Manfaat Minta Maaf Yang Sering Disepelekan

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Tidak ada orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, setiap orang pasti pernah melalukanya, baik itu kesalahan besar ataupun kecil, disengaja ataupun tidak disengaja.

Setiap kesalahan yang menyakiti atau merugikan orang lain, kita diajarkan untuk meminta maaf pada orang yang telah kita rugikan tersebut. Ini merupakan tindakan sederhana namun entah mengapa masih banyak orang yang sulit melakukannya. Mungkin saja karena gengsi atau merasa tidak bersalah, semua orang memiliki alasan masing-masing untuk memilih tidak meminta maaf. Padahal tindakan ini bisa memberikan banyak manfaat baik lho!.

Permintaan maaf sendiri bukan hanya sebagai bentuk untuk menebus kesalahan, tapi juga merupakan salah satu dari sikap empati, sopan dan rasa hormat kita kepada orang yang dirugikan. Dengan meminta maaf, kita juga dapat menunjukkan bahwa kita peduli dengan perasaan orang lain serta sebagai bentuk tanggung jawab atas tindakan kita yang merugikan.

Selain itu, ada banyak manfaat minta maaf dalam kehidupan sehari-hari yang wajib kita ketahui. Untuk itu, yuk cari tahu manfaat minta maaf yang sering disepelekan. So let’s check it out guys!

1. Mengurangi konflik

 Manfaat Minta Maaf Yang Sering Disepelekan

photo via gogohanguk.com

Manfaat minta maaf yang pertama, tentu saja untuk mengurangi konflik. Misalnya saja dalam hubungan pertemanan, kalian yang awalnya dekat tiba-tiba menjadi jauh bahkan menjadi musuh karena sebuah kesalahan yang kamu lakukan sehingga menyebabkan teman kamu tersakiti dan di rugikan. Hal ini tentu menjadi beban tersendiri dan membuat stres. Dengan meminta maaf dengan tulus, kamu akan dapat meredakan konflik yang berkepanjangan.

2. Meminimalisir adanya dendam

Saat kita menyakiti atau melakukan kesalahan kepada orang lain, dan kita tidak meminta maaf, maka orang tersebut bisa merasakan dendam kepada kita. Rasa dendam ini merupakan rasa marah dalam diri seseorang yang sangat kuat dan disertai dengan keinginan kuat untuk membalas atau menyakiti orang lain.

Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Maka dari itu, meminta maaf sangatlah penting karena dapat mengurangi rasa dendam seseorang kepada kita. Meski kata maaf belum tentu dapat membuat seseorang melupakan kesalahan yang pernah kita perbuat, namun dengan permintaan maaf yang tulus, kita dapat mengurangi bahkan menghilangkan dendam seseorang terhadap kita.

3. Dapat menciptakan keharmonisan

Tempat Wisata di Klungkung Bali

photo via freep.com

Setiap kesalahan yang dilakukan sengaja maupun tidak disengaja dapat membuat sebuah hubungan menjadi renggang, entah itu hubungan asmara, pertemanan bahkan ikatan persaudaraan pun bisa hancur hanya karena salah satu dari kalian melakukan kesalahan yang merugikan pihak lain.

Maka dari itu, kata maaf hadir untuk memperbaiki hubungan kalian yang hancur. Dengan meminta maaf yang tulus, mereka yang merasa dirugikan atau disakiti oleh sikapmu akan luluh dan menelan ego untuk dapat memaafkan dan berdamai dengan dirimu. Dengan kata lain, kata maaf mampu memberikan keindahan dan keharmonisan dalam sebuah hubungan.

4. Menghentikan ketegangan

Ketika kamu tidak sengaja membuat seseorang marah dan suasana di sekitar kamu menjadi tegang, maka tak ada hal lain yang bisa kamu lakukan selain meminta maaf. Terlepas itu kesalahan kamu ataupun tidak, maka kamu harus meminta maaf. Dengan meminta maaf, bukan berarti kamu kalah dan mengakui kesalahan yang mungkin bukan kamu penyebabnya. Namun setidaknya dengan meminta maaf, kamu dapat menghentikan ketegangan yang membuat suasana menjadi tidak nyaman.

5. Membangun kembali kepercayaan

 Manfaat Minta Maaf Yang Sering Disepelekan

photo via voi.id

Setiap kesalahan yang kita perbuat kepada orang lain dapat mengubah cara orang lain dalam memandang dan berinteraksi dengan kita. Mereka akan menganggap kita sebagai orang yang arogan, tidak bertanggung jawab dan hal-hal negatif lainnya. Tentu ini akan mengurangi tingkat kepercayaan orang lain kepada kita. Padahal dalam hidup bermasyarakat rasa percaya adalah sesuatu yang harus dimiliki. Agar bisa hidup rukun bertetangga.

Maka dari itu, meminta maaf sangatlah penting karena dapat membangun kembali rasa percaya orang lain kepada kita. Ini karena, ketika menerima permintaan maaf, seseorang tak lagi menganggap orang yang bersalah sebagai ancaman pribadi

6. Membebaskan diri dari rasa bersalah

Ketika kita sadar telah melakukan kesalahan kepada orang lain namun masih gengsi untuk meminta maaf, maka hal itu dapat menjadi beban pikiran tersendiri. Kapanpun dan dimanapun kita akan dibayangi dengan rasa bersalah yang lama kelamaan akan membuat kita sulit menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan meminta maaf, maka semua rasa bersalah dan beban pikiran yang membayangi kita akan terlepas sehingga dapat menciptakan kelegaan yang bisa membantu dalam menjalani hari.

Tak hanya berguna bagi kita yang melakukan kesalahan, mereka yang tersakiti juga akan merasakan penyembuhan emosional ketika kita dengan tulus mencari mereka untuk meminta maaf.

7. Menunjukkan kepedulian

Tempat Wisata di Klungkung Bali

photo via inc.com

Manfaat minta maaf yang sering disepelekan berikutnya adalah dapat menunjukkan bahwa kita peduli dengan perasaan orang lain. Ketika kita merasa melakukan kesalahan yang menyebabkan kerugian kepada seseorang, lalu kemudian meminta maaf kepadanya. Ini menunjukan bahwa kita memiliki rasa peduli terhadap perasaan orang-orang disekitar kita.

8. Mendewasakan diri

Meminta maaf bukanlah hal yang memalukan untuk dilakukan, justru ini merupakan tindakan yang “gentle” dan mencerminkan kedewasaan kita. Berani meminta maaf, akan membentuk kepribadian kita secara alami untuk menjadi lebih dewasa. Dengan membiasakan diri untuk meminta maaf, sebesar dan sekecil apapun kesalahan, maka akan ada rasa tanggung jawab yang terpupuk dengan sendirinya secara alami dalam kepribadian kita.

9. Membuat kita agar lebih berhati-hati dalam bersikap

 Manfaat Minta Maaf Yang Sering Disepelekan

photo via theteenagertoday.com

Meminta maaf dapat membuat kita agar lebih berhati-hati dalam bersikap. Ini merupakan salah satu manfaat dari meminta maaf yang sering di sepelekan. Ketika membuat kesalahan yang merugikan orang lain, maka hal yang paling susah di lakukan adalah meminta maaf. Namun dengan meminta maaf kita dapat mencegah diri kita untuk mengulangi kesalahan yang sama.

Jika kamu termasuk orang yang susah dan gengsi untuk harus meminta maaf, maka alangkah baiknya kamu lebih berhati-hati agar tidak menyebabkan masalah yang merugikan orang lain.

Nah itu dia beberapa manfaat minta maaf yang sering disepelekan banyak orang dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah kamu tergolong orang yang sulit untuk meminta maaf? Share alasan kenapa kalian susah untuk meminta maaf di kolom komentar ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.