Tega! Penjual Durian Tuna Grahita Ditipu Dengan Uang Palsu

1 bulan lalu, by blogunik

1+

Akhir-akhir ini penipuan dengan modus berbelanja dengan uang palsu semakin sering terjadi bahkan korbannya tak sedikit merupakan pedagang-pedagang kecil yang telah lanjut usia hingga yang memiliki keterbatasan.

Seperti yang menimpa seorang penjual durian di di Nglegok, Blitar bernama Eni. Pedagang durian yang merupakan seorang wanita berusia 51 tahun tersebut ditipu pembelinya dengan menggunakan uang palsu. Ia tertipu dengan nominal angka mencapai Rp 300 ribu.

Penjual-Dirian-Difabel-Ditipu-Pembelinya-Dengan-Uang-Mainan

photo via facebook.com/fandi.pahalawan

Kejadian tersebut sontak viral di medsos lantaran Eni merupakan penyandang tuna grahita atau seseorang yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata. Mirisnya lagi beliau hidup cuma sebatang kara.

Apa yang dialami Eni ini menarik perhatian banyak warganet, tak sedikit dari mereka yang menyayangkan tindakan jahat si pembeli durian tersebut yang tega menipu seorang pedagang kecil.

Dikutip dari Detik.com, kejadian yang dialami Eni tersebut sudah dialaminya sekitar tiga pekan lalu. Namun wanita berusia 51 ini baru mengetahuinya sepekan yang lalu ketika dirinya hendak membeli ayam kampung. Seorang penjual ayam kampung menolak uang Eni dan mengakatakan kalau tiga lembar uang pecahan seratus ribu tersebut merupakan uang palsu.

Penjual-Dirian-Difabel-Ditipu-Pembelinya-Dengan-Uang-Mainan

photo via facebook.com/fandi.pahalawan

Setelah itu, Eni sempat takut berdagang durian lagi. Ia merasa takut ditipu lagi dan tidak punya uang untuk modal jualan. Hal ini membuat dirinya berhenti berjualan durian selama sepekan di jalan menuju sabo dam kali lahar Desa Dawuhan.

Selama cuti berjualan durian, dirinya mengumpulkan modal berjualan dengan mengumpulkan rongsokan dan disetor ke pemulung untuk modal kembali berjualan durian. Menggunakan arko, perempuan yang belum pernah menikah ini mengambil buah durian langsung dari para petani di Desa Sumberasri. Eni harus berjalan naik turun dam sabo itu sejauh 6 KM pulang pergi.

Penjual-Dirian-Difabel-Ditipu-Pembelinya-Dengan-Uang-Mainan

photo via news.detik.com

Sekarang Eni lebih berhati-hati menerima uang dari pembelinya. Dia selalu melihat dengan meraba dan menerawang hologen di tiap lembaran kertas uang yang diterimanya. Pada setiap pembeli, Eni juga selalu menceritakan ulah pembeli yang tega menipunya.

Melalui Detik.com, Eni menuturkan kalau dirinya baru saja ditipu orang yang membayar duriannya dengan duit palsu. Tiga lembar uang ratusan palsu itu, sengaja disimpan bagian tas paling depan agar mudah ditunjukkan dan jangan sampai hilang. Eni berharap, orang lain yang membeli duriannya, tidak memberikan uang yang palsu juga. Wah tega banget pelakunya, bagaimana menurut kalian guys?

1+
Artikel Terkait