Kamu Harus Tahu! Ini Lho Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

Dibuat oleh blogunik

Di zaman sekarang, jalan tanpa alas kaki mungkin sangat sulit di lakukan. Selain karena panas, jalanan pun banyak yang berbatu dan dapat menyebabkan kaki cidera. Tak hanya itu saja, penyakit yang mudah menyerang membuat kebanyakan orang takut untuk berjalan tanpa alas kaki. Namun tahukah kamu? Pada zaman nenek moyang kita berjalan tanpa alas kaki sudah biasa. Konon berjalan tanpa alas kaki ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu? Berikut ini manfaat jalan tanpa alas kaki yang harus kamu ketahui

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

photo via sandykrouwel.com

Manfaat pertama yang kamu dapatkan ketika berjalan tanpa alas kaki yaitu meningkatkan sirkulasi darah. Saat berjalan tanpa alas kaki, kamu menggunakan otot tambahan yang ada di tungkai dan kaki untuk mengirimkan sinyal ke otak untuk membantu keseimbangan tubuh. Sama halnya ketika berolahraga, menggunakan otot tambahan ketika berjalan kaki dapat meningkatkan peredaran darah.

2. Mengurangi Peradangan

Berjalan tanpa alas kaki juga dapat meminimalkan peradangan dalam tubuh lho. Kegiatan ini dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang menjadi penyebab utama terjadinya peradangan atau inflamasi pada tubuh. Maka dari itu ada baiknya kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap harinya.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

photo via healthcentral.com

Yang selama ini tidurnya kurang berkualitas, coba deh berjalan-jalan tanpa alas kaki. Dengan rutin berjalan tanpa alas kaki ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur. Penurunan kortikol di dalam tubuh berkaitan dengan kualitas tidur. Hormon kortisol membuat tubuh siaga dan tetap terjaga di malam hari. Ketika rutin berjalan tanpa alas kaki, hormon kortisol akan menurun terutama ketika malam hari. Sehingga tubuh dapat memberikan sinyal untuk tidur di malam hari.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Tahukah kamu? Rutin berjalan tanpa alas kaki ternyata dapat menghindarikamu dair penyakit jantung. Sebuah studi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa jalan tanpa alas kaki dapat mengurangi efek penggumpalan dan pengentalan darah. Dimana hal ini biasanya sering terjadi dan menyebabkan penyakit jantung. Nah, maka dari itu rajin-rajilah berjalan tanpa alas kaki ahar terhindari dari penyakit berbahaya satu ini.

5. Meningkatkan Postur dan Keseimbangan Tubuh

Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

photo via dailyspin.id

Menurut Medical Daily, berjalan tanpa alas kaki dapat memaksa tubuh untuk melatih dan memperkuat otot-otot kecil di kaki. Selain itu, The Foundation for Health in Aging juga mengatakan bahwa studi mengenai berjalan diatas batu dapat membuat orang tu meningkatkan keseimbangan dan kekuatan mereka.

6. Meningkatkan Kebugaran

Manfaat jalan tanpa alas kaki selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kebugaran. Ini jauh lebih menyehatkan ketimbang menggunakan alas kaki. Tapi ketika ingin berjalan kaki tanpa alas, kamu harus memperhatikan permukaan jalan atau tempat. Karena jalanan rentan dengan kuman yang bersiko masuknya kuman atau bakteri serta jamur ke kaki. Maka dari itu, hindari berjalan kaki tanpa alas di jalan yang kotor ataupun basah.

7. Mendapatkan Manfaat Refleksologi

Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

photo via faktualnews.co

Ketika kamu berjalan tanpa alas kaki di jalan yang permukaannya tidak rata maka akan terjadi rangsangan tambahan di seluruh telapak kaki. Secara tidak langsung, kamu mendapatkan sensasi refleksologi secara gratis. Metode ini juga masih digunakan di China lho, dimana para lansia diminta untuk berjalan di jalan setapak yang penuh bebatuan tanpa alas kaki.

8. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Berjalan tanpa alas kaki juga dapat memberikan dampak pada penyembuhan luka lho. Ketika tubuh bersentuhan langsung dengan bumi, elektron di permukaan bumi akan menyebar ke dalam tubuh. Elektron akan membentuk mikro antioksidan di sekitar area luka yang mempercepat penyembuhan.

9. Mengurangi Dampak Stres

Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

photo via homecare24.id

Manfaat jalan tanpa alas kaki selanjutnya yaitu mengurangi dampak stres. Ketika kaki bersentuhan langsung dengan tanah ketika berjalan, hal ini mampu membantu menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Saat hormon kortisol menurun maka dampak stres, kecemasan hingga depresi dapat berkurang. Kamu juga dapat berpikir lebih tenang dan positif.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki tanpa alas yang harus kamu ketahui. Semoga memotivasi kamu untuk hidup lebih sehat dengan berjalan kaki khususnya tanpa menggunakan alas kaki. Selamat mencoba ya guys!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *