Masih melakukannya? Hilangkan kebiasaan yang salah ini agar laptopmu tidak gampang rusak

10 bulan lalu

Die era digital dan teknologi informasi seperti sekarang, kehadiran laptop ataupun notebook memang tidak dapat dipungkiri. Barang elektronik yang satu ini amatlah penting buat kita agar bisa bekerja ataupun membuat tugas-tugas dengan baik dan lebih cepat.

Namun seperti barang elektronik lainnya, apabila kita tidak mampu untuk menggunakan ataupun memeliharanya dengan baik, tentu saja laptop akan cepat rusak. Agar laptop kalian tidak cepat menjadi rusak, ada baiknya kalian mengenali kebiasaan-kebiasaan buruk yang biasa kalian lakukan yang dapat membuat laptop kalian jadi cepat rusak. Berikut beberapa diantaranya.

1. Menutup laptop dalam kondisi masih hidup

Ini adalah kebiasaan yang sangat sepele memang. Kadang kala pengguna tergesa-gesa untuk melakukan aktivitas lainnya sehingga selesai menggunakan laptop tidak sempat mematikannya dan langsung menutup. Jika anda juga merupakan pengguna laptop yang memiliki kebiasan ini, hindari sekarang juga. Kebiasaan ini sangat tidak disarankan karena memang beresiko membuat laptop bermasalah.

2. Mencharger laptop saat daya baterainya masih banyak atau penuh

Ini juga kebiasaan yang salah dan perlu dihindari jika memang ingin laptop awet. Kebiasaan yang demikian ini beresiko membuat baterai laptop tidak awet. Bahkan bukan hanya mencharge laptop ketika daya baterai masih banyak, membiarkan laptop sampai baterainya 0% dan menjadikan itu sebagai kebiasaan adalah hal yang sangat tidak disarankan juga. Charge laptop ketika kondisi baterai sudah menunjukkan indikator 15%.

3. Melepas baterai laptop saat digunakan dan menyambungkan charger ke listrik

photo via : i.ytimg.com

Sebagian orang mengira bahwa menyambungkan charger ke listrik dan melepas baterai laptop adalah cara yang efektif untuk merawat baterai dari laptop tersebut sendiri. Namun pernyataan tersebut tidak tepat. Justru kebiasaan menyalurkan charger laptop dan melepas baterai ini akan merusak mainboard laptop karena loncatan daya listrik tidak teratur dan bahkan dapat membuat korsleting.

4. Mengoperasikan laptop di atas kasur

photo via : pexels.com

Ini kebiasan yang tidak jarang terjadi. Kemudahan memindahkan laptop kemana saja membuat penggunanya kurang memahami mana tempat yang tepat untuk mengoperasikan laptop dan mana yang tidak. Nah, kasur adalah salah satu tempat yang tidak tepat untuk menggunakan laptop. Kasur sifatnya menyerap panas dan apabila menggunakan laptop di kasur, aliran udara di bawah laptop terserap kausr dan panasnya akan mengendap sehingga membuat laptop pun lebih cepat panas. Kalau sudah begini, laptop pada akhirnya rawan mengalami masalah.

5. Memasang charger ke laptop dahulu baru ke listrik

photo via : samsung.com

sebenarnya jika kalian memasang charger ke laptop dahulu lalu ke arus listrik akan membuat laptop kalian cepat rusak. Mengapa demikian ? itu dikarenakan loncatan daya pada charger saat pertama kali dicolokkan itu tidaklah stabil dan rentan sekali membuat motherboard mengalami konslet ataupun kepanasan akibat arus listrik yang ada.

6. Mengangkat Laptop dengan Memegang Layarnya

photo via : www.geek.com

Saat sedang terburu-buru, tidak jarang kalian akan mengangkat laptop dengan memegang layarnya saja. Meski laptop kamu terbilang ringan sekalipun, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Jika masih dilakukan juga, hal itu akan berdampak buruk terhadap engsel dan LCD laptop kamu.

7. Membongkar laptop sendiri

photo via : arvutiladu.ee

Membongkar PC desktop dan membongkar laptop itu tentulah berbeda, kecuali kamu ahli terhadap dua hal itu. Jika laptop bermasalah, jangan membongkarnya sendiri. Sebaiknya, kamu perbaiki laptop di service center resmi atau orang yang memang ahli reparasi laptop. Jika kamu membongkar sendiri tanpa alat yang lengkap dan keahlian yang mumpuni, tentu bisa berakibat fatal dan laptop kamu bisa jadi rusak.

8. Menunda isi daya saat persentase baterai tinggal 20 persen ataupun kurang dari itu.

photo via : 4.bp.blogspot.com

Sudah gak bisa dipungkiri lagi, hal ini pasti biasa kalian lakukan. Saat baterai laptop tinggal 20 persen lagi, dengan alasan sepertinya masih banyak, kalian biasanya malas untuk mengisi daya kembali laptop yang kalian miliki.
Padahal sebenarnya membiarkan baterai laptop hingga 20 persen itu tidaklah baik karena dapat memperpendek usai dari baterai laptop itu sendiri. Apalagi jika sampai baterai hanya tersisa 0 persen saja.

Untuk itu kalian dapat mengatasinya dengan melakukan setting pada laptop kalian untuk memberikan sebuah pemberitahuan ataupun notifikasi saat laptop kalian telah merah. Bahkan kalian juga bisa mengatur agar laptop kalian bisa mati otomatis sebelum baterai laptop mencapai angka 0 persen.

9. Membiarkan charger laptop tetap menancab meskipun baterai sudah penuh

photo via : futurecdn.net

Kebiasaan seperti ini juga dapat menyebabkan laptop cepat rusak, meskipun tidak akan terlihat dalam waktu dekat, namun membiarkan charger tetap menancap pada laptop meskipun daya telah penuh dapat membuat baterai terus mengisi dan membuat daya berlebihan alias tidak sesuai dengan kuotanya.

Kuota daya yang berlebihan ternyata dapat membuat baterai dan komponen hardware lainnya jadi terpapar panas lho! Paparan panas yang berlebihan atau yang biasa dikenal dengan istilah over heat ini ternyata bisa mengurangi performa baterai laptopmu dan juga dapat memperpendek usia baterai.

10. Sembarangan mencharger laptop

photo via : tctechcrunch2011.files.wordpress.com

Kebiasaan untuk mencharger sembarangan disini merupakan sebuah bentuk dimana kalian mencolokkan charger di tegangan listrik yang tidak sesuai ataupun berbeda. Misalnya saja jika kalian mencolokkan charger pada tegangan listrik yang terlalu tinggi maka akan membuat laptop kalian menjadi cepat rusak.

Karena tegangan yang terlalu tinggi membuat adaptor ataupun laptop kalian cepat rusak. Selain itu, proses pengisian daya baterai bisa jadi lebih lama dan baterai terlihat seolah-olah terisi penuh alias full, padahal yang sebenarnya baterai tidak terisi penuh.

11. Main game di laptop secara berlebihan hingga panas

photo via : image4.geekbuying.com

Saat teman game online sedang ramai dan ada event bagus di game, rasanya ingin bermain game seharian tanpa henti bukan? Sayangnya laptop berbeda dengan komputer PC. Terutama dalam sirkulasi udaranya. Komputer PC memiliki sirkulasi udara yang lebih baik ketimbang laptop sehingga laptop menjadi lebih cepat panas dibandingkan komputer PC. Nah panas inilah yang dapat merusak komponen-komponen laptop mulai dari mengurang performa hardware, mengurangi efisiensi sitem yang berjalan, pada HDD atau hardisk sendiri panas dapat menyebabkan adanya data corruption, bahkan untuk beberapa kasus beberapa laptop bisa sampai menghasilkan asap.

12. Mengguncangkan Laptop

photo via : www.phonedog.com

Dengan ukurannya yang kecil, laptop memang dapat dengan mudah dibawa. Meskipun begitu bukan berarti kita bisa sembarangan untukmembawanya. Salah satu hal yang biasa terjadi adalah laptop terguncang saat kita memindahkannya secara tidak hati-hati saat dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Karena kebanyakan laptop menggunakana hardisk dengan mekanisme lempangan piringan magnetik alias HDD, meskipun harganya jauh lebih murah dari SSD, kekurangan HDD yakni sangat rentan akan adanya guncangan. Guncangan pada HDD biasanya dapat menyebabkan bad sector pada hardisk. Oleh karena itu ada baiknya kalian memindahkan HDD dengan hati-hati layaknya menggendong bayi.

13. Menumpuk laptop dengan benda berat

photo via : bekas.com

Para pelajar dan mahasiswa khususnya harus lebih berhati-hati dalam membawa laptop yang mereka bawa. Kalian pastinya sering melakukan hal ini dimana kalian menumpuk laptop kalian yang dalam keadaan tertutup dengan buku. Terutama saat ada di dalam tas, secara tidak langsung laptop kalian pasti akan tertumpuk oleh buku. Perlu kalian ketahui, saat posisi laptop tertutup, maka posisi layar akan menempel pada bagian laptop. UNtuk laptop yang ada sekarang, bagian monitor laptop modern menggunakan liquid display yang sangat rentan dengan tekanan. Efek buruk dari hal ini adalah adanya death pixel paada bagian monitor yang tidak dapat diperbaiki dan hanya bisa diganti saja

14. Jarang dibersihkan

photo via : www.laptopscreen.com

Seperti juga perangkat komputer, laptop juga bisa debuan. Dimana debu-debu ini biasanya menempel pada sirkulasi udara pada laptop. Jika kalian merasa performa laptop kalian menurun padahal tidak menggunakan aplikasi yang terlalu banyak ataupun berat dan adanya panas berlebihan pada laptop kalian, kemungkinan besar itu disebabkan oleh debu. Debu-debu yang menempel pada laptop ini membuat sirkulasi udara dari laptop menjadi terganggu atau terhambat dan membuat laptop menjadi panas. Ada baiknya kalian membersihkan laptop yang kalian miliki secara berkala. Apabila kalian tidak mampu membersihkan sendiri, kalian bisa membawanya ke tukang reparasi laptop.

15. Meletakkan benda cair didekat laptop

photo via : kxcdn.com

Saat beekerja di depan laptop mungkin biasanya kalian bekerja sembari minum kopi ataupun teh. Dan tak jarang kalian meletakkan minuman tersebut disamping laptop yang kalian miliki. Nah aapa yang terjadi jika minuman tersbut sampai tumpah? tidak kalian berpikir itu berbahaya? benda cair seperti minuman amatlah rentan pada barang elektronik yang mengandalkan arus listrik untuk bisa beroperasi, tak terkecuali laptop juga. Apabila benda cair tersebut sampai tumpah ke laptop, maka bukan tidak mungkin laptop kalian akan kongslet dan rusak.