Deretan Lagu Terbaik Sepanjang Masa

Lagu Terbaik Sepanjang Masa

Kira-kira berapa banyak jumlah lagu di seluruh dunia? Pastinya sangat banyak dan tak terhitung lagi berapa jumlahnya. Dari sekian banyak lagu tersebut pasti ada beberapa yang memiliki kenangan atau liriknya sangat mengena di hati para pendengarnya masing-masing. Setiap tahun pasti ada saja lagu-lagu terbaru yang dihasilkan oleh musisi berbakat yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Untuk genre lagu terbilang cukup beragam ada rock, pop, jazz, metal dan dangdut.

Tapi jika berbicara tentang lagu terbaik sepanjang masa, siapa kira-kira yang menduduki posisi tersebut? Hasil karya terbaik yang enak didengar memang layak untuk dikenang sepanjang masa. Hingga saat ini pun lagu-lagu tersebut masih enak didengar meskipun kini ada banyak sekali musisi-musisi hebat lainnya. Penasaran lagu apa saja itu? Berikut ini deretan lagu terbaik sepanjang masa yang masih enak didengar

Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

1. Badai Pasti Berlalu – Berlian Hutauruk

Lagu ini dirilis pada tahun 1977 dan dinobatkan sebagai album Indonesia terbaik sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone Indonesia edisi #32. Setelah perilisannya, lagu ini pun meledak dipasaran dan menjadi sensasional di blantika musik Indonesia pada saat itu. Sejumlah lagunya juga terus-menerus di putar di radio.

2. Bis Sekolah – Koes Bersaudara

Bis sekolah yang kutunggu kutunggu, tiada yang datang, ku telah lelah berdiri berdiri, menanti-nanti. Itulah sepenggal lirik dari lagu yang diciptakan oleh Tonny Koeswoyo dan dinyanyikan oleh grup musik Koes Bersaudara yang dirilis pada tahun 1962. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu terbaik Indonesia sepanjang sejarah.

3. Berita Kepada Kawan – Ebiet G. Ade

Hingga saat ini lagu ini masih sering diputar terlebih ketika bencana melanda negeri ini. Lagu ini ditulis sehubungan dengan bencana alam akibat Kawah Sinila di Pegunungan Dieng yang menyemburkan gas beracun dan memakan korban puluhan jiwa.

4. Lilin-Lilin Kecil – Chrisye

Lilin-Lilin Kecil ini ditulis oleh James F.Sundah dan dinyanyikan oleh Chrisye. Hingga saat ini lagu ini masih dirilis ulang lebih dari 50 versi. Menurut Sundah, lirik Lilin-lilin Kecil ini adalah mengenai teman-temannya yang mengalami kesulitan hidup sementara generasi yang lebih tua telah memiliki karir yang sukses. Lagu ini juga digambarkan sebagai sebuah lagu kenangan.

5. Yogyakarta – Kla Project

Next ada Yogyakarta yang dinyanyikan oleh KLa Project, KLa Project sendiri dibentuk oleh Katon Bagaskara, Lilo, Adi Adrian dan Ari Burhani. Lagu berjudul Yogyakarta ini berada di album kedua KLa Project yang dirilis pada tahun 1990. Album ini pun meraih penghargaan dan menjadi salah satu lagu Indonesia terbaik sepanjang masa.

6. Panggung Sandiwara – Ahmad Albar

Panggung Sandiwara adalah sebuah karya legendari dari penyanyi Ahmad Albar. Lagu ini dirilis pada tahun 1973 di album musik keempat Duo Kribo bertajuk Duo Kribo Original Soundtrack. Menggandeng Ucok Harahap sebagai partner bernyanyinya, lagu ini pun masuk ke dalam lagu terbaik sepanjang masa yang hingga saat ini masih sering kita dengarkan.

7. Rumah Kita – God Bless

Memang tidak ada yang lebih baik lagi selain Rumah Kita. Lagu Rumah Kita ini dinyanyikan dan dipopulerkan oleh God Bless. Dirilis pada tahun 1988 dalam album come back membuat lagu ini meledak dipasaran pada masanya. Lagu ini dikarang oleh gitaris God Bless Ian Antono bersama Theodore KS.

8. Begadang – Rhoma Irama

Lagu dari Raja Dangdut Roma Irama ini masuk ke dalam deretan lagu Indonesia terbaik sepanjang masa. Seperti judul lagunya, pemilik nama asli Raden Haji Oma Irama ini ingin mengajak agar tidak begadang untuk hal-hal yang tidak berarti. Lagu ini dirilis pada tahun 1973 dalam album yang berjudul sama.

9. Burung Camar – Vina Panduwinata

Jika mendengar lagu Burung Camar pastinya yang langsung keingat adalah Vina Panduwinata. Lagu ini merupakan titik puncak popularitas dari seorang Vina Panduwinata. Berkat lagu ini, Vina Panduwinata memiliki sebutan “Vina si Burung Camar”.  Lagu Burung Camar ini diciptakan oleh Aryono Huboyo Djati dan Iwan Abdulrachman.

10. Dan – Sheila On 7

Sheila On 7 merupakan grup musik Indonesia yang berdiri pada 6 Mei 1996 di Yogyakarta. Ada banyak sekali lagu Sheila On 7 yang tak lekang oleh waktu, namun salah satu lagunya yang begitu populer yaitu “Dan”. Lagu yang dirilis pada Juni 1999 ini merupakan single dari album perdana Sheila On 7.

11. Kolam Susu – Koes Plus

Kolam Susu merupakan salah satu single lagu milik dari Koes Plus yang diciptakan oleh Yok Koeswoyo. Lagu ini masuk kedalam album yang bertajuk Volume 8 yang dirilis pada tahun 1973.

12. Bendera – Coklat

Walaupun lagu ini sudah terbilang cukup lawas, lagu ini pasti akan diputar saat momen kebangsaan khususnya pada tanggal 17 Agustus. Lagu yang berjudul Bendera ini dinyanyikan oleh Coklat yang merupakan grup musik asal Bandung.

13. Gang Kelinci – Lilis Suryani

Lagu ini merupakan ciptaan musisi senior Titiek Puspa yang terinspirasi ketika mengantarkan Lilis Suryani pulang ke rumahnya di daerah Gang Kelinci. Hingga kini lagu Gang Kelinci masih melekat dihati para pendengarnya.

14. Bunda – Potret

Lagu ini merupakan ciptaan musisi senior Titiek Puspa yang terinspirasi ketika mengantarkan Lilis Suryani pulang ke rumahnya di daerah Gang Kelinci. Hingga kini lagu Gang Kelinci masih melekat dihati para pendengarnya. Lagu Bunda ini dirilis pada tahun 1997 oleh Melly Goeslaw. Meskipun sudah lama dirilis, lagu ini masih terngiang-ngiang di telinga masyarakat.

15. Negeri Di Awan – Katon Bagaskara

Negeri Di Awan adalah salah satu lagu yang dirilis pada tahun 1993 yang dinyanyikan oleh Katon Bagaskara. Negeri Di Awan ini merupakan lagu dari album solo perdana yang bertajuk Katon Bagaskara dan album ini menjadi salah satu album hit miliknya.

Lagu Barat Terbaik Sepanjang Masa

1. Johnny Cash – I Walk the Line2. Patsy Cline – Crazy

Lagu yang ditulis dan direkan pada tahun 1956 oleh Johnny Cash ini menjadi hit #1 pertama di tangga lagu Billboard dan mencapai #17 di tangga lagu pop AS. Lagu ini tetap berada di tangga lagu selama lebih dari 43 minggu dan terjual lebih dari 2 juta kopi.

2. Patsy Cline – Crazy

Lagu terbaik sepanjang masa selanjutnya yaitu Crazy yang dinyanyikan oleh Patsy Cline. Crazy sendiri ditulis oleh Willie Nelson dan dirilis pada tahun 1961. “Crazy” kemudian menjadi lagu khas Cline, ciri khas Great American Songbook dan lagu kampanye calon presiden independen tahun 1992 Ross Perot.

3. Hank Williams – I’m So Lonesome I Could Cry

I’m So Lonesome I Could Cry merupakan lagu yang ditulis dan direkam oleh penyanyi-penulis lagu Hank Williams pada tahun 1949. Lagu tersebut telah di cover oleh berbagai musisi. Di lagu I’m So Lonesome I Could Cry ini, Williams mengekspresikan emosi pribadi yang intens dengan keterusterangannya yang lugas. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu Amerika paling klasik yang pernah ditulis.

4. George Jones – He Stopped Loving Her Today

Lagu ini dinobatkan sebagai lagu country terbesar sepanjang masa. Lagu yang dirilis pada April 1980 sebagai single utama dari album I Am What I Am ini menjadi singel solo No.1 pertama Jones dalam 6 tahun. Seminggu setelah kematian Jones, lagu ini masuk kembali ke tangga lagu Hot Country Songs di No.21. Pada tahun 2013, single ini telah terjual 521.000 kopi di Amerika Serikat.

5. Jimmie Rodgers – Standing on the Corner (Blue Yodel #9)

Pada tahun 1930, mantan pekerja kereta api dan pemain kulit hitam yang terkena tuberkulosis, Jimmie Rodgers telah menjadi bintang bersertifikat, “blue yodels” miliknya terjual jutaan. Namun “Father of Country Music” ini juga seorang penghibur yang lincah dan mencoba apa saja, jadi pertemuan puncak jazz country yang tampaknya tidak mungkin dengan sensasi terompet Louis Armstrong ini tidak mengejutkan.

6. Tammy Wynette – Stand By Your Man

Album ini dirilis pada 20 September 1968 sebagai single pertama dan judul lagu dari album Stand by Your Man. Lagu ini terbukti menjadi paling sukses dalam karir Wynette dan merupakan salah satu lagu paling akrab dalam sejarah musik country. Dirilis sebagai single, lagu itu tetap nomor satu di tangga lagu negara AS selama tiga minggu.

7. Ray Charles – You Don’t Know Me

You Don’t Know Me ini dinyanyikan oleh Ray Charles yang membawanya ke no.2 di tangga lagu Bollboard Hot 100 pada September 1962, setelah merilis lagu di album no.1 Modern SOunds in Country and Western Music. Lagu ini juga menduduki puncak tangga lagu Easy Listening selama 3 minggu pada tahun 1962 dan digunakan dalam film komedi tahun 1993 Groundhog Day.

8. Merle Haggard – Mama Tried

Mama Tried adalah lagu yang ditulis dan dinyanyikan Merle Haggard dan The Strangers. Album ini dirilis pada Juli 1968 sebagai single pertama dan judul lagu dari album Mama Tried. Lagu tersebut menjadi salah satu lagu landasan karirnya. Ini memenangkan Grammy Hall of Fame Award pada tahun 1999 dan dipilih untuk pelestarian di National Recording Registry karena “signifikansi budaya, sejarah, atau artistik” pada 23 Maret 2016, hanya 14 hari sebelum kematian Haggard.

9. Dolly Parton – Jolene

Diproduksi oleh Bob Ferguson dan direkam di RCA Studio B di Nashville, Tennessee pada 22 Mei 1973. Album ini dirilis pada 15 Oktober 1973 oleh RCA Victor sebagai single pertama dan judul lagu dari albumnya dengan nama yang sama. Lagu tersebut menduduki peringkat No. 217 dalam daftar ” 500 Lagu Terbesar Sepanjang Masa ” versi majalah Rolling Stone pada tahun 2004 dan menurut Parton, menjadi lagunya yang paling banyak di cover.

10. Waylon Jennings and Willie Nelson – Mammas, Don’t Let Your Babies Grow Up to Be Cowboys

Musik country ini pertama kali direkam oleh Ed Bruce, ditulis oleh dia dan istrinya Patsy Bruce. Versi lagunya muncul di album self-titled 1976 miliknya untuk United Artists Records. Pada akhir 1975 dan awal 1976, lagu Bruce membawakan lagu tersebut ke nomor 15 di tangga lagu Hot Country Singles. Lagu ini ditampilkan di album Chris LeDoux yang dirilis 20 Januari 1976, Songbook of the American West. Anggota Western Writers of America memilih lagu tersebut sebagai salah satu dari 100 lagu Barat Top sepanjang masa.

11. Stanley Brothers – Man of Constant Sorrow

“Man of Constant Sorrow” dihidupkan kembali oleh Stanley Brothers pada tahun 1951 oleh Joan Baez, Bob Dylan dan Judy Collins secara berurutan satu dekade kemudian dan meluncurkan kebangkitan Americana penuh dengan penempatannya yang menonjol di Coen Brothers’ O Brother, Where Art Thou? pada tahun 2000. Asalnya yang ambigu dapat dikaitkan dengan fiddler Kentucky buta Dick Burnett, yang menerbitkannya pada tahun 1913 sebagai “Lagu Perpisahan” dan, ketika ditanya asalnya, menjawab, “Saya pikir saya mendapat balada dari seseorang … saya tidak tahu. Mungkin jadilah laguku.” Ralph Stanley mendengar ayahnya menyanyikan sebuah versi, yang dia dan saudara laki-lakinya Carter tambahkan kata-kata dan diubah menjadi tengara kesepian yang tinggi dari kesengsaraan pasca putus cinta dan kegelisahan sementara.

12. Buck Owens and the Buckaroos – I’ve Got a Tiger By the Tail

Dipopulerkan oleh band musik country Buck Owens dan Buckaroo . Dirilis pada bulan Desember 1964, lagu tersebut adalah salah satu lagu khas Owens dan menampilkan suara Bakersfield dalam genre tersebut. Pada tahun 1965, Dave Berry menggunakan “I’ve Got a Tiger By the Tail” sebagai sisi-B dari singelnya ” Little Things ” dan singel tersebut mencapai nomor 5 di UK Singles Chart.

13. Bill Monroe and The Blue Grass Boys – Blue Moon of Kentucky

Ditulis pada tahun 1945 oleh musisi bluegrass Bill Monroe dan direkam oleh bandnya, Blue Grass Boys. Lagu tersebut telah direkam oleh banyak artis, termasuk Elvis Presley. Blue Moon of Kentucky adalah lagu bluegrass resmi Kentucky. Pada tahun 2002, versi Monroe adalah salah satu dari 50 rekaman yang dipilih tahun itu oleh Library of Congress untuk ditambahkan ke National Recording Registry. Pada tahun 2003, CMT menempatkan “Blue Moon” nomor 11 dalam daftar 100 Lagu Terbesar di Musik Country.

14. Hank Williams – Settin’ the Woods on Fire

Sebuah single dan lagu A-side oleh Hank Williams yang dirilis pada tahun 1952. Lagu ini mencapai nomor 2 di tangga lagu Billboard Most Played by Jockeys AS dan nomor 2 di tangga lagu National Best Sellers.

15. Kitty Wells – It Wasn’t God Who Made Honky Tonk Angels

Lagu country tahun 1952 yang ditulis oleh JD “Jay” Miller dan aslinya direkam oleh Kitty Wells. It Wasn’t God Who Made Honky Tonk Angels adalah lagu jawaban untuk hit Hank Thompson ” The Wild Side of Life .” Lagu yang menyalahkan pria yang tidak setia karena menciptakan wanita yang tidak setia menjadi hit country No. 1 Billboard pertama untuk artis wanita solo. Selain membantu menjadikan Wells sebagai bintang utama wanita musik country pertama, “It Was’t God…” membuka jalan bagi artis wanita lainnya, terutama Dolly Parton, Patsy Cline, Loretta Lynn dan Tammy Wynette dan lagu-lagu di mana wanita memanggil pria yang tidak setia.

Itulah deretan lagu terbaik sepanjang masa. Dari sekian banyak lagu, mana yang hingga saat ini masih kamu dengarkan?

No items
Artikel Terkait