18 Street Food Turki Yang Enak Dan Menggoyang Lidah

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Saat ini Turki menjadi salah satu negara yang banyak dibahas baik itu dari budaya, tempat wisata hingga kulinernya yang mampu mencuri perhatian wisatawan dari seluruh dunia. Maka dari itu tak heran jika ada banyak sekali street food dibeberapa kawasan yang ada di Turki, negara ini juga sering dikatakan sebagai surganya street food lezat di dunia.

Perlu diketahui, street food di Turki ini kebanyakan terbuat dari bahan campuran daging dan roti sehingga rasanya cenderung asin dan gurih. Buat kamu yang kini sedang berencana untuk berlibur ke Turki, wajib sekali mencicipi street food enak-enak ini. Apa saja itu? Berikut ini deretan street food Turki yang enak.

1. Tantuni

Street Food Turki Yang Enak

photo via turkishfoodie.com

Tantuni pertama kali dimasak di kota Mediterania Mersin dan menjadi populer di seluruh negeri. Makanan ini sangat populer di Turki, Tantuni ini terdiri dari daging sapi atau domba yang ditumis diatas kandung tradisional Turki dengan minyak bunga matahari.

Setelah daging matang, dibungkus dengan lavash dengan irisan bawang bombay, tomat tanpa kulit dan peterseli. Makanan ini pertama kali dimasak di kota Mediterania Mersin dan menjadi sangat populer di seluruh negeri.

Selain menggunakan daging sapi dan domba, saat ini street food ini juga dibuat dengan ayam yang tak kalah nikmatnya.

2. Lahmacun

Street Food Turki Yang Enak

photo via kitchenstories.com

Street food populer di Turni ini terdiri dari adonan pita Turki yang diberi daging cincang, tomat, bawang dan peterseli. Biasanya memiliki bentuk bulat dan biasanya wisatawan menyebutnya sebagai pizza Turki.

Street food ini memiliki rasa yang pedas dan beraroma bawang putih yang lezat, bisanya disantap ketika siang atau malam hari.

Makanan ini memiliki cara khas untuk menikmatinya yaitu dengan meletakkan beberapa selada dan peterseli diatasnya. Kemudian peras beberapa lemon dan gulung selutuh lahmacun menjadi seperti kebab dan nikmati rasanya. Lahmacun ini banyak tersedia di Istanbul dan daerah sekitarnya.

3. Midye Dolma

Street Food Turki Yang Enak

photo via fodors.com

Perlu diketahui Istanbul dikelilingi dengan Laut Hitam dan Laut Marmara sehingga kerang disini sangat melimpah dan populer di seluruh kota. Tak heran jika dari restoran hingga street food menjual aneka hidangan kerang.

Midye Dolma menjadi salah satu street food yang wajib dicoba ketika ke Turki. Kerang ini diisi dengan nasi, kayu manis, bawang, lada hitam, allspice, kacang pinus tumis dan dikukus hingga matang.

Makanan ini dijual setiap saat dan cara terbaik untuk menikmatinya yaitu dengan perasan jeruk lemon segar diatasnya agar keang dan nasinya tidak kering dan rasanya lebih nikmat.

4. Maraş Dövme Dondurması

Street Food Turki Yang Enak

photo via yasarpastanesi.com.tr

Kahramanmaraş merupakan salah satu kota di Turki yang dikenal memproduksi beberapa es krim paling nikmat di dunia. Es krim Turki ini bukan sembarang es krim biasa yang memiliki rasa manis saja, es krim ini terbuat dari susu kambing yang kaya nutrisi dan lembut dengan sedikit sahlep yang membuatnya tidak cepat meleleh.

Maraş Dövme Dondurması merupakan salah satu street food Turki yang enak sekali dicicipi selama musim panas atau gugur di Istanbul. Di beberapa toko es krim, kamu bisa menikmati es krim ini dengan pisau dan garpu. Untuk melengkapi sajian, jangan lupa untuk memesan kopi Turki atau teh Turki.

5. Döner Kebab

Street Food Turki Yang Enak

photo via stock.adobe.com

Di Istanbul ada banyak sekali yang menjual Döner Kebab, street food Turki ini sangat umum dan paling populer di Turki. Terbuat dari daging domba, sapi atau ayam yang dipanggang perlahan diatas tusuk sate yang berputar.

Dibungkus dengan pita dan ditaburi dengan salad atau sayuran seperti tomat, selada, kubis, bawang dengan sumac, mentimun atau acar, cabai dan berbagai jenis saus yang nikmat.

Makanan ini sudah lebih dari sekadar makanan cepat saji rata-rata di Turki. Buat kalian yang ingin mengeyangkan perut, makanan berbahan daging ini sangat cocok dipilih.

6. Kumpir

Street Food Turki Yang Enak

photo via pinterest.nz

Salah satu street food Turki ini sangat digemari di Istanbul, tak hanya memiliki harga yang terjangkau tapi juga memiliki rasa yang lezat serta mengeyangkan. Kumpir ini terdiri dari kentang panggang besar yang diisi dengan keju kuning parut dan mentega.

Terdapat berbagai topping sebagai pelengkap mulai dari wortel, kubis merah, jamur rebus, jagung, zaitun hitam dan hijau, sosis, acar salad, saus tomat dan mayones. Rasanya tak perlu diragukan lagi dijamin enak.

7. Dürüm

Street Food Turki Yang Enak

photo via arabicook.com

Orang Turki sangat menyukai semua jenis makanan yang dibungkus seperti kebab, maka dari itu ada banyak sekali dürüm yang bisa kamu temukan di Istanbul. Namun yang paling populer yaitu Adana dürüm dan Urfa dürüm.

Dua street food ini umumnya dibuat dengan daging sapi atau domba cincang yang dicampur dengan lemak ekor domba. Lemak ekor domba ini membuatnya berair dan beraroma sedap.

Daging cincang ditusuk dan dimasak diatas panggangan arang, disajikan dengan bungkusan lavash dengan tomat, bawang, selada dan peterseli. Ketika menikmati makanan ini jangan lupa memesan minuman ayran yang menyegarkan.

8. Tavuk Pilav

Street Food Turki Yang Enak

photo via getir.com

Ada banyak sekali makanan Turki yang lezat-lezat, jika kamu ingin menyantap makanan yang berbahan nasi Tavuk Pilav adalah pilihan yang tepat. Meskipun biasanya dimasak dirumah, makanan ini dapat ditemukan di sudut-sudut jalan dengan pedagang yang menjual semangkuk nasi dengan ayam rebus dan buncis yang menggugah selera.

Di Turki hidangan nasi sangat enak sehingga bisa dinikmati. Makanan ini akan lebih nikmat jika ditaburi dengan lada hitam diatas nasi dan cicipi acar paprika mini yang pedas.

9. Börek

Street Food Turki Yang Enak

photo via vidarbergum.com

Börek merupakan kue pangga yang diisi dengan adonan puff atau shortcrust. Makanan ini terbuat dari banyak isian seperti keju, bayam, daging giling dan sayuran.

Di Istanbul ada berbagai jenis börek, penduduk setempat biasanya menyantap makanan ini sebagai sarapan. Tak sulit menemukan Börek di Turki karena dijual dimana saja, namun waktu terbaik untuk mendapatkan börek yaitu di pagi hingga siang hari.

10. Kokoreç

Street Food Turki Yang Enak

photo via turkishfoodie.com

Salah satu street food Turki yang sangat populer yaitu Kokoreç. Buat kamu yang gemar menyantap jeroan, makanan ini mungkin menjadi favoritmu selanjutnya. Makanan ini berupa usus domba yang dipanggang.

Meskipun banyak yang mungkin tidak menyukainya, namun banyak juga yang ingin mencicipi jajanan kaki lima yang lezat dan ikonik ini. Street food ini berupa Kokoreç dicincang halus dan dicampur dengan oregano, garam, paprika merah dan tomat segar. Campuran ini kemudian disajikan dalam roti sebagai sandwich.

11. İçli Köfte

Street Food Turki Yang Enak

photo via yemek.com

İçli Köfte atau bakso isi, makanan pembuka atau makanan utama tradisional Turki ini dapat ditemukan sebagai makanan jalanan di Istanbul.

Bola-bola adonan terbuat dari campuran bulgur halus, kentang dan rempah-rempah dan diisi dengan daging sapi atau domba cincang. Lalu dimasak dengan cara direbus atau dibakar. İçli Köfte ini dapat dikonsumsi panas atau dingin. İçli Köfte ini memiliki rasa unik yang tidak akan kamu temukan di tempat lain.

12. Simit, Açma dan Çatal

Street Food Turki Yang Enak

photo via kojaro.com

Makanan ini berupa roti bundar yang diatasnya terdapat biji wijen, roti ini sering sekali disebut dengan bagel Turki. Sama seperti simit, Açma and Çatal juga termasuk jenis pastry yang bisa kamu nikmati, Çatal lebih rapuh dan kering, Açma lebih lembut dan lebih mirip croissant.

Umumnya kue ini disantap pada pagi hari dan tersedia di toko roti. Simit, Açma dan Çatal ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa olesan apapun, tetapi jika kamu ingin rasanya lebih lezat dapat mencobanya dengan keju Turki, teh Turki, krim dan madu.

13. Islak Burger

Street Food Turki Yang Enak

photo via tarasmulticulturaltable.com

Tak seperti burger pada umumnya, burger kukus di Istanbul ini sangat unik. Islak Burger ini terbuat dari patty daging sapi dan roti putih lembut dibumbui dengan saus bawang putih dan tomat, lalu dibairkan di dalam kotak uap.

Burger pun akan sedikit basah hingga disajikan kepada pelanggan. Makanan ini lebih enak karena dikukus lebih lama.

Islak Burger ini sangat enak dan cukup mudah dimakan terlebih ketika malam menjelang. Hidangan ini dapat kamu temukan dengan mudah di sekitar alin alun Taksim.

14. Balık Ekmek

Street Food Turki Yang Enak

photo via expatguideturkey.com

Balık Ekmek merupakan salah satu street food terbaik di Istanbul yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Makanan ini berupa sandwich ikan bakar, dimana makarel panggang, selada segar dan bawang disajikan dalam roti sandwich.

Balık Ekmek ini memang enak namun harus hati-hati dengan tulang ikannya. Untuk mendapatkan Balık Ekmek, kunjungi salah satu dari banyak kapal di pantai Eminönü yang memasaknya di kapal mereka.

Waktu terbaik untuk makan Eminönü yaitu antara siang dan malam hari. Melengkapi makanan, kamu dapat membeli jus acar atau jus lobak yang dijual di sekitarnya, karena penduduk setempat menikmatinya dengan minuman ini.

15. Çiğ köfte

Street Food Turki Yang Enak

photo via yemek.com

Street food Turki yang enak selanjutnya ada Çiğ köfte, makanan ini berupa daging domba tanpa lemak yang ditumbuk halus. Kemudian diberi bulgur, bawang bombay, bawang putih, tomat dan pasta cabai.

Makanan ini kemudian diremas-remas hingga daging domba menyatu dalam bumbu-bumbu ini. Çiğ köfte ini sangat enak disantap dalam keadaan segar dan tidak bisa disimpan semalaman. Makanan ini djual diseluruh Istanbul dan merupakan salah satu street food paling terkenal di Turki.

Saat ini, hampir semua Çiğ köfte di Istanbul disiapkan tanpa daging sehingga menjadikannya makanan vegan yang nikmat. Jajanan yang enak ini biasanya dibungkus dengan selada dan disantap dengan perasan lemon, kamu juga dapat membungkusnya dengan roti lavash.

16. Köfte Ekmek

Street Food Turki Yang Enak

photo via tripadvisor.com

Makanan satu ini mungkin kurang dikenal oleh beberapa wisatawan karena berasal dari Turki Barat dan menyebar ke seluruh negeri selama masa Ottoman.

Hidangan ini terdiri dari bakso bakar yang disajikan dalam roti dengan irisan tomat segar, bawang bombay, peterseli dan paprika hijau panggang. Yang membuat makanan ini enak adalah bumbu yang digunakan dalam bakso yaitu lada hitam, allspice dan jinten. Umumnya, Köfte Ekmek ini menjadi street food paling populer di Turki ketika ada pertandingan sepak bola.

17. Midye Tava

Street Food Turki Yang Enak

photo via tasteatlas.com

Bagi penggemar gorengan wajib mencicipi street food Turki satu ini yaitu Midye Tava. Camilan renyah ini disajikan dengan stik yang disebut Midye Tava dalam bahasa Turki. Makanan ini sanga populer di lingkungan tepi laut sepertiBeşiktaş, Ortaköy, Kadıköy dan Kumkap.

Makanan ini berupa kerang yang dilumuri dan dogoreng dalam wajan logam besar yang diisi dengan minyak panas di tengajnya dan disajikan dengan saus tarator yang dibuat dengan remahan roti, kenari, minyak zaitun, yogurt, jus lemon, bawang putih parut dan garam untuk celupannya. Agar mengeyangkan, kamu bisa menyantap kerang goreng ini dengan kulit roti Turki sebagai sandwich.

18. Halka Tatlıs

Street Food Turki Yang Enak

photo via weproject.media

Dari banyaknya street food yang lezat di Istanbul, Halka Tatlıs menjadi salah satu makanan penutup yang tersedia hampir dimana saja di kota. Kue populer dan lezat ini terbuat adonan yang digoreng kemudian dicelupkan ke dalam sirup dan didinginkan. Rasa Halka Tatlıs ini manis dan renyah, sehingga dapat memberikanmu energi ketika lelah berjalan-jalan di Istanbul.

Itulah deretan street food Turki yang enak, ternyata tak hanya kebab saja yang menjadi favorit dan populer di Turki. Namun ada berbagai makanan yang enak dan wajib dicicipi ketika datang ke Turki. Jadi untuk kamu yang lagi berlibur ke Turki jangan lupa untuk cobain street food-nya yang enak-enak ini ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.