Raihan Medali Indonesia di Asian Games 2018 Dari Tanggal 27 Agustus Hingga Saat Ini

1 tahun lalu, by blogunik

Melanjutkan perolehan medali Asian games untuk kontingen Indonesia dimana terakhir kami cantumkan dalam artikel sebelumnya pada tanggal 27 Agustus 2018, Indonesia telah memperoleh 50 medali yang terdiri dari 13 medali emas, 13 perak dan 25 perunggu. Untuk saat ini Rabu, 29 Agustus 2018, Indonesia telah mengantongi total 72 medali yang terdiri dari 24 medali emas, 19 perak dan 29 perunggu. Dengan perolehan medali ini, Indonesia berada di dalam peringkat ke 4 dalam peroleh medali sementara.

Sejak tanggal 27 Agustus yang lalu, hingga saat ini sudah terdapat 22 tambahan medali. Adapun 22 tambahan medali tersebut didapat dari berbagai cabang olahraga yakni :

1. Pencak Silat

photo via : www.medcom.id

Saat ini, cabang olahraga yang menyumbangkan medali emas terbanyak adalah cabang olahraga Pencak silat dimana tambahan medali yang didapat dalam cabang olahraga ini adalah 7 buah medali emas. Adapaun 7 emas yang didapat oleh kontingen Indonesia ini di dapat oleh ganda pria yang terdiri dari atlet Jampil Yola Primadona dan Hendy. Kedua pasangan ini mampu meraih emas setelah unggul dari pesilat lainnya asal Vietnam dan Malaysia yang masing – masing mendapat perak dan perunggu. Selanjutnya emas juga diperoleh Abdul Malik untuk nomer pria kelas B di berat 50-55kg.

Abdul malik mamu mengalahkan pesilat asal Malaysia di final saat perebutan medali emas. Pesilat lainnya yang mendapatkan medali emas adalah Iqbal Candra Pratama yang turun di kelas D berat 60 – 65kg. Iqbal berhasil mengalahkan pesilat vietnam saat berada di final untuk perebutan medali emas. Medali emas selanjutnya diperoleh oleh Komang Harik Adi Putra yang menggondol emas setelah berhasil mengalahkan pesilat asal Malaysia yang turun di kelas E berat 65 – 70kg.  Kembali emas untuk pesilat pria Indonesia Aji Pamungkas Bangkit yang diperoleh setelah memenagkan pertandingan melawan tim asal Singapura.

Untuk beregu pria, Indonesia meraih emas dengan selisih skor yang besar dibandingkan peraih perak dan perunggu yang masing – masing deperoleh oleh Vietnam dan Thailand. Adapun tim beregu pria yang mendapat medali emas kali ini diterima oleh atlet Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani dan Mubaro Anggi Faisal. Untuk kategori Wanita, Indonesia juga tak kalah dalam menyumbangkan medali emasnya dimana kontingen Indonesia yang turun di kelas C dengan berat 55kg – 60kg mampu meraih medali emas atas nama Sarah Tria Monita.

2. Sport Climbing

photo via : celebesnews.id

Di cabang olahraga panjat tebing, kontingen Indonesia mampu menambah 3 medali lagi yang terdiri dari 2 buah emas dan 1 lagi perak. 2 buah emas dari cabang olahraga panjat tebing diraih kontingen Indonesia yang turun di nomor reli cepat pria dan reli cepat wanita. Dikedua nomor ini, kontingen Indonesia mengirimkan tim terbaiknya yang mana untuk tim reli pria terdiri dari Muhammad Hinayah, Rindi Sufriyanto, Abu Dzar Yulianto, Veddriq Leonardo. Untuk reli beregu putri, Indonesia mengerimkan Puji Lestari, Aries Susanti Rahayu, Rajiah Salbillah dan Fitriyani. Untuk medali perak dari cabang olah raga panjat tebing sendiri diperoleh di nomor reli cepat pria. Di nomor ini Indonesia berhasil meraih medali perak dengan tim yang terdiri dari Aspar, Sabri, Alfian Muhammad Fajri, Pangeran Septo Wibowo Siburian.

3. Badminton

photo via : liputan6.com

Di cabang olahraga bulu tangkis, Indonesia berhasil menambah 6 buah medali yang terdiri dari 2 buah emas, 2 perak dan 2 lagi perunggu. Masing – masing atlet bulu tangkis berhasil mengeluarkan performa terbaik miliknya. Adapaun masing – masing kategori yang mendapat medali adalah single pria yang diperoleh oleh Jonathan Cristie, lalu satu lagi emas yang di dapat dari kategori dobel pria yang diperoleh oleh Gideon Marcus Fernaldi dan Sukamuljo Kevin Sanjaya.

Untuk 2 buah medali perak lainnya, didaperoleh kontingen Indonesia di nomor pria dobel dan tim pria. untuk tim dobel pria, dipegang oleh atlet Alfian Fajar dan Ardianto Muhammad Rian. Sedangkan 1 lagi medali perak diperoleh di nomor tim beregu pria yang terdiri dari Jonatan Christie, Ginting Anthony Sinisuka, Sukamuljo Kevin Sanjaya, Gideon Markus Fernaldi, Alfian Fajar, Ardianto Muhammad Rian, Ahmad Tantowi, Karandasuwardi Ricky, Ahsan Mohammad, Mustofa Ihsan Maulana.

Untuk 2 medali perunggu dari cabang olahraga bulutangkis diraih dalam nomor single pria dan tim wanita. Untuk Single pria, atlet Indonesia yang meraih medali ini adalah Ginting Anthony Sinisuka. Sedangkan untuk tim wanita, Indonesia juga mendapatkan medali perunggu yang terdiri dari atlet Fitriani, Tunjung gregoria mariska, Polii Greysia, Rahayu Apriyani, Haris Della Destiara, Pradipta Rizki Amelia, Liliyana Natsir, Debby Susanto, Ruselli Hartawan dan Ni Ketut Mahadewi Istarani

4. Beach Vollley ball

photo via : www.medcom.id

Di cabang bola voli pantai, kontingen Indonesia mampu meraih tiga buah medali yang terdiri dari 1 perak dan 2 lagi perunggu. 1 buah perak di cabang olahraga voli pantai dipersembahkan oleh Ade candra rachmawan dan mohammad ashifiya yang keduanya turun di nomor voli pantai pria. Untuk satu lagi medali perunggu di cabang ini, diraih dari nomor voli pria dan voli wanita yang masing – masing diwakili oleh Ramadhan gilang dan Pribadi danangsyah yudistira untuk voli pria, sedangkan untuk voli wanita diwakili oleh Juliana Dhita dan Putu Dini Jasita Utami.

5. Panahan

Untuk cabang olahraga memanah, Indonesia mampu menyumbang dua buah medali yakni 1 perak dan satu lagi medali perunggu. Untuk satu buah medali perak diraih oleh Diananda Choirunisa di nomor individual wanita, sedangakan untuk medali perunggu diperoleh oleh Riau Ega Agata Salsabila di nomor individu pria.