Seni lukisan realistis Mural hampir menghilangkan nyawa manusia

2 tahun lalu, by blogunik

Tahukah kalian apa itu mural ? mungkin kalau dari istilah banyak yang kurang tahu tentang mural, tapi kalian pasti pernah melihatnya di jalanan. Ya mural merupakan lukisan yang biasanya ada di tembok jalan, mirip seperti grafiti namun agak sedikit berbeda dimana grafiti lebih menekankan pada tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Para seniman mural biasanya membuat karyanya di tembok – tembok jalan dengan berbagai gambar dan warna sesuai kreatifitas para seniman tersebut. Tapi apa jadinya jika mural yang mereka buat terlihat nyata / realistis dan hampir membuat nyawa orang melayang ? seperti sebuah gambar yang dimuat di media social facebok ini dimana gambar ini menyajikan sebuah kecelakaan tunggal mobil akibat menabrak gambar mural 3D berbentuk terowongan. Entah kejadiannya dimana tapi yang pasti akibat gambar yang 3D seolah jalan lurus, alhasil mobil pun menabrak dinding bergambar tersebut.

Seni mural alias menggambar ini memang sudah lama berkembang. Bahkan sudah jadi ciri khas sebagian kota besar. Contohnya di Indonesia ada di Bandung, di bawah jembatan Pasupati atau di jalan Siliwangi. Biasanya  mereka yang menggambar akan mencantumkan kode identitas siapa penggambarnya. Bisa diartikan kalau aksi ini adalah aksi seni yang menarik, terutama buat para bomber alias pelaku mural. Ada kebanggan tersendiri saat gambar hasil lukisannya terpampang, seolah menjadi penanda “ini daerah kekuasaan mereka”.

Tapi kalau melihat kasus pada gambar di atas ya mau ga mau mural alias lukisan tersebut harus di hapus meski indah. Dimana efek 3D nya bisa membuat orang jadi menabrak dinding. Dan bisa saja pembuat lukisan tersebut terkena jeratan hukum. Semoga di Indonesia tidak terjadi hal seperti ini.

Save