Aneka Makanan Timur Tengah di Indonesia Dengan Cita Rasa Yang Lezat

2 bulan, by blogunik

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia

Timur Tengah dikenal memiliki kebudayaan yang menarik dan khas, salah satu yang menarik dari Timur Tengah adalah kuliner lhasnya yang enak-enak. Timur Tengah memiliki beragam kuliner yang memiliki cita rasa yang berlimpah, hal ini dikarenakan makanan tersebut kaya akan bumbu atau rempah-rempah. Saat ini untuk menyantap kuliner Timur Tengah tak perlu jauh-jauh karena di Indonesia juga ada beberapa tempat makan yang menjual aneka makanan Timur Tengah. Kira-kira makanan apa saja itu? Berikut ini aneka makanan Timur Tengah yang ada di Indonesia dengan cita rasa yang lezat

1. Baklava

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Baklava

Photo via cleobuttera.com

Baklava adalah salah satu makanan yang berasal dari Turki. Makanan satu ini berupa roti lapis yang berisi potongan kacang walnut atau pistache yang disajikan bersama madu atau sirup. Makanan ini biasanya disajikan setiap jamuan makan atau minum teh bagi masyarakat Turki. Makanan ini memiliki rasa manis dan renyah dari kulit pastry yang bakalan menggoyang lidah.

2. Falafel

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Falafel

Photo via whiskaffair.com

Jika dilihat-lihat makanan satu ini mirip dengan perkedel, makanan ini memiliki rasa pedas. Falafel ini terbuat dari adonan kacang Faca atau buncis tanah yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah. Makanan ini banyak ditemui di Yordania dan biasanya dinikmati dengan topping acar sayuran, salad, saus atau teman makan roti pita.

3. Hummus

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Hummus

Photo via loveandlemons.com

Hummus adalah salah satu makanan Timur Tengah yang berupa puree. Bubur atau saos cocolan ini berbahan dasar kacang kedelai yang dihaluskan, lentini, tahini (wijen giling), minyak zaitun, air lemon, garam dan bawang putih. Makanan ini biasanya disajikan dengan irisan tomat, chickpea, tortila yang ditaruh di tengahnya. Cara menyantap makanan ini dengan menyobek sedikit roti pita kemudian cocolkan ke dalam hummus.

4. Katayef

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Katayef

Photo via littlesunnykitchen.com

Dilihat-lihat makanan ini mirip dengan pastel di Indonesia, makanan ini terbuat dari adonan terigu dengan aroma kayu manis dan diisi dengan kacang kenari serta gula. Makanan yang biasanya menjadi makanan pencuci mulut ini lebih nikmat disantap dengan sirup madu. Katayef ini memiliki beberapa varian rasa seperti rasa keju, kurma, spesial (kismis, kacang tanah, kayu manis) dan Mehallabiya (custard susu).

5. Koshary

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Koshary

Photo via foodrepublic.com

Makanan ini berbahan dasar nasi, kacang-kacangan dan macaroni, makanan Timur Tengah ini bernama Koshary. Koshary ini biasanya disajikan dalam bentuk salad. Namun tak jarang juga makanan ini sering dihidangkan dalam perayaan nasional yang disajikan dengan saus pedas. Buat yang gemar dengan makanan laut, kalian juga dapat menambahkan kepiting dalam santapan salad.

6. Kebab

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Kebab

Photo via resepkoki.id

Siapa yang tidak mengenal makanan Timur Tengah satu ini yaitu Kebab, makanan satu ini sudah sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari daging panggang, tomat, selada, bawang bombay, mentimun, saus sambal dan mayones yang digulung dengan tortilla. Daging yang biasanya digunakan adalah dagung kambing, sapi atau ayam.

7. Nasi Biryani

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Nasi Biryani

Photo via healthyeating.sfgate.com

Nasi Biryani adalah makanan Timur Tengah yang berasal dari India, makanan ini sebenarnya dibawa masuk ke India oleh dinasti Mughal dari Persia. Namun ada juga yang berpendapat nasi biryani ini dikenalkan oleh para pedagang Arab yang datang ke India bagian selatan. Nasi biryani ini identik dengan rempah pedas dan hangat serta teknik memasaknya pun berbeda dengan lainnya. Nasi Biryani ini biasanya dilengkapi dengan ayam namun ada juga yang menyajikannya dengan daging domba.

8. Nasi Kebuli

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Nasi Kebuli

Photo via lumajangsatu.com

Nasi Kebuli tentunya bukan makanan yang asing lagi di Indoensia. Makanan ini memiliki rasa gurih dan kaya akan bumbu rempah-rempah yang dimasak dengan menggunakan daging kambing, kaldu kambing dan susu kambing. Nasi kebuli ini juga biasanya di hidangkan dengan pelengkap seperti acar, kismis dan sambal.

9. Roti Canai

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Roti Canai

Photo via makcikiah.com

Makanan Timur Tengah satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di Indonesia, dimana makanan ini bernama roti canai. Roti canai ini menjadi pengganti nasi bagi orang-orang Timur Tengah dan biasanya disajikan dengan kari kambing, ayam ataupun sapi. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dengan lapisan-lapisan tepungnya yang tidak menyatu sama lainnya.

10. Roti Maryam

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Roti Maryam

Photo via yummy.co.id

Roti Maryam adalah salah satu makanan Timur Tengah yang mirip dengan roti canai dan roti japati. Roti ini terbuat dari adonan yang sama yaitu dari tepung terigu, telor dan mentega. Buat kalian yang menyukai rasa manis, kalian bisa menyantap roti ini dengan gula atau madu. Kari yang memiliki rasa pedas gurih pun juga dapat dijadikan teman makan roti maryam.

11. Samboosa atau samosa

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Samboosa

Photo via destinationksa.com

Makanan satu ini memiliki bentuk segitiga yang memiliki rasa yang lezat. Makanan ini terbuat dari daging cincang yang ditumis dengan bumbu rempah dan sayuran berupa kentang, bawang bombay, ketumbar, kacang polong kemudian dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng.

12. Shawarma

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Shawarma

Photo via wellplated.com

Shawarma adalah makanan Timur Tengah yang mirip dengan sandwich. Makanan ini terbuat dari daging domba yang dibungkus dengan roti halus dan di dalamnya berisi aneka sayuran segar. Selain menggunakan daging domba, makanan ini juga kerap disajikan dengan daging kalkun, sapi atau ayam.

13. Tabouleh

Makanan Timur Tengah Yang Ada Di Indonesia - Tabouleh

Photo via zomato.com

Makanan satu ini terbuat dari bulgur, tomat, peterseli dan daun mint. Bahan-bahan ini kemudian dicincang halus dan ditambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih kemudian diberi sedikit minyak zaitun dan perasan jus lemon serta garam. Makanan ini memiliki rasa yang menyegarkan, makanan ini juga disebut sebagai sarana berhemat dalam penggunaan daging.

Itulah beberapa aneka makanan Timur Tengah yang ada di Indonesia. Makanan-makanan diatas memiliki rasa yang nikmat yang akan memanjakan lidahmu.

Artikel Terkait