Menu Wajib Buka Puasa di Indonesia Yang Selalu Ada Dari Waktu Ke Waktu

Dibuat oleh blogunik

Bulan Ramadhan tak hanya diidentikkan dengan kegiatan spiritual saja, namun juga diidentikkan dengan menu buka puasanya. Menu buka puasa sendiri ada banyak sekali yang menggugah selera, menu puasa ini bisa kamu buat sendiri dirumah atau membelinya di pinggir jalan. Nah, berikut ini menu wajib buka puasa di Indonesia yang selalu ada dari waktu ke waktu

1. Aneka Gorengan

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Aneka Gorengan

Photo via food.detik.com

Gorengan merupakan salah satu menu wajib buka puasa di Indonesia yang selalu ada. Makanan satu ini bisa dikatakan menjadi menu favorit banyak orang Indonesia. Selain itu, gorengan ini pun memiliki berbagai macam jenis mulai dari pisang goreng, tempe mendoan, bakwan, tahu isi dan lainnya.

2. Bubur Candil

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Bubur Candil

Photo via wowkeren.com

Bubur Candil adalah menu wajib buka puasa yang tidak boleh ketinggalan. Menu berbuka satu ini terbuat dari ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka kemudian dibentuk bulat-bulat. Setelah itu, menu ini ditambah dengan santan yang gurih. Menu berbuka satu ini bisa kamu buat sendiri dirumah atau kamu dapat membelinya sendiri di pinggir jalan.

3. Bubur Kacang Hijau

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Bubur Kacang Hijau

Photo via caramembuat.id

Selain bubur candil, menu berbuka puasanya lainnya yang selalu ada adalah bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau ini memiliki rasa yang manis dan cocok dihidangkan ketika berbuka puasa. Menu berbuka ini juga mengandung asam amino yang dapat membantu mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa.

4. Bubur Kampiun

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Bubur Kampiun

Photo via cookpad.com

Bubur Kampiun adalah menu berbuka puasa khas Minangkabau yang selalu ada setiap bulan Ramadhan. Menu makanan satu ini memiliki isian yang cukup lengkap, bubur ini terdiri dari bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan hitam. Bubur Kampiun ini memiliki rasa yang manis sehingga banyak disukai orang-orang saat berbuka.

5. Kolak Pisang

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Kolak Pisang

Photo via idntimes.com

Kolak Pisang adalah salah satu menu wajib buka puasa di Indonesia yang selalu ada. Menu berbuka puasa satu ini menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Kolak Pisang ini memiliki rasa yang manis yang berasal dari gula merah dan memiliki rasa yang gurih dari santan kelapanya. Selain itu, kamu juga dapat merasakan sedikit asam dari buah pisangnya. Kolak Pisang ini semakin nikmat jika ditambah dengan ubi kayu, mutiara dan kolang kaling.

6. Es Buah

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Es Buah

Photo via bacakologi.com

Saat berbuka puasa menu satu ini paling banyak dicari-cari oleh masyarakat dan menu ini bernama es buah. Es buah ini terdiri dari berbagai macam campuran buah segar, sirup cocopandan, susu dan es batu. Rasa manis dan segarnya buah ini mampu mengembalikan kadar gula darah dengan cepat. Menu berbuka satu ini dapat kamu buat sendiri dirumah atau membelinya.

7. Es Pisang Ijo

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Es Pisang Ijo

Photo via selerasa.com

Es Pisang Ijo adalah salah satu menu wajib buka puasa di Indonesia yang selalu ada dan wajib. Es pisang ijo ini berasal dari Makasar, es ini memiliki rasa yang sangat enak tak heran banyak orang menyukainya. Es pisang ijo ini terdiri dari pisang raja yang dibalut dengan adonan tepung beras dan terigu yang berwarna hijau. Kemudian ditambah dengan sirup dan lainnya untuk menambah kenikmatan.

8. Es Cendol

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Es Cendol

Photo via food.detik.com

Menu wajib berbuka puasa satu ini berasal dari Sunda dimana menu ini bernama es cendol. Es cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang dibentuk menanjang kecil-kecil. Es cendol ini biasanya disajikan dengan parutan es, gula merah cair dan santan. Es ini memiliki rasa manis serta gurih, tak heran es cendol ini menjadi favorit banyak orang.

9. Es Kelapa Muda

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Es Kelapa Muda

Photo via munikdelivery.com

Es Kelapa Muda adalah salah satu menu berbuka puasa di Indonesia yang banyak dicari masyarakat. Es satu ini banyak kamu temukan di pinggir jalan saat di bulan Ramadhan. Es kelapa muda ini sangat menyegarkan dan cocok diminum ketika berbuka puasa.

10. Es Blewah

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Es Blewah

Photo via blog.brambang.com

Es Blewah adalah menu wajib buka puasa di Indonesia, menu satu ini tentunya tidak bisa dilewatkan begitu saja di bulan Ramadhan ini. Es blewah ini sangat menyegarkan dan dapat juga di kreasikan agar lebih istimewa lagi.

11. Jajanan Pasar

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Jajanan Pasar

Photo via liputan6.com

Jajanan pasar adalah salah satu menu berbuka puasa yang bisa kamu pilih, dimana jajanan pasar ini memiliki berbagai macam jenis. Mulai dari nagasari, pastel, lupis, klepon, risoles, putu ayu dan lainnya. Jajanan pasar ini sangat mudah ditemukan di pasar selian itu harganya juga sangat murah.

12. Kurma

Menu Wajib Buka Puasa Di Indonesia - Kurma

Photo via hellosehat.com

Buah satu ini tentunya tidak boleh kelewatan di bulan Ramadhan, dimana buah ini bernama kurma. Kurma adalah salah satu menu wajib buka puasa di Indonesia yang selalu ada. Buah ini dapat menggantikan kadar gula dalam darah setelah berpuasa seharian. Biasanya tiga buah kurma menjadi takjil sebelum makanan berat.

Nah itulah beberapa menu wajib buka puasa di Indonesia yang selalu ada dari waktu ke waktu. Dari menu-menu diatas, menu berbuka puasa mana yang menjadi favoritmu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.