Penetapan tanggal awal Puasa Ramadhan 2017

    Pengetahuan

Sebentar lagi seluruh umat Islam didunia akan memasuki bulan puasa, namun penetapan tanggal awal puasa Ramadhan masih menjadi persoalan khususnya untuk umat Islam yang ada di Indonesia.

Pasalnya dari Muhammadiyah sendiri sudah terlebih dahulu menetukan awal puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal Sabtu, 27 Mei 2017 atau 1 Ramadhan 1438 H. sedangkan untuk NU dan pemerintah masih menunggu hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2017.

Namun patut kalian tahu ni sobat, sebelum terjadi suatu perdebatan tentang penetapan tanggal awal puasa, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu bahwa penetapan tanggal awal puasa di Indonesia menggunakan 2 metode perhitungan yaitu metode hisab hakiki wujudul hilal dan metode rukyatul hilal. Untuk metode hisab hakiki wujudul hilal yang biasa di gunakan atau di pakai warga Muhammadiyah, sedangkan untuk metode rukyatul hilal biasa di gunakan oleh pemerintah dan Nu.

Baca juga : alasan kenapa penetapan tanggal idul fitri di Indonesia berbeda-beda
Baca juga : 7 Peluang usaha yang bisa kamu lakukan selama bulan ramadhan

Untuk perbedaan kedua metode tersebut yaitu dari cara perhitungan derajatnya. Jadi bila mana ada perbedaan perhitungan, kalian jangan saling menyalahkan dulu, dikarenakan kedua perhitungannya semuannya benar dan di perbolehkan. Di sini blog unik akan memberikan sedikit sejarah ke dua organisasi besar di Indonesia tersebut.

Yang pertama sejarah Nahdlatul Ulama atau NU bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi, yang didirikan pada tanggal 31 Januari 1926. Untuk sejarah Muhammadiyah didirikan pada tanggal 18 Nopember 1912 oleh seorang yang bernama Muhammad Darwis atau KH Ahmad Dahlan. Kedua Organisasi tersebut merupakan oraganisasi besar islam.

Baca juga : Kombinasi Fashion baju dan hijab yang cocok (match) untuk bulan ramadhan

 

Terlepas dari perbedaan tersebut Muhammadiyah justru telah mengeluarkan surat Maklumat Muhammadiyah, yang dipublikasikan di situs Facebook Muhammadiyah dan ditetapkan di Yogyakarta, 16 Januari 2017.

Baca juga : Tradisi bulan ramadhan di Indonesia
Baca Juga : Hal yang selalu ditunggu di bulan ramadhan

Berdasarkan surat Maklumat Muhammadiyah yang dikeluarkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 1 Ramadhan 1438 Hijriyah bertepatan dengan Sabtu, 27 Mei 2017.

Selengkapnya Maklumat tersebut menetapkan bahwa:

  • 1 Ramadhan 1438 H (Awal Puasa) jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017 M.
  • 1 Syawal 1438 H (Hari Raya Idul Fitri) jatuh pada hari Ahad, 25 Juni 2017 M.
  • 10 Dzulhijjah 1438 H (Hari Raya Idul Adhha) jatuh pada hari Jum’at, 1 September 2017 M.

Kemungkinan besar, tidak ada perbedaan dalam penetapan awal puasa dengan NU dan pemerintah RI. Namun, lebaran atau hari raya Idul Fitri bisa jadi mengalami perbedaan.

 

 

Save

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts