Negara – Negara dengan Teknologi Alat Perang yang Canggih dan Mutakhir

2 tahun lalu, by blogunik

Meskpun saat ini hampir semua negara di dunia ini adalah negara yang aman dan damai serta setelah perang dunia 2, di seluruh penjuru dunia hampir tidak ada purang lagi, namun hal itu bukanlah sebuah alasan yang membuat tiap – tiap negara di dunia tidak melengkapi negaranya dengan sistem pertahanan dan alat perang yang canggih.

Meskipun dalam kondisi damai, polisi dan juga tentara amatlah sangat diperlukan oleh masing – masing negara. Begitujuga dengan persenjataan ataupun alat perang yang ada. Dengan adanya peralatan tempur, masing – masing negara jadi bisa untuk menjaga stabilitas negaranya sekaligus menjaga keweibawaan suatu negara diantara negara – negara lainnya. Diantara negara – negara di dunia, berikut ini adalah negara – negara yang memiliki teknologi persenjataan yang maju dan alat perang yang mutakhir.

1. Rusia

Rusia merupakan negara pecahan terbesar dari Uni Soviet dimana sama dengan Amerika Serikat, negara ini dulunya adalah sebuah negara super power. Bahkan hingga saat ini pun kedua negara masih saling bersaing untuk memajukan negaranya terutama dibidang militer untuk menunjukkan kekuasaan dan keadigdayaan negara ini. Semenjak berakhirnya perang dingin, Negara beruang merah ini mulai memperbaharui persenjataan yang merak miliki dengan mengganti dan memperbaharui senjata yang telah usang. Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang merupakan peralatan persenjataan milik Rusia yang amat canggih dan juga mutakhir.

1.1 T-14 Armata

photo via : wikipedia.org

Yang pertama adalah peralatan tempur milik Rusia yang bernama T-14 Armata. T-14 Armata sendiri merupakan sebuah tank tempur buatan Rusia yang diluncurkan pada tahun 2015 silam yang mampu dimodifikasi menjadi sebuah kendaraan tempur robotik. Selain dengan kemampuannya itu, kendaraan lapis baja ini juga akan dilengkapi dengan meriam berkaliber 152mm yang sangat canggih dimana meriam ini mapu menembakkan perluru yang bisa menembus pelat baja dengan ketebalan hingga satu meter.

1.2 Kapal Jelajah Tempur Pyotr Velikiy

photo via : www.reddit.com

Kapal yang satu ini merupakan kapal laut bertenaga nuklir yang merupakan kapal tempur paling mematikan yang dimiliki oleh Rusia saat ini. Saking hebatnya, kapal laut ini oleh Nato dijuluki sebagai “pembunuh kapal induk” lantaran kapal ini memiliki daya rusak yang amat besar dan juga memiliki kemampuan untuk menghancurkan rudal balistik. Nama Pytr Velikiv ini sendiri berarti “Peter yang Agung”.

1.3 Sukhoi T-50

photo via : sputniknews.com

Jika diliaht dalam pengembangan jet tempur siluman, Rusia bisa dibilang kalah dengan Amerika Serikat. Namun sejak dilakukannya uji coba penerbangan pertamanya pada tahun 2010 silam, jet tempur siluman yang merupakan hasil kerja sama strategis antara India dan Rusia mulai diproduksi tahun 2017. Namun dalam kabar terbarunya karena adanya sedikit perseteruan dalam hal pembiayaan proyek, India berniat untuk membeli cetak biru T-50 seharga 3,7 miliar US Dollar dari Rusia.

1.4 Peluru Kendali S-400

photo via : okezone.com

Memiliki kecepatan hingga 17.000km/jam. dan dengan daya ledak yang mampu menghancurkan target dalam radius 400 kilometer merupakan sebuah kemampuan peluru kendali S-400 yang tentunya menjadikan senjata yang satu ini merupakan mimpi buruk untuk semua pilot pesawat yang ada. Karena kemampuan peluru kendali ini yang amat luar biasa, A terpaksa merumahkan semua jet tempurnya saat Rusia menempatkan satu buah batalyon S-400 di pangkalan udaran Khmeimim, Suriah. Peluru kendali ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 silam dan saat ini Rusia mulai kembali mengembangkan sebuah varian baru dari rudal paling mutakhir ini yakni peluru kendali S-500.

1.5 Sukhoi SU-35

photo via : gardanasional.id

Sukhoi SU-35 merupakan sebuah jet tempur buatan Rusia yang awalnya dibuat untuk menandingi F16 milik AS. Jet tempur generasi keempat tersebut sungguh luar biasa. Meskipun awalnya untuk menyaingi F-16, namun sukhoi malah mampu lebih baik dari jet tempur F35 yang malah jauh lebih mahal. Pentagon harus mengakui hal tersebut dimana kemampuan taktis dari F35 masih kalah jauh ketimbang jet tempur buatan Rusia tersebut. Adapun keunggulan Sukhoi SU-35 dibandingkan dengan F-16 ataupun F-35 adalah kemampuannya yang memiliki daya jelajah yang tinggi dan kemampuan bermanuver miliknya yang amat sulit untuk ditandingi.

1.6 Roket Hipersonik Yu-71

photo via : kaskus.co.id

Dengan kode rahasia “project 4204”, negara beruang merah ini akhirnya mampu mewujudkan mimpinya untuk membuat sebuah roket hipersonik dengan hulu ledak nuklir yang mampu melesat dengan kecepatan 12.000 km/jam. Selain amat lincah, roket ini juga amat mudah untuk dikendalikan. Dengan kemampuan roket yang amat luar biasa ini, salah seorang analis menilai jika roket yang satu ini mampu menembus pertahanan NATO dengan mudah.

1.7 Helikopter Tempur Mil Mi-28N

photo via : www.strategic-culture.org

Helikopter yang satu ini bisa dibilang helikopter canggih milik Rusia yang bahkan Helikopter Mil Mi-28N ini mampu terbang dengan lebih cepat dan jug amampu membawa persenjataan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan helikopter buatan Boeing yang digunakan oleh militer Amerika Serikat. Helikopter yang satu ini didesain secara khusus untuk mampu menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Selain mampu terbang dengan lebih cepat, helikopter ini jug amemiliki kemampuan untuk bisa terbang di malam hari.

1.8 Kapal Induk Admiral Kuznetsov

photo via : qha.com.ua

Admiral Kuznetsov adalah satu-satunya kapal induk di dunia yang dilengkapi dengan berbagai jenis persenjataan anti balistik udara dan kapal selam. Pada prinsipnya kapal yang diluncurkan tahun 1990 ini tidak memerlukan banyak kapal pendamping layaknya kapal induk Amerika Serikat. Uniknya, Admiral Kuzentsov nyaris jatuh ke tangan Ukraina ketika Uni Sovyet runtuh di tahun 1991.

1.9 Tupolev Tu-160M

photo via : myllalex65.wordpress.com

Satu lai dalam hal alat perang udara milik Rusia yakni pesawat pembom Tupolev Tu-160M. Pesawat yang satu ini merupakan sebuah pesawat pembom terbesar dan paling berat di dunia. Meskipun peswat ini merupakan pesawat pembom terbesar saat ini, namun para pilot Rusia memiliki julakan yang agak lucu dengannya. Mereka menjuluki pesawat pembom ini dengan julukan “Angsa putih” karena bentuknya yang menyerupa hewan pendama tersebut dan juga warnanya yang juga serupa. Semenjak tahun 2014 yang lalu, Tupolev Tu-160M mendapatkan modernisasi guna menggandakan kemampuan tempur miliknya yang sudah barang tentu pesawat ini merupakan pesawat pembom yang mengerikan.

1.10 Kapal Selam Nuklir Yury Dolgorukiy

photo via : www.jejaktapak.com

Alat tempur lainnya di laut selain kapal laut yang dimiliki oleh Rusia adalah adanya kapal selam nuklir Yury Dolgorukiy. Memang sebelumnya bisa dibilang semenjak beberapa tahun terakhir ini, Rusia mulai meninggalkan model kapal selam raksasa yang dimilikinya dan beralih ke kapal selam dengan desain yang lebih kecil dan imut. Kapal selam yang satu ini meskipun jika dilihat biasa jauh dari kata menyeramkan dan juga berbahaya, namun kapal selam ini amat disegani karena miliki sistem kedap suara yang membuatnya menjadi amat sulit unutk dideteksi oleh musuh. Selain hal itu, kapal selam ini juga diperkuat dengan adanya 16 buah rudal RSM-56 Bulava berhulu ledak nuklir.

 

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat dengan Pentagonnya, siapa yang tidak mengenak negara super ower dan adi daya yang satu ini. Tentunya dengan kemajuan teknologi yang dimilikinya, negara dengan penduduk 325 juta jiwa ini memiliki berbagai persenjataan dan alat perang yang canggih dan juga mutakhir. Selain itu, perlengkapan persenjataan milik Amerika Serikat banyak dibeli oleh negara – negara di dunia yang membuat melalui penjualan senjata pembunuh ini menghasilkan miliaran devisa bagi negara yang satu ini dan berikut ini adalah senjata dan alat perang yang paling canggih dimiliki oleh Amerika Serikat.

2.1 SR-71 BLACKBIRD

photo via : sploid.gizmodo.com

Jika dilihat sepintas, model pesawat terbang yang satu ini pasti sering kita lihat di dalam film – film hollywood dimana SR-71 Blackbird merupakan sebuah pesawat tempur super cepat yang digunakan untuk fungsi pengintaian.. Pesawat tempur super sonik ini memiliki kecepatan hingga 4.000 KM/jam dan mampu terbang sejauh 5.925  kilometer. Dengan tingginya daya jelah yang dimiliknya, sebuah peluru kendali amat sangat mungkin untuk bisa dihindari. Adapun manuver yang akan dilakukan saat sebuah peluru kendali terdeteksi adalah dengan cara mengelak menabah kecepatan dari pesawat yang satu ini.

2.2 Kapal perang kelas arleigh burke

photo via : youtube.com

Kapal perang perusak satu ini merupakan kapal perang kelas pertama milik angkatan laut Amerika Serikat yang dibangun dengan berbagai sistem yang dimiliki seperti Aegis Combat System dan radar array SPY-1D multi-fungsi Pasif elektronik dipindai. Kapal ini memili panjang 154m dengan berat mencapai 9000 ton. Kapal perang ini dilengkapi dengan berbagai persenjataan termasuk lebih dari 90 rudal. Amerika sendiri memiliki 66 jeni kapal Arleigh Burke yang telah tersebar di berbagai penjuru dunia.

2.3 A-10 Thunderbolt

photo via : wikipedia.org

Senajata yang satu ini merupakan sebuah pesawata terbang yang didesain khusus untuk pertempuran di perkotaan. Pesawat ini merupakan pesawat yang paling efisien untuk serangan jarak dekat di perkotaan. Selain paling efisien, pesawat ini bisa dikatakan yang terbaik dan termurah untuk menghadapi tentara yang bersenjatakan AK-47 yang sering bersembunyi di kota – kota. Pesawat ini sendiri memiiki keunggulan yang sangat mencolok yakni pesawat A-10 THunderbolt memiliki lapisan baja dan mampu bertahan di langit selama berjam – jam meskipun telah tertembak sebelumnya oleh musuh. Yang paling menakjubkan dari pesawat ini adalah daya tahan yang ia miliki, dimana meskipun sayap dari pesawat ini patah parah, ia masih tetap bisa bertahan di langit.

2.4 Senjata Laser ‘LaWS’

photo via : kaskus.id

Kalo sebelumnya kalian sering menonton film fiksi perang seerti star wars, pasti kenal dengan yang namanya senjata laser. Nah, senjata yang satu ini ternyata ada dan telah digunakan oleh militer Amerika Serikat. Senjata laser penghancur ini diber nama “LaWS” yang merupakan singkatan dari Laser Weapon System. Perangkat senjata laser ini telah siap digunakan dan telah dipasang si sebuah kapal logistik amfii amfibi USS Ponce yang saat ini sedang berlayar di laut Teluk Persia.

Senjata yang satu ini sungguh presisi jika dibandingan dengan senjata konvensional lainnya dimana LaWS dapat ditembakkan ke semua arah dan keseluruh target yang ada bak itu di darat, air maupun udara. Selain itu senjata laser ini juga lebih cepat daripada senjata lainnya dimana LaWS mampu mencapai target 50.000 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan rudal balistik antar benua.

2.5 Senapan PHASR

photo via : youtube.com

Masih sedikit berbau fiksi, senapan yang satu ini adalah senjata laser dalam bentuk senapan. Tidak seperti senajta laser sebelumnya yang mematikan, bentuk yang besar dan lebih cocok untuk dipasang di kendaraan tempur, untuk senjata laser yang satu ini tidak mematikan dan dapat digunakan oleh prajurit yang berbentu senapan. Senapan laser ini sendiri diberinama PHASR yang merupakan singkatan dari Personnel Halting and Stimulation Response. Senapan ini disbut tidak emamtikan alias non Lethal diakrenakan memang senjata ini hanya digunakan untuk membutakan sasaran untuk sementara waktu agar tidak menerobos pembatas militer. Senjata ini sendiri tidak menyebabkan kerusakan menetap akan tetapi musuh atau sasaran hanya lunglai selama beberapa detik.

2.6 Active Denial System

photo via : youtube.com

Teknologi yang satu ini merupakan salah satu teknolgi terbarukan milik AS yang berbentuk seperti kendaraan tempur yang bernma Active Denial System. Teknologi yang satu ini mulin tidak bisa dikatakan sebagai sebuah senjata. Namun tetap saja benda ini merupakan sebuah perangkat militer. Peraangkat militer ini sendiri telah digunakan di afganistan dan berbentuk seperti sebuah truk satelit. Adapun kemampuan dari perangkat militer ini adalah mempu menenmbakkan sebuah gelombang yang menghasilkan radiasi elektromagnetik yang tidak mematikan. Senjata ini membuat orang – orang yang terkena radiasi ini akan mengalami rasa pedih dan tidak nyaman akibat suhu tubuhnya yang meningkat hingga 50 derajat selsius. Senjata seperti ini sepertinya amat efektif jika digunakan untuk menghentikan masa seperti demonstrasi dan lain-nya.

2.7 USS Gerald R Ford berkode CVN-78

photo via : gardanasional.id

Sebuah negara adi daya tak lengkap rasayanya jika tidak memiliki kapal induk yang merupakan sebuah benteng lautan yang besar. Untuk Amerika sendiri memiliki sekitar 11 buah kapal induk yang beroperasi dan tersebar luas di seluruh dunia. Kapal induk sendiri merupakan sebuah kapal laut yang berukuran amat besar yang mampu menampung berbagai peralatan tempur seperti Tank, Helikopter, Mobil dan pesawat tempur sebanyak 40 hingga 90 unit dan USS Gerald R Ford berkode CVN-78 ini merupakan kapal induk terbaru mili AS yang telah beroperasi dengan kemampun seperti diatas dan telah berada di lautan selama berbulan – bulan dan mempau menjelajahi seluruh buni di perairan internasional.

2.8 UH-60 GHOST HAWK

photo via : www.afrid-fransisco.id

Untukperalatan tempur milik AS yang satu ini sepertinya masih minim informasi mengenainya. Namun yang jelas alat perang iniberbentuk layaknya helikopter dan publik mengetahui peralatan tempur ini setelah helikopter ini pernah terjatuh di Pakistan dekat dengan markas milliter pakistan. Lokasi terjatuhnya peralatan tempur ini sendiri berada di sebuah rumah mewah bertembok di kota abbottabad Pakistan. Suatu pagi, tentara pakistan menemukan banyak sekali ceceran darah dan mayat yang tewas terkena peluru amunisi. Kondisi helikopter ini sendiri telah rusak terbakar.

 

Warga sekitar kejadian tidak ada yang menyangka jika terdapat helikopter yang melintas dengan suara yang sunyi senyap. Hal itupun juga diperkuat oleh militer pakistan yang menyatakan tidak adanya aktivitas radar yang menunjukkan terdapat peswata ataupun sejenisnya yang melewati lokasi tersebut.

2.9 Virginia

photo via : kapalpesawat.wordpress.com

Virginia merupakan sebuah kapal selam yang memiliki tenaga nuklir yang amat sulit untuk bisa di deteksi saat berada di bawah laut. 1 Unit Kapal ini Memiliki Harga Setara Rp 34 Triliun Rupiah. Pemerintah AS memiliki 13 Kapal Selam Kelas Virginia. Pembangunan Produksi Massal Terus di Lanjutkan hingga Sebanyak 48 Unit. Kapal ini mampu menjelajahi seluruh bumi selama berbulan-bulan di lautan lepas. Tetapi Tetap Tergantung pada stok Makanan untuk Para Kru Tentara yang ada di dalam kapal selam ini.

2.10 B-61 Bom Nuklir dan W80 Bom Nuklir

photo via : www.defensenews.com

Amerika Serikat memiliki 6.790 Bom Nuklir. 1 Unit Nuklir AS mampu melululantahkan 1 Kota Hingga Sejauh 3-14 Km menjadi Lautan Api. Bom Tersebut di Sebut B-61 Bom Hidrogen Nuclear yg dapat di bawa oleh semua jenis Pesawat tempur. Terkhusus untuk W80 dibawa oleh Pesawat Bomber. 1 Unit Bom Hidrogen B61 model 12 Berharga USD 1 Miliar (Sekitar Rp 13,8 Triliun Per Unit). Tapi ini berupa harga biaya Perpanjangan Upgrate Masa Aktif. Bukan Harga Resmi Hulu Ledak Nuklir-nya ya

 

 

3. China

China merupakan negara asia yang memiliki persenjataan dan juga perlenkapan militer yang kuat dan juga maju. Negara dengan penduduk terbanyak di dunia tersebut tentu saja memiliki pasukan pengamanan negara seperti TNI atau tentara di Indonesia dengan jumlah yang banyak. Selain itu China memiliki luas wilayah negara yang begitu luas pula jadi merupakan sebuah hal yang wajib untuk memiliki sistem pertahanan yang kuat. Adapaun beberapa persebjataan dan juga teknologi perang yang dimiliki oleh China adalah:

3.1 Pesawat Tempur Chengdu J-20

photo via : gentleseas.blogspot.co.id

China adalah negara yang mampu memproduksi senjata dan alat persangnya sendiri. Salah satunya adalah pesawat tempur ini yang bernama pesawat tempur Chengdu J-20. Peswat ini merupakan pesawat rival terbesar dari F-22 Raptor milik AS. Kedua pesawat ini memiliki daya jelajah yang tinggi dan juga memiliki kemampuan terbang silmuan yang membuatnya tidak bisa dideteksi oleh radar. Seperti yang disampaikan sebelumnya, pesawat ini merupakan buatn negara tersebut dan saat ini masih dalam pengembangan. Namun J-20 diyakaini mampu memberikan keunggulan militer udara untuk wilayah militer China di laut China Selatan.

3.2 Dong-Feng 26

photo via : errymath.blogspot.com

Tidak kalah dengan Rusia, China jua memiliki senjata peluru kendali dengan daya jelajah hingga 4.000km. Peluru kendali dengan nama Dong-Feng 26, merupakan sebuah peluru kendali yang dikembangkan oleh China guna menghadapi kapal – kapal induk miliki negara lain. Dong-Feng 26 mampu melesat dengan kecepatan hingga Mach 10. Bahakan bisa dibiang AS pastinya kesulitan untuk menghadapi peluru kendali – peluru kendali milik China ini. Untuk seri sebelumnya saja, yakni Dong-Feng 21, pihak militer AS bahkan memberikannya julukan sebagai “pembunuh kapal induk”. Dengan daya jelajah yang tinggi, Dong-Feng 26 dipercaya mampu menyerang pangkalan militer AS di Guan.

3.3 Roket Hipersonik WU-14

photo via : youtube.com

Tidak mau kalah dengan Amerika Serikat, China juga mengembangkan pesawat hypersonic miliknya, jika AS punya pesawat hypersonic dengan nama X-51A, China juga tengah mengembangkan roket hypersonic miliknya. Bahkan militer China telah melakukan empat kali percobaan di tahun 2014 dan tahun 2015. Tiga diantara empat percobaan tersebut berlangsung sukses. Mungkin tidak terlalu banyak yang bisa diketahui dari roket hypersonic milik China ini yakni WU-14 ataupun Dong-Feng DZ kecuali jika pesawat yang mampu terbang dengan kecepatan 12.000km/jam tersebut mampu membawa hulu ledak nuklir.

3.4 Kapal Induk Liaoning

photo via : gardanasional.id

Liaoning merupakan kapal induk pertama milik China. Walaupun sebenarnya kapal induk ini dulunya milik Uni Soviet namun Kapal induk kelas Admiral Kuznetsov ini dibeli oleh salah seorang pengusaha Macau dengan dalih akan digunakan untuk tempat perjudian. Ukraina yang saat itu melarang kapalnya digunakan untuk keperluan militer, akhirnya menjual kapal induk tersebut. Namun jangankan untuk tempat hotel judi, Kapal induk dengan nama awal Warjag ini justru menjadi kapal induk pertama milik China. Dan dengan memiliki Liaoning, kini China akan mengincar kapal induknya yang kedua.

3.5 Tank Tempur Utama T99A2

photo via : wikipedia.org

Tank tempur T99A2 merupakan tank tempur milik China dan merupakan generasi ke tiga dari tank ini. Tank tempur jenis ini telah dilengkapi dengan berbagai persenjataan dan juga teknologi modern seperti peluru kendali anti tank yang dipandu juga menggunakan laser. Tank yang telah dikembangkan sejak tahun 2007 ini mulai dikembangkan secara massla semenjak tahun 2009. Berdasarkan para analis militer, tank tempur T99A2 ini banyak meniru desain dari tank tempur milik prancis Leclerc ataupun M1 Abrams miliki militer AMerika Serikat.

3.6 Kapal Angkut Amfibi Tipe 071

photo via : thaimilitaryandasianregion.blogspot.co.id

Luasnya sebuah wilayah yang dinamakan laut China selatan, membuat negara yang satu ini harus memiliki armada – armada laut yang kuat. Salah satu armada laut yang dimiliki adalah kapal angkut amfibi yang tentunya kapal ini berfungsi untuk mangangkut pasukan dan peralatan perang lainnya. China sendiri saat ini telah memiliki tiga jenis kapal amfibi dengan tiper 071, dimana ketiga kapal tersebut mampu mengangkut satu batalyon pasukan infantri, 18 kendaraan lapis baja yang juga kapal ini telah dilengkapi dengan sebuah anjungan sebagai tempat untuk pendaratan helcopter ataupun hovercraft.

3.7 Rudal Anti Satelit

photo via : youtube.com

Perkembangan teknologi dan militer China terus berkembang dengan pesat. Hal itu bahkan menjadi suatu kekhawatiran sendiri bagi AS. Karena sejak beberapa tahu terakhir, Beijing memenag diyakini sedang sibuk dalam hal memodifikasi sistem peluru kenadilnya seperti Dong-Neng 2 ataupun Dong-Feng 21 agar mampu untuk membidik satelit. AS pun khawatir apabila China mampu menghancurkan sistem satelit navigasi miliknya yang amat penting bagi militer Amerika untuk mengumpulkan berbagai data intelijen.

3.8 J-31 Gyrfalcon

photo via : beritatrans.com

China memang terkenal akan barang – barangnya yang memiliki harga murah. Nah saat ini, China juga mampu membuat sebuah jet tempur dengan harga murah. Adalah jet tempur J-31 generasi kelima milik China yang mirip sekali seperti F-35 buat AS, hanya saja memiliki harga yang murah. Tak tanggung- tanggung, harga J-31 Gyrfalcon memiliki harga setengah dari F-35 miliki AS. Adapun harga jet tempur miliki China ini seharga USD 70 juta. J-31 memiliki berat maksimum take-off 28 metrik ton. Radius penerbangan 1.250km, dan kecepatan tertinggi 1,8 Mach (atau 1,8 kali kecepatan suara). Pesawat ini dapat dengan mudah membawa delapan ton senjata, di mana enam rudal jadi senjata internal, ditambah enam lainnya di bawah sayap.

3.9. Jin

photo via : okezone.com

Jin merupakan kapal selam terbaru miliki china yang memiliki kemampuan siluman tidak terdeteksi oleh radar. Kapal selam ini juga merupakan senjata rahasia China apabila perang nuklir antara AS dengan China pecah suatu saat nanti. Kapal selam yang bernama Jin ini sendiri memiliki 12 rudal nuklir pada bagian punggung dari kapal selam. Rudal – rudal nukli yang dibawa oleh Jin ini dikenal dengan nama “photo via : beritatrans.com” karena kemampuan rudal ini yang memiliki jangkauan tembak melebihi 11.000 km.

3.10. Harbin Z-19

photo via : wikipedia.org

Harbin Z-19 adalah sebuah helikopter pengintai/serangan Cina yang dikembangkan oleh HAMC untuk Pembebasan Angkatan Udara Rakyat dan Angkatan Udara Angkatan Darat. Ini adalah varian dari Harbin Z-9 dan karenanya sepupu jauh dari Eurocopter Dauphin. Z-19 adalah versi modifikasi terbaru dari Harbin Z-9W (mirip dengan pengembangan Bell AH-1 Cobra dari UH-1). Ini adalah helikopter tandem kembar-kursi dengan tata letak mekanik mirip dengan Eurocopter AS365 seri Dauphin sebagai versi seri lisensi Z-9 dibangun dari Dauphin.

 

 

4 Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang terlibat dalam perang dunia, khususnya perang dunia II. Dengan segala bentuk kematangan dan pengalaman perang yang dimiliki, Jepang merupakan negara yang memiliki kekutan militer besar di Asia. Apalagi dengan adanya ketegangan militer dengan beberapa negara tetangganya, membuat Jepang menjadi semakin serius dalam hal memperkuat sistem pertahanan dan kemampuan perang negara ini. Adapaun teknologi canggih dan alat perang yang dimiliki oleh Jepang saat ini adalah :

4.1 Kapal selam Soryu

photo via : radarmiliter.blogspot.co.id

Sebuah negara kepulauan memang memerlukan armada laut yang kuat. Salah satu armada laut terkuat ini adalah berasal dari kapal selam. Adapun kapal selam yang dimiliki oleh Jpenag adalah kapal selam kelas Soryu yang merupakan kapal selam dengan bobot 4200 ton ketika terendam air. Adapun fitur – fitur yang ada didalam kapal selam ini ialah ia mampu menyelam sejauh 500m, memiliki 6 tabung torpedo 533mm dengan 30 isi ulang torpedo type 89 dan rudal UGM-84 Harpoon.

4.2 Kapal Atago kelas destroyer

photo via : forum.worldofwarships.eu

Jika sebelumnya, Jepang menggunakan kapal destroyer kelas Kongo, kini mereka menggunakan kapal destroyer kelas atago yang mana memiliki bobot 10.000 ton. Secara teori, kapal ini lebih seperti mobil dan bukan lah termasuk kelas destroyer. Yang mana kapal ini memiliki tugas utama untuk pertahanan udara jarak jauh. Walaupun tugas utamanya adalah untuk pertahanan udara, kapal ini memiliki kemampuan anti kapal permukaan dan juga anti kapal selam, yang mana mereka diperkuat dengan 8 rudal anti kapal (SSM-1B) yang mirip dengan harpoon dan memiliki jangkauan 150km, 2 type 68 tabung dan 323mm. Kapa ini juga memiliki 2 phalanx CIWS 20mm untuk pertahanan terakhir terhadap rudal.

4.3 Mitsubishi F-2

photo via : www.artileri.org

Jet tempur mitsubishi F-2 ini merupan sebuah modifikasi dari jet tempur milik amerika dengan amat banyak dan liar. pesawat ini telah dilengkapi dengan radar AESA dan peralatan lainnya. Berbeda dengan F-16 yang merupakan induk dari pesawat ini, F-2 memiliki bentuk fisik dimana pada bagian moncong pesawat dibuat lebih panjang dan lebih lebar untuk mengakomodasi adanya radar AESA. Mitsubishi F-2 juga mampu membawa 4 rudal Type-88 anti-kapal. Rudal ini memiliki jangkauan 50 km dan hulu ledak 150 kg. Pesawat ini dapat membawa berbagai rudal anti-kapal di 4 cantelan untuk tugas ofensif. Peluru kendali udara ke udara buatan lokal yang memiliki karakteristik kinerja yang lebih baik daripada analognya dari Amerika. Salah satu kekurangan menggabungkan begitu banyak teknologi adalah biaya tinggi yang menjadikan harga pesawat pun juga gila-gilaan karena mencapai empat kali dibandingkan harga F-16 Blok 52. Hal ini mengakibatkan pengurangan produksi dan akhirnya hanya 94 pesawat yang dibeli.

4.4 Kawasaki P-1

photo via : www.reddit.com

Kawasaki P1 merupakan sebuah kapal yang sangat kuat dengan desain yang sangat baik dan memiliki mesin turbofan yanng mampu terbang lebih cepat dan lebih panjang dari pendahulunya. Pesawat ini mampu membawa 9 ton persenjataan yang meliputi campuran rudal anti kapal dan torpedo. Pesawat ini dapat membawa 9 ton persenjataan yang meliputi campuran rudal anti kapal dan torpedo. Ia juga telah dilengkapi dengan radar AESA yang mempu memindai 360 derajat dan membantu untuk melacak kapa di permukaan laut dan bahkan pesawat terbang.

Pesawat ini juga merupakan yang pertama di dunia yang dilengkapi dengan sistem penerbangan fly by light. Pesawat ini merupakan pesawat patroli yang paling pas untuk patroli di berbagai kepulauan di Jepang. P-1 ini bisa dikatakan sebgai pesaing setara dari p-8 poseidon milik Amerika yang mana pemerintah Jepang berencana untuk mengganti sepenuhnya 80 armada p-3 menjadi Kawasaki P-1.

4.5 Tank tipe 10 MBT

photo via : moddb.com

Tank tipe ini adalah sebuah hasil dari program pengembangan dari Main Battle Tank generasi keempat yang dibuat unutk mengganti dan melengkapi jumlah tank yang sudah usang. Di dalam tank ini terdapat penyempurnaan jaringan C41 yang memungkinkan tank untuk saling berbagi informasi dengan tank tipe 10 lainnya dan dapat beroperasi sebagai sebuah unit yang terintegrasi. Untuk kecepatan geraknya sendiri, tank ini mampu bergerak dengan kecepatan maksimum 70km/jam baik itu saat berjalan maju ataupun berjalan mundur.Tank ini memiliki Nano-crystal steel, baja komposit keramik modular yang memberikan tingkat perlindungan yang sangat tinggi dan tidak membuat berat tank hanya dibawah 48 ton ketika penuh.

4.6 Destroyer Class Akizuki

photo via : www.mintfo.com

Selain destroyer kelas kongo dan atago, Jepang juga punya kapal besar lainnya yang seberat 6.800 ton yakni kelas Akizuki. Kapal perang yang satu ini memiliki teknologi yang lebih tinggi dan juga konten dalam negeri yang lebih banyak. Kelebihan dari Akizuki ini adalah penggunaan radar pencarian dan pelacakan elektronik yang setara dengan yang lebih kecil SPY-1D dan radar pengendalian tembakan juga menggunakan pemindaian elektronik.

Sedangkan untuk urusan persenjataan, Akizuki membawa 32 SM-2MR SAM di cell VLS MK41 dan memiliki peluncur 8 tabung untuk rudal SSM-1B Anti-Kapal. Mereka juga memiliki 2 Phalanx 20 mm CIWS Block1B dan 2 rangkaian yang masing-masing terdiri dari tiga tabung torpedo 324 mm. Mereka memiliki kemampuan multi-peran yang seimbang dan terutama dirancang untuk mengawal armada ‘perusak helikopter’ Jepang dan melindungi mereka dari serangan kapal selam dan pesawat. Saat ini,sudah ada 4 kapal Akizuki yang bertugas bersama angkatan laut jepang.

4.7 F-15J

photo via : id.gta5-mods.com

Jepang merupakan operator internasional terbesar dari F-15 sekaligus merupakan satu-satunya yang memiliki lisensi untuk memproduksi pesawat dengan 223 unit F-15J. F-15J adalah varian satu kursi sedangkan DJ adalah varian pesawat dengan dua kursi. Pesawat tempur ini adalah yang terbesar dalam gudang senjata Angkatan Udara Jepang dan memiliki rentang terpanjang yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan rantai pulau Jepang secara efektif. Pesawat ini memiliki kemampuan untuk membawa lebih dari 10 ton bom, rudal atau peralatan lainnya yang dapat membawa rudal udara ke udara. Jepang mulai memperbanyak produksi armada F-15J untuk mempertahankan kemampuan tempur pesawat tua F-4J yang akan dipensiun ketika F-35A datang.Dengan dilakukakannya upgrade baru seperi radar baru, prosesor dan mesin yang lebih kuat.

4.8 Type 3 CHU-SAM

photo via : weaponsystems.net

Rudal ini merupakan hasil produksi tahun 2005 yang juga membuktikan kualitas industri elektronik Jepang. Sistem rudal dari permukaan ke udara ini dirancang sedemikian rupa untuk mencegat rudal jelajah yang terbang rendah, pesawat dan juga rudal balistik taktis. Sistem rudal ini terdiri dari sebuah truk peluncuran dengan 6 sel peluncuran rudal vertikal dengan sebuah truk reloader, kendaraan komando dan kontrol, truk generator dan sebuah radar multi fungsi yang dipasang pada truk 8 × 8.

Dengan rudal ini, Jepang memungkinkan untuk beroperasi sebagai bagian dari jaringan yang luas dan secara efektif menutup lubang dalam pertahanan udara Jepang. Rudal didukung oleh motor roket propelan padat dan mampu berjalan pada kecepatan Mach 2,5. Rudal memiliki jangkauan lebih dari 50 km dan dapat menembak target terbang pada ketinggian lebih dari 10 km dengan yang hulu ledak 73 kg. Seluruh sistem memiliki integrasi dan otomatisasi tingkat tinggi dan membuat pilihan yang sempurna untuk membela rantai besar pulau Jepang.

4.9 .Kapal kelas Izumo dan Hyuga

photo via : mylesat.com

Karena Jepang merupakan negara kepulauan, maka diperlukan sebuah armada kelautan yang kuat yang mampu mengangkut sejumlah besar pasukan dan juga peralatan tempur. Dan salah satu jenis kapal yang dimiliki oleh Jepang yang mampu mengakomodir hal tersebut adalah kapal kelas Izumo dan Hyuga. Hal ini menjadikan kebutuhan mutlak untuk memiliki armada helikopter besar yang beroperasi di operator.

Kapal perusak helikopter Kelas Izumo dan Hyuga (begitu Jepang menyebutnya) dibangun untuk peran ini. Secara teknis, mereka adalah kapal serbu amfibi atau LHD (Landing Helicopter Docks) karena mereka memiliki dek datar besar yang mampu menjadi tempat operasi helikoper dan bisa membawa 500-1000 tentara, tank dan kendaraan lain dan menyebarkan dengan cepat.

Kapal kelas Izumo baru adalah kapal perang terbesar di Angkatan Laut Jepang dengan panjang 248 m panjang dan menggusur bobot 27.000 ton. Sedangkan Kelas Hyuga memilikki panjang 197 m dengan bobot 19.000 ton. Izumo dilengkapi dengan radar AESA, Phalanx dan SeaRam CIWS, sonar busur dan penanggulangan anti-torpedo.

Untuk kapal kelas Hyuga sedikit lebih bervariasi dibanding Izumo karena memiliki 16 sel MK41 VLS yang memungkinkan untuk membawa 16 SAM (4 ESSM per sel) dan 12 ASROC rudal anti kapal selam. Hyuga juga memiliki dua sistem torpedo dengan masing-masing memiliki tiga tabung torpedo 324 mm memberikan kemampuan anti kapal selam, memberikan keunggulan dibanding Izumo dalam operasi anti kapal selam.

4.10 Type 16 MCV

photo via : youtube.com

Type 16 Maneuver Combat Vehicle adalah kendaraan tank destroyer beroda ban Pasukan Bela Diri Jepang. Kendaraan lapis baja delapan roda ini dilengkapi dengan meriam 105 mm, dan unggul pada mobilitas dan dapat diangkut melalui udara.

Kendaraan dukungan tembakan ini pertama kali ditampilkan pada tahun 2013. Sumber resmi menyebutkan bahwa MCV akan diproduksi oleh Mitsubishi Heavy Industries dan mulai berdinas pada 2017. Direncanakan sekitar 200-300 kendaraan ini akan diproduksi untuk AD Beladiri Jepang. Kendaraan ini akan menggantikan sebagian tank tempur utama yang telah menua. Dengan mengakuisisi kendaraan dukungan tembakan beroda, Jepang berencana mengurangi jumlah tank tempur utama-nya dari 740 menjadi 300 unit dalam beberapa tahun
kedepan.

 

Artikel Terkait