Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh



Buah adalah makanan yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh, salah satunya yaitu buah alpukat. Buah alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh. Buah ini manfaatnya sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan tubuh serta mengurangi resiko timbulnya penyakit berbahaya. Dalam buah alpukat mengandung lemak baik yang sangat cocok untuk menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, dalam buah alpukat juga mengandung hampir 20 vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh. Lalu apa saja manfaat buah alpukat itu ? berikut ini berbagai macam manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh

 

1. Menjaga Berat Badan

Photo via : https://carasiiumi.com

Manfaat alpukat untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menjaga berat badan. Baru tahu kan kalau alpukat juga dapat menjaga berat badan kita? Buah berwarna hijau ini mengandung lemak dan protein. Meskipun buah alpukat ini kaya akan lemak dan protein, namun lemak yang terkandung dalam buah alpukat ini adalah lemak baik. Lemak baik ini justru akan menjaga rasa kenyang yang lebih lama dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Maka dari itu, buah yang memiliki warna hijau ini cocok untuk kamu yang sedang menjaga berat badan.

 

2. Baik Untuk Pencernaan

Photo via : http://h2hglobal.org

Manfaat alpukat berikutnya adalah untuk kesehatan pencernaan. Jadi selain dapat menjaga berat badan, buah alpukat juga baik untuk pencernaan kita. Buah alpukat tidak hanya kaya akan lemak dan protein saja, namun juga kaya akan serat dimana serat-serat ini dapat membantu memperlancar pencernaan tubuh kita. Serat yang terkandung dalam buah alpukat ini berfungsi untuk membungkus lemak-lemak jahat yang ada dalam tubuh dan membuangnya melalui pencernaan.

 

3. Meningkatkan Kinerja Fisiologis

Photo via : http://cintaihidup.com

Buah alpukat juga mengandung senyawa potassium yang lebih tinggi dari buah lainnya. Nah kandungan Potassium inilah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Potassium sendiri tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak dan proses fisiologis penting lain. Kandungan Potassium ini akan membantu meningkatkan kinerja jantung dan juga otak. Sehingga buah alpukat ini sangat baik dikonsumsi bagi semua kalangan untuk meningkatkan ingatan dan kesehatan jantung.

 

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Photo via : http://collmed.org

Manfaat alpukat untuk kesehatan yang ke-empat adalah sebagai pencegah diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya karena banyaknya makanan yang mengandung kolestrol jahat (LDL). Buah alpukat tidak hanya baik untuk penderita Diabetes saja, namun sangat baik juga untuk kamu yang ingin mencegah datangnya penyakit diabetes. Kamu bisa melalukan diet dengan mengkonsumsi alpukat sebagai menu utama diet kamu, karena buah alpukat ini mengandung lemak, kalori dan karbohidrat yang seimbang. Selain itu biji alpukat yang dikeringkan juga bisa digunakan untuk menstabilkan gula darah dengan cara meminum air rebusan biji alpukat yang sudah dikeringkan tersebut.

 

5. Mencegah Peradangan Sendi

Photo via : https://www.sharecare.com

Penyakit persendian ini biasanya lebih sering menyerang orang yang sudah berumur, Osteoarthritis yang merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat. Nah ternyata alpukat juga bermanfaat untuk mencegah peradangan nyeri sendi karena buah alpukat memiliki kalori yang sangat tinggi dan kandungan lemak yang termasuk dalam kategori disinformasi. Selain itu, alpukat memiliki zat anti-inflamasi, lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

 

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Photo via : http://hawagym.com

Tekanan darah tinggi atau Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling populer di masyarakat. Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran atau buah yang kaya akan kandungan kalium maupun potasium, salah satunya yaitu buah alpukat. Buah alpukat salah satu buah yang mengandung kalium yang lebih banyak dari buah pisang. Kandungan potasium pada alpukan ini memiliki manfaat untuk menstabilkan tekanan darah serta mencegah terjadinya penyumbatan.

 

7. Mencegah Penyakit Kanker

Photo via : https://hellosehat.com

Buah alpukat mengandung antioksidan yang tinggi yang melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan anti oksidannya ini menghentikan pertumbuhan sel kanker. Sehingga buah alpukat ini bermandaat untuk menekan resiko kanker. Selain antioksidan, buah alpukat juga mengandung vitamin e yang dapat menurunkan resiko kanker payudara. Tak hanya itu saja, mengkonsumsi buah alpukat juga dapat mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, prostat dan payudara.

 

8. Mencegah Stroke

Photo via : https://www.medicalnewstoday.com

Manfaat alpukan untuk kesehatan yang ke-delapan adalah untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Stroke disebabkan karena terputusnya jaringan-jaringan saraf di dalam tubuh. Buah alpukat ini akan membantu mencegah terjadinya stroke, karena buah ini memiliki kandungan asam folat yang mampu mengurangi resiko terkena stroke.
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

9. Bermanfaat Untuk Kecantikan

Photo via : https://www.theshonet.com

Buah alpukat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Buah alpukat memiliki kandungan lemak baik, vitamin E dan minyak alami yang dapat menutrisi kulit. Alpukat sangat bagus untuk menjaga kelembapan kulit kamu. Selain itu kandungan nutrisinya yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Alpukat juga dapat membantu dalam mencegah penuaan dini karena mengandung kolagen. Dan masih banyak lagi manfaat buah alpukat untuk kecantikan wajah.

 

10. Menjaga Kesehatan Mata

Photo via : https://ohayo.co.id

Buah alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, alpukat juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, alpukat juga mengandung karotenoid seperti halnya lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari penyakit katarak. Pada umumnya, beberapa masalah kesehatan mata sering kali disebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk pada jaringan mata. Namun, aktivitas antioksidan dari karotenoid khusus tersebut dapat menetraslisir efek radikal bebas bahaya tersebut.

 

11. Menurunkan Kolesterol Jahat

Photo via : https://hellosehat.com

Dalam buah alpukat terdapat kandungan vitamin C, E, K, asam folat serta potasium. Mengkonsumsi alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat mengandung vitamin dan mineral termasuk E, magnesium, vitamin c, folat dan seng.Selain itu, alpukat juga kaya akan sterol yaitu senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapan ke dalam aliran darah.

 

12. Mengatasi Morning Sickness

Photo via : https://www.doctordoctor.com.au

Kehamilan merupakan masa yang penting bagi setiap wanita. Ibu yang sedang hamil biasanya akan mengalami morning sickness atau mual dan muntah yang sangat mengganggu awal-awal masa kehamilan. Buah alpukat sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena mengandung vitamin B6 . Vitamin B6 ini biasanya terhubung untuk mengurangi mual dan muntah.

 

13. Baik Untuk Ibu Hamil

Photo via : https://abcnews.go.com

Ibu hamil membutuhkan sekurang-kurangnya 400 mikrogram asam folat tiap harinya. Satu buah alpukat memiliki sekitar 45 mikrogram asam folat. Sehingga buah alpukat ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengkonsumsi alpukat di trimester oertama kehamilan sangat disarankan untuk mendukung perkembangan sistem saraf pusat bayi yaitu otak dan saraf tulang belakangnya. Selain itu, asam folat juga dibutuhkan untuk menghasilkan sel-sel darah merah dan mencegah anemia. Pembentukan, perbaikan dan kerja DNA serta pembangunan dinding sel tubuh juga membutuhkan asam folat yang cukup.

 

14. Dapat Mengobati Kencing Batu

Photo via : http://www.obatbatuginjal.jellygamatqncasli.com

Alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E dan K, copper, zat besi, phosporus, magnesium dan kalium. Untuk mengobati kencing batu ini, kamu bisa memanfaatkan daunnya dan ditambah dengan beberapa daun lin sehingga menjadi jamu. Minumlah secara rutin 3 X ¾ gelas setiap hari untuk perawatan ginjal kamu.

 

15. Mengobati Gigi Berlubang

Photo via : http://pedomanbengkulu.com

Alpukat juga bermanfaat untuk mengobati gigi berlubang. Manfaat alpukat untuk mengobati gigi berlubang terdapat pada bijinya. Dalam biji alpukat terdapat senyawa yang bermanfaat sebagai anti radang dan dapat menghilangkan rasa sakit. Kamu bisa menjemur biji alpukat sampai kering lalu sangrai sampai kering. Setelah itu tumbuk hingga halus, setelah halus masukan bubuk tersebut ke dalam gigi yang berlubang.

 

16. Mencegah Bau Mulut

Photo via : https://www.blogsederhana.web.id

Alpukat memiliki nutrisi tinggi seperti serat, lemak sehat, sedikit protein dan berbagai vitamin dan mineral. Alpukah juga dapat menyingkirkan bau mulut, karena alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak merupakan obat alami untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan ketika dikunyah di dalam mulut. Kamu bisa memakan alpukan secara utuh tanpa campuran seperti gula, susu atau sirup. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

17. Memperkuat Tulang

Photo via : http://feminaxstayactive.com

Buah alpukat mengandung potasium dan zat besi yang sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin K dan tembaga juga folat yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Selain itu alpukat juga mengandung antioksidan yaitu Karotenoid dan Zeaxhantin dimana zat tersebut dapat mencegah cacat tulang rawan seperti osteoarthitis.

Demikianlah segudang manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >