Keren! Inilah 15 Oasis Terindah di Dunia

1 bulan, by blogunik

Oasis Terindah Di Dunia

Oasis atau Oase adalah suatu daerah subur terpencil yang berada di tengah gurun, umumnya mengelilingi suatu mata air atau sumber air. Oasis ini juga dapat menjadi habit bagi hewan bahkan manusia jika memiliki area yang cukup luas. Oasis ini dibentuk dari sungai bawah tanah atau akuifer seperti akuifer artesis dimana air dapat mencapai ke permukaan melalui tekanan secara alami maupun melalui sumur buatan manusia. Di dunia terdapat beberapa oasis dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Mau tahu oasis apa saja? Simal rangkuman 15 oasis terindah di dunia versi Blog Unik berikut ini.

15 Oasis Terindah di Dunia

1. Oasis Bulan Sabit, Dunhuang, Tiongkok

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Bulan Sabit, Dunhuang, Tiongkok

Photo via advantour.com

Oasis Bulan Sabit adalah salah satu oasis terindah di dunia, oasis ini berada di selatan kota Dunhuang di utara negara Tiongkok. Oasis yang mendapat sebutan danau Yueyaquan ini memiliki mata air murni. Sejak zaman Dinasti Han, oasis ini menjadi tempat persinggahan penting dalam jalur sutera yaitu antara negara Tiongkok dan dunia Barat. Oasis ini memiliki panjang sekitar 218 meter dan lebar 58 meter. Oasis ini juga disebut oasis danau bulan sabit karena bentuknya yang khas yang berfungsi sebagai daya tarik wisata utama, Oasis ini dikelilingi oleh bukit pasir yang dikenal sebagai Singing Sands yang dapat dijelajahi melalui wahana unta.

2. Oasis Bussento, Morigerati, Italia

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Bussento, Morigerati, Italia

Photo via ilcefalo.it

Salah satu oasis terindah di dunia ini bernama Oasis Bussento terletak di Morigerati, Italia. Oasis yang berafiliasi dengan World Wildlife Fund (WWF) terletak di Taman Nasional Cilento dan Vallo di Diano di belakang pantai Cilentan yang indah. Ini adalah cagar alam yang dilindungi yang didominasi oleh Sungai Bussento yang indah.

3. Oasis Chebika, Tunisia

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Chebika, Tunisia

Photo via aiotunisia.com

Oasis satu ini menjadi terkenal karena sempat menjadi lokasi syuting Star Wars: A New Hope. Oasis ini terletak di kaki Pegunungan Djebel el Negueb dan oasis ini disebut Qasr el-Shams, frasa bahasa Arab untuk “Istana Matahari”. Oasis ini dikelilingi dengan pohon-pohon palem yang menciptakan tempat unik berwarna hijau dengan latar pegunungan tandus.

4. Oasis Ein Gedi, Israel

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Ein Gedi, Israel

Photo via fromthegrapevine.com

Oasis Ein Gedi adalah salah satu oasis terindah di dunia yang terletak di sebelah barat Laut Mati, dekat dengan Masada dan goa Qumran. Oasis ini terkenal dengan goa, mata air dan keanekaragaman flora dan fauna yang kaya. Oasis Ein Gedi ini juga dinyatakan sebagai cagar alam pada tahun 1971 oleh Israel.

5. Oasis Huacachina, Peru

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Huacachina, Peru

Photo via pinterest.com

Oasis Huacachina ini terletak di wilayah Ica dan merupakan satu-satunya oasis gurun di Amerika Serikat. Oasis ini juga merupakan tempat tinggal bagi sekitar seratus orang. Perairannya yang murni dan bukit pasir yang indah menarik ribuan wisatawan lokal dan asing. Disini para pengunjung juga dapat menikmati olahraga sandboarding dan naik kereta gundukan pasir.

6. Oasis Havasu, Arizona, AS

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Havasu, Arizona, AS

Photo via travelwallpaperstock.com

Oasis Havasu adalah salah satu oasis terindah di dunia, dimana oasis ini berada di Arizona, Amerika Serikat. Tempat ini merupakan sebuah kolam air yang indah dimana tempat ini terbentuk oleh air terjun Havasu di Havasu Canyon Arizona. Oasis ini menjadi surga di tengah lanskap gurun. Kolam ini memiliki warna biru yang cantik, dimana warna biru ini disebabkan oleh batu kapur yang terletak dibawahnya yang mencerminkan warna langit.

7. Oasis Lençóis Maranhenses National Park, Brazil

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Lençóis Maranhenses National Park, Brazil

Photo via pinterest.com

Oasis ini terletak di negara bagian Maranhão di Brazil, tempat ini juga telah ditetapkan sebagai taman nasional oleh pemerintah. Berbaring tepat di luar Lembah Amazon, wilayah ini menerima curah hujan yang melimpah antara Mei dan September, yang mengarah ke pembentukan laguna yang indah di perairan biru jernih di tengah bukit pasir. Wilayah ini juga merupakan rumah bagi orang-orang India Caeté, dan spesies burung dan kura-kura yang bermigrasi termasuk fauna yang dapat ditemukan di sini.

8. Oasis Liwa, Uni Emirat Arab

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Liwa, Uni Emirat Arab

Photo via nexttriptourism.com

Uni Emirat Arab (UEA) tidak hanya dikenal memiliki gedung tingginya saja yaitu Burj Khalifa, namun disini juga terdapat oasis terindah di dunia bernama Oasis Liwa. Wilayah alami ini dikelilingi oleh desa-desa dan pertanian yang mengitari tepi Rub ‘al-Khali atau “Kawasan Kosong” Arab Saudi. Bentang alam ini juga mulia ini memiliki tempat khusus di hati rakyat UEA, hal ini dikarenakan tempat ini merupakan tempat kelahiran dua negara. Dimana keluarga yang berkuasa di negara itu Al Nahyan dan Al Maktoum.

9. Oasis Siwa, Mesir

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Siwa, Mesir

Photo via misteraladin.com

Oasis Siwa adalah sebuah oasis perkotaan di Mesir antara Cekungan Qattaea dan Laut Pasir Besar di Gurun Barat, sekitar 50 km dari timur perbatasan Libya dan 560 km dari Kairo. Oasis ini memiliki panjang sekitar 80 km dan lebar 20 km. Oasis ini juga menjadi salah satu pemukiman paling terisolasi di Mesir dengan sekitar 33.000 orang dan kebanyakan adalah orang Berber yang mengembangkan sebuah budaya unik dan bahasa khas dari rumpun bahasa Berber yang disebut bahasa Siwi.

10. Oasis Tafilalt, Maroko

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Tafilalt, Maroko

Photo via twitter.com/pisatrekking

Tafilalt atau Tafilet adalah sebuah wilayah dan oasis terbesar di Maroko, dimana tempat ini terletak di tepi barat Gurun Sahara di sepanjang tepi Sungai Ziz. Lokasi oasis ini berfungsi sebagai rute perdagangan abad pertengahan dan memungkinkan sejumlah desa berbenteng muncul di sekitarnya selama beradad-abad. Pohon-pohon palemnya dikenal menghasilkan kurma lezat yang diekspor ke berbagai negara di dunia.

11. Oasis Turpan, China

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Turpan, China

Photo via baklol.com

Oasis Turpan adalah salah satu oasis terindah di dunia yang berada di wilayah Xinjiang, Cina. Wilayah bersejarah ini dulunya merupakan pusat perdagangan utama di sepanjang jalur sutra. Iklim di gurun ini sangat dingin namun vegetasi tumbuh subur disini karena “karez” yang merupakan kanal irigasi bawah tanah buatan manusia.

12. Oasis Timia, Niger

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Timia, Niger

Photo via vanishingculturesphotography.com

Timia adalah sebuah kota kecil dan komune di Niger utara, disini terdapat sebuah oasis di Pegunungan Aïr, Wilayah Agadez, Departemen Arlit. Terlepas dari oasisnya yang terkenal, Timia adalah rumah bagi pohon kurma dan jeruk. Pengunjung juga dapat melihat air terjun musiman, bekas benteng Prancis dan kota Assodé yang hancur di dekatnya.

13. Oasis Taghit, Algeria

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Taghit, Algeria

Photo via algerie-focus.com

Oasis Taghit adalah salah satu oasis di Gurun Sahara, dimana Taghit dikenal dengan bukit pasirnya yang megah dan pohon-pohon palem yang menjulang tinggi di sekitarnya. Di dekat kota terdapat ukiran batu Tahtania yang berusia sekitar 20.000 tahun.

14. Oasis Ubari, Libya

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Ubari, Libya

Photo via amusingplanet.com

Oasis satu ini merupakan oasis cantik yang berbahaya di Tengah Gurun Pasir Libya. Berada di lembah Targa, Libya Danau Ubari Sand Dunes terbentang cantik yang menawarkan pemandangan magis dan mempesona di tengah pada pasir yang luas. Oasis ini membentang seluas 12 ribu kilometer persegi dikelilingi vegetasi rawa dan pepohonan palem khas gurun. Perairannya yang jernih, memantulkan cahaya bak kristal di tengah gurun dengan kedalaman 7 meter hingga 32 meter. Oasis ini dihuni kawanan algae merah.

15. Oasis Wadi Bani Khalid, Oman

Oasis Terindah Di Dunia - Oasis Wadi Bani Khalid, Oman

Photo via followmeaway.com

Negara Timur Tengah adalah rumah bagi beberapa oasis paling indah dan salah satunya adalah Oasis Wadi Bani Khalid. Air mengalir ke oasis sepanjang tahun dari mata air alami yang terletak di bagian atas lembah, sehingga menjadikannya tujuan wisata yang menarik setiap saat sepanjang tahun. Oasis ini juga menjadi salah satu oasis terindah di dunia.

 

Itulah beberapa oasis terindah di dunia yang memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Artikel Terkait