Raihan Medali Kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 Tanggal 24 Agustus Hingga Saat Ini

1 tahun lalu, by blogunik

Melanjutkan perolehan medali Asian games untuk kontingen Indonesia dimana terakhir kami cantumkan dalam artikel sebelumnya pada tanggal 24 Agustus 2018, Indonesia telah memperoleh 24  medali yang terdiri dari 8 medali emas, 6 perak dan 10 perunggu. Untuk saat ini Senin, 27 Agustus 2018, Indonesia telah mengantongi total 50 medali yang terdiri dari 13 medali emas, 13 perak dan 25 perunggu. Dengan perolehan medali ini, Indonesia berada di dalam peringkat ke 5 dalam peroleh medali sementara.

Sejak tanggal 21 Agustus yang lalu, hingga saat ini sudah terdapat 26 tambahan medali. Adapun 26 tambahan medali tersebut didapat dari berbagai cabang olahraga yakni :

1. Dayung

photo via : katadata.co.id

Di cabang olahraga dayung, Indonesia menambah 3 lagi perolehan medali baru yang masing masing terdiri dari 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 lagi medali perunggu. Untuk medali emas indonesia di peroleh dari nomor pria 8 beregu yang berhasil finish di posisi awal pertandingan. Adapun kedelapan orang yang tergabung dalam tim tersebut terdiri dari Hadid Tanzil, Yakin Muhad, Darmawan Rio Rizki, Ardianto Jefri, Buton Ali, Ferdiansyah, Ihram, Isadi Ardi, Hasbulloh Ujang.

Untuk 1 medali perak lainnya dari cabang dayung, diraih dari nomor Men’s Quadruple Sculls. Dalam nomor ini, Indonesia hanya mampu meraih medali perak dimana untuk medali emas dan perunggu masing – masing diperoleh oleh India, dan Thailand. Tim Indonesia yang memenangkan medali perak kali ini terdiri dari Kusmana kakan, Ridiana Edwin Ginanjar, Sulpianto dan Memo

Dilain pihak, 1 tambahan medali lagi dari cabang dayung diraih oleh kontingen Indonesia di nomor tim 4 beregu putri yang berhasil meraih medali perunggu. Adapun atlet Indonesia yang mampu meraih medali perunggu dalam nomor ini terdiri dari Corputty Chelsea, Rahmanjani Wa Ode Fitri, Julianti, Rokayah Yayah.

2. Sport Climbing

photo via : www.indonesiadev.com

Dicabang olahraga sport climbing atau atau panjat tebing, Indonesia meraih 3 medali sekaligus dalam cabang olahraga ini. Adapun ketiga medali yang disumbangkan oleh atlet Indonesia didapat dari nomer cepat kategori wanita 1 buah medali emas yang didapat oleh Aries Susanti Rahayu, masih di nomor wanita cepat, Indonesia kembali meraih medali perak yang didapat oleh Puji Lestari. Untuk 1 medali perunggu terakhir diperoleh oleh Aspar dalam kategori cepat pria.

3. Jetski

Dicabang olahraga air lainnya yakni Jetski, Indonesia meraih 3 buah medali yang masing – masing terdiri dari 1 buah medali emas, 1 perak dan 1 lagi perunggu. medali emas cabang olahraga jetski diraih oleh Aqsa Sutan Aswar di nomor Endurance Runabout Open. Selain medali emas, Aqsa juga mendapat sebuah medali perunggu di nomor Runabout Limited. Sedangkan 1 lagi medali yakni medali perak diraih oleh kakaknya yang bernama Aero Sutan Awar di nomor Runabout Limited.

4. Karate

photo via : www.infokomando.com

Di Cabang olahraga karate, Karateka – karateka Indonesia berhasil bersaing dalam pertandingan dan meraih 4 buah medali yang terdiri dari 1 buah medali emas dan 3 buah medali perunggu. Medali emas pertama dari cabang karateka diraih oleh Arrossyid Rifki Ardyansyah yang mampu tampil sebagai juara di kelas pria 60kg setelah mengalahkan wakil iran Mahdi Zadeh. Sedangkan 3 medali perunggu lainnya dari cabang olahraga Karate masing – masing diraih oleh Zaresta Yuda Ahmad Zigi di nomor kata pria. 1 medali perunggu lainnya diraih di nomor Simanjuntak Jintar di kelas 67kg pria dan terakhir 1 medali perunggu dipersembahkan oleh Cokorda Istri Agung Sanistyarani di nomer 55kg wanita.

5. Tenis

Di Cabang olahraga Tenis, kontingen Indonesia meraih sebuah medali emas di nomor ganda campuran yang diraih oleh Rungkat Christoper Benjamin dan Sutjiadi Aldila. Tim tenis Indonesia ini berhasil meraih medali emas setelah menang dari tim ganda campuran thailand. Untuk medali perak dan juga perunggu di noomr ganda campuran ini masing – masing diraih oleh kontingen Thailand, Jepang dan Kazakstan.

5. Bulu Tangkis

Kontingen atlet bulutangkis Indonesia kembali meraih 2 buah medali perunggu yang masing masing diraih di nomor ganda putri dan ganda campuran. Adapun kedua nomor tersebut diikuti oleh atlet pebulutangkis Indonesia yakni untuk ganda putri diikuti oleh polii Greysia dan Rahayu Apriyani. Untuk nomor ganda campuran sendiri, kontingen Indonesia diwakili oleh Ahmad Tantowi dan Liliyana Natsir.

6. Atletik

Di cabang olahraga Atletik, Indonesia hanya mampu menambah 2 medali saja yakni 1 medali perak dan satu lagi medali perunggu. Untuk medali perak Indonesia diraih oleh NovaEmilia yang mampu meraih posisi finish nomer dua dalam kategori lari rintangan 100 meter wanita. Sedankan untuk medali emas dan juga perunggu di nomor tersebut diraih oleh kontingen Korea dan Hongkong. 1 medali lainnya yang diperoleh oleh kontingen Indonesia di cabang olahraga atletik didapat di nomor pria loncat jauh yang diraih oleh  Sapwaturrahman. Untuk medali emas dan perak di nomor ini sendiri keduanya diraih oleh kontingen China.

7. Cycling BMX

photo via : sportku.com

Untuk cabang olahraga Cycling BMX, kontingen Indonesia juga mampu meraih 2 buah medali yakni 1 buah perak dan 1 lagi perunggu yang masing – masing diraih oleh I Gusti Bagus Saputra di nomor cyling pria yang mendapat medali perak. Di nomor ini, raihan medali emas dan juga perunggu masing – masing diperoleh oleh kontingen Jepang dan juga filipina. Di nomor lainnya, yakni di nomor cycling BMX putri, kontingen Indonesia yang diwakili oleh Wiji Lestari mendapatkan sebuah medali perunggu.

8. Kanoe / kayak sprint

Untuk Cabang olahraga Kano / kayak sprint, Indonesia mendaatkan 2 buah medali yang masing – masing terdiri dari 1 buah medali perak dan satu lai medali perunggu. Medali perak Indonesia diraih di nomor wanita 200m yang terdiri dari atlet ririn puji astuti, since lithasova yom, ramla b, Fazriah nurbayan, monim alvonsina, ibo stevani maysche, masripah, shifa garnika nur karim, christina kafolakasari, selvianti devi hidayat, raudani fitra, astri dwijayanti, Emiliana Deau, Aswiati, riana yulistrian dan risti ardianti. Untuk satu lagi medali yang di raih dari cabang olahraga kano / kayak sprint ini diraih oleh kontingen Indonesia dengan mendapatkan medali perunggu. Adapun 1 buah medali perunggu yang didapat dari nomor pria 500m yang atlet – atletnya terdiri dari wijaya mochamad taufan, tarra anwar, sutrisno, syahrul saputra, dedi saputra, muhammas yunus rustandi, andri agus mulyana, polyansyah, Erwin david monim, marjuki, yuda firmansyah, arpan, spens mehue stuber, medi juana, muhammad fajar faturahman rio akbar .

9. Artistic Gymnastics

di cabang olahraga guymnastic, kontingen Indonesia juga mampu meraih 2 buah medali yakni 1 buah perak dan satu lagi perunggu. 1 medali perak yang didapat di cabang olahraga ini di dapat dinomor womens floor exercise yang diperoleh oleh atlet Rifda Irfanaluthfi dan Agus Prayoko di nomor mens’ Vault

10. Shooting

Dicabang olahraga menembak, Indonesia mampu meraih sebuah medali perak di nomor 10 meter target bergerak campuran yang dimenagkan oleh putra muhammad Sejahtera Dwi. putra bersaing ketat dengan peringakt pertama dan ketiga yang masing – masing diisi oleh kontingen Korea Utara dan china.

11. Bridge

Di cabang olahrga ini, Indonesia mampu meraih dua buah medali perunggu dalam kategori grup campuran dan super campuran. Adapun para atlet yang ikut serta bertanding di nomor ini antara lain : olha lusje bojoh, julita grace joice tueje, marcella elvitta chyntia lasut, robert parasian, taufik gautama asbi, bill roland george mondigir, conny eufke sumampouw, rury andhani, bert toar polii, bambang hartono, franky steven krwur, jemmy boyke bojoh

12. Pencak Silat

Pencak silat Indonesia akhirnya mampu bersaing dan menyumbangkan 2 buah medali yakni 1 medali emas dan 1 lagi medali perunggu. Untuk medali emas Indonesia diraih oleh Puspa arumsari di kategori wanita. Arum mampu menyingkirkan kontestan lainnya yang berada di bawahnya yang masing – masing medapatkan perak dan perunggu yang berasal dari kontingen  Singapura dan filipina. Sedangkan untuk medali perunggu diraih oleh Amri Rusdana di kategori pria kelas F berat 70kg – 75kg. Amri mendapatkan medali perunggu setelah sebelumnya kalah dari Malysia.