Mengenal lebih Jauh Apa itu BitCoin

2 tahun lalu, by blogunik

Apa it bitcoin ? itu adalah pertanyaan pertama yang ada di benak kita tentang hal yang satu ini. Bitcoin merupakan sebuat mata uang digital dengan nilai saat ini lebih dari 1 ounce emas dan sepenuhnya dalam bentuk digital. Beberapa aksi kejahatan cyber yang terjadi akhir-akhir ini, kebanyakan para pelaku kejahatan meminta tebusan dalam bentuk mata uang ini. 

Kenapa Bitcoin sangat populer dalam kalangan tindak kejahatan cyber ? karena mata uang yang satu ini sungguh flexible dan bebas. Bebas disini yang dimaksudkan yakni dalam melakukan transaksi jual beli barang / jasa menggunakan mata uang ini tanpa perlu perantara Bank, Kartu Kredit ataupun yang lainnya.

Bitcoin ini diciptakan oleh para pengguna yang “menambang” mata uang mereka dengan meminjamkan kekuatan komputasi untuk memverifikasi transaksi pengguna lainnya. Mereka menerima bitcoin sebagai imbalannya. Koin ini juga bisa dibeli dan dijual dengan menukarkan mata uang dolar AS dan mata uang lainnya.

Nilai dari sebuah bitcoins dapat berubah-ubah dengan tajam. Setahun yang lalu, nilainya $457,04, yang artinya sekarang nilainya sudah lebih tinggi empat kali lipat dibandingkan 12 bulan terakhir yang telah mencapai $1.734,65. Namun harganya tidak selalu meningkat. Nilai bitcoin anjlok 23 persen terhadap dolar dalam jangka waktu sepekan bulan Januari yang lalu. Nilainya kembali anjlok pada nilai yang sama dalam waktu 10 hari di bulan Maret.

Baca Juga “Ili” Instan Translator Untuk Wisatawan Yang Membuat Perjalananmu Lebih Mudah

Baca Juga Resep Kulit Kencang dan Awet Muda, Tanpa Harus Buang Uang ke Salon

Baca Juga Wow, batu karang raksasa ini menyimpan pantai indah di dalamnya

Selain tanpa perlu melalui perantara Bank dan badan terkait lainnya, bitcoin ini populer penggunaannya karena dalam transaksinya dapat dilakukan tanpa mengungkap jati diri pelakunya, sehingga mata uang ini populer dikalangan para pencinta kebebasan, di samping penggemarnya, para spekulan – dan “para penjahat”.

Mata Uang yang satu ini bisa dikatakan aman karena jaringan bitcoin bekerja dengan memanfaatkan ketamakan individu untuk barang kolektif. Sebuah jaringan dengan para pengguna yang terampil dalam bidang teknologi yang disebut miners menjaga kejujuran sistem dengan menuangkan kekuatan komputasi ke dalam sebuah blockchain, sebuah perhitungan global yang mencatat setiap transaksi bitcoin. Blockchain mencegah mereka yang bermaksud tidak baik untuk membelanjakan bitcoin yang sama dua kali, dan miners ini mendapat penghargaan atas usahanya kadang-kadang dalam bentuk bitcoin. Selama miners menjaga keamanan blockchain, tidak akan timbul masalah pemalsuan.