Rumor Ponsel Layar Lipat, Siapa Kah Yang Akan Meluncurkan Pertama Kali ?

11 bulan lalu

Perkembangan smartphone yang santer hingga saat ini yang terus berkembang selain adanya penggunaan layar bezeless smartphone, kali ini adalah perkembangan mengenai ponsel yang mampu dilipat ataupun di tekuk tanpa membuatnya mengalami kerusakan tentunya.

Berbagai vendor dan produsen smartphone terkenal di dunia berlomba – lomba untuk mengeluarkan smarphone jenis ini. Namun sepertinya hingga saat ini, masih belum ada vendor yang akan mengeluarkan secara pasti smartphone dengan teknologi seperti ini. Meskipun di kabar terakhir mengenai rumor smartphone ini, produsen smartphone Huawei akan mengeluarkan smartphone lipat miliknya pada bulan November 2018.

photo via : www.janganbingung.com

Meskipun begitu, pabrikan ponsel asal china ini juga masih berupa rumor sama seperti produsen maupun vendor – vendor lainnya. Adapaun perkembangan dari kemunculan adanya ponsel smartphone yang bisa dilipat ini bisa kita lihat dari berbagai paten ponsel lipat yang pernah diajukan oleh bebrapa vendor smartphone. Dahulu yang pertama mungkin samsung menjadi sebuah trend center dimana, setiap penggemar samsung dibuat tercengang dengan adanya berbagai rumor mengenai ponsel lipat yang memang sedang merekea teliti sejak lama.

Bahkan pernah juga dikabarkan jika samsung Galaxy S9 akan menggunakan teknologi layar lipat seperti yang diidam – idamkan oleh para penggemar samsung. Namun hal tersebut sepertinya sulit untuk terwujud karena smartphone terbaru milik samsung tersebut memang tidak dibuat menggunakan teknologi layar lipat.

photo via : jawapos.com

Produsen smartphone selanjutnya yang serius dalam pengembangan smartphone dengan kemampuan layar yang bisa dilipat adalah OPPO. Hal tersebut terbukti dari dua buah paten yang dimilikinya tentang ponsel lipat. Yang pertama adalah sebuah paten ponsel lipat dimana smartphone masih memiliki bentuk sama seperti smartphone pada umumnya, hanya saja pada bagian atas kepala dari smartphone ini ia mampu untuk dilipat seebsar 180 derajat ke arah belakang ponsel. Dengan begini, OPPO yang memang terkenal dengan kulatias kamera depan yang ia miliki yang biasa digunakan untk aktifitas selfie, bisa menggunakan kamera depat tersebut sebagai sebuah kamera belakang juga meskipun hanya menggunakan sebuah kamera dalam smartphone ini.

photo via : tekno.kompas.com

Paten kedua milik vendor OPPO dalam usahanya untuk membuat ponsel lipat adalah mekanisme lipat yang dimiliki oleh sebuah smartphone yang berukuran besar, dimana smartphone ini juga dapat berubah bentuk menjadi tablet saat lipatan pada smrtphone ini dibuka. Berdasarkan laopran yang telah diterima, OPPO telah mengajukan paten tersebut di China dan juga ia telah mengajukan paten tersebut ke WIPO yang merupakan organisasi yang menangani kekayaan intelektual di dinia. Untuk paten yang ini, dalam desain mekanisme dari melipat layar, OPPO bukan hanya menggunakan 2 buah layar, melainkan 3 buah layar lipat. Atau bisa dibilang sebuah tablet yang dilipat 3 kali hingga membentuk smartphone.

photo via : tekno.kompas.com

Mirip seperti Samsung, Motorola yang kini telah diambil alih oleh Lenovo, juga mengeluarkan paten serupa yang dimiliki oleh samsung yang mana ponsel ini bisa dilipat pada bagian tengah dari ponsel. Namun yang mungkin menjadi pembeda dari paten ini dengan paten milik samsung adalah untuk Motorola sendiri, Tablet yang dilipat bisa memiliki dua fungsi yakni saat posisi terlibat adalah sebuah smartphone, sedangkan saat dibuka akan berubah menjadi sebuah tablet. Jika dilihat dari desain paten yang dikeluarkan oleh Motorola, ponsel ini nantinya akan memiliki bentuk seperti buku yang dapat dilipat di bagian tengah dari ponsel dengan jarak antara satu sisi dengan sisi lainnya adalah simetris. Untuk desain dari Motorola ini sendiri juga tidak terlihat adanya engsel yang disematkan di body engsel.

photo via : tekno.kompas.com

Oleh karenanya, ponsel ini akan terlipat sepenuhnya menggunakan bagian layar dari smartphone. Meskipun jika dilihat dari paten ini yang mana menggambarkan ponsel yang dapat dilipat dengan baik, namun sepertinya akan susah untuk merealisasikan ponsel yang satu ini. Beberapa alasannya adalah bagian yang dilipat dari ponsel ini sepenuhnya adalah layar smartphone. Jadi untuk membuat layar ponsel yang memiliki material dan mampu secara fleksibel untuk ditekuk adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Meskipun dikatakan samsung dikatakan nantinya menjadi produsen pertama yang akan mengeluarkan ponsel yang dapat dilipat yakni di tahun 2009 nanti, namun menurut kabar burung terbaru, produsen Huawei lah yang akan mengeluarkan ponsel lipat pertama kali. Bahkan beredar rumor jika vendor ini akan merilis ponsel lipat miliknya pada bulan November 2018 ini. Dari berbagai informasi yang beredar hingga saat ini, smartphone lipat miliki Huawei ini nantinya akan mengusung layar buatan LG yang bisa ditekuk seperti buka. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan Samsung yang nantinya akan menggunakan panel OLED miliknya sendiri.

photo via : tekno.kompas.com

Seperti paten desain ponsel lipat yang dimiliki oleh samsung ataupun motorola, ponsel lipat Huawei nantinya dikabarkan akan memiliki fitur inward folding design yang memungkinkan untuk dibuka dan ditutup secara berlawanan. Untuk desain ini sendiri sebenarnya jug atelah dipatenkan oleh Huawei sejak tahun 2017 silam yang mana dalam paten tersebut berisikan bagaimana ponsel terseubt nantinya dapat digunakan sebagai smartphone biasa saat terlipat dan saat dibuka dapat difungksikan sebagai sebuah tablet.

Baca Juga