Lagu-Lagu Bertemakan Asian Games 2018

11 bulan lalu

Setelah Piala Dunia 2018 berakhir, Indonesia kembali akan disemarakkan dengan pagelaran olahraga se-Asia yakni Asian Games 2018. Bukan hanya akan mengeluarkan atlet-atlet berbakatnya, namun Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Pagelaran olahraga Asia ini akan dihelat di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang. Upacara pembukaan dijadwalkan pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Persiapan untuk menyambut Asian Games 2018 inipun sudah dilakuakan oleh Indonesia jauh-jauh hari sebelumnya. Dari mempersiapkan para atlet yang akan bertanding dengan pelatihan khusus, renovasi lokasi, hingga menyiapkan lagu-lagu bertemakan Asian Games 2018.

Bicara tentang lagu-lagu bertemakan Asian Games 2018, Indonesiapun telah memilih musisi-musisi ternama Indonesia untuk mengisi lagu resmi Asian Games 2018. Dalam album bernama Energy Of Asia, pihak Asian Games 2018 di Indonesia telah merilis lagu-lagu resmi yang akan digunakan sebagai theme song acara olahraga terbesar di Asia tersebut.  Penasaran seperti apa lagu-lagunya? Langsung cek dibawah ini yuk!.

1. Janger Persahabatan (NEV +, ARIEL, DEA)

Lagu resmi Asian Games 2018 di Indonesia yang petama adalah Janger Persahabatan. Lagu ini diciptakan khusus oleh Guruh Soekarnoputra untuk mengisi theme song Asian Games 2018 di Indonesia. Lagu ini diproduseri oleh NEV+ dengan irama elektronik khas mereka. Musik mereka dikolaborasikan dengan nuansa etnik Indonesia, tepatnya suara gamelan Bali yang diciptakan oleh maestro lagu daerah, Vicky Sianipar. Sedangkan Ariel ‘NOAH’ dan Dea Dalila dipercaya sebagai pengisi vokal. Kata ‘Janger’ yang diambil dari tari-tarian khas Bali dipilih Guruh sebagai judul untuk memperlihatkan unsur kesenian Indonesia yang mampu merepresentasikan persahabatan dan kegembiraan. Lagu ini selaras dengan semangat Asian Games 2018 yang dapat mempersatukan berbagai negara Asia di luar perbedaan latar belakang dan sejarah. Lagu yang video musiknya telah dirilis ini memadukan unsur kebudayaan Indonesia dan modernisasi Asia lengkap dengan berbagai gemerlap warna.

2. Unbeatable (JFlow Feat. Dira Sugandi)

Tidak seperti Janger Persahabatan yang menambahkan unsur budaya, pada lagu Unbeatable ini Jflow mengelaborasikan lagu resmi Asian Games dengan gaya pop dan RnB. Dilagu Unbeatable ini JFlow akan berduet dengan Dira Sugandi. Lagu resmi Asian Games 2018 ini ditulis langsung oleh JFlow yang syairnya diharapkan mampu membakar semangat juang para atlet Indonesia dalam mengharumkan nama Indonesia.

3. (Non Political) Asian Dance (Slank ft. Dipha Barus)

Dari pop dan RnB, Lagu resmi Asian Games juga akan dimeriahkan dengan lagu rock. Lagu berjudul Asian Dance ini dinyanyikan oleh musisi senior Slank. Dalam lagu ini Slank berkolaborasi dengan disc jockey (DJ) Dipha Barus membuat lagu ini lebih nge-beat. Dalam video klip juga menampilkan nuansa pop modern dengan dominan warna biru muda dan merah. Lagu ini mengandung makna yang dalam yaitu memberi pesan perdamaian agar masyarakat Indonesia bersatu mendukung Asian Games dengan mengesampingkan berbagai perbedaan.

4. Reach for The Stars (Via Vallen)

Lagu resmi Asian Games selanjutnya adalah Reach for The Stars. Lagu yang dibawakan oleh Via Vallen ini awalnya berjudul “Meraih Bintang”, namun diubah menjadi “Reach for The Stars”. Lagu ini di aransemen oleh gitaris kawakan Pay Siburian, dengan kemasan dangdut modern. Lagu ini mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September. Dalam video musiknya bisa kalian lihat nuansa merah yang sangat mendominasi. Via Vallen pun yang didampingi sejumlah penari latar seperti mengajak rakyat Indonesia untuk bernyanyi dan bergoyang bersama.

5. Energy18 – Bright As The Sun (Kolaborasi penyanyi lintas genre Indonesia)

Selanjutnya ada Energy18 – Bright As The Sun yang akan meramaikan Asian Games 2018. Lagu ini sangat spesial karena dinyanyikan oleh deretan penyanyi lintas genre Indonesia seperti, Ariel ‘Noah’, Ryan ‘d’Masiv’, Maudy Ayunda hingga pedangdut Ikke Nurjanah. Lagu ini mengajak orang-orang agar lebih bersemangat dan mengeluarkan energinya agar bersinar layaknya matahari. Selain itu tentu saja lagu ini juga menyampaikan persatuan meski berbeda latar belakang.

6. Menaklukkan Dunia (Once feat. Shakira Jasmine)

Duet penyanyi Once dan Shakira Jasmine menambah daftar musisi yang ikut memeriahkan perhelatan bergengsi Asian Games 2018. Once dan Shakira berduet membawakan lagu Menaklukkan Dunia karya Rian D’Masiv. Lagu Menaklukkan Dunia ini menceritakan tentang semangat dan tidak mudah putus asa meraih kemenangan.

7. Be Alright (Afgan)

Lagu resmi Asian Games 2018 selanjutnya adalah Be Alright, lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi bersuara emas, Afgan. Lirik lagu Be Alright ini memiliki arti yang cukup membakar semangat. Didalamnya mengajarkan kepada semua orang agar selalu bangkit dan belajar dari sebuah kegagalan.

8. Cita Kita (GAC)

“Cita Kita” adalah salah satu judul dari lagu pengiring resmi untuk ajang Pesta Olahraga Asia ke-18 “Asian Games 2018”. Lagu ini dibawakan oleh grup vocal GAC yakni Gamaliel, Audrey, Cantika. Tak seperti musisi lain yang penuh enerjik dalam membawakan lagu resmi Asian Games 2018, lagu ini terdengar lebih santai dan khas sesuai karakter GAC seperti biasanya. Namun meskipun begitu, lagu ini memiliki arti yang sangat mendalam yakni untuk mendukung dan terus memeberi semangat kepada mereka yang berjuang mengharumkan nama bangsa.

9. Kemenangan (Cakra Khan)

Suara berat dari seorang Cakra Khan juga dipilih untuk mewarnai Asian Games 2018. Dengan lagunya yang berjudul Kemenangan, Cakra Kan seakan menyemangati para Atlet Indonesia untuk bersemangat meraih kemenangan.

10. Asia’s Who We Are (Isyana Sarasvati)

Penyanyi cantik berbakat Isyana Sarasvati juga akan meramaikan gelaran Asian Games 2018 dengan lagu ciptaannya sendiri berjudul Asia’s Who We Are. Lagu yang terdengar seperti musik disney ini, memang terasa syahdu jika didengar, namun juga dapat membangkitkan semangat untuk menunjukan siapa Indonesia atau Asia itu sebenarnya.

11. Bukan Anak Kemarin Sore – Armada

Band papan atas Indonesia, Armada juga ikut berpartisipasi dalam menyambut Asian Games 2018 dengan menyumbang lagu berjudul Bukan Anak Kemarin Sore. Lagu ini dibuat untuk memberi semangat para atlet yang akan bertanding. Selain itu lagu ini juga bermakna dalam yakni, ingin membuktikkan bahwa siapa saja bisa jadi yang terbaik.

12. Dance Tonight – Bunga Citra Lestari feat. JFlow

Penyanyi ternama Indonesia, Bunga Citra Lestari alias BCL juga bergabung dalam memeriahkan suasana Asian Games 2018 yang akan diadakan di Indonesia tepatnya di Jakarta dan Palembang. Kali ini BCL berduet dengan JFlow dalam membawakan lagu Dance Tonight. Lagu yang identik dengan perayaan kemenangan ini terdengar sangat berkelas. Bahkan ada yang bilang jika lagu ini akan sangat pas bila digunakan sebagai lagu pengiring dalam penyerahan medali.

13. Indonesia Berpesta – Anji

Selanjutnya ada Indonesia Berpesta milik Anji. Lagu ini akan mengambil peran dalam memeriahkan Asian Games 2018. Lagu ini mengajak kalian agar menumbuhkan motivasi besar untuk berusaha menjadi yang tebaik dalam kejuaraan Asian Games 2018 nanti. Seperti judulnya, lagu ini dibalut dengan irama yang penuh semangat.

 

Baca Juga