9 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Dibuat oleh blogunik

Menangis adalah respons fisik manusia yang umum terjadi akibat dari gejolak emosi yang dirasakan seseorang. Dari beberapa kasus menangis bisa menjadi sinyal yang dikirimkan seseorang pada orang lain untuk memberitahu jika seseorang tersebut benar-benar sedang sedih atau tertekan.

Tetapi mengapa harus dituangkan dengan menangis? Menangis ternyata bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Manfaat ini pun sudah didapatkan sejak lahir di tangisan pertama bayi. Kira-kira manfaat apa saja sih yang kita dapatkan dengan menangis? Berikut ini 9 manfaat dari menangis bagi kesehatan.

9 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

1. Mendetoksifikasi Tubuh

Tahukah kamu jika manusia memiliki tiga jenis air mata yaitu air mata refleks, air mata yang terus-menerus keluar dan air mata emosional. Air mata refleks biasanya terjadi untuk membersihkan kotoran seperti asap dan debu dari mata. Air mata yang terus menerus keluar ini biasanya melumasi mata dan membantu melindungi mata dari infeksi. Sedangkan air mata emosional ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Air mata tersebut juga memiliki kandungan seperti air mata yang terus menerus keluar mengandung 98 persen air dan air mata emosional mengandung hormon stres dan racun lainnya. Para peneliti juga berteori jika menangis dapat mengeluarkan hal-hal dari sistem tubuh, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

2. Membantu Menenangkan Diri

Menangis juga menjadi salah satu mekanisme terbaikmu untuk menenangkan diri. Coba deh pikirkan, setelah menangis bukankah perasaanmu lebih membaik? Para peneliti ternyata menemukan bahwa dengan menangis akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS). PNS membantu tubuhmu untuk beristirahat dan mencerna. Namun, manfaatnya tidak dapat dirasakan langsung. Perlu beberapa menit untuk mengeluarkan air mata sebelum kamu merasakan efek menenangkan dari menangis.

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Manfaat Dari Menangis Bagi Kesehatan

photo via medium.com

Tahukah kamu jika menangis dalam waktu yang cukup lama dapat melepaskan oksitosin dan opioid endogen atau dikenal sebagai endorfin. Zat kimia ini yang membuatmu merasa lebih baik dan dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Setelah endorfin dilepaskan, maka tubuhmu mungkin akan mengalami tahap mati rasa. Kemudian zat Oksitosin dapat memberikanmu rasa tenang atau nyaman. Maka dari itulah ketika kamu merasa sedang tidak baik-baik saja dan ingin menangis, sebaiknya lepaskan dengan cara menangis dari pada menyimpannya dan membuatmu tersiksa.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Tidak hanya dapat membantumu mengurangi rasa sakit saja, dengan menangis khususnya terisak juga dapat mengangkat semangatmu. Saat kamu terisak, kamu akan menghirup banyak udara sejuk dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin dapat membantu mengatur bahkan menurunkan suhu otak. Otak yang dingin lebih menenangkan bagi tubuh dan pikiran daripada otak yang hangat. Akibatnya, suasana hatimu akan membaik setelah kamu mennagis terisak-isak.

5. Tanda Membutuhkan Dukungan

Manfaat Dari Menangis Bagi Kesehatan

photo via selecthealth.org

Ketika kamu sedang merasa sedih, menangis adalah salah satu cara yang dapat memberitahu orang-orang di sekitarmu jika dirimu butuh dukungan. Hal ini dikenal sebagai manfaat antar pribadi atau interpersonal. Sejak kamu masih bayi, memangis menjadi perilaku keterikatan. Fungsinya dalam banyak hal untuk mendapatkan kenyamanan dan perhatian dari orang lain. Dengan kata lain, ini dapat membantumu untuk membangun jaringan dukungan sosial ketika keadaan menjadi sulit.

6. Membantu Memulihkan Diri Dari Kesedihan

Berduka adalah sebuah proses, ini melibatkan periode kesedihan, mati rasa, rasa bersalah dan kemarahan. Menangis sangat penting selama periode berduka ini. Ketika menangis kamu bahkan dapat membantu memproses dan menerima kehilangan orang yang dicintai. Setiap orang menjalani proses berduka dengan cara yang berbeda. Jika tangisanmu terasa ekstrem atau mulai mengganggu kehiduapn sehari-hari, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

7. Mengembalikan Keseimbangan Emosional

Manfaat Dari Menangis Bagi Kesehatan

photo via mirror.co.uk

Menangis tidak hanya tejadi sebagai respons terhadap sesuatu yang menyedihkan saja. Terkadang kamu mungkin menangis saat merasa bahagia, takut ataupun sedang stres. Menurut para peneliti di Universitas Yale, dengan menagis dapat membantu memulihkan keseimbangan emosional. Ketika kamu sangat senang atau takut tentang sesuatu dan menangis, itu mungkin cara tubuhmu untuk pulih dari gejolak emosi yang begitu kuat.

8. Membantu Bayi Bernafas

Tangisan pertama bayi yang baru keluar dari rahim adalah tangisan yang sangat penting. Bayi menerima oksigen mereka di dalam rahim melalui tali pusar. Setelah bayi dilahirkan, mereka harus mulai bernapas sendiri. Tangisan pertama inilah yang membantu paru-paru bayi beradaptasi dengan kehidupan di dunia luar. Selain itu dengan menagis juga membantu bayi mengeluarkan cairan ekstra di paru-paru, hidung dan mulut.

9. Membantu Bayi Tidur

Manfaat Dari Menangis Bagi Kesehatan

photo via thejakartapost.com

Tahukah kamu jika menangis juga dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sebuah penelitian kecil tentang tidur bayi, mereka mengenalkan tangisan terkontrol untuk menidurkan bayi. Dengan tangisan terkontrol, bayi dibiarkan menangis selama beberapa menit sebelum intervensi dari orang tua mereka. Tangisan meningkatkan durasi tidur dan mengurangi frekuensi bayi terbangun di malam hari. Kemudian tangisan tampaknya tidak meningkatkan stres pada bayi atau berdampak negatif pada ikatan orangtua dan anak.

So, itulah beberapa manfaat menangis bagi kesehatan. Menangis menjadi respons terhadap sesuatu yang terkadang membuat bahagia atau sedih dan itu normal terjadi. Ketika kamu sedang merasa tidak baik-baik saja sebaiknya kamu melampiaskannya dengan menangis agar hatimu merasa lebih lega. Tapi jika menangis secara berlebihan, kalian harus memeriksakannya ke dokter.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *