Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Bagi beberapa wanita, memiliki lemak di perut dapat mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, jika dibiarkan berkepanjangan akan menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, namun salah satu cara yang tepat dan bagus untuk membakar lemak di perut yaitu rutin berolahraga. Ada berbagai macam olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut. Berikut ini jenis olahraga yang bagus untuk membakar lemak perut

1. Berenang

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via beritaharian1010.blogspot.com

Buat kalian yang ingin membakar lemak-lemak di perut, coba deh berenang. Kamu bisa berenang selama 20 – 30 menit minimal 2 kali seminggu. Tapi sebelum berenang jangan lupa lakukan pemanasan dulu setidaknya 10 menit. Dengan berenang, kamu tidak hanya dapat mengecilkan perut saja, tapi juga memelihara kekuatan otot serta tulang, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Bersepeda

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via krosno112.pl

Saat ini olahraga bersepeda sedang banyaknya digemari orang-orang. Ternyata bersepeda selama 30 menit dapat membakar hingga 260 kalori lho. Nah, jika kamu rutin melakukan olahraga ini, perutmu yang berlemak itu bisa menghilang loh.

3. Bicycle crunches

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via popsugar.co.uk

Bicycle crunches merupakan salah satu jenis olahraga yang bagus untuk membakar lemak perut. Olahraga ini dapat mengencangkan abdomen dan membakar lemak-lemak yang ada di perut serta pinggang. Cara melakukan olaharaga ini yaitu dengan berbaring di tempat yang datar dengan posisi lutut ditekuk dan tumit berada di lantai. Kemudian kaitkan jari-jari tangan dan letakkan di belakang kepala. Lalu angkat kaki dan tekuk bagian lutut dengan posisi lurus, setelah itu gerakkan kaki seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan dalam 5 set dengan 20 kali gerakan di setiap setnya, untuk setiap setnya beristirahatlah selama 30 detik.

4. Boat pose

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via yogajournal.com

Next ada boat pose atau navasana, olahraga ini fokus dengan kekuatan, tenaga, data tahan otot dan keseimbangan. Bagian tubuh yang bekerja ketika melakukan hal ini yaitu panggul, tubuh bagian tengah, kaki dan punggung. Untuk melakukan olahraga ini kamu bisa memulai dengan posisi duduk diatas matras, kemudian tekuk kedua lutut di depan dan kedua kaki menapak di matras. Setelah itu telapak tangan hadapkan ke atasm luruskan lengan ke depan hingga tangan menggosok sisi kedua lutut. Condongkan tubuh ke belakang hingga bersudur 45 derajat dengan lantai. Kemudian perlahan angkat kaki dari lantai sambil meluruskan kaki membentuk V. Buka dada dan aktifkan otot bagian perut untuk menahan posisi. Tahan posisi seperti ini setidaknya selama tiga tarikan napas panjang.

5. Burpee

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via popculture.com

Olahraga ini dapat kamu lakukan dirumah lho, olahraga ini dapat melatih otot inti, dada, bahu, trisep dan paha depan. Ketika melakukan olahraga ini kamu melakukan empat gerakan sekaligus lho yaitu melompat, squat, pank dan push up. Untuk melakukan gerakan ini, berdirilah dan buka kaki selebar bahu, kemudian turunkan tubuh ke bawah dalam posisi squat. Lantas ubah posisi tubuh ke posisi push up dan kemablilaj ke posisi squat dengan cepat. Setelah itu, lompatlah dengan lengan diatas kepala. Lakukan gerakan ini sebanyak 12-25 kali.

6. Crunch

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via anandabazar.com

Dari olahraga diatas, crunch menjadi olahraga terpopuler untuk membakar perlemakan di perut. Gerakan crunch hampir sama dengan sit-up hanya saja crunch sedikit mengangkat tubuh bagian atas saja yaitu bahu dan kepala. Untuk melakukan gerakan ini kamu bisa memulainya dengan berbaring di lantai kemudian tekuk lutut dan letakan telapak kaki rata dibawah. Setelahnya letakkan tangan dibelakang kepala dan ibu jari dibelakang telinga. Lalu angkat tubuhmu ke atas hingga kepala, leher dan bahu terangkat dari lantai. Tahan posisi seperti ini sebentar kemudian kembalilah ke posisi awal perlahan-lahan.

7. Forearm plank

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via yogajournal.com

Plank sendiri memiliki beberapa varian salah satunya yaitu Forearm plank. Forearm plank ini dapat menghilangkan lemak di perut sekaligus menguatkan bahu. Jika kamu ingin melakukan olahraga ini, kamu bisa mengambil posisi seperti push-up dengan jari kaki menahan beban tubuh dan jaga siku dibawah bahu. Lalu angkat tubuh dengan posisi seperti push-up, ketika melakukan gerakan ini berat badan akan ditanggung oleh lengan dan jari kaki. Tahanlah posisi ini minimal 30 detik untuk pemula. Kalau sudah kuat durasinya dapat di tambah.

8. Jumping Jacks

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via batampos.id

Jumping Jacks merupakan salah satu olahraga yang mengharuskanmu untuk melompat dan bergerak dengan aktif. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan seluruh otot tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat tulang. Kamu bisa melakukan jumping jacks ini selama 60 detik secara rutin setiap harinya.

9. Jogging

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via total-sante.com

Jenis olahraga yang bagus untuk membakar lemak perut selanjutnya ada Jogging. Olahraga ini tidak hanya mudah dilakukan, namun juga efektif dalam membakar lemak perut. Kamu bisa melakukan olahraga ini setidaknya selama 20 – 30 menit setiap 3 – 4 kali seminggu.

10. Mountain climber

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via indosport.com

Tak hanya dapat melatih otot, mountain climber juga dapat mengecilkan lemak di perut lho. Caranya cukup mudah, ambilah posisi push-up kemduian tepatkan pergelangan tangan tepat di bawah bahu. Kemudian dorong lutut kanan ke arah dada dan kembalikan ke posisi semula. Lakukan hal yang sama juga dengan lutut kiri. Agar mendapatkan hasilnya, lakukan gerakan ini berulang-ulang.

11. Senam Aerobik dan Zumba

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via lifestyle.sapo.pt

Olahraga ini banyak sekali digemari oleh anak muda hingga ibu-ibu yaitu senam aerobik dan zumba. Tak heran di beberapa daerah memiliki kelas senam atau pusat kebugaran yang menawarkan jenis olahraga satu ini. Olahraga ini sangat efektif untuk membakar kalori dan mengecilkan perut. Selain itu, senam aerobik juga dapat memperkuat sendi serta tulang, meredakan stres dan memperbaiki mood.

12. Sit Up

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via lemonilo.com

Semua orang tentunya mengetahui jika olahraga sit-up menjadi salah satu jenis olaharaga yang populer untuk membakar lemak perut. Selain itu, olahraga ini juga dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut. Untuk melakukan olahraga ini kamu bisa melakukannya dengan berbaring di lantai dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk, kemudian angkat badan kearah lutut sambil menghembuskan napas dan perlahan turunkan kembali ke lantai sambil menarik napas.

13. Squat

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via inquisitr.com

Jenis olahraga satu ini bisa dikatakan susah-susah gampang, untuk melakukannya kamu bisa membuka kaki kemudian turunkan tubuh ke posisi squat dengan tangan menyilang sambil memegang bahu. Bertahanlah dengan posisi ini selama 30 – 60 detik lalu perlahan berdiri tegak. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali ya!

14. Side planks

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via shape.com

Next ada Side planks, gerakan satu ini sangat efektif dalam mengecilkan dan mengencangkan otot-otot perut lho. Cara untuk melakukan gerakan ini yaitu berbarilah di tempat datar dengan satu sisi tubuh. Lalu tahan tubuh dengan menggunakan lengan tangan dan tegakkan hingga lurus tepat dibawah bahu. Ketika melakukan gerakan ini, pastikan posisi tubuh antara kaki hingga badan lurus agar terhindar dari cidera. Rentangkan kakimu dan tahan posisi ini selama beberapa detik.

15. Skipping

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via pravda.ru

Lompat tali atau skipping dikatakan mampu mengecilkan perut lho. Tak hanya mudah dilakukan, peralatannya juga tergolong murah. Walaupun terbilang cukup mudah, olahraga ini harus tetap dilakukan dengan cara yang benar lho. Ketika melakukannya pastikan tumit tidak menyentuh lantai dan angkat kaki beberapa sentimeter dari tanah ketika melewati tali. Selain itu, pastikan hanya pergelangan tangan saja yang memutar tali.

16. Scissor Leg

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via skimble.com

Olahraga ini dikatakan dapat mengecilkan perut lho, caranya berbarilah terlentang dan letakkan tangan dibawah pinggul lalu telapak tangan menghadap ke bawah. Lalu angkat kedua kaki lurus ke udara hingga sama rata. Kemudian jaga kedua kaki selurus mungkin dan gunakan otot perut ketika menurunkan kaki kanan ke lantai tanpa menyentuh kebawah, kembalikan kaki ke posisi awal.

17. Sumo squat

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via popsugar.com

Sumo squat merupakan salah satu olahraga untuk membakar lemak perut. Caranya sangat mudah rentangkan kaki lebih lebar dari bahu dan posisikan kaki dengan sudut 45 derajat. Lantas lakukan squat dengan sudut 90 derajat dan angkat tangan dibawah dagu atau kepalkan kedua tangan di dada. Kemudian kembalilah ke posisi awal dan lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

18. Sprawl

Olaharaga ini akan menggerakan seluruh tubuh untuk melatih otot sebanyak mungkin sambil membakar kalori dan mengencangkan tubuh bagian atas dan bawah khususnya pada perut. Aturalh tubuh di posisi squat, kemudian turunkan tubuh ke posisi push-up. Lakukan gerakan ini dengan cepat dan berulang-ulang. Setidaknya lakukan sprawl sebanyak 3-4 set dalam sekali sesi latihan, dalam satu set berisi 15 kali gerakan.

19. Toe reaches

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via gethealthyu.com

Salah satu gerakan ini dapat mengecilkan dan mengencangkan otot perut lho. Cara melakukan toe reaches yaitu baringkan tubuh di tempat datar, kemudian angkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat. Ketika mengangkat kaki, pastikan jika bagian perut bawah ikut bekerja dan merasakan beban. Lalu raihlah jari kaki dengan kedua tangan dan tahan selama 1-2 detik. Gerakan ini bisa kamu lakukan secara berulang-ulang sebanyak 12-18 kali.

20. Yoga dan Pilates

Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Membakar Lemak Perut

photo via jovee.id

Terakhir ada Yoga dan Pilates, olahraga jenis ini terbukti efektif dalam membakar lemak di perut. Selain itu, olahraga ini juga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat, mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

 

Itulah beberapa jenis olahraga yang bagus untuk membakar lemak perut yang bisa kamu lakukan. Jika olahraga diatas rajin dilakukan, bukan tak mungkin lemak-lemak di perutmu akan menghilang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.