Makanan Palsu dan Berbahaya Dari China

    Kesehatan

China merupakan salah satu negara dengan tingkat industri yang luar biasa. Berbagai macam produk asal china ini dikenal dengan harga yang murah. Tak hanya itu saja China juga memproduksi barang tiruan atau KW seperti elektronik, tas, sepatu dan barang lainnya. Tak hanya barang elektronik, China juga ahli dalam memalsukan produk makanan. Bahkan ada beberapa produknya sudah masuk sampai ke Indonesia. Penasaran produk apa saja yang dipalsukan ? Berikut makanan palsu dan berbahaya yang berasal dari China :

1. Daging Domba Dari Daging Tikus

Photo via : viralmega.com

Di China mereka memalsukan daging domba dengan menggunakan daging rubah, tikus atau cerpelai yang dicampurkan bahan kimia lalu dijual sebagai daging domba. Pemalsuan daging domba ini sudah sangat terkenal di China, maka dari itu banyak pedagang yang di razia. Polisi China juga telah menyebarkan bagaimana cara membedakan daging domba asli dengan daging domba buatan. Namun jika dilihat sekilas, kedua daging memang tampak sama, namun beda halnya jika sudah direbus. Daging domba yang terbuat dari daging tikus akan mudah terbelah dan terpisah-pisah.

 

2. Tahu Kimia

Photo via : naturalhealthyliving.net

Tahu yang terbuat dari kedelai adalah makanan yang sangat familiar dan banyak dikonsumsi orang baik di China maupun di Indonesia. Namun di China, pemerintah berhasil menangkap sekelompok orang yang membuat tahu palsu di daerah Wuhan, Provinsi Wubei. Mereka mencampurkan berbagai macam zat kimia untuk membuat tahu palsu. Salah satu pedagang mengaku mereka mencampur protein kedelai dengan tepung, kemudian menambahkan zat kimia monosodium glutamate, pigmen, dan es untuk membuat tahu palsu. Selanjutnya mereka mengemas tahu palsu tersebut dengan nama pabrik yang memproduksi tahu asli. Terkadang pembuat tahu palsu juga menambahkan zat kimia rongalite, yaitu yang biasa digunakan untuk pakaian dan bisa menyebabkan kanker. Zat tersebut diakui bisa membuat tahu mereka berwarna lebih terang dan mudah dikonsumsi.

 

3. Roti Terbuat Dari Kardus

Photo via : CBS News

Mungkin tak pernah kamu bayangkan bagaimana caranya roti bisa terbuat dari kardus. Hal ini memang benar-benar terjadi di China, sekelompok orang di China memotong-motong kardus kemudian mencampurkannya dengan zat kimia dan zat perasa daging babi. Kemudian mereka membuatnya menggunakan roti yang disebut baozi. Pertama, kardus yang dipotong tersebut dicampur soda yang biasa digunakan dalam produksi sabun, selanjutnya dicampurkan dengan zat kimia lain dan dicampurkan dengan zat perasa daging. Sudah banyak video-video yang tersebar di dunia maya mengenai cara pembuatan roti dari kardus ini, bahkan dunia pun pernah heboh. Namun pemerintah China mengatakan itu tidak benar. Reporter yang merekam video tersebut pada akhirnya ditangkap dan kasus ini pun ditutup.

 

4. Kepiting Yangcheng Palsu

Photo via : http://www.scmp.com

Kepiting juga dipalsukan lho di China. Kepiting Yangcheng adalah jenis kepiting yang terkenal sebagai bahan makanan dan cukup mahal. Karena itu banyak orang yang berusaha memalsukan kepiting tersebut menggunakan kepiting biasa agar bisa dijual dengan harga yang mahal. Mereka melakukan bermacam-macam cara dari meletakkan kepiting biasa di air yang berasal dari Danau Yangcheng sampai menggunakan zat kimia agar kepiting biasa tersebut terlihat seperti kepiting Yangcheng yang memiliki banyak rambut. Walaupun tidak terlalu berbahaya, namun karena adanya zat kimia yang digunakan itu bisa merusak kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Ada sekitar 3 ribu kepiting yangcheng asli dari 100 ribu kepiting yang dijual.

 

5. Daging Babi Kimia

Photo via : modernfarmer.com

Selain daging domba, daging babi juga dipalsukan disini. Beberapa pedagang di China menjual daging babi yang sudah dicampur dengan zat kimia. Para peternak babi tersebut tenyata telah mencampurkan zat kimia bernama clenbuterol. Sebenarnya zat ini sudah dilarang oleh pemerintah, walaupun bisa membakar lemak pada hewan namun jika dikonsumsi manusia bisa menyebabkan penyakit jantung, keringat berlebihan dan pusing. Para pedagang menggunakan zat ini karena dapat membuat daging babi mereka lebih empuk. Hal ini sudah memakan korban di China pada tahun 1998 hingga 2007. Satu orang meninggal dan 1.700 lainnya sakit akibat mengonsumsi daging babi bercampur clenbuterol tersebut.

 

6. Mie Palsu

Photo via : http://sciencemeetsfood.org

Mie palsu ini terbuat dari tepung beras yang sudah basi dan berjamur. Biasanya tepung ini digunakan untuk makanan ternak, namun justru digunakan untuk membuat mie yang dijual di pasaran. Untuk membuat mie yang layak makan, biasnya pedagang ini menggunakan beberapa zat kimia seperti sulfur dioxida yang bisa menyebabkan kanker. Dalam sehari, sebuah pabrik mie palsu di Dongguan bisa memproduksi sekitar 500.000 kilogram mie palsu yang dijual di pasaran. Kepolisian China berhasil membekuk pabrik pembuat mie palsu ini dan diperkirakan terdapat 35 pabrik yang sama yang memproduksi mie palsu.

 

7. Beras Palsu

Photo via : youtube.com

Beras palsu ini terbuat dari kentang, ketela rambat dan bahan sintetis resin. Semua bahan kemudian dicampur dan dibentuk seperti beras. Beras ini kemudian dijual di Taiyuan, Provinsi Shaanzi. Cara membedakan beras plastik cukup mudah karena apabila beras ini dimasak teksturnya tetap keras dan susah dicerna. Beras plastik ini sangat berbahaya karena mengandung zat kimia. Bayangkan saja, mengkonsumsi tiga mangkuk nasi ini sama seperti memakan satu plastik kresek dan satu plastik vinyl. Namun ada beberapa pedagang yang mencampurkan beras palsu dan beras asli agar susah dibedakan.

 

8. Susu Melamin

Photo via :  www.marketingtochina.com

Melamin merupakan bahan kimia yang mempunyai banyak kegunaan di bidang industri, tapi tidak untuk dikonsumsi. Namun pada tahun 2009, sebuah skandal susu bermelamin heboh di China. Ada sekitar 53 ribu anak-anak dan bayi ternyata mengkonsumsi susu bermelamin ini. Bahkan ada sekitar 40 ribu diantaranya yang mengalami masalah pencernaan dan 14 ribu lainnya terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit. Dari sekian banyak itu, ada empat bayi yang meninggal karena susu palsu ini. Pihak dari pemalsu berdalih jika melamin itu bisa meningkatkan kandungan protein dalam susu.

 

9. Kenari Isi Semen

Photo via : http://mb.dkn.tv

Di China permintaan kacang kenari ini sangat meningkat, hal ini lah yang digunakan oleh pengusaha nakal untuk meningkatkan pendapatannya. Pengusaha nakal ini mengeluarkan isi dari kacang kenari lalu mengisinya dengan bahan bangunan seperti semen kemudian kulit kacangnya dilekatkan kembali dengan lem.

 

10. Daging Kambing Palsu

Photo via : shopback.com

Daging kambing palsu ini sebenarnya adalah daging tikus, rubah atau musang yang sudah terinfeksi berbagai macam penyakit dan dicampurkan dengan zat kimia. Kasus pemalsuan ini sangat populer dan sukses sampai-sampai polisi menahan lebih dari 900 orang dan menyita sekitar 20 ribu ton daging kambing palsu, hanya dalam waktu 3 bulan. Seorang penjual, sebut saja namanya Wei, bahkan meraup lebih dari 1 juta poundsterling dari penjualan daging kambing tiruan itu. Kepolisian Tiongkok bahkan memposting tutorial di situs mikroblog seperti Twitter, Sina Weibo, untuk memberikan informasi agar orang bisa membedakan daging kambing palsu dan asli. Sebab, perbedaan antara keduanya sama sekali tak kentara. Pada daging asli, bagian merah dan putih tak terpisahkan meski dirobek dengan tangan atau direbus serta dimasak. Hal sebaliknya akan terjadi pada daging palsu. “Kebanyakan orang tak bisa membedakannya,” demikian posting yang diunggah Kepolisian Zhejiang, seperti dikutip dari situs The Guardian.

 

11. Marus Darah Bebek

Photo via : cnn.com

Laup pauk ini sangat populer di China. Darah bebek dipanaskan hingga menjadi padat lalu dipotong kotak-kotak dan dijual. Namun ada saja penjual yang mencampurnya dengan zat kimia seperti formalin agar lebih murah. Kepolisian China pernah menggrebek jaringan pemalus marus ini yang dijalankan oleh 2 orang di Provinsi Jiangsu. Pasangan ini tidak menggunakan darah babi atau kerbau melainkan darah ayam yang dicampur dengan pewarna yang tidak untuk di konsumsi.

 

12. Madu Palsu

Photo via : omgvoice.com

Tak hanya di Indonesia saja yang memalsukan madu, ternyata China juga memalsukan madu. Di China ada 2 tipe madu palsu yaitu pertama, campuran madu asli dengan sirup gula, bit atau sirup beras. Yang kedua sama sekali tidak menggunakan madu asli hanya dengan campuran air, gula, tawas dan pewarna. Dengan biaya sekitar 10 yuan bisa menghasilkan 1 kilogram madu palsu dengan nilai jual 60 yuan. Ada sekitar 70 persen madu palsu yang dijual di Provinsin Jinan. Padahal, China adalah salah satu produsen madu terbesar di dunia yang mengekspor ke negara lainnya.

 

13. Air Kemasan Terkontaminasi

Photo via : nextshark.com

Di China air minum kemasan bermerek dipaluskan dengan air keran lalu dikemas dengan standar yang sama dengan perusahaan air minum yang asli. Di dalam air kemasan palsu ini ditemukan kandungan bakteri E.coli dan kandungan jamur berbahaya. Ada lebih dari 100 juta botol air kemasan palsu yang di jual pertahunnya. Para pelaku ini meraup omzet hingga 1 miliar yuan dan biaya yang diperlukan untuk memproduksi air minum kemasan palsu ini hanya 3 yuan. Semnetara itu harga jualnya 10 yuan, sedangkan air minum kemasan yang asli butuh biaya produksi mencapai 6 yuan.

 

14. Bihun Dari Pakan Ternak

Photo via : firstwefeast.com

Di China perusahaan nakal ini memproduksi bihun menggunakan biji-bijian busuk, basi dan berjamur yang biasanya digunakan untuk pakan ternak. Biji-bijian yang busuk ini lalu dicampurkan dengan zat kimia yang dapat memicu kanker seperti sulfur dioksida. Ternyata tak hanya satu perusahaan saja, bahkan hampir 50 pabrik di kota Dongguan ini melakukan hal yang serupa. Mereka dapat menghasilkan 500 ribu kilogram bihun perharinya. Diketahui perusahaan ini memutihkan beras yang tak layak itu dengan zat aditif yang dapat menghasilkan bihun 3 kali lipat. Selain itu ada sejumlah produsen menggunakan tepung, pati dan bubuk jagung bukannya menggunakan beras. Bahan bihun seperti ini biasanya memiliki kadar protein sangat rendah hanya 1 persen dibandingkan dengan bihun asli yang memiliki protein 7 persen.

 

15. Wine Palsu

Photo via : http://douongnhapkhau.com.vn

China Central Television (CTV) melaporkan, setengah dari arak yang dijual di Tiongkok adalah palsu belaka. Mereka yang ada dalam bisnis tersebut juga yakin, 90 persen wine mahal yang dijual di sana tak asli. Masalah wine palsu ini adalah masalah serius di China. Maka dari itu didirikan pusat penguji keaslian wine, Guangdong Provincial Wine Testing Center. Pemerintah dan produsen asli wine bekerja sama untuk membuat aplikasi yang bisa melacak botol-botol minuman keras dan kardus kemasannya untuk menentukan keaslian produk. Pemalsuan wine ini sbenarnya sangat sederhana, mereka membuat kemasan yang sangat mirip nama, label dan desain botol dari merek terkenal lalu mereka membeli arak yang murah dan dituangkan ke dalam botol merek yang terkenal.

 

16. Telur Ayam

Photo via : www.npr.org

China apapun sepetinya bisa dipalsukan, salah satunya telur ayam. Ternyata cangkang telor palsu ini dibuat dari lilin parafin, bubuk gipsum, kalsium karbonat dan bahan lainnya. Sementara itu untuk bagian kuning dan putih telur dibuat dari campuran sodium alginat, tawas, gelatin dan pewarna makanan. Cara membuat telur ayam palsu ini dengan mencampurkan sodium alginat ke air hangat dan dibentuk mirip bagian putih telur. Lalu dicampurkan gelatin dengan asam benzoat, tawas dan bahan kimia lain sebagai putih telurnya. Dan untuk kuningnya dibuat dari pewarna makanan kuning lemon dan kalsium klorida yang dicampurkan lalu dicetak sepeeti kuning telur.

 

17. Daging Sapi Palsu

Photo via : http://www.ba-bamail.com

Mungki hampir sebagian semua jenis daging di palsukan oleh China, seperti daging sapi ini. Daging ini sebenarnya daging babi yang diberi tambahan kimia seperti parafin dan garam yang tampilannya menyerupai daging sapi asli.

 

18. Kacang Polong Palsu

Photo via : http://www.naturalcuresandhomeremedies.com

Mungkin kamu tidak pernah memikirkannya, di China kacang polong pun ada KWnya. Kacang polong ini terbuat dari kombinasi kacang polong salju, kacang kedelai, perwarna hijau dan metabisulfite. Zat kimia inilah yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Cara mengetahui kacang polong ini palsu adalah dengan direbus nantinya airnya akan berubah menjadi warna hijau dan kacang polong tidak akan lunak.

 

19. Garam Dapur Palsu

Photo via : http://www.thatsmags.com

Di China harga garam sangatlah murah, namun garam tersebut bukanlah garam yang sebenarnya. Garam tersebut sudah berhasil masuk kepasar yang lebih besar. Jangan pernah membeli garam dari China, jika kalian mengkonsumsinya kalian berisiko terkena serangan jantung atau stroke.

 

20. Ginseng Palsu

Photo via : http://www.fashionpulis.com

Ginseng adalah akar obat dan kuliner yang sangat populer di China yang dijual dengan berat. Untuk membuat ginseng tampak lebih berat, beberapa orang mendidihkan ginseng dengan air gula. Ginseng alami mengandung 20% gula dan ginseng palsu mengandung hingga 70% gula.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >