Situs Freelance Indonesia & Internasional Terbaik 2021 Untuk Pemula

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Saat ini bekerja tak harus ke kantor, karena saat ini kamu pun juga bisa menghasilkan uang hanya dengan bekerja dari rumah ini dinamankan kerja freelance. Penghasilannya juga tak bisa diremehkan, bisa dikatakan setara dengan pegawai kantoran. Masak sih? Yang kamu butuhkan hanya internet dan laptop atau PC agar bisa menyelesaikan pekerjaan. Tapi buat kamu yang baru pertama terjun ke dunia freelance pastinya bingung, dimana sih mencari pekerjaannya? Nah, kali ini kami akan membagikan situs freelance Indonesia dan Internasional terbaik 2021 yang bisa kamu coba.

Situs Freelance Indonesia & Internasional Terbaik 2021

1. 99designs

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via 99designs.com

Dilihat dari namanya saja pastinya kamu sudah tau dong, situs website apa ini? Ya ini adalah situs website freelance yang berfokus pada desainer. Situs ini berskala internasional dan memungkinkan para freelancer bersaing dalam kontes desain untuk mendapatkan feedback ketika klien memilih yang terbaik. 99designs ini sangat bagus untuk para designer untuk membuktikan bakatnya serta mendapatkan penghasilan.

2. Freelancer

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via freelancer.co.id

Freelancer merupakan situs freelance terbaik 2021 yang bisa kamu coba untuk para pemula. Di situs ini selain menawatkan projek, para freelancer juga akan bersaing untuk membuktikan skill mereka. Tapi kamu diharuskan membayar untuk menjadi anggota disini. Namun tenang saja, kamu tidak harus membayarnya langsung begitu saja. Karena kamu harus mengajukan delapan proposal ke pencari jasa terlebih dahulu baru membayar. Freelancer juga sangat mudah dipahami karena tampilannya sederhana dan memiliki fitur berbahasa Indonesia, jadi kamu yang tak terlalu mahir bahasa Inggris tak perlu khawatir.

3. Fiverr

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via fiverr.com

Situs freelance internasional ini cukup berbeda dari sebelumnya, dimana para freelance yang membuat pengumuman untuk mencari klien. Cara ini terbilang lebih mudah, kamu tak perlu repot-repot lagi untuk apply atau promosi pada pengumuman yang dibuka klien satu per satu. Soal privasi Fiverr jagonya, mereka sangat menghargai privasi sehingga membuat penggunanya nyaman. Untuk sistem keamanan datanya sendiri cukup canggih sehingga jika kamu bertukar data sudah terjamin keamanannya.

4. Guru

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via guru.com

Selanjutnya ada Guru sebagai salah satu situs freelancer terbaik 2021. Disitus ini baik para pencari kerja maupun pencari jasa diwajibkan untuk membuat profil masing-masing. Jika cocok dengan profil masing-masing, pekerjaan pun bisa dimulai. Setiap harinya ada saja pekerjaan baru sehingga kamu harus sering-sering membuka situs freelance ini agar mengetahuinya. Selain itu, Guru juga menyediakan dua jenis member yaitu free member dan pay member. Dimana keuntungannya terletak di pay member yang memungkinkanmu mendapatkan pekerjaan lebih banyak. Tapi meskipun kamu menggunakan free member, pekerjaan juga masih bisa didapatkan kok.

5. Projects.co.id

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via projects.co.id

Situs freelancer Indonesia ini sangat populer, dimana kamu bisa menemukan berbagai macam pekerjaan freelance dari berbagai bidang. Mulai dari desain, programming, audio/video, jasa tulis menulis hingga media sosial. Di Projects.co.id kamu juga bisa menjual karya sendiri lho seperti template, ebook dan lainnya. Ada yang menarik dari situs freelance satu ini yaitu kamu bisa merekrut orang lain untuk menjadi member Projects.co.id. Jika orang tersebut berhasil mendapatkan dan menyelesaikan pekerjaan maka kamu pun berkesempatan mendapatkan komisi dari Projects.co.id. So, menarik bukan?

6. PeoplePerHour

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via peopleperhour.com

Menjadi anggota di situs freelance ini memang tidak mengeluarkan uang. Hanya saja persaingan lebih ketat dari situs-situs freelance lainnya. Maka dari itu disini ada sistem rating yang berguna untuk mempromosikanmu agar lebih mudah dalam bersaing. Selain itu patoklah harga yang wajar agar kamu bisa bersaing dengan yang lainnya.

7. Sribulancer

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via sribulancer.com

Sribulancer merupakan situs freelance Indonesia terpopuler yang bisa kamu coba untuk para pemula. Disini ada berbagai macam pekerjaan yang bisa kamu temukan, mulai dari menulis artikel hingga desain grafis. Pada awalnya website ini menawarkan pembayaran melalui transfer bank sehingga sangat cocok untuk mereka yang tidak memiliki kartu kredit. Mereka juga mendukung pembayaran dari USD ke IDR sebab mereka tersedia dalam bahasa Inggris untuk internasional. Sehingga memungkinkanmu untuk mendapatkan klien dari luar negeri.

8. Sribu

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via sribu.com

Jika kamu merupakan seorang desain grafis coba deh gunakan Sribu, sebab situ freelance ini memang mengkhususkan diri dibidang desain seperti baju, logo, banner dan lainnya. Situs ini sangat cocok untuk graphic designer pemula atau sudah ahli. Disini kamu akan menemukan beragam pekerjaan mulai dari yang simple hingga rumit sekalipun. Oh iya, Sribu juga ada sistem kontes dimana para pencari kerja akan memasukkan karya mereka ke pemilik proyek. Setelah mengikuti kontes, kamu bisa menambah portfolio. Tak hanya itu saja, jika kamu berhasil dalam kontes, kamu pun berhak mendapatkan hadiah dari Sribu.

9. SimplyHired

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via simplyhired.com

Salah satu situs freelance ini menempati posisi yang terbaik untuk saat ini, dimana situs ini bernama SimplyHired. Pekerjaan yang ditawarkan disini cukup banyak dari berbagai bidang seperti administratif, teknologi hingga kontruksi. Menariknya lagi, situs ini menawarkan pekerjaan dari 24 negara dan menyediakan fitur untuk mencari pekerjaan di lokasi terdekatmu. Bagaimana tertarik menggunakannya?

10. Toptal

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via toptal.com

Berbeda dari situs freelance lainnya, untuk mendaftar disini kamu harus memiliki portfolio yang berkualitas. Karena mereka akan mencari jasa yang berkualitas terbaik sehingga membuat proses seleksinya juga sangat ketat. Prosesnya yang ketat, tentu saja sebanding dengan bayarannya. Disini kamu tidak akan menemukan proyek yang dibayar rendah. Kamu juga bisa memilih projek jangka panjang atau jangka pendek disini.

11. Upwork

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via upwork.com

Sebagai penyedia lowongan pekerjaan freelance, Upwork telah memiliki 12 juta pencari kerja dan 3 juta klien. Situs terbesar di dunia ini juga menawarkan hampir semua bidang untuk setiap jenis pekerjaan freelancenya yang mencakup projek jangka pendek atau panjang. Untuk sistem pembayarannya ada per-jam dan per-proyek. Selain itu, Upwork juga menawarkan berbagai fitur yang dapat mendukung karir freelancemu.

12. Writer Access

Situs Freelance Indonesia Dan Internasional Terbaik 2021

photo via writeraccess.com

Terakhir ada Writer Access sebagai salah satu situs freelance terbaik 2021, seperti namanya situs ini untuk penulis lepas. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan tulis menulis. Situs ini juga menawarkan berbagai tools seperti optimasi keyword, content planner dan analytics.

 

Itulah beberapa situs freelance Indonesia dan Internasional terbaik 2021 untuk pemula. Semoga situs-situs diatas dapat menunjang karir freelance-mu ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *