Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Untuk menciptakan taman depan rumah yang minimalis dan memiliki nilai estetika, tentu jenis tanaman hias yang dipilih harus diperhatikan. Pasalnya, nggak semua tanaman bisa memberikan kesan minimalis dan estetik untuk sebuah taman. Jika salah memilih jenis tanaman, bisa-bisa taman depan rumah kamu bisa terlihat tidak karuan.

Untuk itu, kombinasi dari setiap jenis warna tanaman hias sangat diperlukan agar tercipta berbagai unsur warna dan menampakkan keindahan pada taman. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kapasitas tanaman hias dengan luas taman. Hindari jenis tanaman yang berpotensi tumbuh besar jika kamu memiliki taman depan rumah yang sempit.

Nah bagi kamu yang sedang ingin merombak taman depan rumah kamu yang tak karuan, berikut ini adalah aneka jenis tanaman taman minimalis depan rumah yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih tanaman hias yang tepat. So let’s check it out guys!

15 Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

1. Pakis Haji

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via tokopedia.com

Jenis tanaman yang cocok di tanam di taman depan rumah diawali dengan tanaman pakis haji. Tanaman satu ini memiliki bentuk yang estetik dan mampu memberikan kesan minimalis pada taman depan rumah kamu. Sekilas, pakis haji mirip seperti palem ataupun pohon kelapa, namun pakis haji ini tumbuh kerdil dan tidak tinggi seperti pohon kelapa. Sehingga cocok ditanam di area taman minimalis.

Kamu bisa menanam pakis haji dengan dilengkapi batu kerikil. Selain berfungsi untuk menghangatkan pakis haji, batu kerikil juga akan memberikan kesan yang indah pada tanaman depan rumah kamu.

2. Pohon Awan Topiary

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via hyperallergic.com

Jenis pohon awan topiary juga menjadi salah satu jenis tanaman yang cocok ditanam di taman depan rumah yang minilamis. Jenis pohon ini memiliki beragam bentuk yang unik dan lucu mulai dari bentuk awan yang merupakan bentuk alaminya sampai bentuk bola simetris hingga mengerucut. Sekilas mirip dengan bonsai, namun tanaman ini lebih fokus pada bentuk ranting dan dedaunannya, bukan bentuk batang seperti bonsai. Dengan bentuk yang unik, jenis tanaman ini bisa menjadi suatu ornamen penghias di taman rumah yang minimalis.

3. Pohon Bonsai

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via easternleaf.com

Jika kamu memiliki taman depan rumah yang super kecil sehingga tidak memungkinkan untuk menghadirkan banyak tanaman, maka kamu bisa memilih jenis pohon bonsai dalam pot sebagai focal point pada taman minimalis kamu. Kamu bisa membuat dudukan tanaman hias setinggi 1 meteran untuk menempatkan pohon bonsai kamu. Setelahnya, kamu cukup menghijaukan taman depan rumah dengan jenis rumput yang kamu suka. Bentuknya yang unik dan indah membuat bonsai banyak dipilih untuk menghiasi taman minimalis. Bonsai juga memiliki beragam spesies yang bisa kamu pilih sesuai selera lho!

4. Bambu Air

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via xuehua.us

Buat kamu yang ingin memiliki tampilan taman depan rumah yang minimalis, kamu juga bisa menghadirkan tanaman bambu air di sisi taman. Sesuai namanya, bambu air yang juga disebut Equisetum Hyemale ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh ditempat yang tergenang air. Warnanya yang hijau dengan bentuk batang kurus dan kecil membuat tanaman ini terlihat minimalis dan sangat cocok menjadi taman hias di depan rumah

5. Bougenville

 

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via shopee.tw

Tanaman yang cocok dijadikan tanaman pada taman depan rumah berikutnya adalah tanaman bougenville atau sering disebut dengan bunga kertas. Tanaman hias ini memiliki beragam jenis dan warna bunga yang cantik sehingga cocok dijadikan sebagai pemanis taman kamu yang hijau. Kamu bisa menanamnya didalam pot ataupun menanamnya untuk dijadikan tanaman pagar.

6. Palem Botol

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via shopee.co.id

Siapa sih yang nggak tahu palem botol? Ini merupakan salah satu jenis tanaman palem yang paling digemari banyak orang untuk menghias taman. Sesuai namanya, palem botol mempunyai keunikan pada bagian batangnya yang menggembung mirip botol. Karena keunikannya, palem botol kerap kali dipilih sebagai penambah unsur estetika pada sebuah taman minimalis.

7. Tanaman Hingkip Mirten

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via tangboonsiewtrading.com

Jenis tanaman taman minimalis depan rumah yang bisa kamu pertimbangkan selanjutnya adalah tanaman hingkip mirten. Tanaman ini memiliki nama ilmiah serissa foetida variegated dan kerap diburu karena bisa dijadikan sebagai bonsai.

Tanaman ini memiliki cabang-cabang yang kecil simetris dengan daun yang terang sehingga akan sangat mencolok jika ditempatkan pada suatu area taman. Pada saat dewasa tanaman ini dapat membentuk seperti kotakan yang lebat dan bisa dipangkas dengan bentuk sesuai selera. Menariknya, tanaman ini sangat mudah dipadukan dengan berbagai komponen taman lain seperti aneka jenis ground cover, kerikil dll, sehingga memberikan kesan yang lebih estetik dan rapih pada taman depan rumah kamu.

8. Cemara Udang

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via shopee.co.id

Cemara Udang juga menjadi salah satu jenis tanaman yang cocok untuk taman minimalis depan rumah. Cemara Udang ini merupakan salah satu jenis cemara yang berukuran kecil atau kerdil sehingga kerap dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Pohon cemara udang atau biasa disebut dengan cemara laut ini memiliki ciri khas yang unik dimana bentuk batangnya berbonggol-bonggol, daunnyapun tumbuh menyerupai kawat dan berduri. Bentuknya inilah yang membuatnya dijuluki cemara udang. Tanaman ini lebih baik ditanam di taman depan rumah dalam bentuk bonsai karena terlihat lebih indah dan memberikan kesan estetik pada taman kamu.

9. Cemara Kipas

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via sma2salatiga.sch.id

Selain cemara udang, jenis pohon cemara yang bisa ditanam di taman depan rumah adalah cemara kipas. Cemara kipas juga merupakan salah satu jenis cemara yang pertumbuhannya bisa dibatasi sehingga cocok ditanam di taman yang sempit.

Sesuai namanya, cemara kipas ini memiliki bentuk daun yang mirip kipas. Cemara kipas ini bisa berfungsi sebagai pagar rumah dan juga membuat rumah menjadi lebih sejuk dan estetik.

10. Suplir

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via bukalapak.com

Biar taman depan rumah kamu terlihat menarik, kamu juga bisa menempatkan tanaman suplir dalam pot di beberapa sudut taman depan rumah kamu. Jenis tanaman ini memiliki karakter daun yang rimbun namun estetik berwarna hijau segar. Selain menambah kesan estetik, tanaman suplir ini juga dapat memberikan kesejukan di halaman depan.

11. Lidah Mertua

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via arkpad.com.br

Selanjutnya ada tanaman lidah mertua. Seperti yang kita tahu, tanaman lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat digemari. Tanaman hias ini memiliki bentuk yang tegak dan warna yang beraneka ragam yang membuatnya ideal untuk taman minimalis. Bahkan kamu bisa menanam lidah mertua ini berjejer dipinggiran taman sehingga bisa memberikan kesan taman yang minimalis dan cantik.

12. Krisdoren

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via kibrispdr.org

Jenis tanaman yang cocok ditanam di taman depan rumah berikutnya adalah tanaman krisdoren. Tanaman ini juga disebut pakis asparagus. Meski disebut pakis, namun tanaman ini termasuk dari keluarga lili. Ciri khas dari tanaman hias krisdoren ini memiliki bentuk daun seperti jarum-jarum kecil dengan batang melengkung yang bisa mencapai 1 meter. Jenis tanaman hias ini juga memiliki bunga dan buah berry hijau yang indah namun tidak bisa dimakan.

13. Tanaman Pangkas Kuning

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via tokopedia.com

Tanaman pangkas kuning merupakan salah satu jenis tanaman yang populer untum taman yang minimalis. Tanaman ini bisa berfungsi sebagai tanaman pagar atau pembatas. Selain itu, tanaman ini juga memiliki cabang yang rapat sehingga bisa dipangkas dan dijadikan sebagai ornamen taman. Jenis tanaman satu ini akan memberikan kesan taman yang minimalis pada hunian kamu.

14. Bunga pukul 9 atau krokot

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via kdngroup.co.id

Selanjutnya ada tanaman bunga pukul 9 atau disebut juga krokot. Tanaman satu ini disebut dengan berbagai nama. Nama latinnya, Portulaca grandiflora merupakan tanaman yang terdiri dari 100 spesies yang tersebar di daerah tropis maupun subtropis. Tanaman ini memiliki bentuk bungan yang cantik dengan warna-warna yang menarik. Biasanya ditanam didalam sebuah pot gantung, namun bisa juga ditanam sebagai groundcover karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Taman depan rumah kamu akan menjadi lebih estetik dengan tanaman satu ini.

15. Tanaman Cendrawasih (Phyllanthus Myrtifolius)

Aneka Tanaman Taman Minimalis Depan Rumah

photo via canhquan.net

Satu lagi rekomendasi tanaman yang cocok ditanam di taman depan rumah yang minimalis adalah tanaman cendrawasih. Nama ilmiah atau nama latin dari tanaman ini ialah Phyllanthus myrtifolius. Tanaman yang berasal dari Sri Lanka ini biasa digunakan sebagai hiasan pada tembok-tembok pembatas rumah. Ukuran batang pohon cendrawasih kira-kira hanya sebesar ibu jari tangan orang dewasa dengan desaunan yang ribun berwarna hijau segar. Tanaman ini sangat cocok ditanam pada taman depan rumah karena mampu memberikan kesan sejuk dan juga minimalis pada penampilan depan rumah.

Nah itu dia aneka tanaman taman minimalis depan rumah yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih tanaman yang cocok untuk ditanam ditaman depan rumah kamu. Hadirnya tanaman pada area depan rumah memang memberikan segudang fungsi, selain menambah nilai estetika, taman depan rumah juga berfungsi untuk memberikan kesejukkan dan sirkulasi udara yang segar pada hunian kamu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.