10 Sungai Paling Bersih Dan Jernih di Dunia

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

Sungai merupakan sumber air yang mengalir secara terus-menerus dari hulu menuju hilir. Di beberapa dunia sungai bahkan dijadikan sebagai salah satu sumber air yang sangat bermanfaat untuk kehidupan. Namun masih ada saja beberapa orang yang tak bertanggung jawab yang merusak lingkungan. Sangat disayangkan alam yang indah ini dirusak oleh tangan-tangan yang tak bertanggung jawab tersebut.

Lepas dari hal tersebut, ada juga lho beberapa sungai yang memiliki air yang sangat jernih dan pemadangan yang sangat indah. Warna air yang biru kehijauan ditambah dengan pemandangan alam menakjubkan pastinya akan membuat kita kagum dengan keindahan yang disuguhkan.

Nah, penasaran bukan sungai-sungai mana saja yang memiliki pemandangan indah dan air yang jernih? Berikut ini sungai paling bersih dan jernih di dunia

1. Sungai Cano Cristales – Kolombia Utara

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via cnn.com

Sungai yang terletak di Serrania de la Macarena, Provinsi Meta ini juga biasa disebut dengan “sungai lima warna”,”pelangi cair” atau “sungai maha indah di dunia”. Keindahan dari sungai ini tak lepas dari ganggang yang dihasilkannya, setidaknya ada lima warna berbeda seperti hijau, kuning, merah, cokelat dan biru dibagian bawahnya.

Tumbuhnya ganggang yang berwarna-warni di dasar sungai inilah yang membuat sungai ini menjadi sangat cantik. Tak heran deh jika banyak wisatawan yang datang berkunjung kesini.

2. Sungai Douro – Portugal

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via wikimedia.org

Jika membahas tentang sungai paling bersih dan jernih di dunia, kurang lengkap rasanya jika tidak menyebutkan Sungai Douro. Sungai dengan aliran tertinggi di Semenanjung Iberia ini memiliki panjang sekitar 897 kilometer.

Sungai ini juga dianggap sebagai situs warisan dunia karena memiliki keistimewaan yang unik jika dibandingkan dengan sungai lainnya diseluruh dunia. Keunikannya ini dilihat dari warna sungai yang menyerupai cat wallpaper yang sempurna dengan sudut pandang yang luar biasa.

Untuk menikmati keindahan dari sungai Douro ini, kalian bisa berlayar menggunakan kapal-kapal yang tersedia disana.

3. Sungai Futaleufú – Argentina

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via wildthentic.com

Sungai Futaleufú ini berada di Taman Nasional Los Alerces yang dilindungi UNESCO di Argentina. Nama dari sungai ini yaitu Futaleufú yang merupakan kata asli Mapuche yang berarti “Sungai Besar”, penduduk setempat menyebut sungai ini sebagai “un paisaje pintado por Dios” pemadangan yang dilukis oleh Tuhan.

Sungai ini begitu terkenal di seluruh dunia karena perairannya yang berwarna biru kehijauan, sebuah fenomena yang dihasilkan oleh gletser. Sungai ini juga dianggap sebagai salah satu dari tiga sungai arung terbaik di dunia.

Di sungai ini kita juga dapat melihat ikan terbang yang akan memanjakan mata.

4. Sungai Gros Ventre – Amerika Serikat

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via fineartamerica.com

Di Amerika Serikat terdapat salah satu sungai yang menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dan memiliki air yang jernih, sungai ini bernama Sungai Gros Ventre. Sungai yang memiliki panjang sekitar 120 km ini berada di Wyoming.

Pemandangan air jernih yang membanjiri bagian hilir Kelly ini sudah menjadi pemandangan ikonik.

Sungai yang memiliki air jernih dan pemandangan yang indah ini juga dikenal memiliki ikan trout. Sehingga aktivitas memancing menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu coba disini.

5. Sungai Hanalei – Hawaii

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via mapio.net

Siapa yang tidak mengenal Hawaii? Salah satu destinasi terfavorit diseluruh dunia yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Mengunjungi Hawaii tak lengkap rasanya jika belum melihat pemandangan alam yang menakjubkan satu ini yaitu Sungai Hanalei. Sungai ini mengalir ke utara dari lereng timur Gunung Wai’ale’ale sejauh 15,7 mil hingga mencapai Samudra Pasifik di Teluk Hanalei sebagai sebuah muara.

Bagian sungai yang lebih rendah dan datar mengalir ke Suaka Margasatwa Nasional Hanalei dan banyak peternakan. Meskipun sungai ini tergolong kecil, namun di dalamnya terdapat habitat bagi banyak hewan.

Sungai ini juga ditetapkan sebagai Sungai Warisan Amerika Serikat oleh Presiden AS Bill Clinton pada tahun 1998.

6. Sungai Hudson – Amerika Serikat

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via aloraadventures.net

Sungai ini diberi nama Hudson setelah Henry Hudson yang berkebangsaan Inggris berlayar disana pada tahun 1609. Dengan panjang sekitar 507 kilometer, sungai ini mengalir deras hingga membentuk batas politik antara New Jersey dan New York.

Setengah bagian hilirnya berupa muara pasang, air pasang ini mempengaruhi aliran Husdon sampai sejauh kota Troy di utara. Pemandangan yang indah dari sungai Hudson ini dapat kamu lihat dari Bear Mountain Bridge.

Tak lengkap rasanya membicarakan sungai Hudson tanpa membahas tentang kisah heroik yang terjadi di sungai ini. Peristiwa ini sempat menghebohkan dunia, dimana Chesley Burnett Sullenberger silaku pilot pesawat terbang US Airways 1549 melakukan pendaratan darurat di atas Sungai Hudson pada tahun 2009.

Pendaratan ini terpaksa dilakukan karena dua mesin utama pesawat mati akibat menabrak sekelompok burung. Dia berhasil menyelamatkan lebih dari 150 orang setelah mendaratkan pesawat tersebut diatas dinginnya sungai Hudson.

7. Sungai Rhein – Swiss

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via wikimedia.org

Sungai Rhein berasal dari Pegunungan Alpen di Swiss, sungai ini memiliki panjang lebih dari 1.000 km dan menjadikannya sebagai sungai terpanjang di Jerman. Sungai Rhein ini juga menjadi destinasi kebanggan warga Swiss karena memiliki panorama yang sangat fantastis.

Disepanjang sungai ini kamu bisa melihat perbukitan hijau yang mengapit sungai. Selain itu, sungai ini juga menjadi jalur perdagangan ke beberapa tempat yang ada di Jerman.

8. Sungai Soa – Slovenia

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via photorator.com

Sungai paling bersih dan jernih di dunia selanjutnya yaitu sungai soa, sungai ini berasal dari bagian utara Slovenia dan berakhir ke Laut Adriatik. Sungai yang memiliki panjang kurang lebih 138 km ini menjadi salah satu sungai yang memiliki pemandangan indah yang membentuk perbatasan antara Kekaisaran Austro-Hungaria dan Kerajaan Italia.

Lihatlah betapa indahnya pemandangan sungai soa ini, air berwarna kehijauan, dikelilingi oleh pepohonan hijau serta bebatuan. Membuat siapa saja yang melihatnya terpukau, mata pun terasa dimanjakan oleh keindahannya.

9. Sungai Verdon – Prancis

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via amazonaws.com

Sungai Verdon merupakan sebuah sungai yang memiliki panjang kurang lebih 166 km di Prancis selatan-timur. Sungai ini sumbernya terletak pada ketinggian 2819 meter di Alpen bagian selatan-barat antara Col d’Allos dan gunung Trois Eveches, dekat Barcelonnette.

Sungai ini mengalir melalui beberapa danau buatan sebelum mengalir ke sungai Durance dekat Vinon-sur-Verdon, dekat Manosque. Sungai Verdon ini juga dikenal dengan sebutan “Grand Canyon of Verdon”. Airnya selalu berwarna biru kehijauan yang sangat cantik.

Selain itu, sungai ini juga sangat terkenal dengan ngarai batu kapurnya yang mengesankan, ngarainya ini disebut Ngarai Besar Verdon yang panjangnya kurang lebih 20 km dan kedalamnya lebih dari 300 meter.

10. Sungai Yangtze – Tiongkok

Sungai Paling Bersih Dan Jernih Didunia

photo via petrexgmbh.com

Sungai terpanjang di Tiongkok dan Asia serta sungai terpanjnag ke tiga di dunia ini masuk ke dalam kategori sungai paling bersih dan jernih di dunia. Sungai ini memiliki panjang sejutar 6.300 km, lembah sungainya membentang kira-kira sejauh 3.200 km dari barat ke timur dan lebih dari 1.000 km dari utara ke selatan.

Bersumber dari dataran tinggi Tibet dan bermuara di Laut Cina Timur, sungai ini melintasi dan menjadi perbatasan hingga 10 provinsi. Selain itu ¾ aliran sungainya melintasi pegunungan. Sungai Yangtze memiliki delapan anak sungai utama, dimana setiap anak sungai sangat berperan penting dalam perekonomian Tiongkok.

Sungai ini memiliki sebuah bendungan bernama The Three Gorges Dam. Bendungan ini berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik serta sebagai penahan arus banjir.

 

Jika dilihat-lihat sungai-sungai diatas memang memiliki pemandangan yang indah, serta air yang begitu jernih. Tak heran jika masuk kedalam sungai paling bersih dan jernih di dunia. Dari deretan diatas, kamu ingin mengunjungi atau melihat sungai indah yang mana?

+3
Artikel Terkait