Seberapa Sering Sih Sebaiknya Mencuci Handuk dan Bagaimana Cara Merawatnya?

Saat yang tepat mencuci handuk

Seberapa sering sih kamu mencuci handuk? Apakah kalian golongan yang mencuci atau mengganti handuk seminggu sekali, sebulan sekali atau mungkin tidak pernah mencuci handuk kecuali sudah terasa lengket dan bau? Pastinya setiap orang memiliki jawaban yang berbeda-beda dong. Tapi tahukah kalian bahwa kebersihan handuk sangat penting untuk dijaga lho.

Walaupun sangat kecil kemungkinan terjangkit penyakit serius karena bakteri pada handuk yang kotor, namun tentu saja akan jauh lebih baik untuk kebersihan diri jika kamu senantiasa menjaga handuk tetap bersih. Jadi kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti dan mencuci handuk?

Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Handuk dan Alasannya

Seberapa Sering Sih Sebaiknya Mencuci Handuk?

photo via essixhome.com

Pada prinsipnya bakteri dan jamur akan mulai menumpuk setelah handuk digunakan, mengingat handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh yang baru saja dibersihkan dari kuman dan bakteri. Sehingga semakin sering kamu mencuci dan mengganti handuk kamu akan lebih baik. Namun kebanyakan dari kita bukanlah sultan yang memiliki stok handuk lebih dari 10 lembar. Sehingga tidak memungkinkan untuk kita mencuci dan mengganti handuk setiap hari.

Namun menurut Cleveland Clinic, kamu sebaiknya mencuci handuk atau menggantinya dengan yang baru setiap 1 kali seminggu. Ini artinya, 1 lebar handuk hanya bisa kamu gunakan maksimal seminggu. Jika 1 minggu sudah berlalu, waktunya kamu mencuci handuk dan menggantinya dengan yang baru.

Nah penting juga untuk diketahui bahwa pertumbuhan bakteri pada handuk bisa melambat dan berkurang jika handuk terjaga dalam keadaan kering. Untuk itu, disarankan untuk selalu menjemur handuk setiap kali selesai dipakai.

Tak hanya itu, jika kamu sudah mulai mencium aroma tak sedap dari handuk meski belum dipakai seminggu, maka sebaiknya kamu segera mencuci handuk tersebut dan menggunakan yang baru, karena aroma tak sedap dari handuk pertanda ada banyak bakteri yang mulai berkembang di handuk kamu.

Handuk Harus Sering Di Cuci Saat Kamu Sedang Sakit

Saat kamu sakitpun, waktu mencuci handuk sebaiknya ditingkatkan. Dari yang awalnya seminggu sekali bisa diganti 2 hari sekali. Hal ini penting untuk mencegah penyakit kembali kambuh saat kamu memakai handuk yang sama.

Waktu Penggunaan Handuk Maksimal 2 Tahun

Perlu kamu ketahui bahwa handuk juga memiliki batas wajar pemakaian lho! Jika kamu memiliki 2 handuk yang dipakai bergilir setiap seminggu sekali, maka handuk harus diganti setelah dipakai selama dua tahun. Namun, kalau kamu memiliki 3-4 handuk yang dipakai bergantian, bisa jadi jangka waktu penggunaan bisa lebih lama. Ini dilakukan karena serat pada handuk sudah tidak bagus lagi. Kamupun bisa memanfaatkan handuk bekas tersebut sebagai keset, lap, atau lainnya.

Handuk Adalah Barang Pribadi

Ingat handuk adalah barang pribadi yang tak seharusnya digunakan oleh beberapa orang. Handuk ini sifatnya sama seperti sikat gigi yang seharusnya digunakan oleh satu orang saja. Jadi artinya satu handuk hanya bisa digunakan untuk satu orang saja.

Mungkin kamu masih bisa sharing handuk yang sama dengan suami/istri atau dengan anggota keluarga inti lainnya, tentunya selama tidak ada yang memiliki penyakit menular. Namun, akan jauh lebih baik jika masing-masing memiliki handuk sendiri.

Cara Mencuci dan Merawat Handuk Yang Benar

Cara Mencuci Handuk Yang Benar

photo via towelnrobe.com

1. Pisahkan handuk dari pakaian lain

Untuk mencuci handuk, kamu tidak bisa menyatukan handuk dengan pakaian lain ketika kamu menggunakan mesin cuci. Ini karena handuk memiliki serat-serat benang yang jauh lebih mudah rontok bila dibandingkan dengan bahan pakaian lainnya. Bila kamu mencuci handuk dengan pakaian lain, maka serat-serat benang pada handuk bisa terlepas dan menempel di pakaian lain. Tah hanya itu, jumlah bakteri dan kuman yang ada di dalam handuk bisa saja berpindah ke pakaian lain. Jadi, alangkah baiknya mencuci pakaian dan handuk secara terpisah.

2. Mencuci handuk menggunakan air panas atau disinfektan

Cara mencuci handuk yang benar berikutnya adalah dengan menggunakan air panas atau desinfektan, ada sejumlah merek desinfektan untuk mencuci. Air dengan suhu yang tinggi dan disinfektan lebih efektif membunuh kuman yang menempel di handuk. Namun kamu harus membaca instruksi mencuci yang tertera di label handuk. Pasalnya, beberapa jenis handuk mungkin tidak disarankan untuk direndam di air panas. Atau mungkin kamu disarankan untuk mencucinya dengan tangan.

3. Jemur di bawah sinar matahari langsung

Setelah dicuci dengan benar, pastikan kamu menjemur handuk kamu di bawah sinar matahari langsung untuk membantu membunuh kuman. Menjemur handuk membutuhkan waktu lebih lama hingga kering sepenuhnya daripada pakaian biasanya. Maka itu, kamu harus membiarkan handuk lebih lama di jemuran dibanding dengan pakaian lainnya. Sebelum diangkat dan disetrika, pastikan handuk benar-benar kering.

Nah itu sedikit penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk mencuci handuk dan cara mencuci handuk yang baik dan benar. Perlu diingat bahwa kita tidak perlu menunggu 1 minggu untuk mengganti atau mencuci handuk. Jika handuk kamu sudah terasa lembab dan berbau meski belum 1 minggu, sebaiknya segera diganti.

+1
Artikel Terkait