Merk Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan

9 bulan lalu, by blogunik

Merek Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan

Hai guys… Kali ini Blog Unik akan membahas seputar manfaat oatmeal serta merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang terbuat dari gandum. Makanan ini berbentuk bubuk dengan serpihan kasar dengan aroma gurih wangi seperti susu atau gandum. Oatmeal kaya akan karbohidrat kompleks sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet atau penderita diabetes. Selain itu, makanan ini juga baik untuk kesehatan jantung dan hati karena dapat menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat Oatmeal

Oatmeal mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1,B2,B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium dan zat besi. Dengan banyaknya kandungan nutrisi, sudah pasti oatmeal sangat bagus dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya:

1. Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Dengan mengknsumsi oatmeal selama beberapa minggu kalian dapat meurunkan LDL dan kolesterol total. Jika kolesterol dan LDL turun maka resiko penyakit jantung akan turun juga.

2. Menurunkan Kolesterol

Dalam oatmeal terkandung serat yang diduga mampu memperhambat atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) di usus. Dengan mengkonsumsi serat minimal 6 gram atau lebih setiap harinya, kamu dapat mengurangi LDL dan kolesterol total di dalam tubuh.

3. Menstabilkan Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Oatmeal juga dapat memperlambat penyerapan gula dan membantu memperbaiki kadar gula darah. Rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat larut juga mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Mengobati Masalah Pencernaan

Mengkonsumsi oatmeal juga dapat membantu mengobati masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome, penyakit radang usus dan sembelit. Oat yang digunakan dalam makanan sehari-hari juga diduga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

5. Menjaga Berat Badan

Oatmeal memiliki serat yang mampu bertahan lama di perut sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Hal ini juga mencegah kamu untuk makan terlalu banyak sehingga berat badan kamu akan terjaga.

Jenis-jenis Oatmeal

Oatmeal sendiri memiliki banyak jenisnya dan berikut ini jenis-jenis oatmeal

1. Oatmeal Instant

Oatmeal Instant adalah jenis oat yang telah melalui proses masak paling panjang yaitu dikukus dalam waktu yang lama hingga setengah matang, kemudian digiling hingga pipih dan menjadi serpihan yang cukup halus lalu dikeringkan. Oatmeal jenis ini memiliki tekstur yang lebih tipis dan halus sehingga lebih mudah menyerap air dan dapat menjadi bubur. Pada umumnya Oatmeal Instant ini menggunakan kemasan berwarna merah.

2. Quick Cooking Oat

Quick Cooking Oat adalah oatmeal yang sama-sama telah dilakukan proses pengolahan seperti oatmeal instant. Cara memasak Quick Cooking Oat ini adalah direbus dengan air diatas kompor selama kurang lebih 5 menit. Pada umumnya Quick Cooking Oat ini menggunakan kemasan berwarna biru.

3. Rolled Oat

Rolled oat adalah jenis oat yang berasal dari oat goats atau menir gandum yang telah dikupas lalu dikukus hingga teksturnya sedikit melunak dan dipipihkan dengan alat penggilas. Oatmeal ini mengalami proses yang lebih pendek ketimbang dengan oatmeal instant dan quick cooking oat. Rolled oat ini memiliki tekstur yang masih lebih jelas terlihat layaknya serpihan biji yang dipipihkan. Untuk mengolahnya, rolled oat hanya perlu dimasak selama 10 menit diatas api.

4. Steel Cut Oat

Steel cut oat adalah oat groats utuh yang belum melalui banyak proses pemasakan. Steel cut oat ini merupakan oat groats yang dipotong menjadi beberapa bagian kecil menggunakan alat pemotong tajam yang terbuat dari baja. Oat jenis ini tidak dipipihkan melainkan dipotong bergerenjal berukuran hampir sama dengan biji wijen. Cara memasak oat ini yaitu dimasak dengan air sekitar 20-30 menit diatas kompor, waktu memasaknya pun lebih lama dibandingkan dengan jenis oat yang dipipihkan.

Merk Oatmeal Yang Bagus

Mengkonsumsi oatmeal memang terbukti positif untuk kesehatan yaitu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, oatmeal juga mampu menurunkan berat badan karena kalori oatmeal lebih rendah dibandingkan dengan nasi. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali merk oatmeal yang di jual. Nah, berikut ini ada beberapa merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan

1. Bob’s Red Mill

Merk Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Bob's Red Mill

Photo via bobsredmill.com

Bob’s Red Mill adalah salah satu merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan, dimana merk oatmeal ini dipasarkan oleh perusahaan Amerika Serikat. Oatmeal merk Bob’s Red Mill ini memiliki berbagai macam jenis yang bisa kamu coba mulai dari steel cut oat hingga oatmeal instan cup yang praktis pun ada. Namun harga untuk oatmeal ini cukup mahal dibandingkan dengan harga oatmeal lainnya.

2. Captain Oats

Merek Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Captain Oats

Photo via shopee.com

Captain Oats adalah merk oatmeal yang sudah berdiri sejak tahun 1965 yang berasal dari negara Malaysia. Menariknya, produk-produknya ini sudah diimpor ke berbagai belahan negara salah satunya yaitu Indonesia. Produk Captain Oats yang paling best seller yaitu Captain Oats Instant Oatmeal, karena cara menyajikannya sangat praktis dan mudah. Oatmeal ini dangat disarankan untuk kamu yang ingin mengkonsumsi makanan sehat dan sekaligus mengontrol tekanan darah dan menurunkan kolesterol LDL.

3. Gerber Lil’Bits

Merk Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Gerber Lil'Bits

Photo via thegerberstore.com

Gerber Lil’Bits adalah salah satu merk oatmeal yang dikhususkan untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil. Oatmeal ini dapat mendorong kemampuan menguyah dan mengenal rasa serta tekstur makanan si kecil yang sedang memasuki golden age. Oatmeal ini mengandung zat besi untuk membantu dukung kemampuan belajar, vitamin C dan vitamin B untuk pertumbuhan yang sehat dan kalsium untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

4. Glutenfreeda

Merek Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Glutenfreeda

Photo via bukalapak.com

Glutenfreeda adalah produsen makanan gandum atau gluten bebas yang unik yang menghasilkan produk gourmet bebas gluten yang rasanya benar-benar otentik. Merk ini menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga tidak heran jika produk ini menjadi salah satu merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, merk ini juga menawarkan berbagai produk makanan bebas gluten yang dinikmati oleh semua orang yang diet bebas gluten.

5. Haverjoy

Merek Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Haverjoy

Photo via shopee.co.id

Salah satu merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan yaitu Haverjoy. Haverjoy adalah perusahaan makanan yang spesialisasi di produksi dan distribusi havermout asal Australia ke seluruh Indonesia. Haverjoy ini menggunakan 100% Oat Australia, dimana Oat Australia terkenal di seluruh dunia dengan kualitasnya yang tinggi. Haverjoy sendiri memiliki beberapa produk yang bisa kamu coba mulai dari yang instant oat, quick cooking oat, rolled oat hingga rolled oat & barley flakes.

6. Kashi

Merk Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Kashi

Photo via amazon.com

Buat kamu yang sedang diet, merk oatmeal ini bisa kamu coba yaitu Kashi. Oatmeal merk ini tak hanya untuk diet saja, namun juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu, oatmeal ini juga memiliki beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera.

7. Lowan

Merek Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Lowan

Photo via blibli.com

Lowan adalah merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan yang berasal dari Australia. Oatmeal ini berasal dari 100% whole grain Australia. Oatmeal ini juga memiliki tiga jenis olahan oat yaitu oatmeal instan, rolled oat dan muesli.

8. McCann’s

Merek Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - McCann's

Photo via target.com

McCann’s adalah salah satu merk yang berasal dari Irlandia yang dijual secara internasional. Produk ini terbuat dari gandum asli dan berkualitas tinggi. Sampai gandum tersebut diproses dan dikemas menjadi oat, rasa dan aromanya pun masih tetap terjaga. Cara menyajian oatmeal ini harus dimasak dulu dengan susu rendah kalori atau air di dalam panci atau microwave.

9. Oatsy

Merk Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Oatsy

Photo via oatsy.ncc-indonesia.com

Oatsy adalah produk oatmeal yang terbuat dari 100% Oat Whole Grain Alami. Oatmeal ini tidak mengandung bahan tambahan buatan ataupun lainnya karena kandungannya 100% alami. Merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan ini memiliki tinggi serat pangan, dimana serat tersebut dapat membantu proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan kadar gula dalam darah. Maka dari itu dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan menurunkan resiko diabetes dan kanker usus.

10. Quaker

Merk Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan - Quaker

Photo via indonesian.alibaba.com

Quaker adalah merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan yang paling populer di Indonesia. Produk ini berbaris di Chicago, Amerika Serikat didirikan pada 4 September 1877. Merk ini bisa dikatakan sebagai merk dagang pertama untuk sereal sarapan. Merk satu ini sudah terbukti memiliki kualitas yang baik dan merk pertama yang mengenalkan quaker quick oats di dunia. Cara penyajiannya pun cukup mudah yaitu hanya dengan menyeduhnya dengan air panas. Menyehatkan dan praktis bukan?

Itulah beberapa rekomendasi merk oatmeal yang bagus untuk kesehatan versi Blog Unik. Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal ini sebagai sarapan karena oatmeal ini bisa dijadikan sumber karbohidrat komplek yang baik untuk tubuh dan dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Artikel Terkait