Para Penggiat Media Sosial Yang Menuai Kontroversi. Bijaklah Dalam Bersosial Media!!

1 tahun lalu

Dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, sepertinya hampir setiap orang telah memiliki akun media sosial sebagai pelengkap gaya hidup dijaman millennial seperti sekarang ini. Media sosial bukan lagi untuk media komunikasi namun digunakan untuk memberi informasi, media promosi hingga tempat mengemukakan pendapat.

Tapi banyak dari mereka yang malah salah dalam memanfaatkan media sosial. Mereka yang salah memanfaatkan media sosial malah menggunakannya sebagai tempat pamer, saling hujat dan hina bahkan dijadikan sebagai tempat mengeluarkan pendapat yang seharusnya tidak dikeluarkan di khalayak umum seperti media sosial yang semua orang bisa melihatnya. Dalam beberapa kasus ada banyak postingan media sosial dari status, foto hingga video yang menuai kontroversi sehingga membuat netizen geram bahkan ada yang sampai masuk ke meja hijau. Pengen tau seperti apa cuitan-cuitan di media sosial yang mengundang kontroversi? Langsung cek dibawah ini yuk!

1. Cuitan Yang Menghina Putra Presiden Jokowi

photo via : www.brilio.net

Orang yang memiliki pendidikan tinggi belum tentu dirinya bisa menjaga omongan yang baik. Seperti pemiliki akun twitter bernama Mahsina yang menuai kontroversi lantaran cuitannya yang menghina putra bungsu presiden Jokowi yakni Kaesang. Dalan cuitannya tersebut, Mahsina menilai bahwa Kaesang kampungan karena menggunakan uang 1 milyar hanya untuk berjualan martabak yang ia rintis sendiri yaitu Markobar.

2. Foto Membakar Orang Utan

photo via : http://www.profauna.net

Dengan facebook kita memang bebas berbagi momen-momen menyenangkan dengan teman-teman kita, namun kebebasan tersebut disalah artikan oleh pengguna facebook bernama Polo Panitia Hari Kiamat. Akun facebook yang bernama agak lebai tersebut memposting foto dimana dirinya sedang terlihat membakar hewan dilindungi yakni orang utan. Melalui caption bertuliskan “Dimasak gawe buka puasa” dan “Yooo di masak bumbu kecap seger”, ia berhasil membuat banyak orang marah karena seharusnya, orang utan merupakan binatang yang dilindungi dan terancam punah. Kini akun dengan nama yang cukup alay tersebut sudah tidak aktif dan masih menyisakan kabar yang menggantung dari pihak kepolisian.

3. Destiia Barbiie, Pengguna Media Sosial Yang Terlalu Sombong Dan Suka Pamer

 

Akun facebook bernama Destiia Barbiie kerap kali membuat warganet merasa geram. Pasalnya ia sering meengunggah status dan foto bernada nyinyir terhadap orang miskin. Tak heran jika banyak netizen yang kesal dengan ulahnya dan tak jarang, para netizen yang menuntut untuk Destiia agar bertobat. Semua hal tersebut semata-mata agar Destiia berhenti memposting status atau foto yang bermuatan kebencian dan berkesan pamer karena hartanya yang melimpah, padahal di setiap foto-foto yang diposting oleh Destiia selalu buaram dan tak menunjukkan seseorang yang kaya.

4. Dominico Danang, Penembak Kucing Yang Viral

photo via : http://bobbyfernando.com

Lain Destiia, lain lagi Dominico Danang. Akun facebook bernama Dominico Danang sempat menjadi viral hingga masuk ke media televisi. Bukan karena terlalu sombong, namun karena perilakunya yak sangat kejam. Pasalnya lewat postingan fotonya, Danang memarkan hasil tangkapannya berupa kucing yang ia bunuh dengan cara menembaki kepalanya dengan senapan. Foto mengerikan tersebut akhirnya menjadi viral dan mengundang banyak sekali respon dari masyakarat, baik pengguna media sosial maupun media cetak.

5. Kemal, Hina Kota Bandung dan Ridwan Kamil

photo via : anekainfounik.net

Media sosial bisa sangat merugikan jika kita tidak bisa menggunakannya secara bijak. Seperti kasus yang menimpa Kemal. Pemiliki akun twitter @kamalsept membuat heboh dunia maya lantaran cuitannya yang mengundang kontroversi. Twit Kemal dimulai dengan ungkapan kekesalannya tinggal di Bandung. Dia kemudian melanjutkan kicauannya dengan menyebut Bandung dengan kota yang penuh perek (pelacur). Total ada empat kicauan yang ditulis Kemal yang menghina Kota Bandung termasuk menyebut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan kata ‘kunyuk’ (monyet). Ridwan Kamil yang di-mention dalam kicauan kemal memberi tanggapan atas rangkaian tweet itu. “@kemalsept anda secara resmi sy laporkan ke kepolisian, utk twit2 penghinaan.psl 27 UU 11 thn 2008.” Ridwan juga memposting foto capture rangkaian tweet Kemal sebagai barang bukti penghinaan. Sayangnya, saat diakses, akun @kemalsept sudah tidak aktif lagi.

6. Florencia Sihombing, Menghina Yogyakarta

photo via : www.kaskus.co.id

Bukan hanya Bandung yang menjadi korban hinaan dari orang-orang tak bertanggung jawab. Di Yogyakarta juga diheborkan dengan cuitan seorang Mahasiswa salah satu universitas ternama di Yogyakarta bernama Florencia Sihombing yang mengatakan bahwa Jogja itu miskin, tolol dan tak berbudaya. Cuitan kasar yang ia pos di akun path itu sontak membuat geram para netizen. Selain itu karena kelakuannya tersebut Florencia harus berurusan dengan pihak berwajib dan menghadap Sri Sultan Hamengkubuwono. Selain itu, foto-foto dari Florencia Sihombing juga tersebar luas di media massa namun bukan karena prestasi, tapi karena prilaku yang tak terpuji.

7. Dinda, Membenci Ibu-ibu Hamil

photo via : http://blogdewantara.blogspot.co.id

Masih melalui media sosial bernama Path, akun bernama Dinda membuat gempar warganet dengan postingannya yang secara vulgar menyatakan kebenciannya terhadap ibu-ibu hamil yang meminta tempat duduknya di KRL. Tak cukup sampai di situ, perempuan muda ini pun masih terus melampiaskan kekesalannya. Ia menilai ibu hamil yang meminta kursi di angkutan umum sebagai seseorang yang seenaknya dan menyusahkan. Atas masalah tersebut, nama Dinda sudah disebut sekitar 33.700 kali di jejaring sosial Twitter, bahkan menjadi salah satu trending topic. Dinda selaku pelaku sudah meninta maaf atas kelakuannya tersebut, namun warganet tetap saja belum puas hingga tak jarang ada yang menyindir Dinda dengan meme-meme lucu yang terkesan menyindir kasus Dinda dengan ibu-ibu hamil.

8. Zhafira, Mengkritik Ibu Negara

photo via : http://ikhihdndewaayuekaratnadewi.blogspot.co.id/

Lain Dinda yang mengkritik ibu-ibu hamil, lain pula Zhafira yang nekat mengkritik Ibu Negara. Ia menyebut jika Ibu Negara tak seharusnya sibuk dengan instagramnya saat rakyat sedang kebanjiran. Namun karena salah lapak, kicauan Zhafira yang sebenarnya ia tunjukan ke Ibu negara yang sedang menjabat saat ini, ia malah tunjukan ke Ibu Ani Yudhoyono yang telah lama tak lagi menjabat sebagai ibu negara. Sontak cuitan Zhafira ini dibalas oleh ibu Ani Yudhoyono. “Lho ibu Jokowi dan ibu Ahok ke mana ya? Koq saya yang dimarahi?” jawab ibu Ani Yudhoyono. Sontak hal ini menjadi pembicaraan hangat para warganet di Indonesia.

9. Lippo Mall Puri, Melecehkan Pelanggan

photo via : news.idntimes.com

Tamu adalah raja, mungkin ungkapan tersebut tidak berlaku untuk mall setingkat Lippo Mall Puri. Pasalnya Lippo Mall Puri sempat membuat heboh dan menjadi perbincangan netizen di jejaring sosial lantaran postingan akun @LippoMallPuri yang dianggap seolah melecehkan seorang pelanggan. Kejadian ini bermula ketika seorang bernama Febby Ulfa Safila mengeluhkan prosedur program tarif flat parkir di mall tersebut. Bingung dan merasa parkir di Lippo Mall sangat rumit, ia pun menuliskan tweet yang di-mention ke akun resmi pusat perbelanjaan itu.

“Parkirannya ribet ya, ga ada announce yang jelas kalau harus bayar ke PPS. Akhirnya td bayar 10.000 payah!,” tulis Febby melalui akun @safilafeby. “@safilafeby kalau kere, jangan main ke mall ya kakak,” balas akun @LippoMallPuri.

Gara-gara postingan balasan itu, Lippo Mall pun menuai protes dari sejumlah netter. Netter mengkritisi sikap Lippo Mall dengan ramai-ramai menggunakan tagar #KamiKereLippoMall, serta berniat memboikot mall.

10. Fenomena Jilboobs

photo via : www.inovasee.com

Istilah Jilboobs mungkin sudah tak asing lagi bagi kalian yang setiap saat tak lepas dari mendia sosialnya. Yup Jilboobs merupakan penggabungan dari dua buah kata yakni “Jilbab” dan “Boobs”. Istilah tersebut mulai populer sejak munculnya halaman Facebook bernama Jilboobs yang memamerkan foto-foto wanita yang mengenakan hijab, tapi dengan pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh. Fenomena inipun menjadi pembicaraan para netizen, tidak hanya di Facebook, tapi juga di media sosial lain. Entah siapa yang menciptakannya, Fenomena Jilboobs bahkan sempat menjadi perbincangan hangat di dunia maya.

11. Kasus Video Di Taman Safari

Beberapa waktu lalu, warganet dihebohkan dengan beredarnya sebuah video di media sosial yakni instagram. Dalam video tersebut memperlihatkan kerumunan pemuda di dalam mobil yang memberikan minuman beralkohol pada binatang saat berkunjung ke Taman Safari. Salah satu diantaranya merekamnya dalam sebuah video dan diunggah ke Instagram. Tidak perlu menunggu lama, video ini kemudian jadi viral dan banyak juga komentar negatif yang tertuju pada mereka akibat perbuatannya yang diluar batas ini.

12. Aksi Selfie Yang Merusak Kebun Bunga Amarylis

photo via : www.liputan6.com

Pada musimnya, bunga-bunga amarylis memang selalu bermekaran dengan indah sehingga mampu menarik wisatawan utuk berkunjung melihatnya. Tapi sayangnya beberapa pengunjung merusak kebun bunga itu dengan saat berselfie. Foto-foto kebun bunga yang rusak karena ulah pengunjung ini tersebar di sosial media. Banyak pengguna sosmed yang mengkritik aksi para pengunjung yang disebut alay ini. Salah seorang pengguna Instagram, yang diduga salah satu penginjak bunga di kebun itu tidak terima dengan kritik dan kecaman dari para netizen. Pengunjung bernama Hesti ini sempat mengupload fotonya berjalan di tengah kebun bunga. Yang membuat para netizen gerah adalah caption yang ditulis wanita ini yang tak merasa bersalah sedikitpun.

“hestisundari_gue foto disini,masalah? bodo amat,suka suka gue dong
ngurus hidup sendiri aja belum tentu bisa,sok-sokan ngurusin bunga yang layu di kebun
#dolanjogja #explorejogja #kebunbungaamarylis #gunungkidul #jogja”

Foto dan captionnya pun beredar di sosial media. Karena captionnya tersebut, Hesti dibully oleh para pengguna Instagram hingga dia membuat akunnya itu privat.

13. Kasus Video Dua Karyawan Ojek Online Hina Para Driver

Sebelum mengunggah sesuatu ke media sosial hendaknya dipikir terlebih dahulu agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Seperti kasus dua wanita yang disebut sebagai pegawai dari ojek online ini yang kedapatan sedang menghina para driver ojek online di video yang mereka unggah di instagram dengan akun @sashadodds. Dalam video ini, nampak kedua wanita sedang asik melihat kerumunan driver ojek (yang bekerja untuk perusahaan yang sama) yang sedang melakukan aksi demo. Namun, percakapan antara dua wanita dalam video ini justru dianggap melecehkan para driver dan dianggap bertentangan dengan norma perusahaan tersebut. Tidak hanya hujatan yang mereka terima, kabarnya keduanya juga mendapatkan sanksi tegas dari perusahaannya akibat ulahnya ini.

14. Youtuber Tertawakan Orang Bunuh Diri di Hutan Jepang

photo via : www.rancahpost.co.id

photo via : http://jogja.tribunnews.com

YouTuber terkenal asal Amerika Serikat (AS), Logan Paul, mendapatkan kecaman dari netizen setelah membuat sebuah video blog (vlog) saat ia berkunjung ke Jepang. Vlog tersebut ia buat saat melihat mayat orang bunuh diri di Hutan Aokigahara yang dikenal sebagai Hutan Bunuh Diri. Dia (Logan) secara sadar mengunggah rekaman seseorang bunuh diri di Hutan Aokigahara di lereng Gunung Fuji, Jepang. Akibat perlakuannya dan guyonannya di dalam video yang menertawakan sebuah mayat yang di temukan di hutan itu. Nasib Logan berubah menjadi sangat miris. Selain mendapat kecaman dari para pengguna internet. Logan juga harus kehilangan pengikutnya di Akun YouTube. Tidak hanya itu, dia pun harus menerima diputus kemitraannya oleh YouTube.

Baca Juga