dan menanggapi perilisan bertahap di Kantor Keamanan Global Microsoft di Bellevue.

10. David Harriman, Seorang Polisi Yang Rela Melompat Ke Danau Untuk Menyelamatkan Seekor Anjing

photo via : viralityfacts.com

Polisi yang kamu tahu mungkin hanya polisi yang suka menilang orang-orang yang tak melengkapi persyaratan berkendara, namun sedikit dari kalian yang tahu bahwa polisi juga mempertaruhkan nyawanya untuk sesuatu yang mungkin kamu anggap sepele. Seperti petugas polisi bernama David Harriman yang melompat ke danau untuk menyelamatkan nyawa seekor anjing yang terjebak dalam mobil yang terendam di danau.

Mungkin hal itu kamu anggap sepele dan tak ada gunanya, tapi bagi mereka penyayang binatang ataupun mereka yang tak mengenal perbedaan dalam menyayangi makhluk hidup, hal yang dilakukan polisi tersebut adalah sebuah tindakan hero yang patut diacungi jempol.

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >